Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » POLYCYSTIC OVARY SYNDROME (PCOS)

POLYCYSTIC OVARY SYNDROME (PCOS)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, April 16, 2015

Apakah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) Itu ?

PCOS adalah masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. PCOS sering ditemukan pada perempuan mulai haid pertama sampai usia sekitar 45 tahun. Data WHO tahun 2010 menunjukan 3 – 5 % penduduk dunia menderita PCOS. Berhubung gejala utama ialah ditemukannya banyak kista di ovarium, maka penyakit ini disebut PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

Apakah Penyebab PCOS ?

Penyebab PCOS yang pasti belum diketahui, faktor yang diduga berperan ialah :
>Turunan/genetik 
>Tingginya kadar insulin dalam darah. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk mengendalikan gula darah.

Bagaimana Proses Terjadinya PCOS ?

Normal kelenjar hipofisis di otak menghasilkan dua hormon yaitu FSH (Folliculer Stimulating Hormon) yang berperan untuk pematangan telur/folikel di ovarium, bila telur sudah matang akan disusul loncatan pelepasan hormon kedua yaitu LH (Lutenizing Hormon) yang berperan memicu ovulasi (pelepasan telur).

Pada PCOS kadar LH yang seharusnya rendah dan baru meninggi beberapa saat menjelang ovulasi ternyata tetap tinggi, hal ini yang diduga menghambat proses pematangan folikel dan menggangu ovulasi, akibatnya terjadi penimbunan folikel-folikel berupa kista. Kadar LH yang tinggi juga memicu ovarium menghasilkan hormon laki-laki (testosteron) sehingga timbul gejala hirsutisme pada penderita berupa badan banyak berbulu, berkumis, rambut mudah rontok dan jerawat.

Proses lain yang ikut berperan ialah tingginya kadar insulin. Pada penderita PCOS, organ tubuh kurang peka terhadap insulin (insulin resistance), akibatnya pankreas harus produksi insulin lebih banyak. Kadar insulin yang tinggi juga akan merangsang ovarium menghasilkan hormon testorteron dengan segala konsekuensinya.

Apakah Faktor Resiko Terjadi PCOS ?

Faktor resiko PCOS ialah :
Obesitas, salah satu pemicu resistensi insulin Riwayat diabets dalam keluarga

Apakah Gejala PCOS ?

Gejala PCOS beragam, namun yang paling sering dikeluhkan pasien ialah : 
>Gangguan siklus haid yaitu siklus haid jarang dan tidak teratur 
>Gangguan kesuburan dimana yang bersangkutan menjadi sulit hamil (subfertile)
>Tumbuh bulu yang berlebihan dimuka, dada, perut, anggota badan dan rambut mudah rontok (hirsutisme)
>Banyak jerawat 
>kegemukan (obesitas)
>Pada USG ditemukan banyak kista di ovarium

Bagaimana Mendiagnosis PCOS ?

Belum ada tes khusus untuk mendiagnosis PCOS. Untuk mengetahui apakah anda menederita PCOS beberapa langkah yang akan dilakukan dokter ialah :

>Anamnesis, Tanya jawab tentang keluhan anda seperti gangguan haid, kesuburan, kegemukan dan sebagainya.Pemeriksaan fisik, khususnya tanda-tanda hirsutisme dan jerawat

>Pemeriksaan laboratorium, antara lain kadar hormone FSH, LH, testosteron dan insulinPemeriksaan USG untuk medeteksi adanya kista di ovarium.

Dengan mengacu pada konsensus workshop PCOS Rotterdam 2003, seseorang dikatakan menderita PCOS bila ditemukan dua dari tiga kriteria dibawah ini :

>Jarang ovulasi atau tidak ada ovulasi
>Tanda-tanda hormon testosteron tinggi (klinis dan laboratorium)
>Banyak kista di ovarium (polycystic ovaries)

Bagaimana Pengelolaan PCOS ?

PCOS tak dapat disembuhkan namun dapat diobati, diagnosis dan penanganan dini dapat mengurangi resiko komplikas. Sasaran pengelolaan ialah :
>Mengatur siklus haid agar kembali teratur
>Memperbaiki kesuburan
>Menghilangkan gejala hirsutism dan jerawat
>Mengendalikan obesitas
>Menurunkan kadar insulin darah
>Mencegah komplikasi jangka panjang

Tindakan yang dilakukan ialah :

Pola hidup sehat dengan diet, olahraga teratur untuk kendalikan berat badan (obesitas) dan tidak merokokObat2an/medikamentosa

Untuk melancarkan haid : dengan pil KB. PIl KB juga dapat mengurangi resiko perdarahan abnormal dan kanker rahim

Untuk memicu ovulasi : dengan Clomiphene citrate dan FSH

Untuk menghilangkan hirsutisam dan jerawat : dengan pil KB (Cyproterone acetate), Spironolactone dan flutamide

Untuk menurunkan insulin darah : dengan MetforminOperasi. Bila medikamentosa tidak efektif memicu ovulasi, maka dokter akan melakukan tindakan operatif untuk membuat lobang2 di dinding ovarium dengan laser (laparoscopic ovarian drilling)

Apakah Komplikasi PCOS ?

Komplikasi yg perlu dicermati ialah :

>Diabetes Mellitus tipe II
>HipertensiHiperlipidemia (Trigliserid tinggi, HDL kolesterol rendah)
>Penyakit jantung koroner
>Stroke
>Perdarahan rahim
>Keguguran
>Sesak nafas waktu tidur (sleep apnea)
>Depressi
>Kanker rahim

Bagaimana Prognosis PCOS ?

Walupun PCOS tak dapat disembuhkan namun dapat diobati. Diagnosis dan penanganan dini selain dapat memperbaiki kondisi kesehatan penderita, memicu keberhasilan proses kehamilan, juga dapat mengurangi resiko komplikas jangka panjang

TANYA JAWAB

1. Termasuk jenis penyakit apa PCOS ini dok? Penyakit bagian spog susah hamil biasa keluhannya bund? Kalo gak teratur haid gimana yah bun? 
Jawab
Gak teraturnya bagaimana mba puji?

>Umur 19 apa masih wajar? jika 1 bulan haid selang 6 sampai 7 bulan ga haid itu dapat menjadi faktor pembawa terus kalo sakit perut selama haid tapi gak terlalu sakit perutnya apa wajar? 
Jawab
Sakit yang selalu ada saat haid dan tak tertahankan itu berbahaya ..

2. Saya di diagnosa PCOS sama dokter. Kista-kista kecil itu berbahayakah bund?
Jawab
Iya berbahaya bund jika dibiarkan tanpa pengobatan yang benar.

3. Selain operasi konsumsi apa ya bun tuk menghilangkan kista?
Jawab
Jika dibawah 3cm bisa pakai manjakani kanza, avail juga bisa, jika diatas 10cm biasanya hanya tindakan pembedahan

4. Januari lalu saya haid terlambat hampir 15 hari berfikir positif hamil namun pas periksa ternyata ada titik-titik/butir-butir kecil dekat rahim, dokternya tanda tanya apakah ini PCOS atau darah haid yang mau luruh, lalu saya disarankan minum pil kb karena saya sedang program diet dokternya hanya memberikan ovacare untuk memperlancar haid, dari Februari sampai April alhamdulillah haid lancar kembali, yang saya mau tanyakan apakah saya harus periksa ke SPOG lagi untuk mengetahui apakah itu benar2 PCOS? karena sudah setahun saya promil belum berhasil juga.
Jawab
Iya baiknya dikonsultasikan kembali bund, karena memang keluhan pcos ini bisa berawal dari haid yang tidak teratur, semoga saja tidak ya bun..

5. Dok.. Untuk para wanita, selain cek papsmear.. Kita harus cek apa lagi sih yang rutin ?
Jawab
Cek sadari untuk pemeriksaan payudara, usg untuk menghindari penyakit kandungan,
Intinya pola hidup sehat ya bund tetap dijaga

6. Bunda sebaiknya kalo masalah kewanitaan cek dengan Spog atau Sepsealis Kk?
Jawab
Jika masalahnya ada pada area intim misal keputihan lama, berbau baiknya ke spog dahulu, jika memang diperlukan nanti dari spog akan dirujuk bund

7. Tiap bulan kadang telat 2-5 hari, tapi bulan sekarang malah lebih cepet.
Jawab
Masih normal bund asal jangan telatnya sampai 6bulan saja hehe

8. Tetangga saya siklus haid nya gak normal dok kadang 3 bulan sekali terakhir setelah 10 bulan baru haid lagi.. Itu karena apa yaa ? Hormonal kah ?
Jawab
Hormonal bund, tapi baiknya segera dikonsultasikan lebih lanjut untuk deteksi dini

9. Kalo saya setiap haid kok mesti sakit banget perutnya kadang sampai mau pingsan segala, itu kenapa ya dok?
Jawab
Ini yang mesti diwaspadai bund, nyeri haid sampai tak sadarkan diri, pernah usg bund? Biasanya terjadi keram perut, atau memang ada kelainan lain, karena untuk menentukan diagnosa diperlukan pemeriksaan penunjang salah satunya usg ya bund

10. Dok dari pinggang sampai betis bagian kanan saya sakit. Apa efek terkilir 3 tahun lalu ya?
Jawab
Bisa beberapa faktor mba mae. Pertama pinggang sakit bisa karena terlalu banyak digunakan dengan posisi yang tidak semestinya, misalkan jongkok untuk ambil benda yang letaknya dibawah sehingga posisi pinggang tidak dalam posisi lurus yang terus menerus dilakukan mengakibatkan sakit. Faktor trauma karena jatuh juga bisa menjadi faktor pemicu, lebih jelasnya dikonsultasikan ke dokter syaraf ya mba mae.

Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

-------------------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Kamis, 16 April 2015
Narasumber : Ustadzah Aprianti
Tema : Kesehatan Perempuan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Akhwat Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment