Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 4, 2015

Hukum Memakai Kawat Gigi | Behel (Orthodontic Threatment), Bolehkah?
Kawat gigi semakin trend dengan anak muda, saat pertama kali ditemukan kawat gigi masih kurang menarik masayaarakat, karena bentuknya yang aneh. dengan berkembanganya zaman, tekhnologi kesehatan gigi dan mulut khususnya bidang orthodontik, mengembangkan alat yang biasa disebut "Behel" oleh masayaarakat.
Sejarah Kawat Gigi
Pada awalnya Celcus pada tahun 25 SM mengemukakan teori: “Gigi dapat digerakkan dengan memberikan tekanan dengan tangan.” Peralatan sederhana yang didesain untuk mengatur gigi geligi telah ditemukan oleh para arkeolog di makam-makam kuno bangsa Mesir, Yunani, dan Suku Maya di Meksiko . (Wah Sudah ada 25 SM).
   
Namun dengan berkembangnya zaman, Pada abad ke-20 Edward Angel atau yang dikenal dengan "Father of Orthodontics" membuat trobosan-trobosan baru dalam ilmu pengetahuan orthodontik, sehingga ditemukannya "Rubber Appliance" oleh Calvin S. Case dan H. A. Baker,disinilah berkembangnya Braces (Bracket).
Manfaat dan Kerugian Kawat Gigi?
Manfaat  :
1. Merapikan gigi yang berantakan.
2. Untuk menggerakkan dan menahan gigi
3. Mengkoreksi fungsi bicara
4. Mengkoreksi bentuk wajah
5. Mengkoreksi laju pertumbuhan tulang rahang
Kerugian :
1. Rasa sakit ketika pertama kali memakai behel, hal ini dikarenakan adanya rasa tertekan pada pembuluh dalam di daerah sekitar akar gigi.
2. Lubang dan Karang Gigi cepat terbentuk, karena sisa makanan mudah menyangkut dan sulit unutk dibersihkan, untuk itu perlu kontrol ruitn didalam perawatan kawat gigi, selain untuk melihat perkembangan perawatan, pada saat kontrol rutin juga dilakukan pembersihan karang gigi dan pengecekan adanya kemungkinan resiko karies (Gigi berlubang).
3.  Gusi, Bibir, dan Pipi mudah mengalami radang (Stomatitis) atau sering disebut Sariawan, hal ini dikarenakan kawat gigi yang bergesekan dengan mukosa (jaringan lunak di mulut) dan gusi.
Setelah kita Mengerti Manfaat dan Kerugiannya, sekarang kita Bahas tentang hukumanaya dalam perspektik Islam ^_^.
  Hukum Merapikan Gigi (Hukum Memakai Kawat Gigi)

ما حكم تركيب تقويم للأسنان إذا كان الفك السفلي صغير و الأسنان فيه متراكبة ومعوجة ، وكذلك الفك العلوي الأسنان  يه بارزه للأمام،
Apa hukum memakai kawat untuk meratakan gigi? Rahang bawah terlalu kecil sehingga gigi-gigi bertumpuk dan tidak rata. Demikian pula rahang atas sehingga gigi maju ke depan.

مع العلم أنَّ تركيب التقويم يحتاج إلى خلع بعض الأسنان لتوفير مساحة إضافية ، وبعد فك التقويم يحتاج إلى تنعيم السن لإزالة أثر المادة المثبتة
لحديد ؟. 
Perlu diketahui bahwa untuk meratakan gigi perlu ada sebagian gigi yang dicabut untuk memberikan ruang yang cukup bagi gigi yang hendak diratakan. Setelah kawat gigi dilepas gigi perlu di-fresh-kan untuk menghilangkan bekas dari benda penyangga kawat gigi yang terbuat dari besi.
الحمد لله
سئل الشيخ صالح الفوزان عن تقويم الأسنان فقال : إذا احتيج إلى هذا كأن يكون في الأسنان تشويه واحتيج إلى إصلاحها فهذا لا بأس به ،
Sayaeikh Shalih al Fauzan pernah ditanya tentang hukum meratakan gigi. Jawaban beliau, “Jika ada kebutuhan untuk meratakan gigi semisal susunan gigi nampak jelek sehingga perlu diratakan maka hukumanaya tidak mengapa (baca:mubah).

أما إذا لم يُحتج إلى هذا فهو لا يجوز ، بل جاء النهي عن وشر الأسنان وتفليجها للحسن وجاء الوعيد على ذلك لأن هذا من العبث ومن تغيير خلق الله .

   Namun jika tidak ada kebutuhan untuk mengotak-atik gigi maka mengotak-atik gigi hukumanaya tidak boleh. Bahkan terdapat larangan meruncingkan dan mengikir gigi agar nampak indah. Terdapat ancaman keras atas tindakan ini karena hal ini adalah suatu yang sia-sia dan termasuk mengubah ciptaan Allah.

أما إذا كان هذا لعلاج مثلاً أو لإزالة تشويه أو لحاجة لذلك كأن لا يتمكن الإنسان من الأكل إلا بإصلاح الأسنان وتعديلها فلا بأس بذلك .

Namun jika tidak ada kebutuhan untuk mengotak-atik gigi maka mengotak-atik gigi hukumanaya tidak boleh. Bahkan terdapat larangan meruncingkan dan mengikir gigi agar nampak indah. Terdapat ancaman keras atas tindakan ini karena hal ini adalah suatu yang sia-sia dan termasuk mengubah ciptaan Allah.

أما إذا كان هذا لعلاج مثلاً أو لإزالة تشويه أو لحاجة لذلك كأن لا يتمكن الإنسان من الأكل إلا بإصلاح الأسنان وتعديلها فلا بأس بذلك .

Jadi mengotak-atik gigi dengan tujuan pengobatan, menghilangkan penampilan gigi yang jelek atau ada kebutuhan yang lain semisal seorang itu tidak bisa makan dengan baik kecuali jika susunan gigi diperbaiki dan ditata ulang maka hal tersebut hukumanaya tidak mengapa.

أما إزالة الأسنان الزائدة فقال الشيخ ابن جبرين : لا بأس بخلع السن الزائد لأنه يشوه المنظر ويضيق منه الإنسان … ، ولا يجوز التفليج ولا الوشر للنهي عنه .

Tentang menghilangkan gigi yang ‘berlebih’ Sayaeikh Ibnu Jibrin mengatakan, “Tidakalauah mengapa mencopot gigi yang ‘berlebih’ karena keberadaan gigi tersebut merusak penampilan sehingga orang yang mengalami tidak merasa Percaya Diri. Namun tidak diperbolehkan mengikir dan meruncingkan gigi karena hal tersebut terlarang”.

Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Artinya : Para wanita yang mengikir gigi untuk berhias dan yang merubah ciptaan Allah” Mengikir gigi merupakan perbuatan yang merubah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menyibukkan diri dengan perbuatan sia-sia yang tidak ada manfaatanyaa, dan hanya membuang-buang waktu yang seharusnya dipergunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat bagi manusia. Perbuatan tersebut juga merupakan penipuan dan penggelapan serta menunjukkan kerdilnya manusia.[Zinatul Mar’ah, hal. 84]
Diposkan oleh Febrina Sarbini di 22.45
PERTANYAAN JAWABAN
1.Tanya dok...kalau gigi dpn nya yang 2buah itu kan ad yang agak di panjangka kayak kelinci gitu ya...ada 1artis begitu..itu termasuk yang meruba ciptaan Allah atau yang mana ya..
Kalo cuma bertujuan estetik iya mb..,tapi kalau kbetulan giginya lubang dan harus ditambal, In Sayaa Allah tidak mengapa karena bertujuan untukmemperbaiki fungsi dan menjaga anugerah yang Allah SWT berikan.
2.Saya mau tanya dok..adaa teman saya yang susah jodoh dikarenakan punya gigi yang menonjol dan agak parah.nah kalau seandainya dia ingin meratakan gigi gimana hukumanya?biar gak ditolak terus gara-gara giginya dok
Sesuai penjelasan Sayaaikh Ibnu Jibrin, ,tidak mengapa untukmenmabah kepercayaan diri. Namun jika kita qanaah dan dapat membangun rasa percaya diri bahwa kecantikan yang utama adaalah kecantikan bathin,maka bersabar dalam kekurangan lebih utama bukan?..
3. Gigi saya kan gingsul dan tidak rata, sebenarnya tidak menganggu. Hanya saja kalau senyum nampak gigi itu sering tidak pede. Misalnya kalau niat pakai behel untuk menyenangkan suami diperbolehkan tidak ya dok ?
Sebenarnya perawatan behel tujuan utamanya adaalah memperbaiki posisi gigi geligi yang berjejal dan tidak teratur,sehingga dapat menyebabkan sulitanyaa pembersihan dan akhirnya berlubang dan timbul bau mulut yang mengganggu.. Kalo kemudian hasil akhirnya menjadai cantik...itu hanya efek samping saja Bunda...dan jika diniatkan untuk menyenangkan suami In Sayaa Allah tidak mengapa Bunda...
4. Dok kalau boleh tau prosedure nya gmana kalau mau pasang behel..terus yang behel dalam itu gmana ya..lebih praktis atau gmana
Kalau Bunda Siti merasa perlu perawatan ortho,adaa beberapa tahap yang harus dilalui sebelum pemasangan fix appliance tsb : 
1. pencetakan rahang atas dan bawah untukmelihat masalah dan kekurangan ruangan yang terjadai
2. rontgen panoramik untukmelihat posisi dan akar masing-masing gigi
3.rontgen cephalometri,untukmengukur anataumi kepala,hidung dan rahang dengan metode tracing
4. kombinasi pemeriksaan kalauinis dri profil wajah,cetakan dan rontgen akan menghasilkan rencana perawatan yang berbeda-beda padaa tiap kasus
5. Jika kekurangan ruangan besar,mellebihi ukuran 1/2 geraham kecil tiap regionya,maka pencabutan diperlukan untukmendapatka ruangan agar gigi yang bermasalah dapat bergerak. ke arah yang diinginkan.
6.Jika sebaliknya,ruangan dapat dihasilkan dari slicing  gigi2 tiap sisi maksimal 1/4mm
7. Barulah dipasang behel.
8. Kontrol tiap 2 minggu agar pergerakan dan kelainan yang terjadai dapat dicegah sedini mungkin
9. Merawat gigi yang berbehel,lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama karena harus benar-benar tersapu semua kotoran yang menempel pada bracket. Ada sikat gigi khusus (gb)untuk membantu tercapainya kebersihan yang maksimal.
5.Dok saya ko gigi geraham kanan atas tumbuh giginya ganggu sekali, sampai sakit ngunyah. Itu kalau ga dicabut ga apa kah dok ? Ini baru tumbuh usia skrg 25thn.
Giginya tumbuhnya di gusinya deket gigi terkhir geraham belakang atas, sampai-sampai pernah migren (ga tau adaa hubungannya atau ga dengan gigi tumbuh) 
  Iya,geraham bungsu memang sering menjadai masalah karena tumbuhnya yang miring dan tidak padaa lengkung yang semestinya...sehingga sering menimbulkan rasa sakit (bisa sampe migrain) dan menyebabkan lubang padaa gigi sebelahnya. Bisa jd gigi sebelahnya dah lubamg Bunda Reny...
Coba cek lgs ke drg terdekat,dan ikuti saran terbaik bliau.
6. Kalo gigi mulai kerasa ngilu habis gosok gigi kenapa ya dok?
kemungkinan cara sikat gigi Bunda Dian salah...
Gigi sensitif pertanda adaanya dentin yang terbuka,bisa karena terkikis,lubang,erosi maupun akibat bahan kimiawi dalam makanan. Pencegahannya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan hal tsb:
* terkikis : hindari makan yang keras-keras yang mbutuhkan tekanan kunyah yang besar. Jika telah terkikis sebaiknya gigi dilapis dengan veenering atau bahan tambal sejenis.
* erosi / abrasi : perbaiki teknik sikat gigi yang salah yaitu ubah arah horisontal  menjadai vertikal membulat,dari arah gusi ke permukaan  gigi. Jika erosi parah dapat dilakukan penutupan dentin terbuka dengan bahan tambal.
* lubang : hindari makanan manis dan lengket,perbanyak serat dan jaga kebersihan mulut seperti telah diterangkan di atas. Jika telah blubamg segera lakukan penambalan dengan atau tanpa diawali perawatan sayaaraf gigi.
Sedangkan pengobatannya tergantung dari penyebab gigi sensitif tadai,tidak cukup hanya memakai pasta gigi anti sensitif saja.
7. Dok, gigi anak saya yang depan maju karena sejak bayi sampai umur 5 th suka ngisap jempol. kami berencana mau pasangin behel karena kalau ngaji makhrojnya gk sempurna. sekarang umurnya jalan 9 th tapi masih adaa beberapa gigi susu yang belum tanggal. Kira-kira d umur berapa boleh pasang behel ya? Sayaukran
benar Bunda Miranda...
Anak Bunda mengalami inkalauinasi gigi rahang atas yang protrusif akibat bada habit menghisap jempol saat pertumbuhan...
Usia 9 sudah bisa mulai dikonsultasikan ke drg Bunda...nanti secara bertahap akan dilakukan perawatan interseptif orthodonti...
Tentunya dgn terlebih dahulu dilakukan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti telah dijelaskan ke Bunda Siti
Semakin muda,semakin baik karena lebih cepat pergerakan gigi ke arah yang diharapkan karena tlg rahangnya belum terlalu kompak.
PENUTUP
Baikalauah bunda kajian hari ini kita cukupkan sekian. Dan kita tutup dengan membaca istighfar 3x dan hamdallah.
Serta dengan
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadau allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiadaa sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepadaa-Mu.”

                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
-------------------------------------------------------------

Hari, tanggal :Senin, 4 mei 2015
Narasumber : drg. SRI 
Judul kajian : HUKUM memakai kawat gigi 
Notulen: Nadliroh
Editor: Indah permata sari

Kajian Online Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala M18 Ummi

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!