Ketik Materi yang anda cari !!

HIKMAH SURAT YUSUF

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, April 3, 2015



Bismillahirrohmanirrohiiim
Kita mulai dengan mengucap syukur dan sholawat kepada Nabi dan dengan sebuah pertanyaan.

Surat apakah di al-qur'an yang berisi sebaik-baiknya kisah?

Jawaban Member
>Al-Anbiya' ya ustadz

ada pendapat lain?
>Surat Muhammad barang kali,,
>Maryam

ada lagi?
>Lukman

ada lagi?
>Ibrahim
>Surat yusuf,,
>Al qasas

Coba buka mushafnya kemudian baca surah Yusuf dari ayat pertama sampai ketemu jawabannya :)
udah ketemu ayat berapa? tentang kisah terbaik dalam alquran
"Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui." (12:3)
saya ingin sharing sedikit tentang surah ini. Dalam sesi sharing, saya sering menggunakan metode tanya jawab karena ini salah satu metode yang sering digunakan Rasulullah sebagaimana yang juga dicontohkan Rasulullah dan Malaikat Jibril dalam riwayat hadits tentang iman islam dan ihsan

Surah Yusuf ini berbeda dengan surah-surah yang lain, karena sejak awal hingga akhir hanya bercerita tentang kisah nabi Yusuf saja. Lalu apa hikmah dari diceritakannya kisah nabi Yusuf ini?
"Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." (12:111)
Dalam surah ini juga dua kali disebutkan tentang "shobrun jami' shobrun jamil, kesabaran yang baik berarti ada sabar yang tidak baik.

Surah Yusuf ini berisi banyak pelajaran yang bisa dijadikan pegangan di zaman yang penuh fitnah, tantangan dan penyimpangan. Surah ini adalah surah penawar hati. Ia melapangkan dada kita dari himpitan permasalahan.

Berinteraksi dengan surah Yusuf mampu membawa kita kepada kesejukan ditengah himpitan persoalan

Kapankah surah yusuf turun? Adalah ketika Rasulullah dihadapkan pada penderitaan dan rintangan yang semakin hebat. Selang beberapa hari setelah paman dan istri tercinta wafat. Penganiayaan dari kaum musyrikin yang semakin hebat. Makar dari kedua pamannya sendiri. Dalam situasi seperti inilah diturunkan surah yusuf.

Bahwa dengan kesabaran yang baik, orang-orang teraniaya akan beroleh kemuliaan dan kemenangan. Inilah keajaiban alquran. Seberapa sering ia dibaca, tak pernah timbul kebosanan. Maka setiap dirundung kesedihan, apalagi kesedihan karena memikirkan rintangan dakwah.

Baca dan tadabburi kisah-kisah dalam alquran. Bandingkan cobaan yang dihadapi nabi yusuf dengan apa yang kita hadapi hari ini

Apa makna terpenting dari kisah nabi yusuf? Ialah makna kesabaran.

1. sabar dalam menghadapi musibah
2. sabar dalam menjauhi maksiat
3. sabar dalam menjalankan ketaatan

Mengenai lima orang rasul yang diutuskan oleh ALLAH setelah dipilih daripada kalangan para nabi yang digelar sebagai rasul Ulul Azmi memang dinyatakan dalam Al-Quran sebagaimana firman ALLAH S.W.T:
"Allah telah menerangkan kepada kamu di antara perkara-perkara agama yang Ia tetapkan hukumnya apa yang telah diperintahkanNya kepada Nabi Nuh a.s. dan yang telah Kami (Allah) wahyukan kepadamu (wahai Nabi Muhammad s.a.w.) dan juga yang telah Kami perintahkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. serta Nabi Isa a.s., iaitu: Tegakkanlah pendirian agama dan janganlah kamu berpecah belah atau berselisihan pada dasarnya. Berat bagi orang-orang musyrik (untuk menerima agama tauhid) yang engkau seru mereka kepadanya. Allah memilih serta melorongkan sesiapa yang dikehendakiNya untuk menerima agama tauhid itu dan memberi hidayat petunjuk kepada agamaNya itu sesiapa yang rujuk kembali kepadaNya (dengan taat)." (Surah Asy-Syuraa: Ayat 13)
Lalu kesabaran mana yang lebih utama? di dalam sumur atau dalam penjara? sebab?

Pertama penjara adalah pilihan nabi yusuf. Kedua dalam penjara harus bersabar "dilupakan" orang yang sudah ditolongnya

Lihat surah yusuf ayat 33. Inilah sabar yang lebih utama. Mana yang lebih utama, kesabaran di penjara atau kesabaran dari godaan istri alaziz? Kita ingat bahwa kesabaran nabi yusuf ketika memilih dipenjara lebih utama dibanding kesabarannya dibuang ke dalam sumur.


Semakin dibaca surah yusuf, semakin berat ujian kesabaran
Dari sini kita belajar, waktu yang paling nikmat mendekat kepada Allah adalah diwaktu susah. Di tengah kesulitan, jangan lewatkan kesempatan nikmatnya mendekat dan merasakan betapa kita bergantung hanya kepadaNya.

Pernah dengar kisah profesor hukum di amerika yang masuk Islam karena tiga ayat dalam alquran? Itulah hikmah dari ayat pertama surah ini. Seorang doktor guru besar hukum di amerika telah menulis buku tentang warisan ribuan halaman tebalnya. Lalu ia dapati Qur'an menjelaskannya dengan gamblang hanya dengan 3 ayat. Akalnya takluk, ia pun bersyahadat. Ribuan halaman yang doktor itu hasilkan yang didasari dari ratusan halaman kitab orang kristen bisa dijelaskan dengan gamblang dari 3 ayat saja dalam Qur'an

Ini adalah ayat-ayat kitab yang nyata dari Allah (yusuf:1)

Tanya
Masih kurang paham yang di maksud dengan 3 ayat itu gimana?
Jawab
3 ayat tentang waris dalam surat annisa, cukup membuat takjub pakar hukum waris di amerika yang telah menulis ribuan halaman tentang hukum waris yang bersumber dari ajaran kristen

Itulah kitab yang nyata dari Allah (yusuf:1)

Lalu apa latar belakang turunnya ayat ini? Adalah permintaan para sahabat kepada Rasulullah agar  beliau menceritakan kisah. Bukan melulu soal perintah dan larangan. Inilah fitrah manusia, senang berkisah dan mendengarkan kisah. Lalu Allah berikan mereka kisah terbaik.

Maka salah satu stategi dakwah adalah melakukan sesuatu yang disenangi orang lain dengan syarat sesuai syariat. Bahkan anak-anak di rumah sangat senang dengan surah ini, dan bila mendengarnya mereka meneteskan air mata.

Anak-anak jangan selalu dididik dengan perintah dan larangan. Ketika anak saya yang pertama menyimak bacaan surah arrahman, bercucuran air matanya padahal tak faham apa artinya. Maka salah satu kiat berdakwah adalah mencari hal yang paling mereka sukai

Hati manusia akan menjadi lembut dan mudah menerima nasihat. Surah yusuf juga surah yang pertama kali turun secara sekaligus. Satu hal yang menarik, kisah dari surah ini juga kisah yang happy ending bagi semua pemerannya. Padahal karakter pemerannya berbeda-beda. Ada nabi-nabi, pelaku makar, wanita penggoda

Lalu dimana tempat kejadian kisah dalam surat ini? Kisah ini terjadi di dua wilayah, yaitu Palestina dan Mesir.

Lalu mengapa dalam mimpinya ayah dilambangkan dengan matahari dan ibu dengan bulan? Lambang ini mewakili bagaimana karakter seorang ayah dan karakter seorang ibu. Seorang ayah haruslah seorang yang cerah, terang benderang menerangi jalan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya. Disisi lain seorang ibu selayaknya memberi kelembutan dan memancarkan kasih sayang.

Dari kisah ini kita juga bisa melihat seorang yang mulia, keturunan Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim, pun mengalami perlakuan yang buruk, tuduhan yang keji. Apalah kita yang orang biasa ini? Maka kader dakwah harus siap dengan segala yang tidak menyenangkan dari manusia

Ada sesuatu yang menarik, ketika nabi yusuf bercerita perihal mimpinya, mengapa ayahandanya tidak menceritakan takwil mimpinya saja kepada nabi yusuf? Padahal nabi ya'qub memiliki kemampuan menafsirkan mimpi? Misalkan mbak laksmi sudah dipastikan lulus, kira-kira ikut ujiannya sungguh2-sungguh jika diberi tahu? Bisa jadi mbak laksmi akan cenderung santai bahkan menjadi sombong sembari menanti saat kelulusan.

Saya pamit. In sya Allah kita lanjutkan episode berikutnya rabu. Kita akan mulai dengan mengapa nabi yusuf bercerita kepada ayahnya, bukan ibundanya?

Semoga bermanfaat, saya mohon ampun kepada Allah jika ada kekhilafan


Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

------------------------------------
Hari / Tanggal : Rabu dan Jum'at, 01 & 03 April  2015
Narasumber : Usadz Dian Alamanda
Materi : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَللّٰه Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment