KEWAJIBAN SEORANG ISTRI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, June 1, 2015

Pembahasan tentang pernikahan adalah salah satu pembahasan penting dalam syariat islam.Oleh sebab itu surat arrum ayat 21 menjelaskan tujuan dari pernikahan adalah litaskunu ilaiha yakni adanya saling melengkapi antara suami dan istri.

Dalam sebuah hadis disebutkan : jika datang kepadamu lelaki yang engkau rido terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah. Hadis ini mengajarkan standar pemilihan pasangan yakni agama dan akhlak seseorang.

Sebab akhlaklah yang menjadi jaminan kebahagian berumahtangga. Seseorang bisa saja berakting berprilaku sopan di depan orang namun di dalam rumah, semua karakter asli akan muncul sebab itulah rasulullah bersabda yang maknanya : sebaik baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya.

Bila ada permasalahan dalam rumah tangga, apakah sumber masalah sebenarnya? Sumbernya  adalah : adanya maksiat yang dilakukan salah satu pasangan. Implikasi maksiat ini akan mempengaruhi hubungan dalam rumah tangga. Seperti sumber harta yang haram, pasangan yang tidak menundukkan pandangan, durhakanya istri dll.

Bagi kita para perempuan, layaknya mengetahui beberapa hal yang menjaga kelanggengan rumah tangga :

Sebaik baik perhiasan adalah wanita salihah.hadis.

Menjadi seorang wanita adalah sebuah anugrah Allah yang mesti kita syukuri. Menjadi wanita yang utuh sempurna sebagai wanita dengan segala ciri khas penciptaannya. Coba kita bayangkan, berapa banyak laki-laki di luar sana yang berharap dilahirkan sebagai wanita, yang akhirnya menjadi kebanci -bancian dan keluar dari kodrat kelelakiannya. Kesyukuran kedua, adalah Allah telah memberikan kita seorang lelaki menjadi pasangan hidup. Berapa banyaknya wanita di luar sana yang menantikan jodohnya nan tak kunjung datang.

Nikmat-nikmat inilah yang kadang kita lupa. Kita lupa kalau memiliki seorang suami itu adalah nikmat yang tak tergantikan. Oleh sebab itu, agar kehidupan suami istri berjalan lancar hingga ke surga, perlu kiranya kaum istri mempelajari apa saja yang wajib dilakukannya sebagai istri.

👉 taat pada suami. Dalam kondisi apapun dan hal apapun selagi bukan maksiat kepada Allah. Contohnya : kita mau weekend, suami bilang ke pantai tapi kita maunya ke puncak, kalau suami kekeh mau ke pantai ya kita ikut putusan suami. Contoh lain : kalau suami bilang : ibu ga usah arisan lagi, urus anak1 aja di rumah, maka si istri berdosa bila tetap pergi arisan.

👉 memenuhi kebutuhannya. Hal yang besar dan paling besar bagi laki-laki adalah : jima'. Tidak ada hal yang lebih besar dibutuhkan seorang suami mengalahkan hasrat untuk berhubungan. Maka dalam sebuah hadis dikatakan bahwa Malaikat melaknat seorang istri yang menolak permintaan suaminya sampai suaminya itu rido padanya. Jadi selayaknya, seorang istri bercantik diri di rumah ( bukan kebalikannya ya, diluar rumah aduhai cantiknya, di dalam rumah dasteran dan maskeran trus kalau ada suami). Jadi kalau kita sering belanja baju bagus untk dipakai jalan keluar, maka porsi beli baju bagus untuk dipakai di rumah juga idealnya ada. Baju yang menarik suami.

👉 tidak meninggikan suara di depan suami. Ini ni yang kadang kita suka kelupaan. Kalau suami sedang marah seharusnya kita diam, bukan ikutan marah. Sebab bila kita tinggikan suara, suami seperti bukan sedang berhadapan dengan perempuan.Perempuan itu karakter utamanya lemah, sedangkan laki-laki kuat maka bila minta sesuatu pada suami, mintalah dengan penuh kelemahan rayuan air mata, suami akan luluh.

👉 memujinya di depan keluarganya. ini bisa membuat suami tambah sayang dan perhatian pada kita. Contoh kita bilang pada mertua di depan suami. Masya Allah bu, anak ibu ini sangat sayang pada kami, perhatian dan jarang marah. In sya Allah setelah itu perhatiannya akan bertubi tubi karena ia merasa dipercaya.

👉 Tidak membuka aib suami di depan orang. Walau sekedar candaan dengan teman-teman.

👉 selalu mengucapkan terimakasih saat ia memberi nafkah harian atau bulanan.bahkan sehabis -maaf- hub suami istri.

Demikian dulu ya bunda-bunda salihah. Sekedar pengantar. Sekedar mengingatkan bahwa ada sosok yang wajib kita patuhi di sisi kita,
Mudah mudahan bermanfaat

Tanya Jawab

1. Assalamualaikum bu ustad terimakasih atas materinya yang bermanfaat mau bertanya perihal maaf jima tadi disebutkan bahwa tidak ada hal yang lebih besar dibutuhkan seorang suami mengalahkan hasrat untuk berhubungan maka dkatakan jika istri menolak malaikat akan melaknat sampai suami itu ridho. Bagaimana jika posisi nya terbalik si istri yang meminta tapi suami menolak apa itu dosa? Terimakasih
Jawab
Wallahu a'lam apakah suami berdosa jika menolak. Karena perkara dosa memang harus ada dalilnya supaya dikatakan berdosa. Sedangkan dalam hadis tersebut yang disebut dilaknat malaikat adalah istri yang menolak. Adapun jika suami yang menolak, tidak ada disebutkan.

2. Bagaimana dengan masalah kewajiban suami terhadap ibunya, apakah kedudukannya lebih wajib dibanding memenuhi kebutuhan anak istrinya? Dimana dilihat dari kondisi ekonomi biasa saja, dan ibu bapak juga masih perlu bantuan
Jawab
Seorang anak lelaki tidak wajib menafkahi ibunya. Ia wajib taat saja, ya meskipun dmikian jika memang si ibu membutuhkan bantuan keuangan alangkah baiknya jika si anak membantu

3. Assalamualaikum. Gimana ya ustazh kalo tidur pisah maksudnya kami sama-sama happy kalo tidur masing-masing karena kalo tidur berdua yang ada kami ga pernah tidur kecuali kalo hendak berjima, makasih. ..
Jawab
Selagi tidur pisah itu adalah kesepakan bersama dan suami pun redo maka sah sah saja bun. Asalkan bukan istri yang minta demikian. Dalam hal apapun boleh saja dilakukan yang penting dengan ridho suami dan tidak melakukan hal yang haram

4. Mau nanya bu ustadzah kalau membelakangi suami yang punya kebiasaan suka buang angin, tapi sudah minta izin mau membelakangi, apakah itu termsuk dosa?
Jawab
Kalau suami sudah mengizinkan tidak apa-apa bunda

5. Bagaimana caranya agar bisa jatuh cinta berkali-kali dengan suami ataupun sebaliknya suami bisa jatuh cinta berkali-kali dengan istri
Jawab
Cinta dan keharmonisan dalam rumah tangga berbanding lurus dengan ketaatan kita pada Allah. Dalam hadis rasulullah berkata : artinya: tidaklah dua orang mencintai karena Allah lalu terpisah melainkan karena dosa salah seorang dari mereka

6. Kalo tinggal brjauhan karena suami kerja diluar kota dalam beberapa waktu yang agak lama baru bisa ketemunya apakah boleh berkirim kabar yang agak (maaf "mesra" gtu). Bolehkah kalo seperti itu ustadzah? 
Jawab
Boleh banget dong bunda. Asal jangan kirim gambar-gambar mesra saat berjauhan karena zaman sekarang segala sesuatu bisa terekam hp dan bisa tersebar tanpa disengaja

7. Maaf ustadz mau tanya kategori maksiat itu apa saja ya??
Jawab 
Maksiat itu melanggar perintah Allah dan tidak melaksanakan perintahnya.
Seperti tidak  solat, tidak puasa, mencuri dll

8. Assalammualaikum,ustadzah saat tinggal bersama d rumah orangtua siapa yang harus kita taati, apakah suami ato orangtua ?
Jawab
Ketka perempuan sudah menikah maka yang ditaati adalah suami.

9. Ustadzah, apakah ada tuntunan nabi yang khusus untuk pasangan yang sudah sepuh alias sudah meno?
Jawab
Wallahu a'lam ya bunda apakah ada atau tdk
Saya belum pernah baca khusus tentang itu

10. Bagaimana agar suami mau mengungkapkan perasaan sayangnya terhadap istrinya agar rmh tangga semakin romantis, jatuh cinta berkali-kali, dan suami semakin sayang kita ustadzah.
Jawab
Bahasa cinta lelaki dan wanita itu beda. Kalau kita suka bahasa verbal. Bilang i love you...kangen...miss u...dll. Kalau laki-laki bahasa cintanya dengan perbuatan, nyari nafkah yang maksimal buat keluarga, oleh-oleh kalau traveling dll. Jadi ekspresi cinta beda cara mengungkapakan antara pria dan wanita. Tidak bisa dipaksakan

11. Assalamualaikum ustadzah, saya mau tanya. Bagaimana caranya menekan ego pribadi supaya tidak terkesan membantah suami? Terkadang saya suka pengen menang sendiri, kalo sudah ada mau tidak bisa tidak, maunya dituruti..
Jawab
Dengan menghayati tilawah alQuran kita. Benar kalau baca alQuran dilakukan dengan sepenuh hati, perasaan jadi adem bawannnya dan ga selera buat ngotot-ngotot dan egopun agak ditekan.

12. Assalamu Alaikum ustad/ustazah saya mau bertanya,apakah dosa seoarang istri jika tidak lagi mempercayai suaminya lagi dan hampir selalu membantahnya, karena dia selalu berhianat, di maafkan sekali, terulang lagi terus di maafkan terulang lagi, hingga si istri tak lagi percaya, terima kasih atas jawabannya
Jawab
Kalau bicara idealnya sang istri memang harus selalu sabar. Tapi realitanya pegel juga ya kalau harus sabar tapi dikhianaati berkali-kali . Banyak-banyak doa saja bunda. Semoga Allah bukakan hati sang suami. Kalau sekedar tidak percaya boleh-boleh saja yang tidak boleh adalah membantah suami. Selagi masih berstatus suami ia wajib ditaati selama tidak menyuruh istri bermaksiat

KAJIAN M07 BUNDA HAMBA ALLAH


Hari, tanggal : Senin, 1 Juni 2015
Pemateri : Ustdzh. Hayati
Materi : Pernikahan
Admin : Refa & Wien

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT