DESIGN YOUR LIFE

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 4, 2015

Assalamualaikum wr.wb. ukhtifillah dimanapun anti berada. Puji dan syukur tak bosan-bosannya kita panjatkan kepada Dzat yang Maha Besar, Maha Dashyat, dan Maha Segala-galanya. Karena-Nyalah hari ini kita semua masih diberikan kesehatan, kecukupan rezeki, keimanan yang istiqomah, dan berbagi nikmat lain yang tidak akan mampu bagi kita untuk menghitungnya. Sungguh jika kita tidak mensyukuri itu semua begitu dzalimnya diri kita ini kepadaNya.
"Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yg engkau dustakan"

Shalawat serta salam tersampaikan untuk sosok manusia paling sempurna, penunjuk jalan-jalan kebaikan, pemimpin teradil yang pernah ada, dialah MUHAMMAD SAW. Mudah-mudahan kelak ketika Allah memanggil kita semua kita bisa dipertemukan dengan beliau dan menjadi bagian dari umat beliau yg mendapatkan syafaatnya.

Tak lupa juga teruntuk para sahabat, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali, serta seluruh kaum muslimin dimanapun berada. Karena jasa-jasa mereka pulalah Islam tetap tegak, islam tetap jaya hingga kelak Allah akan mengangkat dengan sendirinya dari muka bumi ini.
Hari ini ana mengambil tema "Design Your life ~ Rencanakan Hidupmu"

"Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia adalah org yg terlaknat."

Hadits diatas meskipun sebagian ulama menyatakan lemah, yang ingin ana sampaikan adalah tentang bagaimana posisi kita sebgai manusia untuk merencanakan hari kemudian yang lebih baik. Setiap pribadi fitrahnya selalu menginginkan sesuatu yang lebih baik untuk kehidupan masa depannya. Tidak hanya untuk kehidupan dunia saja tetapi juga untuk kehidupan akhiratnya.

Untuk mencapai apa yang diinginkannya tersebut tentunya kita juga perlu mempersiapkan apa-apa yang harus kita kerjakan untuk bisa mewujudkannya. Untuk itu perlulah sebuah rencana kehidupan.

Jika anda menginginkan Surga, sudahkah anda merencanakan apa-apa yang bisa mewujudkan keinginan anda tersebut ?
Jika anda mengingkan kesuksesan dan kekayaan, sudahkah anda mempersiapkan langkah-langkah untuk mencapainya ?
Jika anda menginginkan sesuatu kebaikan yang melebihi kebaikan yang sudah anda lakukan sekarang, sudahkah anda membuat dan medesign rencana untuk itu semua ?

Itulah pentingnya membuat rencana hidup, kehidupan terbaik yang anda inginkan sangat bergantung kepada anda bagaimana merencanakan dan merancang kehidupan anda sendiri. Jangan hidup untuk sekedar hidup, jangan pula hidup seperti air mengalir karena air mengalir tidak selamanya menuju ke lautan. Bagaimana cara mendesign kehidupan yg lebih baik? Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk mendesign kehidupan.

>Yang PERTAMA Buatlah terlebih dahulu TUJUAN HIDUP ANDA.

Tujuan hidup tentunya bukan tujuan hidup jangka pendek, melainkan tujuan untuk kehidupan yang kekal abadi. Apakah selama ini anda sudah mempunyai Tujuan hidup untuk ke Surganya Allah SWT ? Atau jangan-jangan hal itupun belum pernah terfikirkan dalam diri anda. Ingatlah, semakin jelas tujuan hidup anda, semakin mudah untuk menentukan langkah-langkah berikutnya.

>Yang KEDUA BERFOKUSLAH PADA KELEBIHAN ANDA.

Allah menciptakan setiap individu dengan dibekali kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna, untuk itu berfokuslah pada kelebihan yang diberikan Allah untuk anda. Fokuskan kelebihan anda ini untuk mewujudkan tujuan hidup anda. Jangan berfokus pada kekurangan karena dengan berfokus kepada kekurangan kita akan menjadi kufur atas apa-apa yang sudah dianugerahkan Allah kepada kita. Jadikan kekurangan sebagai alasan bahwa karena itulah kita butuh Allah, kita butuh orang-orang lain untuk menyempurnakan diri kita. Maksimalkan kelebihan karena dengan memaksimalkan kelebihan tujuan yang sudah anda tetapkan akan lebih mudah mewujudkannya. Kelebihan anda adalah anugerah Allah yang tidak dimiliki orang lain sehingga dengan kelebihan itu anda bisa mempertanggungjawabkan pemberian Allah itu untuk kehidupan anda selanjutnya.

>Yang KETIGA BUAT LANGKAH NYATA MEWUJUDKANNYA

Rencana hanyalah rencana, rencana tanpa eksekusi adalah kesia-siaan belaka. Untuk itu jika sudah membuat tujuan hidup, dan anda sudah memahami kelebihan anda yang anda harus lakukan membuat aksi nyata dari itu semua. Jika tujuan hidup anda Surga, kelebihan diri anda adalah mengajar, maka langkah nyata anda adalah menjadi pendidik. Jika anda tujuan hidup anda surga, kelebihan anda adalah design grafis, maka jadilah design grafis yang menyampaikan kebenaran islam. Jika anda memahami dan segera merencanakan kehidupan anda, in syaa Allah Allahpun akan mempermudah itu semua. Ingat, Allah itu menurut prasangka hambanya, jika prasangka kita baik kepada Allah maka kebaikan pulalah untuk kita, demikiannjuga sebaliknya jika prasangka kita buruk kepada Allah, buruk pula apa yang akan kita terima.

Segeralah RENCANAKAN HIDUP ANDA karena Rencana itulah yang akan bisa menjadi petunjuk bagi anda untuk langkah-langkah berikutnya. Memasuki Surganya Allah perlu rencana, jangan berharap anda bisa memasukinya jika tidak pernah terbersit dalam diri anda rencana untuk memasukinya. Hidup anda bergantung pada rencana apa yang anda buat untuk kehidupan anda.

Terima kasih,
Wassalamualaikum wr.wb.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M109

1. Bagaimana kalo orang itu merasa bisa semua hal, punya motivasi bahwa jika dia bisa kenapa saya tidak. Jadi, dia tidak tahu kelebihannya karena merasa semua bisa walaupun belum expert? Bagaimana cara mengetahui kelebihannya?
Jawab
Yang dimaksud kelebihan artinya adalah kita expert di bidang itu dan tentunya menghasilkan dalam bentuk materi (dalam konteks duniawi). Ana contohkan diri ana sendiri (semoga Allah mengampuni jika ada unsur riya' didalamnya). Versi temen-teman ana, ana ini multi talenta, semua yang di berikan ke ana bisa diselesaikan. Tapi apakah itu kelebihan ana? Ternyata bukan, hanya ada beberapa yang membuat ana senang, nyaman, dan menghasilkan tentunya. Seperti mendengarkan dan memeberikan solusi  permasalan, negosiasi, dan olahraga Itulah kelebihan yang ana punya. Jadi yakinkan anda expert di suatu bidang agar orang lain juga mengetahui bahwa itulah kelebihan anda.

Pertanyaan M110

1. Assalamu'alaikum ustadz. Alhamdulillaah saya udah membiasakan diri segala sesuatu selalu terplanning sejak SMP bahkan selalu saya buat catatan dalam setahun apa yang mesti saya raih, jalankan dan wujudkan kalo berhasil saya coret tuh planning kalo belum berhasil saya evaluasi lagi. Ustadz yang ingin saya tanyakan bagaimana yak menghapus rasa jenuh karna saya sejak SMP sampe sekarang hidup selalu terplanning??? Karna jujur ada kalanya saya kepengen lepas nih dari planning, hidup mengalir saja
Jawab
Langkah anti membuat planning sejak usia dini 👍. Perlu diliat terlebih dahulu alasan apa yang membuat jenuh, apa karena sering terwujud atau karena terlalu sering gagal. Jika anti merasa jenuh, ana ajarkan cara terekstrim untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan tidak membuat rencana hidup 1 tahun saja, lalu nanti perhatikan apa yang membedakannya. Sama halnya dengan Sholat, Pernahkah anti jenuh dengan sholat? Jika pernah beranikah anti meninggalkannya. Analoginya sama, sholat adalah perintah, rencana hidup juga perintah, perintah dari diri kita sendiri untuk tunduk dan taat pada apa yang telah kita buat. Jika anti berani melakukan, pada titik tertentu anti akan menemukan alasan kenapa kita tidak boleh jenuh dengan semuanya. Tetapi karena memang sifat manusia yang cenderung gampang bosan, maka yang paling mudah untuk ana anjurkan adalah mencari sahabat terbaik yang menyiapkan diri mereka sepenuhnya untuk mendengar curhatin hati anti disaat jenuh, bisa jadi orangtua, keluarga, teman sekolah/kuliah/rekan kerja. Dan sahabat terbaik itulah yang akan menjadi penghibur hati anti sebagaimana rasulullah juga membutuhnkan para sahabat untuk saling berbagi.

2. Bagaimana cara kita untuk mengetahui apa saja kelebihan kita? Ustadz, boleh sekalian diberikan contoh atau format seperti yang telah ustadz jelaskan. *contoh format menyusun langkah2/rencana2 dll agar tujuan tercapai..
Jawab
Cara mengetahui kelebihan diri sederhana saja. Tuliskan semua hal yang menurut anda itu kelebihan, dan tuliskan pula semua hal yang menurut anda itu kekurangan. Kira-kira lebih banyak mana. Jika lebih banyak kekurangan dan anda lebih cepat meniliskan kekurangan daripada kelebihan anda artinya anda saat ini masih berfokus pada kekurangan. Jika itu yang terjadi ubahlah mindset berfikirnya. Abaikan sementara kekurangannya dan cobalah memaksimalkan kelebihannya. Salah satu contoh mungkin anda hobbynya olahraga, tetapi selama ini hanya sekedar hobby belum menghasilkan sesuatu dari hobby itu. Artinya kelebihan anda belum anda maksimalkan. Rencana-rencana hidup tidak ada format bakunya, silahkan dibuat sendiri. Ada banyak macam caranya bisa berbentuk karangan yang menceritakan keinginan anda, atau yang paling sederhana membuat 100 catatan hal-hal yang ingin anda capai pada sebuah kertas lalu tempelkan pada tempat yang bisa anda liat setiap harinya. Berikan tanda dengan mencoret atau apapun bentuknya jika apa yang anda tuliskan dari 100 rencana itu berhasil anda wujudkan. Berikan juga time limit kapan rencana itu mesti terwujud. Karena dengan memeberikan time limit itu anda punya pengingat waktu. Jika kurang jelas bisa contact ana via email untuk ana berikan contoh membuat rencana hidup.

Pertanyaan M111

1. Kalo tujuan hidup kita surga, kita harus beribadah kan agar bisa masuk ke surga itu, tapi apa tidak apa-apa kalo kita beribadah karena ingin msuk surga, jadi niatnya bukan karna Allah. Itu bagaimana ya?
Jawab
Kita pakai analogi lain ya? Boleh tidak kita berharap balasan atas sesuatu yang kita lakukan? Tentunya boleh kan, hanya berharapnya harus pada yang tepat. Tentunya semua balasan yang kita harapakan ada. Ah balasan dari Allah SWT. Nah sekarang, boleh gak kita berharap Surga ? Boleh kan, tentunya berharapnya kepada yang punya surga donk. Allah itu Maha Tahu, bahwa manusia itu diciptakan selalu dengan pamrih. Ketika Adam memakan buah kuldi ada pamrihnya gak. Ada, karena adam ingin kekal tinggal di surga, hanya beliau tebujuk oleh iblis yang menyesatkan. Artinya bahwa jika tidak ada surga dan neraka masihkah kita mau beribadah. Artinya semua ibadah kita itu mengharapkan pamrih, mengharapkan balasan, dan semua itu sah jika kita tepat dalam berharap. Hanya kepada Allah lah semua harapan itu pantas tersampaikan. Waallahu a'alam.

2. Apakah orang ahli ibadah dijamin masuk syurga?
Jawab
Masuk surga atau tidak semua merupakan hak prerogatif Allah SWT. Hanya saja secara logika seorang muslim yang ahli ibadah semata-mata ibadahnya hanya karena Allah, mungkinkah Allah tidak memasukkannya ke dalam Surga. Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana maka tidak mungkin bagi Allah mengingkari janjinya sendiri di dalam Al Qur'an. Waallahu a'lam.

Pertanyaan M112

1. Amalan/bacaan supaya bikin hati tenang dan selalu berprasangka baik itu apa?
Jawab
Seluruh bacaan al-qur'an itu menenangkan hati, jika sudah membaca al qur'an masih belum tenang hati maka perlu dikoreksi amalan ibadah kita, mungkin sholat kita kurang khusyuk, mungkin ada amalan ibadah kita yang lain belum ikhlas, masih riya', dan ada penyakit hati yang lainnya.

2. Assalamualaikum, bila kita sudah mantap untuk ke jenjang yang lebih serius dan merencanakan hal kedepannya tetapi istihoroh yang kita dapat tidak bagus bagaimana? Apakah dilanjuti saja?
Jawab
Petunjuk Allah itu selalu benar, jika sudah istikharah dan mendapatkan petunjuk yang tidak baik, maka saran ana tinggalkan saja, karena pasti ada sesuatu yang belum kita ketahui atau tersembunnyi dari calon kita.

Pertanyaan M113

1. Tanya ya ustadz. Kadang kita sudah merencancanakan dengan detail hidup kita di tengah perjalanan sering ada hambatan. Bagaimana cara kita untuk menjaga semangat  sampai final?
Jawab
Setiap rencana yang kita buat pasti tidak selamanya akan berjalan mulus. Ada saja halangan, rintangan, hambatan, dan lain-lain bentuknya yang bertujuan untuk menggagalkan apa yang sudah kita rencanakan. Pahami sepenuhnya bahwa semua hambatan dan masalah itu ada karena Allah. Allah akan menguji sejauh mana keseriusan kita mewujudkan apa yang telah kita rencanakan. Tujuannya apa? Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mengangkat derajat dan meluluskan kita atas setiap langkah perjalanan kita dalam mewujudkan semua rencana kita. Sekolah/kuliah saja ada ujiannya agar bisa lulus apalagi rencana hidup. Yakinkan dan selalu tanamkan dalam diri bahwa ketika Allah menguji kita berarti Allah telah menyiapkan satu tingkatan yang lebih tinggi untuk diri kita. Untuk itu terus berjuang dan berjuanglah sehingga ketika kita sudah pantas untuk lulus, kelulusan itupun berasal dari Allah SWT. Sekali lagi ujian, halangan, hambatan, dan rintangan ada semata-mata bertujuan untuk mengangkat derajat kita pada satu tingkatan yang lebih tinggi dari yang sebelumnya. Cara agar semangat kita tidak kendor tatkala ada ujian adalah dengan mengingat kembali tujuan akhir hidup yang telah kita buat dan selalu ajukan pertanyaan pada diri sendiri jika tujuan akhir itu tidak terjada apa yang akan terjadi pada diri anda nantinya.

2. Kenapa kadang rencana yang di buat gagal? Adakah trik-trik untuk memfokuskan diri? Dan kalaupun gagal bagaimana cara agar kita tidak down?
Jawab
Tidak ada rencana yang gagal jika kita berjuang mewujudkannya. Jika gagal evaluasi dan ulang lagi cara-cara kita mewujudkan rencana itu. Gagal ulang lagi, gagal ulang lagi, sampai pada titik yg namanya keberhasilan. Jika gagal kemudian kita behenti pada titik itu, ya itulah namanya GAGAL. Artinya rencana yang kita buat tidak sepenuh hati. Jika rencana yang kita buat sepenuh hati maka yang tertanam dalam hati kita adalah keberhasilan. Belum berhenti jika belum berhasil. Silahkan baca semua biografi orang-orang sukses, semua dari mereka melalui proses jatuh bangun, tetapi mereka tidak pernah menyerah dengan kejatuhan, justru semakin semangat mewujudkan dan meyakini bahwa keberhasilan itu semakin dekat. Kunci agar tidak down adalah JANGAN GAGAL 😊. Jika tetep down maka anda perlu pensehat khusus untuk mendampingi anda. Sekali lagi carilah Sahabat-sahabat terbaik yang bisa membantu dan menyediakan waktunya untuk anda. Dan sahabat-sahabat seperti itu ada dalam akidah dan keimanan yang sama.

Pertayaan M115

1. Bismillah, Seperti pelajaran di atas bahwa kita harus lebih baik agar beruntung. Ustadz.. Apa saja indikator keberhasilan dari seorang mukmin di setiap harinya?
Jawab
Betul sekali, kalo anda ingin beruntung maka berbuatlah kebaikan sebanyak-banyaknya. Hukum Allah ini berlaku untuk semua umat, tidak terbatas pada umat islam saja. Yang membedakan hanyalah balasan perbuatan itu setelah kematian. Indikator keberhasilan seorang mukmin yang pasti adalah Imannya makin hari makin bertambah, kesholehannya terus meningkat, kedermawanannya tidak perlu diragukan, kepemimpinannya adalah kepemimpinan yang adil, perilakunya adalah cerminan Al-Qur'an dan As-Sunah, dan semua itu tentunya bisa dirasakan oleh semua umat manusia.

2. Bagaimana cara agar hidup kita bisa selalu sesuai rencana ustadzah? Terkadang apa yang kita kerjakan tidak sesuai dengan yang direncanakan
Jawab
Kuncinya adalah KOMITMEN DAN ISTIQOMAH. Selesaikan apa yang sudah direncanakan, jika komitmen sudah dilaksanakan dan istiqomah sudah dijadikan kebiasaan, kemudian hasilnya tidak seperti yang diharapkan maka berbaik sangkalah kepada Allah SWT. Haqqul Yakin bahwa itu adalah yang terbaik menurut Allah SWT. INGAT kalimat kuncinya, apa-apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah, tetapi apa-apa yang baik menurut Allah PASTI itu baik buat kita.

3. Bagaimana cara agar kita mau untuk selalu berkembang tidak merasa puas dengan keadaan sekarang?
Jawab
Merasa tidak puas dengan keadaan sekarang dalam konteks positif sah-sah saja, yang terpenting ketidak puasan itu bukan karena kufur atas nikmat-nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kita. Agar kita selalu mempunyai keinginan untuk bertumbuh kembang maka yang perlu dilakukan adalah :
a. Adanya kemauan yang kuat dari diri sendiri ;
b. Adanya lingkungan yang memadai untuk tumbuh kembang;
c. Adanya supporting system dari pihak ketiga.

Supporting system pihak ketiga ini biasanya didapat dari keluarga, sahabat, rekan seprofesi, dan yang lainnya yang mempunyai ritme dan irama yang sama dengan kita.

Pertanyaan M116

1. Assalamualaikum ustadz ketika kita merencanakan tujuan hidup kita kedepan, lalu tujuan itu tidak tercapai sesuai harapan kita  tips- tips apakah yang harus dilakukan agar tidak down dan dekat dengan keputusasaan?
Jawab
Cari sahabat dan lingkungan yang mensupport anda kalo perlu hijrah, berhijrahlah.

2. Assalamu'alaikum ustadz mau tanya yang dimaksud dengan hari ni sama dengan kemarin artinya merugi, itu bisa dicontohkan seperti apa ya ustadz? Jazakallahu khoir
Jawab
Analoginya sederhana. Jika apa yang anda kerjakan hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin maka anda rugi. Ruginya banyak, bisa rugi waktu, rugi materi, rugi yang lainnya. Contoh,  kemarin anda jualan dagangan dengan cara menjelek-jelekan dagangan yang lainnya, kira-kira dagangan anda akan laku atau tidak? Kemudian hari ini anda melakukan hal dan cara yang sama kaya kemarin apa yang terjadi, sama saja tidak akan laku dagangan anda dan andapun rugi 2 kali. Besok anda lakukan lagi, dan seterusnya maka anda akan semakin merugi. Itu gambaran sederhananya. Waallahu a'lam.

Jika masih ada yg perlu didiskusikan ana persilahkan, karena tujuan kita sama tholabul ilmi, sama-sama belajar. Mudah-mudahan dengan itu Allah akan mengangkat derajat kita semua sebagai hamba-hamba yang gemar menuntut ilmu. Tentunya untuk kebaikan dunia dan akhirat kita nantinya.

Untuk sementara kita cukupkan samapi disini ya ukhtifillah. Jika masih ada pertanyaan silahkan dikirim melalui email ke agus.herupitoyo@yahoo.com
In syaa allah akan ana jawab melalui email juga.

Terima Kasih, semoga apa yang kita bicarakan dari tadi pagi hingga malam ini memberikan tambahan ilmu bagi kita semua dan dicatat oleh Allah sebagai amalan yang baik yang memberatkan timbangan kita kelak di akhirat.

Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat

-------------------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 04 Mei 2015
Narasumer : Ustadz Agus Heru Pitoyo, CHt, CM
Tema : Motivasi Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online WA Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda 2

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!