MENDONGENG

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 4, 2015

Assalamualaikum
Hari ini saya kajian yaa tentang dongeng yaa.
Mendongeng.. itu pada dasarnya kan bercerita. Siapa yang nggak suka mendengar dan berbagi cerita? Gak anak kecil, gak orang dewasa suka berkisah dan mendengar kisah. Atau jaman sekarang nonton film. Akhirnya ini mudah sekali masuk dan berpengaruh pada perilaku apalagi pas masih anak-anak

Anak-anak sangat menghargai hal-hal kecil. Gak perlu ribet yang penting suasana dan sua-sini. Yang penting seru. Bayangin aja saya pernah dongengin anak-anak rame cuma pakai wayang-wayangan dari kertas bekas, suara serak seadanya.. eh tapi pesannya masuk suk suk, sampai anaknya pulang dan besok harinya

Padahal yang mendongeng gak pede samasekali. Rupanya metode ini tepat sekali buat anak. Dalam menyampaikan dongeng, saya sendiri lebih cenderung memberi kisah yang asli dan bukan bohongan. Ya sedapet-dapetnya. Ini paling mantap kalau kita punya wawasan yang luas.

Misalnya. Tau gak sih, kalau pinguin kaisar itu hanya bisa punya 1 anak setahun? Dan selama beberapa bulan, anak itu dikantonginya/dieram di kaki sambil jalan, supaya hangat terus. Jadi setiap jalan anaknya nempel di bawah. Nah.. saat anaknya udah bisa jalan sendiri, anak mulai keasikan dan gak peduli ibunya. Ibunya memanggil-manggil tapi anak gak mau denger.. karena lagi seru.

Akhirnya.. badai salju datang. Anak makin Jauh terpisah dari si ibu bahaya, karena anak kedinginan dan harus menghangatkan diri ke ibu kalau  mau tetap bertahan. Nah. Itu beneran tuh. Jadi kudu sering baca ya. Haha..

>Saya setuju, sabaiknya berkisah ya cerita yang riil. Karena kisah-kisah seperti ini tertanam dalam memori anak-anak. Jadi alangkah baiknya kalau dia mengetahui bahwa kisah itu benar, dan ada bukti kebenarannya. Itu menambah wawasan anak..

Apa aja sisi positif berkisah? Wah buanyaaak. Berkisah itu bisa dalam rangka melatih moral anak, logika, etika, pengetahuan bahkan kemampuan berhitung

Kita tutup dengan Doa Kafaratul majlis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 04 Mei 2015
Narasumber : Ustadzah Dianda Azani
Tema : Psikologi
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegrm Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!