Home » , , » LGBTIQ dalam perspektif psikologi Islam

LGBTIQ dalam perspektif psikologi Islam

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, June 3, 2015

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته
الحمد لله الذى ألف بين قلوبنا فأصبحنا بنعمته إخوانا
أشهد أن لا إله إلا اللّٰه وأشهد أن محمدا رسول اللّٰه ، أما بعد
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Assalamualaikum wr wb
Sholihaat... kayfa halukum?
semoga senantiasa dlm lindungan Allah ya
menemani siang hari ini insya Allah kita akn kajian ttg psikologi Islam sudah pertemuan kedua kita Alhamdulillah. pertemhan awal saat 18 maret lalu. saat itu ttg ltr blkg psikologi islam ya
insya Allah kali ini ttg isu yg lagi di angkat lagi yaitu LGBT dlm pers psikologi islam


* perspektif
Bismillah..
Hamdan Syukran lillah. Sholatan wa salaman ala Rasulillah. wa ala alihi wa shohbihi wa sallam
ikhwah fillah..

Mhoon ijin utk sekedar share materi dan utk bersama kita diskusikan kali ini tentang isu LGBTIQ.
Beberapa waktu yg lalu kembali didengungkan kampanye stop homophobia. Seiring pula pada bulan sebelumnya april 2015 muncul pernyataan bersama gabungan organisasi di sumut yang menyatakan pemerintah harus lindungi dan akui paham dan komunitas ini. Dan yang cukup berani adalah mereka meminta pemerintah menolak fatwa MUI no 57 thn 2014 ttg pelarangan LGBT. Bahkan di skala internasional ada dukungan dari sekjen PBB pada komunitas dan paham ini.
propaganda LGBTIQ ini cukup masif dan terstruktur. Contoh penyusupan paham ini pada beberapa komik anak "why puberty" yg sempat beredar di indonesia. Terdapat pula pada film kartun, video clip dll ( data dari yay kita dan buah hati)
dan juga sering mengikut sertakan pada isu kesetaraan dan HAM internasional. Hal ini yg menjadikan isu ini sulit disentuh.
LGBTIQ singkatan dari lesbian gay biseksual transgender intersex queer. Istilah2 tsb sudah bergeser dari yang dianggap tabu menjadi hal yg lumrah. Prof Malik Badri mencontohkan: perbuatan liwath yg diharamkan Islam awalnya dikenal dg istilah sodomi. Secara makna kata terdengar buruk nya perbuatan tsb dan dijauhi orang. Tetapi kemudian bergeser menjadi homoseksual yang mengalami pembenaran secara makna kata dan akhirnya menjadi 'gay'. Contoh lain adalaTerm zina. Awalnya di barat di kenal dg fornication. Yg secara makna adlh hal yg tdk blh dilakukan dan merusak sendi keluarga. Namun dewasa ini telah mengalami pergeseran menjadi extramarital relationship.
Prof malik badri& prof dadang hawari menyatakan bahwa LGBTIQ bukanlah krn faktor keturunan. Ia timbul karena dorongan hawa nafsu jht mns yg telah langgar fitrah, lupa dg Tuhannya dan pengaruh pula dari apa yg dikonsumsi, caranya serta lingkungan pergaulan dan adanya arus budaya, ideologi liberalisasi.
Dalam pandangan Islam kaum homoseksual hukumnya adalah haram dipandang dari segi apapun dalam firman Allah QS Al Araaf ayat 81. QS An Naml ayat 55. Juga beberapa hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, at Tirmidzi.
Pendekatan preventif diperlukan utk penanggulangan hal ini. Dimulai dari institusi keluarga. Karena keluargalah asal mula sosialisasi bg individu. Keluarga yg kuat dan pendidikan serta teladan yg cukup akan hasilkan pribadi2 yg qalbun salim. Sehingga menjadi insan kamil yg mampu menjaga amanah Allah mengemban tugas didunia utk dipertanggung jawabkan diakhirat.

Langkah konkret sbb:
1. berdoa dan bersungguh2 dalam berdoa kpd Allah. Berdoa di tempat dan waktu mustajab dan tidak putus asa.
2. bertaubat kpd Allah.
3. menyadari bahwa liwath adlh dosa besar dan dilaknat pelakunya.
4. menjauhi segala sesuatu yg berkaitan dg liwath.
5. dukungan keluarga dan orang terdekat serta tetap bergaul dg masyarakat.
6. menjauhi makanan haram krn mkn bs berpengaruh pd sifat mns.
Beberapa pakar psikologi menyebutkan terapi bagi liwath ini dg terapi kognitif, behaviour dan motivasi diri. Khususnya kaum laki2 yg menjadi gay lebih susah terapinya. Wanita lebih mudah sembuh karena dilihat penyebabnya. Umumnya wanita menjadi lesbian krn kurg perhatian dari laki2. Sebagaimana terjadi pada kaum nabi luth.
perlu kiranya sinergi bersama utk mengcounter anti homophobia ini. Dan upaya preventif kuratif thd penanggulanggannya.
wallahu 'alam
========================
Tanya Jawab
1. Subhanallah ustadzah, jazakillah materinya :)
Ada yg mau saya tanyakan nihh mengenai homosex dan lesbian. Tadi dikatakan wanita lebih mudah untuk dirubah daripada laki laki. Lalu upaya apa saja yg harus kita lakukan untuk menyikapi hal ini jika tokoh si "homosex/lesbi" ini ada di sekitar kita ? Syukron
Jawab: syukran pertanyaannya yaa sholihaat
Bila bisa didekati utk diubah menjadi baik adlh hal yg baik. Pada kenyataannya bnyk yg keras hati dan kepalanya. tidak mau melihat kebenaran. yg paling ptg bagi tokoh ini ialah menyadari bahwa yg dilakukan adlh dosa besar dan segera bertaubat. setelah ini dilakukan mk di bawalah ke ahlinya. Ada Komunitas Peduli Sahabat yg konsern thd pengobatan LGBT ini. di tangani oleh pakar di bidangnya berbasisksn Islam
2. Ustadazah,apakah tomboy itu trcpta dri faktor lngkungan atau krna dr kturunan
Jawab: Bergaya ke laki lakian atau sebaliknya ke perempuan2nan terbentuknya disebabkan perlakuan dari lingkungan. Di tambah lagi zaman skrg ini media2 propaganda barat dg 'bebas' seolah menganggap biasa pria yg bergaya seperti wanita vis a versa. Rasanya perlu di jauhi media2 ini dan lingkungan kel dan sosial hrs membentuk sedari kecil sesuai fitrahnya. jangan karena hanya ank laki2 sendiri di rumah saudara yg lain perempuan mk diberi mainan boneka dsb. Hal ini perlu diperhatikan dan dijauhi.. wallahu'alam
3. Ustadzah, sy mw tanya , ada pelaku transgender yg mengatakan bahwa mereka mengubah jati diri dr laki2 ke perempuan, krn takdir, mereka jg tdk ingin katanya, tp ini takdir, itu alibi yg biasa mereka dengungkan, bagaimana cara menyadarkan mereka bahwa apa yg jd pilihan mereka itu salah n tdk sesuai fitrah???
Jawab: dlm islam tdk ada transgender. hal ini dilarang. krn menyalahi aturan Allah. Allah bs murka. Adapun kecenderungan2 ini krn pengaruh lingkungan yg tdk islami. Pada zaman Rasulullah ada kasus yg menyerupai. Tetapi hal ini disebabkan adanya kelainan genital yg menyebabkan ada dua jenis kelamin. bila ada dlm kasus ini, segera diputuskan sejak dini. Adapun yg skrg menyamar "transgender" ialah mereka2 yg alami perlakuan tdk baik dilingkungannya dg berjenis kelamin tertentu. wallahu 'alam
4. Klo misal artis yg dandan kyk perempuan gmn,,,krn tuntutan profesinya,,,
Jawab: bila gaya2 & dandan menyerupai lawan jenis. afwan ini yg dilarang. apapun alasannya walau hny sekedar becandaan. sebab msh bnyk cr lain yg Allah juga ridho
5. sejenis dng pertanyan ukhti fitri,soalnya pelaku transgndr afwan,sya sbtkan nama seperti dorce dsb,mengatakan jika saya memlh saya pun tdk ingn seperti ini,tp saya merasa brbda,,hati kcil sya brkta perempuan,drkcilpun sya tk pernah suka ini dan itu,bla,bla..apa ini trmasuk pnyakt atau bgaimana ustadzah
Jawab: afwan terlepas dari kasus oknum manapun, bahwa mengubah jns klmn / trans gender dilarang dlm Islam. seandainya memang ada penyakit atau kelainan di genitalnya seharusnya sedari awal dpt ditangani sehingga tdk menimbulkan fitnah. wallahu.' alam
6. Pendidikan yng diberikan sejak dini seperti apa ya  biar tidak terjadi hal itu,,..
Jawab: pendidikan yg dimaksud ialah pola aduh dari keluarga dan lingkungan. sesuai fitrah, sesuai ajaran Islam...
7. Ustadzah menangapi perytan tntang tmboy tadi,bgaimana mengbtinya..jujur sya brsipat tmboy,lbh suka sepatu soprt dan ransel ktmbng yg fminim,dtmbh dikeluarga tdak ada anak laki2,jd drumah cman drku yg mengerjakan pekerjan laki2 bntu bpak..apa yg harus sya lakukan ustadzah
Jawab: afwan ukhty sholihaah
Insya Allah.... jk sudah paham ini Allah akn lindungi. Pada intinya pahami dg baik. Apalagi posisi ukhty posisi kunci di keluarga. saran saya... ikut kelas2 kemuslimahan. kan skrg sudah bnyk ya di sekolah2, kampus2, kantor2... Insya Allah hal tsb jg sebagai pengingat kita akn kodrat sebagai wanita  muslimah bukan berarti ngak kuat loh ya
=========================
Penutup
Jazakumullahu khairan katsiran atas ilmunya hari ini bunda,,
Semoga ilmunya bermanfaat untuk diri pribadi dan nanda semua, bisa diamalkan untum orang-orang di sekitar kita
Baiklah nanda kita tutup kajian kita hari ini dengan istigfar sebanyak2nya dan hamdallah serta do'a kafaratul majelis
Do'a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
اسْتَغْفِــــرُ اللّــــهَ الْعَظِــــيْم
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
آمــــــــــــــــــ­ين يَا رَبَّالعَالَمِين
Maha Suci Engkau yaa Allah dan dengan memujiMU aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMU
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

=======================
Rekapan Kajian 116 Nanda Hamba الله
Tema : LGBTIQ dalam perspektif psikologi Islam
Asatidz : Ustadzah Maulida
Hari : Rabu 16 Sya'ban/3 Juni 2015
Notulen : Fitria
Admin : Asri & Sari

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT