Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KONSEP PEMIKIRAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk mempertinggi derajat kesehatan masyarakat. Demi tercapainya derajat kesehatan yang tinggi, maka wanita sebagai penerima kesehatan, anggota keluarga dan pemberi pelayanan kesehatan harus berperan dalam keluarga, supaya anak tumbuh sehat sampai dewasa sebagai generasi muda. Oleh sebab itu wanita, seyogyanya diberi perhatian sebab :
  1. Wanita menghadapi masalah kesehatan khusus yang tidak dihadapi pria berkaitan dengan fungsi reproduksinya
  2. Kesehatan wanita secara langsung mempengaruhi kesehatan anak yang dikandung dan dilahirkan.
  3. Kesehatan wanita sering dilupakan dan ia hanya sebagai objek dengan mengatas namakan “pembangunan” seperti program KB, dan pengendalian jumlah penduduk.
  4. Masalah kesehatan reproduksi wanita sudah menjadi agenda Intenasional diantaranya Indonesia menyepakati hasil-hasil Konferensi mengenai kesehatan reproduksi dan kependudukan (Beijing dan Kairo)
  5. Berdasarkan pemikiran di atas kesehatan wanita merupakan aspek paling penting disebabkan pengaruhnya pada kesehatan anak-anak. Oleh sebab itu pada wanita diberi kebebasan dalam menentukan hal yang paling baik menurut dirinya sesuai dengan kebutuhannya di mana ia sendiri yang memutuskan atas tubuhnya sendiri.
Definisi Kesehatan Reproduksi Wanita

Berdasarkan Konferensi Wanita sedunia ke IV di Beijing pada tahun 1995 dan Koperensi Kependudukan dan Pembangunan di Cairo tahun 1994 sudah disepakati perihal hak-hak reproduksi tersebut. Dalam hal ini (Cholil,1996) menyimpulkan bahwa terkandung empat hal pokok dalam reproduksi wanita yaitu :
a. Kesehatan reproduksi dan seksual (reproductive and sexual health)
b. Penentuan dalam keputusan reproduksi (reproductive decision making)
c. Kesetaraan pria dan wanita (equality and equity for men and women)
d. Keamanan reproduksi dan seksual (sexual and reproductive security)

Adapun definisi tentang arti kesehatan reproduksi yang telah diterima secara internasional yaitu : sebagai keadaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistim, fungsi-fungsi dan proses reproduksi. Selain itu juga disinggung hak produksi yang didasarkan pada pengakuan hak asasi manusia bagi setiap pasangan atau individu untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah anak, penjarakan anak, dan menentukan kelahiran anak mereka.

Indikator Permasalahan Kesehatan Reproduksi Wanita

Dalam pengertian kesehatan reproduksi secara lebih mendalam, bukan semata-mata sebagai pengertian klinis (kedokteran) saja tetapi juga mencakup pengertian sosial (masyarakat). Intinya goal kesehatan secara menyeluruh bahwa kualitas hidupnya sangat baik. Namun, kondisi sosial dan ekonomi terutama di negara-negara berkembang yang kualitas hidup dan kemiskinan memburuk, secara tidak langsung memperburuk pula kesehatan reproduksi wanita.

Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia antara lain:
>Jender, adalah peran masing-masing pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin menurut budaya yang berbeda-beda. Jender sebagai suatu kontruksi sosial mempengaruhi tingkat kesehatan, dan karena peran jender berbeda dalam konteks cross cultural berarti tingkat kesehatan wanita juga berbeda-beda.

>Kemiskinan, antara lain mengakibatkan : Makanan yang tidak cukup atau makanan yang kurang gizi. 

>Persediaan air yang kurang, sanitasi yang jelek dan perumahan yang tidak layak.Tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

>Pendidikan yang rendah.

Kemiskinan mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Kesempatan untuk sekolah tidak sama untuk semua tetapi tergantung dari kemampuan membiayai. Dalam situasi kesulitan biaya biasanya anak laki-laki lebih diutamakan karena laki-laki dianggap sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Dalam hal ini bukan indikator kemiskinan saja yang berpengaruh tetapi juga jender berpengaruh pula terhadap pendidikan. Tingkat pendidikan ini mempengaruhi tingkat kesehatan. Orang yang berpendidikan biasanya mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap masalah-masalah kesehatan dan pencegahannya. Minimal dengan mempunyai pendidikan yang memadai seseorang dapat mencari liang, merawat diri sendiri, dan ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat.

>Kawin muda
Di negara berkembang termasuk Indonesia kawin muda pada wanita masih banyak terjadi (biasanya di bawah usia 18 tahun). Hal ini banyak kebudayaan yang menganggap kalau belum menikah di usia tertentu dianggap tidak laku. Ada juga karena faktor kemiskinan, orang tua cepat-cepat mengawinkan anaknya agar lepas tanggung jawabnya dan diserahkan anak wanita tersebut kepada suaminya. Ini berarti wanita muda hamil mempunyai resiko tinggi pada saat persalinan. Di samping itu resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dari wanita yang menikah di usia 20 tahunan.Dampak lain, mereka putus sekolah, pada akhirnya akan bergantung kepada suami baik dalam ekonomi dan pengambilan keputusan.

>Kekurangan gizi dan Kesehatan yang buruk.

Menurut WHO di negara berkembang terrnasuk Indonesia diperkirakan 450 juta wanita tumbuh tidak sempurna karena kurang gizi pada masa kanak-kanak, akibat kemiskinan. Jika pun berkecukupan, budaya menentukan bahwa suami dan anak laki-laki mendapat porsi yang banyak dan terbaik dan terakhir sang ibu memakan sisa yang ada. Wanita sejak ia mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi yang lebih banyak dari pria untuk mengganti darah yang keluar. Zat yang sangat dibutuhkan adalah zat besi yaitu 3 kali lebih besar dari kebutuhan pria. Di samping itu wanita juga membutuhkan zat yodium lebih banyak dari pria, kekurangan zat ini akan menyebabkan gondok yang membahayakan perkembangan janin baik fisik maupun mental. Wanita juga sangat rawan terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit menular seksual, karena pekerjaan mereka atau tubuh mereka yang berbeda dengan pria. Salah satu situasi yang rawan adalah, pekerjaan wanita yang selalu berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebagainya. Seperti diketahui air adalah media yang cukup berbahaya dalam penularan bakteri penyakit.

>Beban Kerja yang berat.

Wanita bekerja jauh lebih lama dari pada pria, berbagai penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia rata-rata wanita bekerja 3 jam lebih lama. Akibatnya wanita mempunyai sedikit waktu istirahat, lebih lanjut terjadinya kelelahan kronis, stress, dan sebagainya. Kesehatan wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M102

1. Saya punya aktivitas yang cukup melelahkan, baik melelahkn fisik mapun fikiran, dari pagi biasa sampai malam, bahkan biasa agak larut baru istirahat. Yang jadi pertanyaan, apakah berdampak terhadap kesehatan reproduksi? di samping pola makan juga yang kurang teratur karena saya tergolong orang yang sedikit makan, banyak aktvitas & biasa cepat lelah. Kemudian 5 bulan terakhir saya sering haid 2 bulan 3X bahkan biasa 2 minggu sekali, apa itu faktor kecapean? tapi sudah menjadi siklus
Jawab
Ya mbak bisa berakibat kekesehatan reproduksi mbak, karena dilihat dari aktifitas mbak capek fisik dan pikiran dengan capek fisik dan pikiran membuat sistem hormonal bisa kacau. Kacaunya seperti yang mbak alami haidnya lebih cepat, kadang lebih pendek. Haid yang tidak teratur bisa menjadikan kesuburannya terganggu.

2. Bisa dijelaskan ciri-ciri penyakit yang menyerang reproduksi akibat dari stress dan tekanan kerja??
Jawab
Bukan penyakit ya,tpi gangguan kesehatan reproduksi
a. Menstruasi abnormal
b. Keputihan abnormal

Pertanyaan M103

1. Makanan apa saja yang disarankan untuk menjaga kesehatan reproduksi? Bagaimana kita tau reproduksi kita sehat?
Jawab
a. Jangan makan-makanan yang tidak sehat contohnya saus ditukang bakso/mie
b. Jangan terlalu sering makan makanan diluar
c. Kalo mau masak sendiri dirumah usahakan tanpa penyedap rasa, apapun penyedap rasanya jangan dipake

Taunya reproduksi kita sehat atau tidak dengan kita melihat apakah saat menstruasi merasakan nyeri yang hebat/tidak. Lalu mengalami keputihan yang abnormal/tidak. Lalu terjadinya perdarahan yang abnormal/tidak tentu saja semua harus didukung dengan pemeriksaan medis.

2. Bagaimana efek penggunaan KB terhadap kesehatan reproduksi? benarkah penggunaan KB di awal pernikahan membuat susah hamil ketika lepas dari KB? Bagaimana cara menjaga kesehatan  reproduksi  pada wanita?
Jawab
Tergantung jenis kb apa yang dipake. Jika kb hormonal lalu cocok dengan tubuh kita dan tidak ada masalah hormonal, masalah rahimnya in sya allah tidak lama hamil. Lama hamilnya itu tidak hanya karena penggunaan kb, tetapi juga dari hormonnya seimbang/tidak, ada masalah atau tidak dirahim wanita tersebut lagi dalam kondisi stres/tidak lalu gimana dari pihak suami ada masalah dalam spremanya/tidak.

Pertanyaan M104

1. Umy bila pernikahan di bawah umur 20 tahun sangat rentan bagi kesehatan. Bagaimana dengan pernikhn di usia diatas 30 tahun apakah juga ada akibatnya bagi kesehatan. Karena tuntutan zaman wanita juga pengen hidup mapan sebelum menikah?
Jawab
Kalo menikah diatas 30tahun tidak rentan bagi kesehatan yang rentan adalah hamil diatas usia 35tahun tetapi jika akhirnya hamil diatas 35tahun harus benar-benar dijaga kesehatannya si ibu dan bayi jadi harus extra kontrol/jaga kehamilan.

2. Apa yang harus dilakukan agar tetep oke kesehatan reproduksinya bagi wanita yang usia nya diatas 30 tahun ?
Jawab

Kesehatan reproduksi sehat itu juga dari pemikiran kita. Jadi pada saat usia sudah 35thn,dijaga kesehatannya dan pikirannya. Ambil contoh, pola hidup yang sehat, rajin olahraga, jangan terlalu stres karena jika terlalu stres otomatis hidup tidak sehat akibtnya tubuh kita yang terkena penyakit.

Pertanyaan M105

1. Waktu efektif wanita bekerja d luar berapa jam? Maksudnya diluar rumah.
Jawab
Aktifitas berapa jam diluar rumah itu tergntung dari masing-masing orang tidak bisa disamakan jadi tergantung kondisi fisik setiap orang. Jika si A bisa 3 jam beda dengan si B yang bisa 2 jam jadi tergantung dari fisik masing-masing orangnya

2. Berapa takaran yodium yang harus dikonsumsi setiap hari untuk para WUS?
Jawab
Dosis Pemberian Kapsul Yodium
a. Anak SD (daerah endemik berat) : 1 kapsul/tahun
b. Daerah endemik sedang dan berat :
    - Wanita Usia Subur Wus   : 2 Kapsul/tahun @ 200 mg
    - Ibu hamil                         : 1 Kapsul /tahun
    - Ibu Menuyusui                 : 1 Kapsul selama menyusui

Mengingat dalam garam beryodium terdapat unsure natriun, maka konsumsi garam beryodium harus dibatasi. Kelebihan mengkonsumsi natrium dapat memicu timbulnya yaitu pecahnya pembuluh darah pada otak yang dapat  menyebabkan kematian.

💐Kebutuhan Yodium💐

Menurut Hetzel (1989) dalam keadaan normal intake harian untuk orang dewasa berkisar 100 – 150 mg perhari.  Iodium diekskresikan melalui urin dan dinyatakan dalam mg I/g kreatinin.  Pada tingkat ekskresi lebih kecil daro 50 mg/g kreatinin sudah menjadi indikator kekurangan intake.  Konsumsi iodium sangat bervariasi antar berbagai wilayah di dunia, diperkirakan sekitar 500 mg per hari di USA (sekitar 5 kali RDA).  Adapun kecukupan iodium yang dianjurkan untuk orang Indonesia antara lain : 
a. Bayi (12 bulan pertama) 50 mikrogram/hari
b. Anak (usia 2-6 tahun) 90 mikrogram/hari
c. Anak usia sekolah (usia 7-12 tahun) 120 mikrogram/hari
d. Dewasa (diatas usia 12 tahun) 150 mikrogram/hari
e. Ibu hamil 175 mikrogram/hari
f. Ibu menyusui 200 mikrogram/hari

Khusus bagi kelompok ibu hamil tambahan tersebut sebagian dapat dipergunakan untuk keperluan aktivitas kelenjar tiroid dan sebagiannya lagi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin khususnya perkembangan otak.  Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi iodium tidak mencukupi  kebutuhan maka bayi atau janin yang dikandung akan mengalami gangguan perkembangan otak (berat otak berkurang), gangguan perkembangan fetus dan pasca lahir, kematian perinatal (abortus) meningkat, kemudian setelah bayi dilahirkan mempunyai berat lahir rendah (BBLR) dan terdapat gangguan pertumbuhan tengkorak serta perkembangan skelet, sedangkan bagi tubuh ibu hamil akan mengalami gangguan aktivitas kelenjar tiroid.  Pada kondisi ini tubuh akan mengalami penyesuaian yang pada akhirnya akan mengalami pembesaran kelenjar tiroid yang dikenal dengan sebutan gondok (Djokomoeldjanto, 1993 dan WHO, 1994).

Pertanyaan M106

1. Assalamualaykum. Ijin bertanya ya bun... 8 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan fraktur di bag patella. nah tiap mau datang bulan rasa ngilunya itu menjalar sampai situ sampai kaku untuk di tekuk, kalo dulu paling cuma bagian pinggang dan panggul. Apa ada pengaruhnya ya? Syukran. Jzk..
Jawab
Saya mencoba jawab sepengetahuan saya. Fraktur dipatella itu tidak ada hubungan kepinggang atau panggul karena sudah beda jalur. Tapi kalo ngilu pada saat ditekuk iya karena frakturnya dilutut. Biar lebih yakin coba konsultasi kedokter tulang

2.Kalo pas buang air kecil itu baunya menyengat, terus kadang-kadang bau nya seperti makanan yang habis dimakan itu kenapa ya? syukron
Jawab
Kalo baunya menyengat itu karena kurangnya minum air putih, jadi diperbanyak minum air putih

Pertanyaan M107

1. Aku mau nanya kalau untuk suntik vitamin c, bisa disaat menstruasi? Udah makan buah & sayur tapi tetep sering flu, memang dari faktor waktu kerja lembur terus
Jawab
Bisa kok, suntik vitamin c itu setiap saat boleh asalkan diimbangi dengan minum air putih yang banyak. Karena jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak, maka bisa jadi ginjal kita tidak kuat karena dalam kebutuhan pada orang dewasa 250cc/hari, jika lebih dari itu dibuang kekencing

2. Kalau wanita sering keputihan itu bagaimana dok? Bagaimana cara membedakan darah haid dengan istihadah?
Jawab
Kalo keputihan normal gpp, itu bisa jadi karena terlalu lelah dan stres tapi kalo keputihan abnormal itu ada jamur,bakteri dalm miss v nya. Darah haid itu darah yang keluar 1-15hri, lebih dari 15 hari darah istiqadah meskipun warnanya merah.

Pertanyaan M110

1. Assalamu'alaikum bunda, mau tanya kalo ada wanita yang menikah muda lalu KB karna belum siap punya anak itu apakah ada dampaknya? 
Jawab
Walaikumsalam...tidak mbk, dampaknya itu pada saat mbak mau progmil lalu lama hamil karena masih ada sisa KB hormonal dalam tubuh mbak, jadi mungkin lepas KB 1 bulan langsung hamil tidak bs tapi jika lama hamil perlu dievaluasi dari mbak dan suami
Untuk istri:

  1. Haidnya teratur tidak?? siklus haidnya? darah haidnya normal gak? dalam garis besar menstruasi yang normal
  2. Ada masalah kesehatan tidak dapat rahimnya? misalnya sel telurnya sehat tidak?intinya kesehatan rahim
  3. Lalu hormonnya seimbang tidak
Untuk suami:
  1. Bagaimana kualitas spremanya
  2. Bagaimana kesehatan alat kelaminnya dan kesehatan tubuhnya
  3. Gaya hidupnya
Itu perlu diperiksakan jika lama menikah belum dikaruniai anak.

2. Assalamualaikum bunda. Sistem reproduksi juga terganggu kesehatannya dengan pekerjaan yang terlalu berat. Apa contoh akibatnya itu bunda apakah salah satunya akan sulit mendapatkan keturunan?
Jawab
Walaikumsalam.... kalo sulit dapat keturunan itu biasanya dipekerja pabrik kimia. Kalo selain itu lebih dikhawatirkan kandungan lemah dan pada saat hamil sering terjadi keguguran

Pertanyaan M113

1. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...mo tanya : sekrang marak pornografi pada anak, baiknya kapan dan bagaimana memberikan informasi mengenai reproduksi ini kepada anak pastikan terkait dengan pengertian pendidikan seks? khawatir malah anak-anak yang terlalu dini menangkap informasi, alih-alih malah jadi salah tangkap...syukron
Jawab
Anak-anak dan remaja rentan terhadap informasi yang salah mengenai seks. Jika tidak mendapatkan pendidikan seks yang sepatutnya, mereka akan termakan mitos-mitos tentang seks yang tidak benar. Informasi tentang seks sebaiknya didapatkan langsung dari orang tua yang memiliki perhatian khusus terhadap anak-anak mereka.
Hasil survey Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen remaja di Indonesia telah melakukan hubungan seks pranikah. Angka yang memprihatinkan di negeri yang cukup menjunjung tinggi nilai moral sehubungan seks. Mengapa mereka bisa melakukan hubungan seks pranikah? Penyebabnya karena kurangnya pendidikan seks kepada anak dan remaja. Kapan pendidikan seks bisa mulai dilakukan?
Pendidikan seks dimulai bahkan sejak anak masih balita. Jika Anda menunda memberikan pendidikan seks pada saat anak Anda mulai memasuki usia remaja, maka itu sudah terlambat. Karena di zaman di mana informasi mudah didapat dari Internet dan teman sebaya, maka saat anak usia remaja mereka telah mengetahui lebih banyak tentang seks dan kemungkinan besar dari sudut pandang yang salah.
Bagaimana cara terbaik memberikan pendidikan seks kepada anak-anak Anda? Berikut ini beberapa tahapan umur dan cara memberikan pendidikan seks sesuai dengan tingkat usia anak Anda. Balita (1-5 tahun)Pada usia ini, Anda bisa mulai menanamkan pendidikan seks. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mulai memperkenalkan kepada si kecil organ-organ seks miliknya secara singkat. Tidak perlu memberi penjelasan detail karena rentang waktu atensi anak biasanya pendek.
Misalnya saat memandikan si kecil, Anda bisa memberitahu berbagai organ tubuh anak, seperti rambut, kepala, tangan, kaki, perut, dan jangan lupa penis dan vagina atau vulva. Lalu terangkan perbedaan alat kelamin dari lawan jenisnya, misalnya jika si kecil memiliki adik yang berlawanan jenis.
Selain itu, tandaskan juga bahwa alat kelamin tersebut tidak boleh dipertontonkan dengan sembarangan, dan terangkan juga jika ada yang menyentuhnya tanpa diketahui orang tua, maka si kecil harus berteriak keras-keras dan melapor kepada orang tuanya. Dengan demikian, anak-anak Anda bisa dilindungi terhadap maraknya kasus kekerasan seksual dan pelecehan seksualterhadap anak.Pada usia ini, anak biasanya mulai aktif bertanya tentang seks. Misalnya anak akan bertanya dari mana ia berasal. Atau pertanyaan yang umum seperti bagaimana asal-usul bayi. Jawaban-jawaban yang sederhana dan terus terang biasanya efektif.
Contoh #1: "Bayi berasal dari mana?" Anda bisa menjawab dari perut ibu. Atau Anda bisa tunjukkan seorang ibu yang sedang hamil dan menunjukkan lokasi bayi di perut ibu tersebut.
Contoh #2: "Bagaimana bayi keluar dari perut Ibu?" Anda bisa menjawab bayi keluar dari lubang vagina atau vulva supaya bisa keluar dari perut ibu.
Contoh #3: "Mengapa bayi bisa ada di perut?"Anda bisa menjawab bahwa bayi di perut ibu karena ada benih yang diberikan oleh ayah kepada ibu. Caranya adalah ayah memasukkan benih tersebut menggunakan penis dan melalui vagina dari ibu. Itu yang dinamakan hubungan seks, dan itu hanya boleh dilakukan oleh pria dan wanita yang telah menikah.Saat anak semakin berkembang, mulai saatnya Anda menerangkan mengenai haid, mimpi basah, dan juga perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada seorang remaja. Anda bisa terangkan bahwa si gadis kecil akan mengalami perubahan bentuk payudara, atau terangkan akan adanya tumbuh bulu-bulu di sekitar alat kelaminnya.Pada saat ini, seorang remaja akan mengalami banyak perubahan secara seksual. Anda perlu lebih intensif menanamkan nilai moral yang baik kepadanya. Berikan penjelasan mengenai kerugian seks bebas seperti penyakit yang ditularkan dan akibat-akibat secara emosi.
Menurut penelitian, pendidikan seks sejak dini akan menghindari kehamilan di luar pernikahan saat anak-anak bertumbuh menjadi remaja dan saat dewasa kelak. Tidak perlu tabu membicarakan seks dalam keluarga. Karena anak Anda perlu mendapatkan informasi yang tepat dari orang tuanya, bukan dari orang lain tentang seks.
Karena rasa ingin tahu yang besar, jika anak tidak dibekali pendidikan seks, maka anak tersebut akan mencari jawaban dari orang lain, dan akan lebih menakutkan jika informasi seks didapatkan dari teman sebaya atau Internet yang informasinya bisa jadi salah. Karena itu, lindungi anak-anak Anda sejak dini dengan membekali mereka pendidikan mengenai seks dengan cara yang tepat.

2. Assalamu'alaikum ustadzah mau bertanya, mengenai reproduksi wanita, ada teknologi yang bisa membuat keperawanan itu kembali lagi walau sudh usia menikah apa dalam islam diperbolehkan melalukan itu?
Jawab
Walaikumsalam... kalo secara hukum islam saya kurang mengerti karena bukan ahli saya menurut agama islam cuma saya mungkin bisa membantu, nanti mungkin bisa dipertanyakan kepada yang ahli agama lebih mengerti tentang dasar-dasar agama islam tentang merubah keperawanan. Jika memang keperawanan itu hilang dengan sengaja maupun tidak sengaja (misalnya jatuh) lalu dirubah menjadi masih virgin rasanya itu saja memalsukan status, menipu seseorang. Bukankah itu sudah tdk boleh dalam agama islam memalsu/menipu?? Tapi secara medis tetap ada bedanya antara yang masih virgin dan tidak dan itu dilihat dari selaput hymen perempuan bukan dari keluarnya darah saat melakukan hub sex. Tanda dia masih virgin bukan dari keluarnya darah, tapi dari selaput hymennya.

Pertanyaan M115

1. Aku juga mau tanya kalo penyakit gatel-gatel itu gimana ya cara penangannya soalnya udaah berobaat kemana manaa tiap obat abis gatel muncul lagi, alergi juga gak ada cuma sekarang pantang makan amis. Sukron
Jawab
Dicari tau penyebab gatal-gatalnya apa, diperiksakan dulu kedokter kulit dan juga diingat pada saat selesai makan apa gatal-gatal. Jadi makanan yang menyebabkan gatal itu dihindari.

Pertanyaan M116

1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, afwan yang ingin Nanda tanyakan adalah: apakah benar wanita yang melahirkan anak pertama di usia 30 tahun ke atas proses persalinannya lebih lama?
Jawab
Salah... ada juga selama ini pasien saya melahirkan dibawah umur tapi lama proses persalinannya. Proses persalinan seseorang itu tergantung dari 3P
1. Power(kekuatan ibu)
2. Passage(jalan lahirnya)
3. Passager(bayinya)

2. Mengapa setiap kali wanita mau haid itu pengennya marah-marah terus?
Jawab
Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychiatry, para peneliti mengungkapkan bahwa ketidakstabilan suasana hati sebelum menstruasi berhubungan dengan respon sel otak yang disebut reseptor GABA. Andrea Rapkin, salah seorang peneliti, mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan dengan memindai otak perempuan dengan gangguan dysphoric premenstrual (PMDD). Gejala PMDD itu seperti premenstrual syndrome (PMS), hanya lebih parah. Pemindaian dengan PET scan akan menunjukkan metabolisme glukosa yang diperlukan untuk mengidentifikasi aktivitas di otak. Penyebab perubahan emosional sebelum menstruasi ternyata tidak disebabkan oleh hormon. Hasil scan menunjukkan, peningkatan aktivitas di otak kecil pada wanita dengan PMDD. Semakin tinggi peningkatan aktivitas, semakin buruk kondisi perubahan emosi. Salah satu fungsi dari sel GABA adalah untuk membatasi kegiatan yang berkaitan dengan stres dan kecemasan. Pada wanita dengan PMDD, progesteron akan mengubah bentuk reseptor GABA di otak kecil. Ini perubahan bentuk sebelum periode menstruasi membuat sel GABA sulit untuk mengontrol stres dan kecemasan. Suzanne Abraham, seorang ginekolog di Rumah Sakit Royal North Shore, Sydney, Australia, mengatakan meskipun dilakukan pada wanita dengan PMDD, penelitian ini cukup mewakili kondisi wanita pada umumnya.

Pertanyaan M111

1. Untuk menjamin kesehatan reproduksi pemeriksaan kesehatan apa saja yang harus dilakukan sebelum nikah?
Jawab
a. Pemeriksaan TORCH
b. Pemeriksaan HbSag

Lalu untuk pemeriksaan kesehatan reproduksi selama haidnya teratur dan tdk ada mslh dlam haidnya saya rasa kndsinya normal2sja,tpi biar lebih yakin kedokter obgyn sja.

2. Beberapa kali dalam bulan kemaren saya sering flek maaf seperti darah menstruasi / keputihan yang disertai sedikit darah. Heran nya saya sudah selesai menstruasi seminggu yang lalu tapi masih aja flek. Flek tersebut bisa datang pas sesudah mens atau sebelum mens. Setelah saya pikirkan flek tersebut bisa datang dalam kondisi badan saya sangat lelah atau pikiran yang banyak. Gimana ya penjelasan Kesehatannya itu bund? Apakah ada hubungan dengan kondisi rahim yang saya mengalami kelelahan?  Apakah berbahaya ya bund? Btw, saya masih single bund belum nikah
Jawab
Selama menstruasi, beberapa wanita menderita ketidaknyamanan fisik seperti sakit perut, perubahan suasana hati dan kram. Durasi perdarahan menstruasi 4-7 hari dapat cukup membuat frustasi dan dapat menghambat kegiatan rutin. Beberapa wanita juga mengalami keluarnya cairan kecoklatan ringan sebelum periode, yang kadang-kadang bisa sangat mengganggu. Sebelum menstruasi, atau periode, seperti yang umum dikenal, beberapa wanita mendapatkan cairan vagina, yang mirip dengan cairan menstruasi. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa keluarnya ini adalah kecoklatan atau seperti warna merah terang seperti cairan menstruasi normal. Biasanya, keluarnya ini terjadi seminggu sebelum periode dimulai, tetapi juga dapat terjadi antara siklus menstruasi. Paling sering, cairan kecoklatan membawa jaringan endometrium tua yang dikeluarkan dari rahim. Jika periode tertunda, beberapa wanita melihat keluarnya cairan coklat ini bukan pelepasan biasa.
PENYEBAB KELUARNYA CAIRAN KECOKLATAN SEBELUM MENSTRUASI
Ada banyak alasan untuk memperhatikan keluarnya lendir kecoklatan, salah satunya adalah keterlambatan dalam siklus menstruasi yang teratur. Diberikan di bawah ini adalah beberapa penyebab keluarnya lendir kecoklatan (atau coklat) sebelum datang bulan :
Cairan menstruasi terdiri dari darah kotor, nutrisi dan lapisan endometrium. Dalam beberapa kasus, hanya lapisan endometrium akan dikeluarkan dari vagina, yang berwarna coklat. Ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa wanita mengalami keluarnya lendir kecoklatan sebelum masa haidMengambil kontrasepsi atau pil KB dapat mengubah bersama berfungsinya dua hormon wanita utama, estrogen dan progesteron. Pil kontrasepsi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, terutama saat menstruasi dan kehamilan. Pil ini juga mengubah tingkat hormon. Jika pil ini dihentikan atau jika seorang wanita gagal untuk mengambil pil ini sesuai dengan resep, maka ia mungkin mengalami keluarnya lendir berwarna coklat sebelum periode kontrol kelahiranSalah satu tanda-tanda awal bahwa seorang wanita hamil adalah pendarahan implantasi, yang juga dikenal sebagai bercak implantasi. Tanda-tanda perdarahan selama implantasi terjadi ketika janin tertanam pada lapisan dalam rahim disebut lapisan endometrium dan menyebabkan pecah pada lapisan, yang menyebabkan bercak implantasi yaitu merah muda atau kecoklatan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar 2-3 hari, dan terlihat setelah ovulasi atau sebelum periode berikutnya.Alasan lain untuk terjadinya keluarnya cairan coklat bisa karena adanya polip. Polip, juga disebut sebagai tumor, yang berkembang abnormal, dalam rahim dan sifatnya jinak. Perdarahan di dalam rahim karena polip menyebabkan keluarnya cairan yang berubah warna.

3. Sunnah setelah haid dalam kondisi suci?
Jawab
Haid adalah salah satu najis yang menghalangi wanita untuk melaksanakan ibadah sholat dan puasa (pembahasan mengenai hukum-hukum seputar haidh telah disebutkan dalam beberapa edisi yang lalu), maka setelah selesai haidh kita harus bersuci dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid. Agar ibadah kita diterima Allah maka dalam melaksanakan salah satu ajaran islam ini, kita harus melaksanakannya sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Rasulullah telah menyebutkan tata cara mandi haid dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anhabahwa Asma’ binti Syakal Radhiyallahu ‘Anha bertanya kepada RasulullahShallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang mandi haidh, maka beliau bersabda:

تَأْخُذُإِحْدَا كُنَّ مَائَهَا وَسِدْرَهَا فَتََطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ أوْ تَبْلِغُ فِي الطُّهُورِ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُُهُ دَلْكًا شَدِ يْدًا حَتََّى تَبْلِغَ شُؤُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا المَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطْهُرُ بِهَا قَالَتْ أسْمَاءُ كَيْفَ أتََطَهَّرُبِهَا قَالَ سُبْحَانَ الله ِتَطَهُّرِي بِهَا قَالَتْْ عَائِشَةُ كَأنَّهَا تُخْفِي ذَلِكَ تَتَبَّعِي بِهَا أثَرَالدَّمِ

“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara, atau boleh juga digunakan pengganti sidr seperti: sabun dan semacamnya-pent) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya. Maka Asma’ berkata: “Bagaimana aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah” maka ‘Aisyah berkata kepada Asma': “Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).”
Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa seorang wanita bertanya kepada NabiShallallahu ‘alaihi wa Sallam tentang mandi dari haid. Maka beliau memerintahkannya tata cara bersuci, beliau bersabda:

تَأْخُذُ فِرْصَةً مِنْ مِسْكٍ فَتَطَهُّرُ بِهَا قَالَتْ كَيْفَ أَتَطَهُّرُ بِهَاقَالَ تَطَهَّرِي بِهَاسُبْحَانَ اللهِ.قَالَتْ عَائِشَةُ وَاجْتَذَبْتُهَا إِلَيَّ فَقُلْتُ تَتَبْعِي بِهَاأَثَرَا لدَّمِ

“Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: “Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah bersucilah!” Maka ‘Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: “Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya(potongan kain/kapas).”(HR. Muslim: 332)

An-Nawawi rahimahullah berkata (1/628): “Jumhur ulama berkata (bekas darah) adalah farji (kemaluan).” Beliau berkata (1/627): “Diantara sunah bagi wanita yang mandi dari haid adalah mengambil minyak wangi kemudian menuangkan pada kapas, kain atau semacamnya, lalu memasukkannya ke dalam farjinya setelah selesai mandi, hal ini disukai juga bagi wanita-wanita yang nifas karena nifas adalah haid.”(Dinukil dari Jami’ Ahkaam an-Nisaa’: 117 juz: 1).

Syaikh Mushthafa Al-‘Adawy berkata:“Wajib bagi wanita untuk memastikan sampainya air ke pangkal rambutnya pada waktu mandinya dari haidh baik dengan menguraikan jalinan rambut atau tidak.Apabila air tidak dapat sampai pada pangkal rambut kecuali dengan menguraikan jalinan rambut maka dia (wanita tersebut) menguraikannya-bukan karena menguraikan jalinan rambut adalah wajib-tetapi agar air dapat sampai ke pangkal rambutnya, Wallahu A’lam.”(Dinukil dari Jami’ Ahkaam An-Nisaa’hal: 121-122 juz: 1 cet: Daar As-Sunah).

Maka wajib bagi wanita apabila telah bersih dari haidh untuk mandi dengan membersihkan seluruh anggota badan; minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badannya sampai ke pangkal rambutnya; dan yang lebih utama adalah dengan tata cara mandi yang terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ringkasnya sebagai berikut:
Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut. Dalam hal ini tidak wajib baginya untuk menguraikan jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan akan dapat membantu sampainya air ke tempat tumbuhnya rambut (kulit kepala).Menyiramkan air ke badannya.Mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.

TATA CARA MANDI JUNUB BAGI WANITA
Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, beliau berkata:

كُنَّاإِذَأَصَابَتْ إِحْدَانَاجَنَابَةٌأَخَذَتْ بِيَدَيْهَاثَلَاثًافَوْقَ رَأْسَهَا ثُمَََّ تَأْخُذُ بِيَدِهَا عَلَى شِقِّهَاالْأيَْمَنِ وَبِيَدِهَااْلأُخْرَى عََََلَى شِقِّهَااْلأ يْسَرِ

“Kami ( istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri.” (Hadits Shahih riwayat Bukhari: 277 dan Abu Dawud: 253)

Seorang wanita tidak wajib menguraikan (melepaskan) jalinan rambutnya ketika mandi karena junub, berdasarkan hadits berikut:
Dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha berkata:

قُاْتُ ياَرَسُولَ اللهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أَشُدُّ ضَفْرَرَأْسِي أَفَأَنْقُضُهُ لِغُسْلِ الْجَنَابَةِ؟ قَالَ:لاَإِنَّمَايَكْفِيْكِ أَنْ تَحْثِيْنَ عَلَى رَأْسِكِ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ مِنْ مَاءٍثُمََّ تُفِيْضِيْنَ عَلَى سَائِرِ جَسَادِكِ الماَءَ فَتَطْهُرِيْن

Aku (Ummu Salamah) berkata: “Wahai Rasulullah, aku adalah seorang wanita, aku menguatkan jalinan rambutku, maka apakah aku harus menguraikannya untuk mandi karena junub?” Beliau bersabda: “Tidak, cukup bagimu menuangkan air ke atas kepalamu tiga kali kemudian engkau mengguyurkan air ke badanmu, kemudian engkau bersuci.” (Hadits Shahih riwayat Muslim, Abu Dawud: 251, an-Nasaai: 1/131, Tirmidzi:1/176, hadits: 105 dan dia berkata: “Hadits Hasan shahih,” Ibnu Majah: 603)

Ringkasan tentang mandi junub bagi wanita adalah:
>Seorang wanita mengambil airnya, kemudian berwudhu dan membaguskan wudhu’nya (dimulai dengan bagian yang kanan). 
>Menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali. 
>Menggosok-gosok kepalanya sehingga air sampai pada pangkal rambutnya.
>Mengguyurkan air ke badan dimulai dengan bagian yang kanan kemudian bagian yang kiri. Tidak wajib membuka jalinan rambut ketika mandi.

Tata cara mandi yang disebutkan itu tidaklah wajib, akan tetapi disukai karena diambil dari sejumlah hadits-hadits Rasululllah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Apabila dia mengurangi tata cara mandi sebagaimana yang disebutkan, dengan syarat air mengenai (menyirami) seluruh badannya, maka hal itu telah mencukupinya. Wallahu A’lam bish-shawab.

Baiklah... Terima kasih para admin nanda
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

--------------------------------------------

Hari / Tanggal : Senin, 27 April & 11 Me 2015
Narasumber : Ustadzah Ratih
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online WA Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda