Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DEFINISI SEHAT

Kita mbahas mengenai thibbun nabawi. Bahasannya panjang  dan lebar. Karena itu sebelum semuanya berakhir bahagia, saya ingin bertanya dulu. Apa artinya sehat menurut kalian? Biar kita samakan persepsi dulu karena persepsi mendahului aksi
Monggooo dijawab

Atau sehat itu apa sih?

》sehat itu ketika kita merasa nyaman dan bersyukur untuk semua yang dikasih olehNya
sehat jasmani dan rohani kan stadz

》Sehat adalah suatu kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya.
kata om gugel tadz..

》Sehat itu semua sesuai porsi nya, ngga kurang ngga lebih
☆Ayo...aku sih iyes...ada lagi?
☆Ayo...biar makin pucing pale berbi

Baik
Sehat adalah kondisi sejahtera jasmani rohani serta sosial ekonomi. Ini juga sejalan dengan pengertian sehat oleh World Health Organisation. "Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity"

》adalah kondisi fisik lengkap, mental, dan kesejahteraan sosial serta tidak hanya terhindar dari penyakit atau kelemahan

Jadi kalau bicara thibbun nabawi pengobatan cara nabi sebenarnya harus menyentuh hal hal yang diatas
1. Jasadiyah
2. Fikriyah
3. Ruhiyah

Atau menyentuh apektif kognitif psikomotorik. Atau iq, eq, sq, dan aq. Dan semua harus seimbang. Karenanya kalau mau sehat semuanya jadikanlah islam sebagai way of life, cara hidup dan gaya hidup

Intinya adalah bahwa

1. Jasadiyah

Jaga kebugarannnya kebersihannya dsbnya dengan gaya hidup yang teratur bersih dan sehat...makanan yang bergizi seimbang, mandi, puasa ibadah dsbnya

2. Fikriyah

Pikiran yang positif dan ikhlas. Asasnya adalah husnudzhon billah husnudzhon kepada Allah. Kendalikan fikiran dan jangan mau dikendalikan oleh fikiran. Pilihlah fikiran fikiran yang baik dari lintasan pikiran yang muncul.

3. Ruhiyah.

Senantiasa ingat kepada Allah (dzikrullah) dan ibadah yang wajib ditambah ibadah yang sunnah sesuai kondisi dan kekuatan kemauan.

4. Sosial dan ekonomi

Bergaul dengan masyarakat yang baik dan positif. Mampu menghasilkan uang sendiri dengan cara berdagang beternak atau bertani atau jadi karyawan atau jual jasa dan tenaga.

Demikian sharing kita hari ini. Semoga bisa di fahami.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M112

1. Apabila kita bergaul pilih-pilih kira-kira yang membuat kita menjadi lebih baik ga apa kan?
Jawab
Iya gapapa. Dan harus begitu. Teman itu harus yang baik. Tapi kenalan mah sama siapa aja. Sebatas kenal. Bila mampu, kenalan yang ga baik diajak baik. Didakwahi gitu.

Pertanyaan M113

1. Bagaimana cara terapi yang sering sakit biar sehat kembali? Ini terjadi pada diri saya sendiri
Jawab
Banyak sebab. Salah satunya adalah sistem imun yang rendah. Dalam tubuh kita ada dokter pribadi namanya sistem imun. Perbaiki aja sistem imunnya.

Pertanyaan M116

1. Bagaimana cara menjaga kesehatan ruhiyah dan fikriyah kita agar selalu istiqomah disaat down (kadang walau sudah mencoba berdzikir dalam hati tetap saja rasa sedih marah dan kecewa menyesal itu selalu menyertai)
Jawab
Perbesar rasa syukur dengan cara senantiasa menghitung hitung nikmat Allah

2. Sungguh aku beribadah hanya ingin brharap pahala dari Allah smata, berharap Allah menerima semua amal ibadah tapi kadang difkirkan terlintas ingin mendapat pujian dari orang laen, tapi hati ini menolak. aku sangat takut ibadah aku akan sia-sia kalau dalam fikiran aku terkadang muncul perasaan seperti itu. Kenapa fikiran kadang muncul perasaan itu?
Jawab
Wajar muncul pikiran demikian. Namun segera redam dan alihkan bahwa niatku hanya karena Allah saja.

3. Mau tanya bagaimana cara mengatasi masalah penyakit hati kak? Misal masalah rendah diri. Cenderung menyalahkan diri sendiri. Sulit mempercayai seseorang.
Jawab
Ya jangan rendah diri. Jangan menyalahkan diri sendiri. Harus ridho dengan ketentuan Allah. Dalam hal mempercayai seseorang maka harus dilihat track recordnya terhadap kamu. Bahkan seorang yang sangat kamu percaya pun bisa ingkar. Jadi sisakan ruang didada untuk ketidaknyamanan dalam hidup untuk lebih yakin dengan takdir (qodho dan qodar)

Maaf lahir bathin

♡♡♡♡♡
BIJAKSANA. Orang-orang bijaksana selalu menyediakan diri untuk belajar dan mendengar. Dengan belajar, manusia berhenti jadi kura-kura yang menganggap rumah kecilnya adalah satu-satunya rumah yang layak huni. Dengan mendengar, manusia menyatu bersama samudera pengertian yang maha luas. Seseorang menulis: to say you don’t know is the beginning of knowing. Menyadari diri tidak tahu adalah awal pengetahuan dan keagungan.

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 23 Juni 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda 2