ORIENTASI LINGKUNGAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 18, 2015

Assalamualaikum, hari ini kita bahas lagi soal mendidik anak di keramaian bagian 2: Orientasi lingkungan

Kenapa perlu berlatih mendidik anak dalam keramaian?
  • supaya kemampuan adaptasi anak terhadap lingkungannya meningkat
  • meningkat kemampuan how to, bagaimana cara mengatasi permasalahan di area publik
  • meningkatkan kemampuan sosialisasi, juga kemampuan-kemampuan dasar lain, seperti menjaga diri dan menaiki elevator/lift
Ibu bisa mendidik anak dalam keramaian terutama saat anak sudah bisa berjalan dan berlari dengan baik (stabil), dan sudah memiliki kemampuan bahasa reseptif (memahami yang dimaksud, walaupun Belum lancar bicara). Mulailah dengan memberi instruksi, memperkenalkan berbagai hal, serta melatih kemampuan fisiknya.

Kali ni kita akan bahas langkah kedua: orientasi lingkungan. Orientasi lingkungan fokusnya adalah memperkenalkan anak terhadap berbagai hal yang ada dalam lingkungan. Ada berbagai hal yang tercakup dalam orientasi, beberapa contoh misalnya orientasi tempat dan orang/petugas. Memberi tahu anak lokasi yang akan kita tuju, merupakan salah satu bentuk orientasi tempat. Sejak dari rumah, jelaskan kemana anda dan anak akan pergi, untuk tujuan apa dan dimana lokasinya. Setelah sampai, beri penjelasan orientasi tempat sederhana, seperti "kita sudah sampai nih, ini mama parkir di parkiran dulu ya.. setelah ini, kita ke lantai atas naik tangga jalan/eskalator. Supermarketnya ada di atas". Anak menjadi paham konsep atas bawah, paham bahwa naik ke lantai atas bisa menggunakan tangga jalan atau bahwa tempat parkir berbeda dengan tempat belanja.

Contoh orientasi kedua adalah orientasi orang, yaitu mengenalkan anak dengan berbagai orang/petugas yang ada di keramaian. Saat berjalan-jalan, ibu bisa menunjuk ke petugas.. misalnya satpam. Ibu jelaskan ,"itu namanya satpam" Awali dengan menjelaskan ciri fisik, misalnya "satpam.biasanya berseragam, putih-hitam. Dan pakai topi seperti itu. Lanjutkan dengan menjelaskan tugas dari petugas tersebut,  seperti..
"satpam tugasnya melindungi orang-orang, misalnya anak yang hilang/lepas dari mama papanya, ada barang yang hilang, atau terluka"

Jelaskan pula alat-alat yang digunakan untuk bertugas, misalnya, "Supaya bisa membantu orang-orang, satpam memakai tongkat /pentungan dan halo-halo/walkie talkie. Lanjutkan jelaskan apa yang akan dilakukan petugas saat menghadapi masalah umum, contohnya, "Kalau ada anak hilang, pak satpam akan menemani anak menuju tempat informasi, nanti akan diumumkan lewat pengeras suara supaya terdengar oleh mama papanya. Penjelasan dilakukan dengan bahasa sederhana ya bu.. supaya anak paham. Tidak perlu dijelaskan sekaligus langsung,  satu per satu saat jalan-jalan dengan anak. Jangan ragu berdiskusi dengan anak, tanyakan apakah anak sudah paham, dan apakah anak ingin bertanya. Sering-seringlah mengidentifikasi petugas, misalnya menunjuk satpam "oh ada satpam dekat pintu masuk, ada juga dekat lift". Dengan demikian, anak bisa tahu dimana mencari satpam, sewaktu-waktu ia butuh pertolongan supaya pengalaman anak komplit, anak juga ia berkenalan dengan petugas.. dampingi anak. Dorong anak untuk bertanya, apa saja.. ini melatih keberanian anak, juga keterampilan sosialnya. Lakukan ini pada petugas lain, misalnya petugas cleaning services, penjaga toko dan pusat informasi.

Orientasi tempat lain, kita bisa kenalkan anak pada simbol-simbol umum seperti tanda arah toilet, mushala, lift. Orientasi yang terpenting adalah orientasi diri. Ajarkan anak untuk tahu siapa namanya, nama ayah, nama ibu dan tempat/daerah tinggalnya. Latihan dengan tanya jawab/bermain peran.. agar anak bisa menjawab saat dibutuhkan. Dalam berbagai situasi ini, tekankan dalam diri ibu bahwa ibu sedang membekali anak keterampilan pertahanan diri dasar. Dampingi anak dengan rasa nyaman, percaya bahwa anak bisa, beri dukungan. Latih sedikit demi sedikit dan saat anak sudah mampu libatkan ia untuk membantu ibu. Ini membuat anak merasa bangga.

Saya tutup yaa..

Kita tutup dengan Doa Kafaratul majlis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 18 May 2015
Narasumber : Ustadzah Dianda Azani
Tema : Parenting
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT