Home » , , , » DISKUSI TENTANG ZAKAT MAAL DAN SHOLAT JUMAT BAGI WANITA

DISKUSI TENTANG ZAKAT MAAL DAN SHOLAT JUMAT BAGI WANITA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, June 12, 2015

ZAKAT MAAL

1. Saya lupa kapan haulnya maal saya. Apakah boleh saya tetapkan saja haulnya di bulan ramadhan?
Jawab
Jadi lebih baik diingat ingat kapan haulnya. Tidak harus di dalam bulan ramadhan yaaa. Setelah bulan ramdhan pun tidak apa apa jika haul menyentuh disana. Paling gampang kalau kita punya buku tabungan, lihat saja angka di setahun lalu, misal sekarang tanggal 12/06/15. Coba lihat di 12/06/14

2. Bagaimana menghitung zakat. Seluruh harta dijumlah dan dikonversi ke emas kira-kira berapa gram, kemudian 2,5 % dari bentuk emas (hasilnya gram) kemudian dikonversi lagi ke dalam bentuk rupiah?
Jawab
Ketentuan Nishob adalah 85 Gram Emas. Maka tinggal dikalikan saja dengan harga emas sekarang berapa per gramnya. Kemudian keluarkan zakatnya 2,5% dan silahkan dikonversi ke rupiah

3. Saya punya 1 buah rumah. Karena satu kondisi, tahun ini kami mengontrak setahun di tempat lain, dan rumah kami hanya kami tengok sabtu/minggu. Apakah rumah tersebut kena zakat ustadz?
Jawab
Tidaakk

4. Berarti  zakat gaji itu, tinggak kali kita punya sisa ya pak dalam tabungan walau kita gaji kurang lebih 8 juta kalo ga ada sisa kita belum kena zakat mall atau zakat gaji itu ya pak?
Jawab
Betuuulllll

>Ooohhhh.. Jadi jika dalam satu tahun kita gak punya harta sebanyak 85gr emas. Kita gak ada zakat penghasilan yaaa Pak ? Kalo zakat maal itu beda kan dengan zakat penghasilan?
Jawab
Zakat penghasilan sebenernya tidak adaaa. Itu di convert kedalam zakat mal

5. Pak zakat fitrah itu kalo yang bayar orang lain boleh  gak? contoh :fitrah saya di bayarin kakak saya yang di rumah,  indo?
Jawab
Bunda Lia... Karena di negara kafir dan tidak ada badan atau lembaga disana. Boleh boleh saja dalam keadaan terpaksa

6. Pak.. Untuk emas nya Emas murni atau emas perhiasan? Seberat 85gr itu?
Jawab
Emas perhiasan sana Emas Murni, beratnya sama berat ngga kalau 85 gram? Mana lebih berat, ikan teri 1 kg sama Ikan hiu 1 kg...? Hayooooo

>Khan harga emas murni (batangan yaaa?) beda pak dengan perhiasan
Jawab
Iya Bunda Indah. Yang penting masuk ke 85 gram. Tinggal dihitung aja berapa per gram yang perhiasan X 2,5%. Beda ngga sih harga 95% emas sama 100% emas? Kalau beda dikalikan aja masinh masing yaa

SHOLAT JUMAT WANITA

1. Pak apakah  wanita yang ikut sholat  jum'at harus sholat  zuhur lagi? Kalo di daerah sini begitu ustad wanita walaupun sudah sholat jumat tapi masih harus tetap sholat dhuhur lagi
Jawab
Lajnah Daimah memfatwakan:

إذا صلت المرأة الجمعة مع إمام الجمعة كَفَتهَا عن الظهر ، فلا يجوز لها أن تصليَ ظهر ذلك اليوم ، أما إن صلت وحدها فليس لها أن تصلي إلا ظهرا ، وليس لها أن تصلي جمعة

Jika wanita shalat Jumat bersama imam masjid, maka itu sudah cukup baginya sehingga tidak perlu shalat zuhur, sehingga tidak boleh melaksanakan shalat zuhur di hari itu (setelah jumatan). Namun jika dia shalat sendirian maka tidak ada kewajiban shalat baginya, kecuali shalat zuhur, dan dia tidak boleh shalat Jumat (2 rakaat). (Majmu’ Fatawa, 7:337)

Dalil 👇

Ibnu Qudamah beliau memaparkan, Jumatan tidak wajib bagi wanita, beliau menegaskan:

ولكنها تصح منها – أي الجمعة – ؛ لصحة الجماعة منها ، فإن النساء كن يصلين مع النبي صلى الله عليه وسلم في الجماعة

“Hanya saja jumatan itu sah dikerjakan wanita (bersama imam). Karena mereka shalat jamaahnya sah (maksudnya: wanita boleh shalat jamaah). Dulu para wanita shalat berjamaah bersama Nabi ﷺ  ” (Al-Mughni, 2:243)

Ibnul Mundzir dalam kitab Al-Ijma’ mengatakan:

وأجمعوا على أنَّهن إن حضرن الإمام فصلَّينَ معه أن ذلك يجزئ عنهن

“Mereka (para ulama) sepakat bahwa jika ada wanita yang menghadiri Jumatan bersama imam, kemdian dia shalat bersama imam, maka itu sudah sah baginya.” (Al-Ijma’, no. 53).
Maksud Ibnu Mundzir, dia tidak wajib melaksanakan shalat zuhur karena telah melaksanakan Jumatan.

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Jumat, 12 Juni 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT