Ketik Materi yang anda cari !!

TAQWA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, March 3, 2015

Ketaqwaan pada Allah Azza wa Jalla adalah modal kekayaan inspirasi, sumber cahaya, dan karunia yang melimpah.

Hikmah yang akan hadir ketika taqwa tersimpan dalam diri kita:
1. Karunia berupa cahaya yang akan menerangi perjalanan manusia
2. Jalan keluar yang menentramkan batin walau besar dan rumit problema yang dihadapi
3. Menjadi manusia yang selalu hati-hati dan senantiasa waspada dalam menapaki perjalanan hidup ini.
4. Menumbuhkan Furqan, yakni mampu membedakan antara yang haq dan bathil.

Taqwa lahir sebagai konsekuensi logis dari keimanan yang kokoh. Taqwa hanya dimiliki oleh siapa saja yang berusaha menggenapkan ketaatannya pada Allah Aza wa Jalla. Taqwa itu kepekaan batin, kelembutan perasaan, rasa takut yang terus menerus, selalu waspada dan hati-hati.

Dalam sebuah riwayat  yang shahih disebutkan bahwa Umar bertanya pada Ubay Bin ka'ab tentang taqwa.
Ubay menjawab, "Bukankah Anda pernah melewati jalan yang penuh duri?" Umar menjawab, "Ya"  kemudian Umar melanjutkan pertanyaannya, "Apa yang Anda lakukan saat itu?"  "Saya bersiap-siap dan berjalan dengan hati-hati". Itulah taqwa

Berpijak pada jawaban Ubay bin Ka'ab atas petanyaan Umar bin Khatab tersebut, Sayyid Qutb berkata dalam tafsir Fi dzilalil Quran"
"Itulah taqwa, kepekaan hati, selalu waspada, kelembutan perasaan, rasa takut yg terus menertus dan hati-hati jangan sampai terkena duri di jalanan." [Umar Bin Khattab]

Cukuplah keutamaan dan pengaruh taqwa merupakan sumber kebaikan. Taqwa itu sebagai pilar utama dalam pembinaan jiwa dan akhlak seseorang dalam rangka menghadapi fenomena kehidupan.


TANYA JAWAB
1. Bunda, aku suka mengeluh terhadap masalah yang saya hadapi termasuk dalam fase taqwa. Apakah saya belum bisa masuk ke dalam fase ke taqwaan seseorang ya bund?

Jawab:  Kalau mengeluh sesekali  itu manusiawi. Namun jika mengeluh terus  itu baru masalah. Orang yang bertaqwa akan   menjaga diri dari hal-hal yang merusak amalnya.


2. Kalau terlalu berhati- hati akhirnya ragu juga di takutkan menjadi gangguan setan bukan Bun?

Jawab: Rasulullah SAW mengatakan : 

" da' maa yariibuka ilaa  maa laa yariibuk "
Tinggalkanlah sesuatu yang meragukanmu. Dan ketika kita ragu, peluang syetan masuk.


3. Bunda, tanda-tanda orang yang beriman itu apa saja kah? Dan bgamana caranya bisa menanamkan dihati kita?  Iman itu bisa naik turun, bgaimana cara mengatasinya?

Jawab: Tanda-tanda orang yang beriman menurut QS. Al-Mu'minun : 1-11

A.  Khusyuk sholatnya
B.  Menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna
C.  Menynaikan zakat
D.  Memelihara kemaluannya
E.  Memelihara amanah dan janjinya
F.  Memelihara sholatnya

Cara menanamkan di hati kita dengan mencari ilmu terus dan mengamalkan secara terus menerus, bersama orang orang yang sholih. Penyubur iman adalah ilmu dan amal. Cara mengatasi iman yang naik turun banyak melakukan ketaatan kepada Allah dan berdoa. Misalnya perbanyak tilawah, sholat malam dan seterusnya.


4. Bunda, bolehkah dijelaskan apa itu fiqih wanita ? Dan berikan contoh nya dalam kehidupan sehari-hari ya bund.. Syukron

Jawab: Fiqh wanita adalah fiqh atau hukum hukum yang membahas tentang wanita. Misalnya tentang sholat, haid hukum waris, hak dan kewajiban wanita


5. Bunda, mungkin sedikit melenceng. Kalau orang tua menyakiti anaknya, baik fisik atau psikis apakah orang tua itu tidak bertaqwa atau beriman? Kan anak adalah titipan Allah, sering banget kalau anaknya nakal orang tuanya jadi capek pasti main fisik. Ga cuma orang tua juga, kadang kakak juga jadi keras kepada adiknya yang nakal tersebut.

Jawab: Sayang, orang tua juga harus punya ilmu dalam mendidik anak. Karena ada ilmunya dan belajar terus. Jika terjadi otang tua memukul anaknya, mungkin mereka tidak tahu. Kalau kita posisi sebagai anak yang di pukul, maafkan dan doakan agar di buka pintu hatinya, di lembutkan hati mereka dan jangan kita tiru apa-apa yang tidak baik.

Bunda simpulkan ya....
Rasulullah berkata "Ittaqillaha khaitsuma kunta"
“Bertaqwalah kamu di manapun kamu berada..."

Kita punya kewajiban untuk meraih derajat taqwa. Maka mari selalu suburkan iman dengan ilmu dan bersama orang orang sholih agar tertular aktivitas dan ibadah orang-orang yang sholih. Serta terus menerus berada di majelis ilmu.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum... 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~`
Selasa, 3 Maret 2015
Narasumber : Ustadzah Awaliani Kharisma
Tema : Taqwa
Grup Nanda M104
Notulen : Rini ismayanti
Editor: Wanda Vexia
Kajian WA Hamba الله SWT

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment