Ketik Materi yang anda cari !!

IMAN : IMUN, AMAN, AMIN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, April 21, 2015


Hari ini giliran saya corat coret lagi disini ya padahal kemaren sudah banyak coretan toh? Yang penting jamaah telegramiyah rohimakumullahu tidak bosan saja. Dan semua diberikan kesehatan keberkahan dan keberlimpahan dalam kehidupan. Sebab itu penting bagi kita semua untuk menjaga stabilitas iman kita ya. Karena iman itu mengandung 3 pengertian, yaitu imun, aman dan amin

>IMUN

Imun (al-mana'ah) kebal atau benteng. Orang beriman punya imunitas yang kuat kokoh dalam menghadapi kehidupan yang sepertinya banyak godaan. Banyak godaan ya? Dizaman informasi begini. Orang beriman tertarik mungkin tapi tergoda tidak mungkin. Karena punya imunitas. Misalnya suami ibu melihat ada wanita yang bahenol dandan seronok dan ia tertarik (ibu ibu jangan marah). Harusnya bersyukur, alhamdulillah yaa Allah suamiku masih normal. Kalau ga normal dia malah maen mata sama kambing. Itu ga normal. Atau pria sejenis. Naudzu....billah. Tapi karena ia punya iman maka ia punya imun tidak tergoda sama wanita model begitu (model yang lain saya ga tau). Atau di kantor ada kesempatan dan kesepakatan korupsi kalau punya iman dia ga akan tergoda. Dan sebagainya.

Nabi Muhammad SAW berkata: “Urusan orang yang beriman itu sangat menakjubkan. Seluruh perkaranya baik. dan itu hanya milik orang yang beriman. Jika ia meraih kesenangan, ia bersyukur, dan itu kebaikan baginya. Jika ia ditimpa kesulitan, ia bersabar, dan itu menjadi kebaikan baginya.” (HR Muslim)

Keadaan diluar tidak merubah kedamaian yang ada didalam hati orang orang beriman. Semoga kita termasuk didalam nya ya....(aamiin)

>AMAN

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya hadits no.10 dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻢُ ﻣَﻦْ ﺳَﻠِﻢَ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤُﻮﻥَ ﻣِﻦْ ﻟِﺴَﺎﻧِﻪِ ﻭَﻳَﺪِﻩِ

“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya”

Jadi aman, tidak galak. Jika sesama muslim sesama manusia juga. Rasulullah bersabda:

“Orang-orang beriman seperti satu kesatuan bangunan yang saling menguatkan” (Al-Bukhari and Muslim, 222)

Ada juga yg mengatakan. Seorang mukmin memiliki empat musuh: Orang beriman yang iri hati, orang munafik yang pembenci, Setan yang menyimpang, orang kafir yang memusuhi. Jika orang beriman iri satu sama lain, maka tingkat iman mereka dikatakan rendah. Karena itu jauhilah penyakit AIDS (Angkuh...iri...dengki...syirik)

>AMIN

Amin artinya terpercaya. Orang beriman harus bisa dipercaya. Ga mungkin berbohong. Kalau ada yang mengatakan kepada anda bahwa ini adalah kebohongan putih maka jangan hiraukan dia karena semua kebohongan berwarna hitam. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ﻳُﻄْﺒَﻊُ ﺍْﻟﻤُﺆْﻣِﻦُ ﻋَﻠَﻰ ﺍْﻟﺨِﻼَﻝِ ﻛُﻠِّﻬَﺎ ﺇِﻻَّ ﺍْﻟﺨِﻴَﺎﻧَﺔَ ﻭَﺍﻟْﻜَﺬِﺏَ

“Orang beriman itu diciptakan dengan segala macam sifat kecuali khianat dan dusta.”
( Diriwayatkan oleh Muslim)

Kemudian beliau ditanya: “Ya Rasulullah, mungkinkah orang beriman itu menjadi penakut?” “Ya,” jawab beliau. Lalu beliau ditanya: “Mungkinkah orang beriman itu menjadi kikir?” “Ya,” jawabnya. Kemudian beliau ditanya: “Mungkinkah orang beriman itu menjadi pendusta?” Beliau menjawab: “Tidak!” ( Diriwayatkan oleh Malik dalam Al-Muwaththa dengan sanad mursal.)

Imam Az-Zuhri pernah berdiri di depan penguasa untuk memberikan kesaksian atas sesuatu. Lalu sang penguasa berkata: “Kamu berbohong!” Az-Zuhri langsung berteriak: “A'udzu billah! Aku berbohong?! Demi Allah, seandainya ada suara dari langit yang mengatakan: “Sesungguhnya Allah telah menghalalkan berbohong, niscaya aku tidak akan berbohong. Jadi, mana mungkin aku berbohong, sedangkan bohong itu diharamkan?!”

Penting bagi kita senantiasa jujur walaupun katanya jujur itu pahit tapi hasilnya akan manis, cantik dan mempesona. Kalau yang gurih itu jujur ayam yang manis mah jujur kacang ijo.
Demikian sharing nya...semoga jamaah sekalian bisa memahami....

Tanya
Apakah kita harus tetap legowo, terhadap saudara kita yang selalu membuat kecewa?
Jawab
Bu Wiwin...iya legowo aja.

>Dengan cara apa ustadz kita menyadarknnya? sepertinya, kami blum mampuh untuk ituh.
Jawab
Bu wiwin dengan cara ngomong, emang mau ngajak berantem? Ngomong aja bae bae...eh loh...jangan bikin guwa kuciwa yak! awas loh! Bisa begitu atau yg lebih lembut lagi seharusnya. Terus doakan. Kalau begitu juga masih ndableg ya ibu pilih aja mau terus dikecewakan atau menjaga jarak hubungan. Masalah nomer 2 itu memang harus legowo. Yang rame kan sekarang legowi.

Tanya
Pak ustadz tanya d luar materi ya. Yang disebut habib dan syekh itu yang gimana yaa?
Jawab
Habib itu orang yg ada garis keturunan dari keluarga nabi. Kalau syekh itu gelar dari masyarakat kepada orang yang dituakan. Tapi di indo habib hanya yang ada garis keturan dari husein bin ali bin abi thalib putra dari ali  bin abi thalib dengan fathimah binti rasulillah. Nggak ada yg nyebut habib buat syeikh abdulqadir jaelani yang keturunan hasan bin ali kakak kandung husein bin Ali.

Ditutup saja yaa..
Istighfar ,hamdalah dan kafaratul majlis

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ،أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.

“Maha Suci Engkau, ya Allaah, dengan segala pujian-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak diibidahi dengan benar kecuali Engkau, aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Ashhabus Sunan)

------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 21 April 2015
Narasumber : Ustad Kaspin Nur
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment