Home » , , , » SESEORANG PENYEBAB DAMPAK PENYAKIT 'AIN

SESEORANG PENYEBAB DAMPAK PENYAKIT 'AIN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, June 22, 2015

Bagaimana cara mengetahui orang yang menyebabkan dampak penyakit 'ain??

Ada beberapa perkara yang dengannya dapat diketahui orang yang menyebabkan 'ain kepada seseorang :

1. Kabar dari orang lain tentang seseorang yang telah berbicara banyak tentangnya tanpa menyebut asma Allah, maka orang ini bisa masuk ke dalam orang-orang yang dicurigai menyebabkan 'ain

2. Segala yang terlintas dalam hati korban, yakni selalu terbayang dengan orang tertentu yang ia kenal, atau terkadang terdapat perasaan yang tidak biasa, tidak nyaman, dan aneh ketika berpapasan atau berdekatan dengan orang tsb, sering bermimpi dengan orang yang sama dan seakan-akan orang tersebut melemparinya dengan panah atau semacamnya. Maka orang itu juga bisa masuk kriteria orang yang dicurigai bahwa dia yang menyebabkan 'ain kepadanya

3. Tersiar kabar tentang seseorang yang telah memuji dengan berlebihan tanpa menyebut nama Allah, maka orang tersebut juga bisa masuk kriteria orang yang dicurigai.

Apakah ini termasuk su'udzon dan perbuatan dosa? Tentu bukan termasuk su'udzon dalam perkara ini, dan juga bukan termasuk ghibah ketika menyebutkan orang yang memungkinkan untuk dicurigai.

Dalilnya sangat masyhur, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh imam Malik, Abu Dawud, dll:

رأى عامر بن ربيعة سهل بن حنيف يغتسل فقال ما رأيت كاليوم ولا جلد مخبأة فلبط سهل فأتي رسول الله صلى الله عليه وسلم فقيل يا رسول الله هل لك في سهل بن حنيف والله ما يرفع رأسه فقال هل تتهمون له أحدا قالوا نتهم عامر بن ربيعة قال فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم عامرا فتغيظ عليه وقال علام يقتل أحدكم أخاه ألا بركت اغتسل له فغسل عامر وجهه ويديه ومرفقيه وركبتيه وأطراف رجليه وداخلة إزاره في قدح ثم صب عليه فراح سهل مع الناس ليس به بأس ) رواه مالك و أبو داود و غيرهما .

Amir bin Rabi'ah memandang ke arah Sahal bin Hunaif, kemudian berkata, "Aku tidak melihat sesuatu seperti hari ini dan tidak pula kulit wanita yang bercadar.." Tiba-tiba Sahal jatuh pingsan. Lalu dia didatangi Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, kemudian ada yang berkata kepada beliau, "Ya Rasulullah, apa pendapatmu tentang Sahal ??? Demi Allah, dia tidak bisa mengangkat kepalanya..." Beliau bersabda, "Apakah kalian bisa memperkirakan siapa pelakunya ??" Mereka menjawab, "Kami mengira Amir bin Rabi'ah..." Beliau pun memanggilnya, lalu marah kepadanya seraya berkata, "Mengapa salah seorang di antara kamu membunuh saudaranya sendiri?? Maukah kamu memberikan berkah kepadanya? Mandilah dan berikan bekas air mandimu kepadanya.” Dia kemudian membasuh wajahnya, kedua tangannya, kedua sikunya, ujung kedua kakinya, lalu bagian dalam sarungnya dalam satu wadah, kemudian ketika disiramkan kepadanya Sahal bangun dan sadarkan diri.

APAKAH MUNGKIN pengaruh 'ain timbul dari orang yang menyayangi kita? Ya, sangat mungkin pengaruh 'ain berdampak justru dari orang-orang terdekat dan paling sayang terhadap kita. Karena tidak ada ketentuan dalam 'ain itu timbul hanya karena adanya hasad atau dengki dari orang lain saja. Sebagaimana yang dulu pernah kita bahas bahwasannya 'ain adalah : "Menentukan sifat tertentu yang kemudian membuat setan itu takjub lalu kemudian ia meluncur dan menyakiti orang yang disifatkan"

Maka hal tersebut sangat memungkinkan terjadi dari orang yang sayang kepadanya, syaikh Hazim al-Hamdiy mengisahkan tentang kisah seorang ayah yang menyebabkan dampak 'ain kepada putranya hingga menyebabkan putranya lumpuh. Ia telah membawanya kesana kemari untuk berobat tapi tak kunjung sembuh, akhirnya setelah dibacakan doa-doa ruqyah kepada anak tersebut, anaknya muncul rasa curiga kepada ayahnya, maka ia pun meminum bekas air yang diminum oleh ayahnya. Maka ketika itu juga anaknya langsung bisa berdiri...!!!

'Ain juga bisa timbul dari orang-orang yang shaleh, dalil kuat mengenai hal ini adalah kisah Sahal bin Hunaif dan 'Amir bin Rabi'ah di atas, mereka adalah shahabat Rasulillah, mereka juga orang-orang yang amat dicintai dan sangat dekat dengan Rasulullah, ridha Allah atas mereka semua... Maka siapakah kita sekarang ini dibanding mereka sehingga aman dari dampak pengaruh ain ?

Lalu apa yang harusnya diperbuat setelah kita mengetahui orang yang menyebabkan 'ain?
Tentunya, kita harus selalu husnudzon kepada orang yang tertuduh bahwa ia tidak bermaksud untuk menyengajakan dampak 'ain tersebut kepada korban. Usahakanlah agar secepatnya bertemu dengan orang yang benar-benar kuat menjurus kepada tuduhan tersebut. Dan lakukan hal-hal berikut :
  1. Memahamkannya dan meminta agar ia berwudhu atau mandi, kemudian air bekasnya ditampung lalu dimandikan kepada korban
  2. Jika merasa segan mengatakannya, usahakan makan dan minum bersama-sama dengan orang yang dicurigai dalam SATU WADAH. Maka sunnah tajamu' itu sangat baik untuk menghindarkan diri dari 'ain
  3. Meminum bekas air minum orang yang dicurigai, entah itu teh, kopi, susu, atau yang lainnya
  4. Bisa juga dengan meletakkan kain kasa yang basah di tangan orang yang tertuduh, dicelupkan air, diangkat kasanya lalu diminumkan
  5. Meletakkan kain pada apa-apa yang selalu disentuh oleh orang yang tertuduh, semacam gagang pintu rumahnya, mobil, dll.. Ini dilakukan jika memang orangnya benar-benar dengki kepada korban dan tidak memungkinkan untuk ditemui.
Apa yang akan terjadi jika sudah diambil beberapa bekas dari orang yang tertuduh?
  1. Mual
  2. Sakit perut/diare
  3. Gatal-gatal di seluruh tubuh atau sebagian tubuh
  4. Tidur amat nyenyak
  5. Muncul semacam bisul kecil di tubuh
  6. Bisa bernafas panjang setelah sebelumnya bernafas pendek
  7. Koma sementara, dan ini dampak dari besarnya 'ain yg berdampak kepadanya, dan setelahnya insya Allah sembuh total
Dalil-dalil tentang adanya penyakit ain

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا

Dari Ibnu Abbas rodhiyallohu anhu, Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya, jika seandainya ada sesuatu yang mendahului qodar,maka akan didahului oleh ain.Apabila kamu diminta untuk mandi maka mandilah. (hadist riwayat Muslim)


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Dari Aisyah rodhiyallohu anha,Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :Mintalah kalian perlindungan kepada Alloh dari ain (mata jahat) karena sesungguhnya ain itu haq (benar) (HR ibnu Majah)

Apakah penyakit ain itu?
Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata, yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya. Dari Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).

‘Ain dapat terjadi meskipun tanpa kesengajaan pelakunya
Ibnu Qoyyim rohimahulloh mengatakan bahwa terkadang seseorang bisa mengarahkan ‘ain kepada dirinya sendiri. Pelakunya termasuk jenis manusia yang paling jahat. Sahabat-sahabat kami dari kalangan ahli fiqh menyatakan, :Sesungguhnya bila diketahui ada orang yang melakukan hal itu, maka penguasa kaum muslimin harus memenjarakannya, lalu dipenuhi seluruh kebutuhannya hingga akhir hayat.”

Namun terkadang pengaruh buruk ain terjadi tanpa kesengajaan dari orang yang memandang takjub terhadap sesuatu yang dilihatnya. Lebih dari itu pengaruh buruk ini juga bisa terjadi dari orang yang hatinya bersih atau orang-orang yang sholih sekalipun mereka tidak bermaksud menimpakan ain kepada apa yang dilihatnya. Hal ini pernah terjadi diantara para sahabat Nabi shollallohu alaihi wa sallam, padahal hati mereka terkenal bersih,tidak ada rasa iri atau dengki terhadap sesamanya. Akan tetapi dengan izin Alloh dan takdirnya, pengaruh buruk ain ini dapat terjadi diantara mereka.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّهُ قَالَرَأَى عَامِرُ بْنُ رَبِيعَةَ سَهْلَ بْنَ حُنَيْفٍ يَغْتَسِلُ فَقَالَ مَا رَأَيْتُ كَالْيَوْمِ وَلَا جِلْدَ مُخْبَأَةٍ فَلُبِطَ سَهْلٌ فَأُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامِرًا فَتَغَيَّظَ عَلَيْهِ وَقَالَ عَلَامَ يَقْتُلُ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ أَلَّا بَرَّكْتَ اغْتَسِلْ لَهُ فَغَسَلَ عَامِرٌ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ وَمِرْفَقَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَأَطْرَافَ رِجْلَيْهِ وَدَاخِلَةَ إِزَارِهِ فِي قَدَحٍ ثُمَّ صُبَّ عَلَيْهِ فَرَاحَ مَعَ النَّاسِ

Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif, dia berkata bahwa Amir bin Robi’ah melihat Sahl bin Hunaif sedang mandi, lalu berkatalah Amir : ‘Aku tidak pernah melihat (pemandangan) seperti hari ini, dan tidak pernah kulihat kulit yang tersimpan sebagus ini” Maka terpelantinglah Sahl. Kemudian Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam mendatangi Amir. Dengan marah beliau berkata :”Atas dasar apa kalian mau membunuh saudaranya? Mengapa engkau tidak memohonkan keberkahan (kepada yang kau lihat)? Mandilah untuknya!Maka Amir mandi dengan menggunakan suatu wadah air, dia mencuci wajahnya,dua tangan,kedua siku,kedua lutut,ujung-ujung kakinya,dan bagian dalam sarungnya. Kemudian air bekas mandinya itu dituangkan kepada Sahl, lantas dia sadar dan berlalulah bersama manusia. (HR Malik dalam Al-Muwaththo 2/938, Ibnu Majah 3509, dishahihkan oleh Ibnu Hibban 1424. Sanadnya shohih,para perawinya terpercaya,lihad Zadul Ma’ad tahqiq Syu’aib al-Arnauth dan Abdul Qodir al-Arnauth 4/150 cetakan tahun 1424 H)

Jenis-jenis ‘Ain

Ibnu Qoyyim rohimahulloh mengatakan bahwa penyakit ‘ain ada dua jenis :’ain insi (‘ain berunsur manusia) dan ‘ain jinni (‘ain berunsur jin). Diriwayatkan dengan shahih dari Ummu Salamah bahwa Nabi shollallohu alaihi wa sallam pernah melihat seorang budak wanita di rumahnya yang wajahnya terlihat kusam. Beliau berkata,”Ruqyah wanita ini, ia terkena ‘ain. (Dikeluarkan oleh Al-Bukhori dan Muslim,Al-Hakim,Abu Nu’aim dan Al-Isma’ili dalam Mustakhroj-nya serta Ath-Thobroni)
Al-Husain bin Mas’ud Al-Farro berkata :Adapun sabda beliau “sa’fatun(kusam) bermakna “Nadzrotun” (terkena ‘ain dari unsur jin).

Tanda-tanda Anak/bayi terkena ‘ain

Bayi yang baru lahir dan anak-anak sangat rentan terkena penyakit ‘ain. Apalagi kalau bayi/anak itu mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki bayi/anak yang lain, seperti kelucuannya,rupanya yang manis ,kesehatannya, dan lain-lain yang mengundang perhatian siapa saja yang melihatnya.

Adapun diantara tanda-tanda anak yang terkena pengaruh buruk ‘ain adalah :
1.Tangisan yang tidak wajar yang tidak kunjung henti,kejang-kejang tanpa sebab yang jelas, tidak mau menyusu kepada ibunya tanpa sebab yang jelas.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْدَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَ صَوْتَ صَبِيٍّ يَبْكِي فَقَالَ مَا لِصَبِيِّكُمْ هَذَا يَبْكِي فَهَلَّا اسْتَرْقَيْتُمْ لَهُ مِنْ الْعَيْنِ

Aisyah rodhiyallohu anha berkata : “Suatu ketika Nabi masuk (rumahnya) kemudian mendengar bayi sedang menangis.Beliau berkata,”Mengapa bayi kalian menangis?Mengapa tidak kalian bacakan ruqyah-ruqyah (supaya sembuh) dari penyakit ‘ain?) (Shahihul jami’ 988 n0.5662)

2. Kondisi tubuh yang sangat kurus kering

عَنْ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِرَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِآلِ حَزْمٍ فِي رُقْيَةِ الْحَيَّةِ وَقَالَ لِأَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ مَا لِي أَرَى أَجْسَامَ بَنِي أَخِي ضَارِعَةً تُصِيبُهُمْ الْحَاجَةُ قَالَتْ لَا وَلَكِنْ الْعَيْنُ تُسْرِعُ إِلَيْهِمْ قَالَ ارْقِيهِمْ

Dari Jabir rodhiyallohu anhu bahwa Rosulullohshollallohu alaihi wa sallam memberi rukhshoh (keringanan) bagi anak-anak Ja’far memakai bacaan ruqyah dari sengatan ular. Beliau berkata kepada Asma’ binti Umais,”Mengapa aku lihat badan anak-anak saudaraku ini kurus kering? Apakah mereka kelaparan?” Asma’ menjawab : “tidak, akan tetapi mereka tertimpa ‘Ain.” Kata beliau,”Kalau begitu bacakan ruqyah bagi mereka! (HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi)

Sunnah bagi orang yang memandang takjub terhadap sesuatu :

Seperti yang telah dijelaskan di atas,bahwa penyakit ‘ain tidak hanya disebabkan oleh orang yang iri dan dengki terhadap sesuatu yang dipandangnya. Bahkan setiap mata yang memandang takjub terhadap sesuatu dengan izin Alloh juga bisa menyebabkan pengaruh buruk ‘ain walaupun orang tersebut tidak bermaksud menimpakan ‘ain. Bahkan ini terjadi pada para sahabat Nabi yang sudah terkenal akan kebersihan hati mereka.

Adapun diantara sunnah ketika seseorang memandang takjub terhadap sesuatu adalah :

1. Medoakan keberkahan pada apa yang dilihatnya
Dari Amir bin Robi’ah rodhiyallohu anhu :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ أَوْ مِنْ نَفْسِهِ أَوْ مِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

Rosullulloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar). (HR Ahmad).

Di antara cara mendoakan keberkahan terhada apa yang dilihatnya adalah :

بَارَكَ اللَّهُ فِيهِ

‘Ya Alloh Semoga Alloh memberikan berkah padanya”

اللَّهُمَّ بَارِكْعَلَيْهِ

“Ya Alloh berkahilah atasnya”


اللَّهُمَّ بَارِكْلَهُ

“Ya Alloh berkahilah baginya”

2. Hendaklah mengucapkan :


مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Sungguh atas kehendak Allohlah semua ini terwujud”

Hal ini didasari firman Alloh dalam surat Al-Kahfi ayat 39. Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut dengan mengatakan :”Ketika engkau masuk suatu kebun dan kau merasa takjub akan keindahannya,mengapa engkau tidak memuji Alloh atas nikmat yang telah diberikan kepadamu seperti nikmat harta dan anak keturunan yang tidak diberikan kepada selain engkau dan mengapa kamu tidak mengucapkan masya’Alloh la quwwata illa billah.

Upaya-upaya orang tua untuk mengantisipasi anak dari ‘Ain:

1. Hendaklah orang tua membiasakan diri mereka membentengi anak-anaknya dari bahaya ‘ain dengan ruqyah-ruqyah (bacaan-bacaan) yang diajarkan dalam Islam. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabishollallohu alaihi wa sallam memohon perlindungan Alloh untuk Hasan dan Husain dengan doa :


أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Aku berlindung kepada Alloh untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Alloh yang sempurna dari segala syaitan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat. (HR Abu Daud)

2. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imam Ibnul Qoyyim dalam zadul ma’ad 4/159, hendaknya para orang tua tidak menampakkan suatu kelebihan yang menakjubkan yang dimiliki anak-anaknya yang dikhawatirkan akan mengundang rasa iri atau kedengkian orang yang melihatnya. Lalu Ibnu qoyyim menukil atsar dari Imam Baghowi bahwasanya pernah suatu ketika Utsman bin Affan rodhiyallohu anhu melihat seorang anak kecil yang sangat elok rupanya lagi menawan, kemudian Ustman berkata, “Tutupilah (jangan ditampakkan) lubang dagu (yang membuat orang takjub) pada anak itu.” Maka keadaan seperti itu sangat dikhawatirkan akan terjadinya pengaruh buruk ‘ain. Lebih-lebih kalau ada orang yang terkenal mempunyai sifat iri dan dengki.

3. Hendaklah para orang tua tidak berlebihan menceritakan kelebihan-kelebihan atau kebaikan-kebaikan anaknya yang tidak dimiliki anak-anak lain, sehingga mengundang rasa iri dan dengkii siapa saja yang mendengarnya,kemudian berusaha melihatnya,hingga Alloh menakdirkan terjadinya pengaruh buruk ‘Ain tersebut.

Upaya-upaya orang tua bila anak sudah terkena pengaruh buruk ‘Ain :

1. Jika pelakunya diketahui, maka hendaklah orang itu diperintahkan untuk mandi, kemudian orang yang terkena pengaruh mata itu mandi dengan bekas air mandi orang itu. Hal ini sebagaimana kisah sahabatnabi shollallohu alaihi wa sallam Sahl bin Hunaifrodhiyallohu anhu dalam hadits yang telah lalu,bahwa nabi shollallohu alaihi wa sallam memerintahkan Amir bin robi’ah rodhiyallohu anhu untuk mandi dan sisa air mandinya diguyurkan pada Sahl bin Hunaifrodhiyallohu anhu.

At-Tirmidzi menjelaskan :”Pelaku ‘ain diperintahkan untuk mandi dengan menggunakan air dalam baskom. Lalu meletakkan telapak tangannya di mulut dan berkumur-kumur,lalu disemburkan ke dalam baskom tersebut. Baru setelah itu membasuh wajahnya dengan air dalam baskom tersebut,lalu memasukkan tangan kirinya dan mengguyurkan air ke lutut kanannya dengan air baskom tersebut.Kemudian memasukkan tangan kanannya dan menyiramkan air baskom itu ke lutut kirinya.Baru kemudian membasuh tubuh di balik kain, namun baskom itu tidak usah diletakkan di atas tanah atau lantai.Setelah itu sisa air diguyurkan ke kepala orang yang terkena ‘ain dari arah belakang satu kali guyuran.

2. Memperbanyak membaca “Qul Huwallohu Ahad” (suratal-Ikhlas),Al-Muawwidzatain (surat al-Falaq dan an-Naas),al-Fatihah,ayat kursi,bagian penutup surat al-Baqoroh (dua ayat terakhir),dan mendoakan dengan doa-doa yang disyariatkan dalam ruqyah

3. Membaca doa :


بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

“Dengan menyebut Nama Alloh,aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dan dari kejahatan setiap jiwa atau mata orang yang dengki.Mudah-mudahan Alloh subhanahu wa ta’ala menyembuhkanmu.Dengan menyebut Nama Alloh,aku mengobatimu dengan meruqyahmu.” (HR.Muslim no.2186 (40),dari Abu Said rodhiyallohu anhu)

Atau


بِاسْمِ اللَّهِ يُبْرِيكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ

“Dengan menyebut nama Alloh,mudah-mudahan Dia membebaskan dirimu dari segala penyakit,mudah-mudahan Dia akan menyembuhkanmu,melindungimu dari kejahatan orang dengki jika dia mendengki dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai mata jahat.” (HR. Muslim no. 2185 (39), dari Aisyahrhodiyallohu anha)

Ini adalah doa yang dibacakan malaikat Jibril kepada Nabi shollallohu alaihi wa sallam ketika mendapat gangguan syetan.

4. Membacakan pada air (dengan bacaan –bacaan ruqyah yang syar’i) disertai tiupan, dan kemudian meminumkan pada penderita,dan sisanya disiramkan ke tubuhnya. Hal itu pernah dilakukan Rosulullohshollallhu alaihi wa sallam kepada Tsabit bin Qois. (HR. Abu Daud no. 3885)

5. Dibacakan (bacaan) pada minyak dan kemudian minyak itu dibalurkan. (HR Ahmad III/497,lihat silsilah al-Ahaadits as-Shohihah :397). Jika bacaan itu dibacakan pada air zam-zam,maka yang demikian itu lebih sempurna jika air zam-zam itu mudah diperoleh atau kalau tidak,boleh juga dengan air hujan.

Maroji:
  1. Metode Pengobatan Nabi shollallohu alaihi wa sallam, Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah
  2. Doa dan Wirid Mengobati Guna-Guna dan Sihir Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah,Ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas
  3. Majalah al-Furqon edisi 4 tahun V Dzulqo’dah 1426 Desember 2005, Artikel oleh Ust. Abu Ibrohim Muhammad Ali, published by          ummushofi.wordpress.com
Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua...
Dinukil dari penjelasan syaikh Hazim al-Hamidy hafidzahullah..
Bahasan kali ini penyakit Ain ya namun bila mau tanya tentang gangguan jin boleh

TANYA JAWAB


Pertanyaan M01

Disini sedang rame ada babi ngepet. Bolehkah mencurigai pelaku "babi ngepet "? Ada yang bilang agar uang kita tidak hilang diambil si babi,  sebaiknya uang nya disimpan di freezer, apakah hal ini syar'i?
Jawab
Iya babi ngepet salah satu fenomena di Indonesia yang merupakan kerjasama manusia dengan jin untuk melakukan sesuatu dan ini jelas haram. Untuk melindungi uang kita maka cukup biasakan diri kita dzikir pagi petang sesuai sunnah. Bersihkan rumah dari patung, lukisan gambar guci karena malaikat tidak suka. Biasakan rumah diperdengarkan Al Baqarah, jadi penghuni rumah biasakan tilawah. Cukup berlindung kepada Allah sesuai dengan tuntunan Nya

2. Ustadz....afwan pada materi di atas ada menyebutkan : sering bermimpi dengan orang yang sama dan seakan-akan orang tersebut melemparinya dengan panah atau semacamnya. Maka orang itu juga bisa masuk kriteria orang yang dicurigai bahwa dia yang menyebabkan 'ain kepadanya. Apakah itu tidak menyebabkan fitnah karena bisa aja itu perbuatan setan di dalam mimpi, bagaimana harus menyikapinya?
Jawab
Pahamilah bahwa penyebab ain atau pelaku ain tidak sengaja melakukannya berbeda dengan sihir/santet/pelet yg sengaja melakukannya. Sebagai contoh antum ikut kajian di masjid lalu karena antum merasa kagum pada ustadz nya selesai dari kajian besok nya sampai lusa selalu teringat sang ustadz bahkan sampai masuk ke dalam mimpi juga timbul rasa suka dengan sang ustadz. Padahal ustadz ini in syaa Allah mengajarkan sunnah dan terjaga. Maka sang Ustadz disebut sebagai pelaku ain atau pelempar ain. Apakah sang ustadz bersalah? Tentu tidak khan. Semoga antum semua bisa paham.


3. Apa semua jenis lukisan tempat berdiamnya jin? Bagaimana misalnya kalo lukisan tumbuh-tumbahan, kartun atau abstrak? Karena saya suka majang gambar seperti itu untuk contoh ke customer
Jawab
Lukisan semua makhluk Allah hukumnya haram dan semua ulama sepakat sedangkan lukisan pemandangan alam seperti tumbuhan pegunungan itu diperbolehkan

4. Bagaimana dengan memajang foto?
Jawab
Mengenai photo ini ada khilaf diantara ulama namun ana sarankan seperlunya saja dan baiknya tidak dipajang.


Pertanyaan M02

1. Maaf mau tanya dalilnya sangat masyhur tapi saya ndak pernah tau ada hadist tersebut. Apakah maqom hadist tersebut shohih? Dan cara-cara rasul untuk menyembuhkan bukan dengan ruqyah ayat alquran namun dengan cara yang tidak rasional.  Bukankah manusiawi sekali manusia memuji apa yang ia sukai. Dan menggerutu jk ia td menyukai sesuatu? Kata ain sendiri dalam bahasa arab maknanya mata. Dalam pembahasan ini tolong dihubungkan secara pughowi dengan konteks ilmiahnya. Bukankah dengan berpandangan seperti itu kita jadi menyalahkan orang lain  Karena selama ini yang kita tahu sakit datangnya dari Allah..
Jawab
Hadits sohih in syaa Allah banyak sekali pengobatan yang dicontohkan oleh Rasululloh namun belum beredar di masyarakat karena kebanyakan masyarakat kita sibuk dengan hal mistis dan supranatural pergi ke dukun dan paranormal. Mari buka kitab kembali ke sunnah. Ain bisa terjadi bila antum memuji seseorang tanpa mengingat Allah coba deh disinak baik materinya. Misalkan antum bertemu dengan teman antum lalu memiliki putri yang cantik berusia 8 tahun lalu antum mengucapkan. Cantik sekali putrimu ini. Hal ini akan menimbulkan ain bagi si anak atau antum. Baiknya Ma syaa Allah cantik sekali putrimu semoga jadi anak sholehah ya. Kalimat ini in syaa Allah terlindung dari ain. Demikian juga ketika ada dengki kebencian, ongatlah Allah dan bencilah krn Allah. Allahu alam bishowab


2. Ustadz, apa saja bacaan ruqyah mandiri, buat dibacakan kepada mertua saya yang di ICU yg belum sadar.
Jawab
Jika kondisi seperti itu saya sarankan bacakan surah Ar Radu sampai dengan selesai lalu tiupkan ke tubuhnya, ke infusan. Saat membacanya pegang tangannnya atau kakinya. Lakukan dengan penuh cinta ya. Koneksikan hati khusyu ke Allah

Pertanyaan M03

1. Ain itu penyakit seperti apa ya pak ustadz? Saya kurang jelas. Di puji-puji orang kok malah penyakitan? Kalo dari orang yang ga suka sama kita apa kaya santet gitu? Ciri-ciri orang terkena ain gimana pak? Apa langsung tiba-tiba sakit begitu?
Jawab
Coba baca perlahan lagi uraian materi diatas in syaa Allah paham. AIN bisa terjadi karena kekaguman dan kebencian dengki yang tidak mengingat Allah. Ain berbeda dengan santet karena pelempar AIN tidak ada kesengajaan. Tidak ada niat


2. Apakah 'ain itu bisaa juga terjadi dari orang lain yang tidak pernah kita temui tapi kita saling tau aja, atau bahkan kita gak kenal dan tidak tau  seperti teman-teman di grup medsos gitu?
Jawab
Iya bisa saja dengan siapa saja bahkan para sahabat saja yg dijamim syurga bisa terkena ain.

Pertanyaan M04


1. Ustadz, saya setiap hamil selalu merasa di datangin oleh orang-orang terdekat saya yang sudah meninggal kakek, nenek, bahkan teman-teman malah sampai sekarang juga masih seprti itu. Kenapa yah?apa itu gangguan jin ato apa?
Jawab
Afwan apakah mereka yang disebutkan memiliki ilmu kanuragan, bisa ngobatin, punya jimat keris, melakukan ritual tertentu amalan diluar sunnah.?


2. Ustadz, beberapa minggu terakhir suami saya merasakan sakit pada lututnya. Sudah cek kolesterol dan asam urat hasilnya normal, hasil foto rotgen juga normal. Apakah itu termasuk penyakit ain, karena pernah diobatkan katanya ada yang mengganggu. Jazakallah
Jawab


Pertanyaan M05

1. Begini saya punya anak perempuan usia 5th belum bisa bicara dan memang delay. Maksudnya cara berpikirnya masih seperti anak-anak usia 3th. Agak aktif tapi bukan autis. Dulu waktu saya hamil Nisa (anak saya ini) saya kurang begitu senang karena anak pertama saya masih kecil begitu pun sampai Nisa lahir, dihati saya masih agak ada rasa berat. Setelah baca jawaban ustad tadi saya jadi berpikir apakah Nisa seperti ini karena kesalahan saya? Lalu apa yang saya harus lakukan. Biar Nisa segera membaik. Saya selama ini melakukan terapi bicara, urut tapi belum coba ruqyah. Mohon bantuannya ust
Wassalamu'alaikum wr wb
Jawab
Waalaikumsalam wr wb apakah ini berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya ? Soale ada yamg japri ke ana juga sudah ana jawab. Bila beda maka setiap kasus berbeda jadi perlu dijawab pertanyaan saya sebelumnya

>Lalu bila  kehadiran anak tersebut ada yang benci atau terlalu senang, apa yang harus dilakukan?
Jawab
Lindungi diri dan anak kita dari dengan dzikir pagi petang sesuai sunnah dan membaca doa perlindunga  ain.

Pertanyaan M06

1. Bagaimana dengan seorang anak kecil yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk lain, usia anak tersebut 10 tahun. Karena kemampuannya itu menghalanginya untuk menyerap banyak ilmu. Dan dikatakan, kemampuannya itu adalah warisan dari kakeknya. Bagaimana harus menyikapi hal tersebut? Apakah itu gangguan dari jin, ataukah itu yang disebut dengan indra ke-6?
Mohon penjelasannya.
Terima kasih
Jawab
Anak ini sering dikenal sebagai indigo termasuk gangguan jin keturunan / nasab. Berbahaya baiknya segera diruqyah agar jinnya menjauh pergi darinya


Pertanyaan M07

1. Kalau misalnya orang yang menyebabkan sakit ‘ain tsersebut tidak kita ketahui, bagaimana cara mengatasinya? karena yang saya alami, saya tidak tahu siapa yang melakukan. Saya mengetahui hal ini karana ada seorang sholih yang memberi tahu dan saya tidak mau su‘udzon kepada orang yang dituduhkan karena memang saya tidak kenal dan orang yang dituduhkan itu berada jauhhh. Adakah cara selain membasuhkan atw meminum air bekas mandi si org tertuduh itu?
Jawab
Bekas wudhu tidak untuk diminum tapi untuk mandi jangan salah ya. Untuk minum bisa dari bekasnya yang dimaksud disini adalah bekas dari si pelempar ain namun bila jauh maka bisa dengan niat saja untuk mengambil bekasnya lalu bacakan doa pemutus ain.
Ya Allah apabila ada ain antara saya dengan si dia maka mohon putuskanlah ain ini tiup ke air lalu minum.

2. Assalamu'alaikum ustad, saya punya adek umur nya sudah 28 tahun, belum juga ada jodoh nya. Yang lamar banyak tapi udah mau datang kerumah hilang kabar berita nya.. Adik saya berobat ke kiayi katanya kiayi jodoh nya digantung.. Atau dijauh kan jodoh nya, 2 bulan yang lalu ada orang yang mau melamar, dateng kerumah besok nya udah ga ada kabar. Dan dibatalkan begitu aja. Sekarang adik saya udah pasrah ustad ga tau mau gimana lagi, bersabar aja moga ada jalan keluar nya. Dan saya suruh banyak-banyak baca Qur'an. Mohon solusi nya ya pak ustad.
Jawab
Apakah adiknyanya pernah melihat penampakan? Pernah mimpi bersetubuh? Mimpi ada sosok yang suka sama dia? Atau mimpi seseorang laki-laki yang dia kenal? Saya butuh banyak data untuk diagnosa terapi yang tepat untuk adiknya.


Pertanyaan M08

1. Ustad  mau nanya, bisakah perasaan aneh itu tiba-tiba suka atau cinta gitu?
Jawab
Iya ini ciri ain juga


2. Berati ketika kita mendapatkan orang terdekat iri dengki sama kita harus terapi seperti diataskah?
Jawab
Ain bisa di cegah dan bisa diobati. Apakah antum sudah kena ain atau sebagai pelempar ain?


3. Ustadz ini mungkin agak jauh dari materi, saya ada keponakan 12 tahun masih ngompol sedangkan ini mau masuk pesantren, anak laki-laki mungkin Ustadz ada solusi nya
Jawab
Bacakan al fatihah 7 kali tiup  ke air lalu doa istirja innalillahi wa inna ilaihi rojiuun 3x tiup ke air. Kasih minum selama 3 hari jabarin hasilnya

4. Ustadz,saya punya teman yang putra nya belum berjalan sampai sekarang dan terlihat seperti maaf punya keterbelakangan mental. usianya  3thn sudah berobat medis beberapa kali tapi belum ada hasil maksimal. Apakah ini bisa di katakan 'ain kah? dia baru punya anak setelah menikah hampir 4thn. Bagaimana pengobatan syar'i nya? Atau ini pengaruh dari masa lalu suaminya yang sebelum menikah pernah memakai jimat?
Jawab
Apakah ketika hamil hubungan  istri dan suaminya agak kurang bagus? aApakah kelahirannya dibenci atau sangat senang? Ibunya mimpi buruk atau ketemu dengan siapa saat hamil anak itu? Jimat segera ditobati dan musnahkan ya kemungkinan ada gangguan dr sana bsa saja.

Pertanyaan  M09

1. Anak saya Umur 12 tahun Ustadz belum bisa berjalan plus autis. Beberapa kali Dia bisa berjalan dan bicara, kemudian mundur lagi karena kejang (12 jam tidak Sadarkan diri). Apakah Ini termasuk penyakit ain? Beberapa kali ruqyah dan Bekam Dia bisa maju, tapi kejang mundur lagi
Jawab
Penyakit non medis banyak macamnya perlu diagnosa lebih lanjut coba diinget-inget. Apakah ketika hamil anak ini ada emosi yang begitu kuat didalam diri ibu? Apakah kehadiran anak ini ada yang benci atau terlalu senang? Pernahkah anak ini tiba-tiba sakit demam panas inget deh setelah dipuji atau dibenci atau berkunjung terakhir kemana?

2. Ustad mau tanya kalau ruqyah dengan membacakan ayat² alquran setelah dibacakan dan meniup/menghembus air lalu airnya bisa diminum, diusapkan keseluruh tubuh di percik² pada sekitar rumah bagaimana ya ustad termasuk ruqyah syari nggak ya?
Jawab
Iya in syaa Allah syari selama tidak ada mantra atau doa yang syirik seperti berwasilah kepada syeikh abdul,habib dll

3. Saya pernah melihat video tentang ruqyah di sebuah mesjid terus banyak yang kesurupan baik ikhwan maupun akhwat,  yang ga habis pikir kok bisa syetan ikut ke dalam mesjid tadz,  terus apa penyebabnya tadz apakah karena ibadah yang kita lakukan tidak lillah? riya?
Jawab
Setan bisa masuk masjid bahkan saat kita sholat saja setan masih bisa bikin pikiran kita gak fokus sholatnya sehingga lupa rakaat sholat . Jin bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan banyak sebab antara lain: belajar ilmu pernapasan, kanuragan, punya keris, jimat, pusaka, rajah, datang ke paranormal, dukun, mengamalkan amalan diluar sunnah seperti puasa mutih, mandi kembang dll

4. Ustad saya dan suami sedang cekcok. Tanggal 9 jun 15 suami kena stroke. Telepon dia saya pegang waktu dia sakit. Ternyata ada chat sama perempuan berfantasi sedang berhubungan. Saya marah besar. Kata suami dia ga pernah berhub dengan perempuan lain hanya chat berfantasi aja. Bagaimana mengobati kelainan suami saya itu? Apakah saya harus bercerai?
Jawab
Ajak tobat karena itu termasuk zinah dan terkena tipu daya setan. Bisa juga diobati dengan ruqyah mandiri in syaa Allah

Informasi Training Ruqyah semoga bermanfaat dan bisa jadi solusi bagi Bunda

 Yang Ini Beda !!!
Ruqyah tanpa kesurupan...tanpa kekerasan.
"Terapi Ruqyah, butuh pendalaman Tauhid dan Tazkiyyatunnufuus. Bukan cuman teknik. Namun, training QQH penuh ulasan Tauhid, Tazkiyatunnufuus, dan Ruqyah Syar'iyyah, dibawakan oleh mereka yang memang berpengalaman dibidang terapi kejiwaan dan ustadz yang gak kenyang-kenyang belajar ruqyah dari ustadz peruqyah terkenal. Training QQH sangat saya rekomendasi, In Syaa Allah Berkah !" Ustadz Adam Amrulloh, Founder KCR (Komunitas Cinta Ruqyah), nara sumber acara Khazanah Ruqyah Trans 7
Bismillah
"Alhamdulillah brkesempatan brtemu dan diskusi ttg QQH brsama ust Tono Dan ust Firman. QQH mnjdi trobosan baru dlm pngobatan qur'any jauh lbh simple,mnyentuh hati,jauh dr kesan supranatural.
Metode QQH kombinasi pengobatan nabi,Dan ilmu psikologi terapan modern. kombinasi ini menghasilkan pendekatan Dan metode yg unik.
Segeralah bergabung,semoga Anda temukan pencerahan di QQH.
Wassalam"
Ustadz Nadhif - founder RLC (Ruqyah Learning Centre), nara sumber Khazanah Ruqyah Trans 7.
"Yang saya tahu,ruqyah itu serem. Pasti kesurupan dan ngamuk gak karuan. Ternyata ada teknik ruqyah tanpa kesurupan, lebih mudah, gak capek, dan masya Alloh jauh dari kata sereem" Bang Daus Lampung, Praktisi Ruqyah
Jadwal Training Cinta Ruqyah Quantum Quranic Healing
Pemateri : Ust Tono Esfandiar, SE, SHT
JULI
30 Juli sd 2 Agustus Roadshow Tasikmalaya Singaparna 
Ikhwan Ust Aries Haryono 0853-1699-2343
Akhwat bu Iva 0821-1994-7449.
AGUSTUS
8-9 Banten cp Ust Denny +62 816-917-521
22-23 Jakarta cp Ustdzh Mudzalifah. +62 815-9581-447
29-30 Indramayu cp ust Bachtiar Madya. +62 819-4736-3783
SEPTEMBER
5-6     Bandung cp ust Ergy. +62 856-5995-9029
12-13 Majenang cp mba Cahyani. 085747743003
19-20 Palembang cp Najian (Koko). 082185891950
OKTOBER
11 Bekasi QQH Self Healing
Cp. Mas Dhanny +62 812-8433-4851
---------------------------
Ruqyah itu mudah dan menyenangkan
Quantum Quranic Healing

Yuk kita berdoa diawali istighfar syahadat sholawat..
Ya Allah ampunilah seluruh dosa kami dan dosa kedua orang tua kami.
Ya Allah lembutkanlah hati kami, pasangan hidup kami, anak2 kami dan kedua orang tua mertua kami sehingga kami dapat menerima hidayah dan inayahMu dan berkomunikasi secara harmonis.
Ya Allah buang semua kegelapan di hati dan pikiran kami, lalu isikanlah dengan cahaya Mu
Ya Allah jadikanlah semua nafsu dunia, syahwat, hati pikiran, panca indera dan organ kami tunduk pada syariat Mu
Ya Allah kami serahkan seluruh jiwa kami hanya pada genggamanMu, mhn bersihkanlah jiwa kami yg kotor penuh dosa.
Ya Allah matikanlah kami semua dlm keadaan khusnul khotimah, dlm keadaan sujud, dlm keadaan tobatan nasuha.
Ya Allah pertemukanlah kelak kami semua di dalam syurga Mu, syurga tertinggi FirdausMu dan kami bertemu dengan Rasululloh serta para sahabat dan keluarganya.
Ya Allah... ya Allah... ya Allah...
Ya Allah.. mulai saat ini jadikanlah apapun yg kami lakukan hanya mencari ridho Mu.
Ya Allah.. apa yg Engkau ingin utk hamba lakukan disisa usia hamba mhn berikanlah hamba kemampuan utk dpt melakukannya.
Aamiin Ya Robb

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 22 Juni 2015
Narasumber : Ustadz Tono Esfandiar
Tema : Ruqyah
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda 1

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT