Home » , , » TIPS MEMBUKA USAHA

TIPS MEMBUKA USAHA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, May 5, 2015

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Selasa,  5 Mei 2015
Narasumber : Ustadzah Widyawati
Rekapan Grup Nanda M103 (Indah pratiwi)
Tema : Ekonomi Islam
Editor : Rini Ismayanti

TIPS MEMBUKA USAHA

Bismillahirrahmanirrahim

Biasanya kalau Mau buka usaha awalnya selalu mikir modal ya. Tapi kebanyakan kita suka mikirin modal nya dalam bentuk uang, sehingga usahanya suka tertunda kalau modal uangnya belum ada. Iya gak? Padahal modal yang paling penting kita miliki untuk membuka usaha adalah modal yang sdh Allah berikan melebihi nilai materi. Yaitu modal Diri kita dan waktu kita yang seringkali kita lupakan.
Banyak diantara kita yang sudah punya modal uang, tapi tidak siap dengan modal diri dan waktu. Tapi ada yang tidak punya modal uang, tapi memiliki kapasitas diri yang bagus, akhirnya bisa buka usaha.
Jadi, modal diri kita jauh lebih bernilai dari pada modal uang. Karena saat ini ada usaha yang tidak hrs memakai modal uang. Karena saat ini ada usaha yang tidak hrs memakai modal uang. Seperti menjadi Reseller online, produk tas dan baju.
Itu yang teteh awali saat membuka usaha. Alhamdulillah sekarang sudah ada 2 toko di kepri mall batam.

Jadi kalau mau buka usaha, yang harus disiapkan diawal adalah, 
● Ide usaha nya apa?
● Produk yang dijual
● Calon pembeli atau market ideal
● Bagaimana Cara menjualnya
● Prinsip berwirausaha

Ide usaha nya bisa dimulai dari hoby kita, misal hoby masak, buka aja usaha kuliner, dll. Calon pembeli dan bagaimana cara menjualnya berproses aja.
Cara menjual yang efektif saat ini adalah dengan cara online. Hasil survey membuktikan, saat ini orang lebih suka belanja online dan jangan khawatir gak dapat pasar. Karena jutaan manusia saat ini sudah terhubung dengan media sosial. Kalau mau praktek langsung,  boleh bersinergi dengan teteh.

 TANYA JAWAB

Q : Saya masuk ke usaha online teh..tapi kok kya nya masih ada yang kurang...
misal cara promonya itu saya yang sering bingung teh..
A : Cara promosi yang paling baik adalah dengan mengimpormasikan nilai lebih dari produk kita. Juga mempromosikan siapa identitas kita. Karena alasan pembeli membeli produk kita ada beberapa. Salah satunya mereka beli produk kita karena si penjualnya yang ramah dan care. Dan membeli karena produk nya memang bagus dan punya nilai khusus. Jadi kedua hal ini sebaiknya mjd prioritas tema promosi kita. Bagaima acaranya? Kita harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Q : Saya PNS pengin usaha kue tapi waktu dah habis..gmn caranya ya?..pikiran dan waktu dah terforsir ngurusin 6 desa..
A : Masya Allah luar biasa aktifitasnya kalau semua persiapan sudah mateng coba rekrut karyawan saja ukhti.

Q : Saya pingin usaha tapi belum bisa managemen waktunya , ada trik khusus kah ustazah ?
A : Bisnis yang paling fleksibel dengan manajemen waktu adalah bisnis online. Bunda. Kita share photo ke media sosial kapan aja. Sesuai luang nya waktu kita. Bisa dicoba ukhti..

Q : Cara meyakinkan hati untuk mulai usaha karena kadang masih ragu-ragu ustadzah..
A : Keyakinan yang kuat adalah modal usaha yang paling penting ukhti.
Coba kembali ke niat awal membuka usaha tujuan nya untuk apa? Kalau niat kita mulia, Allah akan menunjukan jalan Nya ukhti. Banyak nya orang orang yang sudah berbinis dan berhasil, semoga menambah mantap nya hati kita. Jika mereka bisa, pasti kita juga bisa. Karena modal yang Allah berikan sama. Diri kita dan waktu kita.

Q : Kadang masih tercampur uang pribadi dan uang usaha, blm bisa me manage keuangan,,suka tergiur,, blm istiqomah ustz,,bgmna solusinya,??
A : Buat rekening bank 2 rekening bunda. Rekening buat bisnis dan buat rumah tangga. Transfer semua hasil transaksi bisnis ke rekening bisnis. Jangan ada uang tunai yang kita pegang. Yang boleh di transfer ke rekening pribadi hanya laba nya saja. Itu pun harus menyisakan berapa % untuk dana cadangan usaha. Misal untung sehari 50rb. Buat pribadi 40.000 buat dana cadangan 10.000. Buat SOP ketat keuangan.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!