HIKMAH RAMADHAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, June 29, 2015

Alhamdulillah washsholatu wassalamu ala rasulillah. Kali ini kita coba kajian via audio ya.
Temanya adalah "Tanya Jawab Hikmah Ramadhan" Ada 3 hikmah terkait ramadhan yang akan saya angkat. Karena kajiannya audio, mudah-mudahan yang sulit baca, bisa nyambi dengan mendengar. Mudah-mudahan audionya tidak terlalu besar. 


Langsung share tanya jawab ya ustadz..

TANYA JAWAB


Pertanyaan M01

1. Adakah dalil sholat taraweh 4 rokaat 1 salam? Bolehkah sholat witir 1 rokaat? Adakah dalil nya? Jazakalloh khoir katsir
Jawab
Ada. dalil-dalilnya shohih.
Aisyah ra berkata, "Nabi saw melakukan shalat empat (rakaat). Tidak perlu dipertanyakan tentang bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan shalat empat (rakaat) lagi tanpa perlu dipertanyakan bagus dan panjangnya. setelah itu beliau melakukan shalat tiga rakaat." (MUttafaq alayh).

Walaupun ada perbedaan ulama dalam menyikapi hadits di atas, tidak bisa dipungkiri, solat malam 4 rakaat ada dalilnya
Sesungguhnya seorang lelaki berkata: Wahai Rasulullah, bagaimanakah solat malam? Baginda bersabda: Dua-dua (rakaat), apabila engkau khawatir (masuk waktu subuh), maka laksanakan solat Witir satu rakaat. - Hadis riwayat al-Bukhari



Pertanyaan M02

1. Ustadz di bulan yang mulia dan suci ini mana yang lebih baik. Apakah murojaah ataukah tilawah. Kemudian saya ingin bertanya mengenai tata cara tarawih yang kita lakukan sendiri dirumah apakah sama yang kita lakukan secara berjamaah?
Jawab
Tilawah dan murojaah pada dasarnya sama-sama membaca alquran namun ada pahala khatam quran scara khusus daripada banyak murojaah, lebih baik banyak khatam kecuali bila hafalannya 30 juz . Tarawih sendiri dan berjamaah sama saja



2. Ustad bulan Ramadhan ini adalah bulan di turunkan nya Alqur'an. Mohon penjelasan bagaimna proses nuzulul qur'an / di turunkan nya Alqur'an di bulan suci ini?
Jawab
Ada perbedaan ulama saya kutipkan pendapat yang banyak disetujui saja.
Al Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam Lailatul Qodr kemudian diturunkan dengan cara berangsur-angsur sepanjang kehidupan Nabi saw setelah beliau diutus di Mekah dan Madinah. Banyak para ulama yang mengatakan bahwa pendapat inilah yang paling benar berdasarkan suatu riwayat dengan sanad yang shahih dari Ibnu Abbas yang telah dikeluarkan oleh Hakim dan Baihaqi serta yang lainnya, dia mengatakan bahwa Al Qur’an diturunkan pada suatu malam ke langit dunia yaitu Lailatul Qodr kemudian diturunkan setelah itu selama dua puluh tahun



3. Ustadz klo kita mendengarkan murottal sedikitnya kita hafal dan dilafadzkan walau tidak keluar suara, apakah itu termasuk tilawah?
Jawab
Setiap pelafalan dengan lisan pasti ada suaranya walaupun sangat kecil, dan setiap pelafalan seperti itu termasuk qiroatul quran. namun yang terbaik adalah membaca mushaf dengan khusyu atau melantunkan quran melalui hafalan dengan khusyu.

Pertanyaan M03

1. Ustadz, kalo itikaf hanya beberapa jam saja apa boleh, misal hanya dari dhuhur ke ashar. Saat beritikaf, apa hanya berdzikir saja atau boleh membaca al quran?
Jawab
Boleh, baca quran adalah zikir terbaik.

Pertanyaan M04

1. Ustadz dulu waktu anak-anak masih kecil saya disibukkan dengan urusan dunia sehingga tidak sempat mengajarkan anak-anak menghafal al quran. Saat sekarang mau di ajak mereka pada gak mau dan sudah sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Rasa keterpanggilan untuk cinta al quran juga terlambat datang pada saya. Nah sekarang saya ngajar hafalan surat-surat pendek untuk anak-anak pengajian dengan harapan menebus kesalahan saya dimasa lalu tidak mengajarkn hal ini pada anak-anak. Bagaimana stadz mengajak anak-anak cinta al Quran di usia mereka sudah dewasa.
Jawab
Pendekatan pada orang dewasa lebih sulit daripada kepada anak kecil karena orang dewasa sudah kental karakternya dan terpengaruh berbagai macam hal selama hidupnya, bisa jadi lebih lama waktu menumbuhkan rasa cinta quran kepada anak yang dewasa daripada yang kecil selain kuatkan dengan doa yang khusyu bisa dicoba dengan dialog yang intens, dan ajakan-ajakan yang bersifat tidak langsung. Berikan pula contoh dari orang tuanya. Sebelum mengajaknya untuk cinta alquran, bisa diawali untuk mendekatkan hati antar orang tua dan anak ketika hati sudah dekat, lebih mudah mengajak pada kebaikan. Dialog yang intens, terbuka, bersahabat, adalah salah satu kuncinya.

2. Ustadz kadang kalo sholat tarawih saat imam membacakan ayat-ayat panjang kita jadi ngantuk. Tapi hasil pnelitian pribadi statdz ngantuk bukan karena makan banyak saat buka tapi cara imam membacakan ayat-ayatnya. Sebab pernah imam anak muda dengan bacaan yang fasih dan lagu indah malah jamaah begitu khusu' bahkan suara anak-anak yang sering ribut seperti terdiam dan banyak jamaah terhanyut dan nangis saat tarawih itu. Pertanyaaan apakah makanan yang mempengaruhi atau imam yang mimpin sholat yang bikin kita ngantuk.  Sebab ada imam yang tua-tua bacaan dan lagunya gak enak bikin ngantuk..astahfirullahaladzim.
Jawab
Ngantuk yang lebih utama karena makanan selain itu disebabkan kurang konsentrasi atau kurang bersemangat. Bacaan imam bisa saja bikin kita kurang semangat/konsen tapi kalo tajwid dan makhrojnya sudah benar, sebaiknya kita tetap semangat dan konsen.

3. Ustadz, di bulan ramadhan ini banyak orang yang berlomba untuk khatam. Saya sering menjumpai banyak yag tadarus agar cepat khatam, tapi saya liat tahnsin dan tajwidnya itu sangat asal-asalan hanya cepat ngajinya, kadang sampe tidak bisa di simak. Apakah seperti itu sah tilawahnya?
Tilawah yang sah adalah yang tajwid dan makrojnya benar. wallahul musta'an

4. Apakah wanita boleh ikut itikaf dan bagaimana cara atau adab itikaf bagi wanita?
Jawab


Itikaf wanita di masjid tidak memakai parfum, dan sebaiknya di tempat yang terhijab, tidak terlihat laki-laki.

5. Apakah itikaf hanya pada malam-malam tertentu di bulan ramadhan saja dan apakah hanya di malam hari saja?  misalnya dari Maghrib sampai Shubuh
Jawab
Itikaf adalah berdiam di masjid untuk beribadah mendekatkan diri pada Allah. Sangat dianjurkan di bulan ramadhan, siang maupun malam setiap hari dan hukumnya sunnah di luar bulan ramadhan. Lebih disunnahkan lagi di 10 hari terakhir ramadhan. Yang terbaik bila bisa terus menerus tinggal di masjid slama 10 hari tidak pulang-pulang. Inilah contoh dari Nabi saw. Tapi kalo tidak sanggup, maka ia berdiam di masjid semampunya (magrib - subuh, subuh-magrib, 1 hari, 2 hari, trus menerus, dll)

6. Apakah itikaf hanya dilaksanakan di masjid? Kalo ditempat terbuka bersama jamaah misal tablik akbar dan itikaf di lapangan gitu, bagaimana ustadz?
Jawab
Itikaf hanya di masjid namun ada pendapat Hanafiyah tentang bolehnya itikaf wanita di rumahnya di tempat ia biasa melakukan solat. Namun yang paling utama dan dicontohkan nabi dan istri-istri beliau adalah di masjid.

7. Assalamualaikum ustadz, ada yang bilang bahwa sholat taraweh itu sama dengan sholat tahajud jadi jika sudah taraweh tidak perlu tahajud lagi, mohon penjelasannya.
Jawab
Tarawih dan tahajud sama-sama qiyamul lail. Boleh solat qiyamul lail sebanyak-banyaknya. Silahkan ditambah jika mau ada contohnya dari para salafushsholeh

Pertanyaan M08

1. Mengenai tilawah qur'an, kita dianjurkan bisa khatam (bahkan berkali-kali seperti yang dicontohkan sahabat dan salafus sholeh). Dengan begitu berarti kita hanya fokus membacanya saja atau wajib memahami apa yg dibacanya, karna sehari-hari kita tetap beraktifitas sehingga kadang menyita waktu tilawah, dan untuk mengejar khatam kadang tilawahnya dipercepat apakah itu dibenarkan
Jawab
Di bulan ramadhan tilawah lebih banyak lebih baik daripada mengkaji tafsirnya, sesuai contoh salafush sholeh. Mempercepat tilawah boleh, asal masih benar tajwid dan makhrojnya.

2. Seperti yang kita dengarkan tadi di bulan mulia ini semua do'a didengar dan dikabulkan Allah swt, apakah ada tanda-tanda do'a kita di ijabah Allah? Dan adakah amalan-amalan yang harus dilakukan jika kita ingin doa kita di kabulkan Allah?
Jawab
Doa yang maqbul adalah doa yang dilakukan orang yang menjaga dirinya dari harta haram, dan dilakukan dengan khusyu. Tidak perlu mencari tanda-tanda doa diijabah tapi istiqomahlah berdoa dengan penuh keyakinan. Dalam hadis shahih disebutkan doa orang beriman akan berbalas 1 di antara 3;
a. dikabulkan
b. diganti kebaikan yang serupa
c. menjadi pahala di akhirat
wallahu a'lam

3. Ustadz, apakah berdosa ketika tilawah kita memotong ayat karena menjawab pertanyaan anak? Saya sering tilawah di sela-sela anak saya bermain
Jawab


Tidak berdosa memotong ayat di tengah karena ada keperluan, namun mengurangi adab terhadap quran. Ada baiknya dipotong jika telah sampai akhir ayat.

Pertanyaan M09

1. Ustadz.. ibadah-ibadah utama yang bisa dilakukan wanita haid di bulan Ramadhan apa saja? Kalo mau tilawah masih bolehkah ustadz.. bagaimana memegang al qur'annya juga bolehkah?
Jawab
Ibadah bagi wanita haid secara umum sama saja dengan wanita tidak haid, kecuali solat dan puasa. Hukum menyentuh alquran saat tidak suci adalah khilafiyah di antara ulama semuanya memiliki dalil yang kuat. Saya sendiri melihat pendapat yang lebih kuat adalah boleh, membaca dan memegangnya. pilih alquran yang ada terjemah lebih baik.

2. Assalammualaikum. Ustadz saya mau bertanya tentang fenomena nuzulul quran yang di peringati setiap 17 ramadhan, apakah itu sebuah kesalahan atau tepat ya ustadz? Karena saya pernah dengar di arab sana orang malah tidak mengenal 17 ramadhan sebagai waktu turun nya al qur'an,mereka mempercayai justru di sepuluh akhir ramadhan?
Jawab
Patokan beragama kita bukanlah arab, tapi quran sunnah, dan pendapat para ulama. Memang kebetulan banyak ulama berasal dari tanah Arab. 17 ramadhan sebagai tanggal turun alquran sendiri merupakan khilafiyah ulama dan di surat al Qadr memang disebutkan bahwa Quran diturunkan saat laylatul qadar. Dalil 17 ramadhan sendiri berasal dari kitab sejarah karya Ibnu Katsir. Jadi ada dalilnya semua, kita berlapang dada saja 

3. Ustadz Klo masak sambil dzikir dihitung ibadah juga?
Jawab
Masak ga sambil dzikir saja ibadah, apalagi sambil dzikir. Masak dengan ikhlas karena ingin menyiapkan makanan untuk keluarga atau orang lain adalah perbuatan ibadah. Namun zikir yang terbaik adalah menghujam dalam hati asal dengan zikir jadi semakin menghayati "ibadah memasaknya" itu bagus. Paling tidak awali memasak dengan "bismillah" .

4. Ustadz mana yang lebih utama punya target khatam misal 2-3 x atau lebih selama Ramadhan tapi ga sempat baca terjemahannya sehingga hanya benar-benar menikmati tilawah sementara ada yang punya target biarlah 1x khatam aja tapi sempatkan baca terjemahannya
Jawab
Lebih utama banyak khatam kalau tadi saya sebutkan wanita haid lebih baik pakai quran terjemah, maksudnya karena sbagian ulama berpendapat quran terjemah bukan mushaf quran sebenarnya karena banyak bercampur bahasa terjemahan. Adapun di bulan ramadhan, tilawah lebih banyak itu lebih baik, karena para salafush sholeh juga memperbanyak bacaan tilawah, bahkan ada yang sampai meninggalkan bacaan hadits dll.

5. Ustadz mohon penjelasannya tentang malam lailatul qadar. Apa yang disebut menghidupkan malam lailatul qadar hanya yang i'tikaf dimesjid atau yang bangun di sepertiga malam terakhir? Apakah ketika kita ibadah tarwih, witir, dzikir, tilawah dan ibadah sunnah lainnya di awal malam itu dan setelahnya tidur sampai jelang sahur tidak dapat pahala malam lailatul qadar kah?
Jawab
Setiap ibadah saat laylatul qadar maka akan mendapat ganjaran laylatul qadar, walaupun tidak berjaga sepanjang malam atau hanya tarawih lalu tidur. Namun yang terbaik adalah yang paling banyak ibadahnya semakin banyak ibadahnya semakin besar ganjaran laylatul qadarnya. Jika ditawari bekerja malam hari beberapa jam dapat 1 juta, sedangkan bila bekerja sampai terbit fajar besok dapatnya 100 juta, kira-kira kita milih kerja seadanya atau akan berjuang tuk bekerja selama mungkin?

6. Jadi sebaiknya ibadah itu malam hari dan siangnya bekerja atau istirahat?
Jawab
Ibadah secara umum adalah sepanjang hari bukankah solat 5 waktu ada pada siang dan juga malam? namun dikhususkan ibadah di sepertiga malam akhir sebagai waktu yang sangat utama.

7. Ustadz mau bertanya, apa keutamaan dan hikmah dari sholat tarawih? Misalnya seperti keutamaan sholat subuh berjamaah yang diibaratkan seperti mendapatkan dunia dengan isinya
Jawab
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).



Tarawih adalah qiyam ramadhan

Pertanyaan M10

1. Antara puasa sunah syawal dan bayar hutang puasa ramadhan mana yang didahulukan dan bagaimana hukumnya?
Jawab
Lebih baik dahulukan ganti puasa ramadhan namun sebagian ulama berpendapat boleh mendahulukan puasa syawal (tapi tetap lebih baik mendahulukan puasa ganti)

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 29 Juni 2015
Narasumber : Ustadz Syaikhul Muqorrobin
Tema : Kajian Ramadhan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda 1

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!