MENGATASI BAU BADAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, June 3, 2015

Kajian Online Hamba  الله Ta'ala

Hari/Tanggal : Rabu, 3 Juni 2015
Narasumber : Bunda Eny
Tema : Kecantikan
Group Nanda : M115 (129)
Admin : Ayu
Notulen : Widya

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Penampilan  yang baik bisa jatuh seketika karena aroma parfum alami yang keluar dari tubuh. Yup! Parfum alami yang dimaksud tidak lain adalah bau badan. Bau badan tidak hanya membuat seorang muslimah kehilangan rasa percaya diri, tetapi juga mengganggu indra penciuman orang lain. Seorang muslimah bisa saja tidak membuat kesalahan apa pun, namun ia dijauhi oleh orang lain karena satu masalah ini. Banyak muslimah mengira bau badan ini cukup diselesaikan dengan parfum. Tetapi mari kita renungkan lagi bahwa ada dalil yang melarang seorang muslimah untuk mengenakan parfum di luar rumah. Jadi, bagaimana menyiasati bau badan namun tetap dalam koridor syari’at?
Kita lihat apa penyebabnya

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfumgsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Bagaimana mengontrol bau badan?
Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri. Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh dibersihkan dengan optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dengan dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yang terbaik- akan membantu mengurangi bau badan. Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk melakukan proses penguraian. Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tidak bisa menguraikannya.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggunaan deodorant dan antiperspirant. Deodoran mengandung antiseptik yang menekan pertumbuhan bakteri, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat mengurangi keringat yang keluar. Sekarang tersedia banyak produk yang sekaligus mengandung deodorant dan antiperspirant. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang cocok dan aman bagi kulit.

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa kandungan makanan yang dapat memicu bau badan, misalnya bawang putih dan bawang Bombay. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih.

Terkadang tidak disadari banyak muslimah yang akan langsung menyadari jika ada yang tidak beres dengan bau badan mereka. Namun, ternyata ada juga muslimah yang tidak sadar bahwa bau badannya bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Sebaiknya mintalah pendapat yang jujur dari teman dekat tentang kondisi bau badan, terutama setelah banyak beraktivitas. Dengan demikian, jika memang bau badan bermasalah akan segera bisa diatasi.
Selamat mencoba

TANYA JAWAB

1. Bunda, untuk pemakaian parfum dan deodorant sebagai antisipasi apakah ada ketentuannya bunda? Ada juga yang bilang bahwa alkhohol pada parfum membuat sholatnya tidak sah
JAWAB
Nanda elfany... cari yang aman dan halal donk. Cari yang alkohol free

2. Atau yang mninggalkan bau setelah kita lewat itu gimana bunda?
JAWAB
Untuk parfum memang tidak disarankan yang sampai baunya nyebar ya, jadi bisa dipilih deodoran aja yang mengontrol bakteri penyebab bau dan ngontrol keringat berlebih

3. Bunda, saya pernah baca artikel malahan pemakaian deodorant bisa menyebabkan kanker bunda. Karena kita menahan keringat bun, jadi bisa kena kanker payudara gitu,
JAWAB
Pemakaian deodoran yang menyebabkan kanker adalah tidak benar. Iya sih ada beberapa pendapat gitu, tapi ada juga beberapa link medis yang menyatakan itu tidak benar, kita ambil saja yang menurut kita baik.

4. Bunda. Makanan apa saja yang bisa mnghilangkan bau badan selain di atas? Bukankah mencukur bulu dalam islam di larang kecuali itu sudah sangat lebat?
JAWAB :
Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi bau badan, bukan menghilangkan ya. Bisa dicoba dengan kemangi , daun mangkokan ,daun kenikir dan lain-lain

5. Bunda, terkait dengan pertanyaan nomor dua masalah mencukur, bagaimana kalau kita mencukurnya pake krim perontok bulu contoh sperti Veet,,apakah itu boleh bunda?
JAWAB
Masalah dengan cukur-mencukur, saya ingat hadist nabi tapi kok agak lupa ya. Jadi mencukur bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak ( kalo gak salah). Menggunakan krim cukur kan tujuannya mengurangi sakit, insyaallah boleh. Asal krimnya aman dan halal

6. Gini bunda mengenai puasa, apakah kita boleh menggabungkan puasa sunah? Misal puasa sunah senin kamis dengan puasa daud atau menggabungkan puasa senin kamis dengan puasa membayar hutang bulan ramadhan, mohon penjelasannya?
JAWAB
Kalo puasa sunah misal daud dan senin kamis bisa. Tapi kalo puasa membayar hutang bulan ramadan tidak bisa. Jadi kalo membayar puasa ramadan niatkan memang menqada' puasa ramadan

7. Bunda benarkah memakai parfum beralkohol tidak sah sholatnya? saya biasa pakai parfum dan ada alkoholnya, meskipun tidak berlebihan pakainya
JAWAB
Tergantung kandungan alkoholnya, ada batas yang masih ditoleransi. Tapi sebaiknya dihindari daripada ragu-ragu

8. Berapa persen alkohol yang boleh kita pakai untuk sholat Bunda? Makasih
JAWAB
Saya hanya mengutip ya nanda, semoga bisa diterima dengan bijak artinya boleh dipake boleh juga tidak. Para ulama telah menetapkan batasan najis yang ditoleransi. Jika terpenuhi, maka najis kategori ini tidak menghalangi sahnya shalat, juga diperbolehkannya untuk digunakan dalam makanan, minuman, obat, alat kosmetik terutama parfum beralkohol. Dan juga parfum beralkohol yang berbentuk minyak dengan kadar rendah bukanlah najis, tetapi bisa menjadi haram. Hukumnya menjadi haram jika kadar alkohol pada minyak wangi ini tinggi (lebih dari 50%), sehingga bisa memabukkan. Dan jika hukumnya menjadi haram, pemakaiannyapun dilarang kecuali dengan keadaan mendesak.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT