Home » , , » TETAP SEHAT SELAMA PUASA

TETAP SEHAT SELAMA PUASA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, June 23, 2015

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,
Segala puji bagi Allah yang hanya kepadaNya kami memuji, memohon pertolongan, dan mohon keampunan. Kami berlindung kepadaNya dari kekejian diri dan dari kejahatan amalan kami.

Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan barang siapa yang tersesat dari jalanNya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Dan aku bersaksi bahwa tiada sembahan yang berhak disembah melainkan Allah saja, yang tiada sekutu bagiNya.

Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya. Puji syukur alhamdulillah karena Allah masih mengkaruniakan nikmat terhadap kita, nikmat sehat, nikmat bertemu dan menjalani puasa Ramadhan, yang lebih utama nikmat islam, dan nikmat iman. Semoga Allah mengaruniakan keistiqomahan bagi kita untuk berada di jalan ini, dan keistiqomahan semangat untuk menuntut ilmu-ilmu Allah.

Tidak terasa sudah memasuki hari ke-6 puasa bulan Ramadhan, Alhamdulillah, bagi yang masih bisa menjalankan penuh, dan memanen banyak kebaikan darinya, semoga bisa berlanjut hingga penghujung Ramadhan nanti, aamiin. Tema yang diberikan tim kajian Hamba Allah hari ini kepada saya adalah Tips Kesehatan selama Bulan Ramadhan, sebenarnya sudah agak terlambat ya, karena persiapan Bunda pasti sudah matang sejak jauh-jauh hari sebelum masuk bulan Ramadhan ini. Kita anggap materi hari ini sebagai review, pengingat kita saja. Kita simak yuk Bunda. Bismillahirrahmanirrahim,,,

Puasa Ramadhan, secara lahiriyah, tidak mengizinkan kita untuk makan dan minum dari terbit fajar, hingga terbenamnya matahari. Maka umumnya, kita akan mengkonsumsi makanan 2x sehari, saat sahur, dan saat berbuka. yang tentunya hal ini berbeda dari keseharian kita yang makan besar 3x sehari, yang secara otomatis, menuntut organ-organ kita menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini. Ada orang-orang yang mampu menyiasati dengan baik, namun ada juga yang salah sehingga bulan Ramadhan yang seharusnya menjadikan tubuh kita lebih sehat, malah menjadi sakit. Apa saja yang harus kita lakukan, dan apa saja yang harus kita hindari? Ringkasnya saya sajikan dalam gambar berikut.

Sahur

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih).

Selain ada berkah di dalamnya, makan saat sahur juga menjadi sumber tenaga aktivitas kita selama berpuasa. Tanpa ada makanan yang masuk saat sahur, sebenarnya manusia masih bisa beraktivitas, karena masih ada sumber tenaga dari tubuh kita, yaitu dari cadangan lemak. Tapi perlu diingat juga, setiap pemrosesan lemak menjadi sumber tenaga, akan melalui suatu siklus anaerob yang tidak hanya menghasilkan energi, tapi juga menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini bisa menumpuk di otot-otot tubuh, yang membuat tubuh kita menjadi berasa lelah, pegal-pegal, sekalipun tidak ada aktivitas. Jadi, sekalipun hanya sedikit, sempatkan makan sahur ya Bunda. Dan sebagaimana yang disunnahkan Rasulullah, akhirkan makan sahur. Jangan sahur terlalu awal ya Bunda, supaya asupan tenaga kita mencukupi untuk seharian berpuasa.

Sayur dan buah

Disarankan untuk dikonsumsi dalam porsi yang lebih banyak dibandingkan nasi. Karena sayur dan buah mengandung tinggi serat, yang secara otomatis, akan lebih lama dicerna oleh lambung. Dengan begitu, harapannya tubuh tidak akan mudah lapar. Makanan yang lebih tinggi karbohidrat (nasi), lebih mudah dicerna, lebih mudah diserap, dan lebih mudah dikeluarkan menjadi tenaga, hal ini akan membuat kita merasa lebih mudah lapar.

Makan secara perlahan, mengapa ini perlu dicantumkan? Dengan pengunyahan yang perlahan (Rasulullah mengunyah 32x untuk setiap suapannya), selain akan meringankan kerja lambung, nutrisi makanan yang kita makan juga akan terserap lebih baik. Harapannya, lebih banyak juga manfaat yang bisa kita ambil dari makanan tersebut, dibandingkan ampasnya.

Seandainya ada stok kurma di rumah, monggo Bunda untuk mengkonsumsinya baik saat sahur ataupun berbuka. Kurma sekalipun dimakan terasa lembut, tapi juga mengandung serat yang tinggi. Seperti halnya sayur dan buah, harapannya membuat kita lebih tahan menghadapi puasa. Dan komponen gula yang dimiliki kurma berupa fruktosa & glukosa. Tubuh hanya bisa menyerap gula yang telah berbentuk glukosa. Gula dalam bentuk lain seperti fruktosa atau sukrosa masih harus diproses lagi menjadi glukosa untuk bisa digunakan. Karena itu, kurma baik untuk puasa karena selain seratnya yang tinggi, tapi juga bisa menjadi sumber energi yang bisa bertahan lama di dalam tubuh.

Setelah Bunda ta’jil, ada baiknya Bunda dan keluarga sholat lebih dahulu sebelum lanjut ke makanan utama. Selain menjaga supaya lambung tidak kaget setelah seharian kosong (beristirahat), juga agar organ-organ pencernaan sempat untuk membasahi dirinya, setelah seharian tidak ada asupan cairan. Hal ini, diharapkan bisa membuat kinerja pencernaan menjadi lebih optimal.

Pola Tidur

Menjaga pola tidur adalah dengan tidak begadang di malam hari. Dengan mengikuti siklus yang benar (istirahat di malam hari, bekerja di siang hari), akan menjaga kadar hormon melatonin yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Hormon ini memiliki efek antioksidan, dan organo protektan (menjaga organ) pada tubuh, sehingga bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, hormon melatonin juga diketahui memiliki efek mencegah terjadinya kanker. Hormon ini bekerja secara optimal pada awal malam dan akan mulai menurun di pertengahan malam, dan bisa terproduksi pada saat kita tidur. Sehingga, sebagaimana sunnah Rasulullah, istirahat selepas sholat isya’, dan bangun kembali di pertengahan malam untuk melakukan sholat malam, bisa menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Tidur setelah Sahur

Sistem pencernaan memerlukan beberapa waktu untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan. Ketika seseorang tidur setelah makan (sahur), apalagi dalam posisi terlentang, pencernaan menjadi melambat atau sulit bekerja. Akibatnya, timbullah nyeri di ulu hati dan panas yang menyebar ke dada dan tenggorokan karena meningkatnya asam lambung. Selain itu, tidur setelah sahur juga bisa memicu refluks. Yakni makanan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Semakin pendek jarak waktu makan (sahur) dan tidur, kemungkinan terjadinya refluks makin besar. Di antara tanda refluks adalah ketika seseorang terbangun dari tidur setelah sahur ia merasakan kerongkongannya panas dan mulutnya terasa pahit.

Gorengan dan makanan cepat saji, makanan asin, MSG

Makanan asin mengandung garam yang tinggi, begitu pula dengan MSG yang mengandung banyak natrium (sodium), pengkonsumsian dalam jumlah yang banyak, mengakibatkan keseimbangan ‘natrium dan kalium’ yang ada pada tubuh terganggu. Untuk menyeimbangkan sodium yang berlebihan dalam darah, melalui proses osmosis, molekul-molekul air dari sel-sel tubuh masuk ke dalam peredaran darah sehingga sel-sel tubuh menjadi kekurangan air, dan disebut ‘dehidrasi’. Hal ini akan tentunya menyebabkan kita merasa mudah haus selama puasa, sekalipun tidak banyak aktivitas yang kita lakukan. Jadi, ada baiknya kurangi garam dalam masakan kita ya Bunda. Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal dan menyebabkan aliran oksigen berkurang 20% sehingga menyebabkan lemas, mengantuk serta mudah haus di siang hari.

Balas dendam

Disini maksudnya makan secara berlebihan saat berbuka. Mungkin karena merasa sudah tidak makan seharian, sehingga harus diganti sekaligus di saat berbuka. Hal ini baiknya tidak dilakukan ya Bunda. Selain lambung kita akan kaget, (bisa menyebabkan kram perut), makanan yang berlebihan dalam satu waktu akan menyebabkan penghancuran makanan yang tidak optimal. Selain itu, nutrisi yang telah diserap, akan melebihi kebutuhan tubuh, dan kelebihan ini, malah akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh kita. Jadi, kalau setelah puasa badan kita malah semakin melar, bisa jadi karena efek balas dendam ini. G kepingin kan Bunda? 

Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi bukan berarti sama sekali tidak boleh. Tapi, setidaknya konsumsilah saat lambung tidak kosong, & tidak sebelum mulai puasa. Kopi dan teh memiliki sifat diuretik, yaitu memicu tubuh untuk mengeluarkan air melalui kencing. Sehingga, dikhawatirkan Bunda bisa dehidrasi selama puasa. Kafein memiliki efek yang tidak baik bagi lambung, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi saat lambung dalam keadaan kosong. Khususnya untuk Bunda yang bermasalah dengan gastritis/maagh, baiknya tidak mengkonsumsi ini supaya puasanya bisa tetap lancar. Untuk berbuka, lebih baik gunakan air putih, yang bersifat netral. Tapi tidak ad larangan untuk mengkonsumsi yang manis-manis seperti es teler, dll. Karena gula yang dikandungnya bisa memberikan asupan sementara bagi tubuh kita yang sudah kekurangan karena puasa.

Makanan manis banyak gula

Mengapa ini tidak boleh? Bukan tidak boleh sama sekali, hanya saja, mengkonsumsi makanan manis di saat sahur, hanya akan memberikan efek tenaga yang sebentar. Karena sudah berupa glukosa, maka akan secara otomatis langsung diserap oleh tubuh, & langsung habis. Hal ini yang membuat kita mudah lapar.

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan saat ini Bunda, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah menerima amal ibadah kita. Aamiin.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M02


1. Saya sahur makan kurma 3 biji dan minum air putih 3-4 gelas. Bener ngga itu? Kurma kan manis. Terima kasih
Jawab
Sesuai sunnah Rasulullah, benar Bunda. Tapi alangkah baiknya seandainya Bunda juga menambahkan makanan lain, seperti karbohidrat, sayuran dan buah-buahan, juga protein mineral dari lauk pauk. Asupan cairan dimaksimalkan tidak hanya saat sahur, tapi semenjak buka sampai dengan saat akan sahur (bertahap). Mengapa? Karena kurma yang ada di Indonesia, sudah berbeda kondisinya dengan kurma yang masih fresh (d petik dr pohon). Karena makanan yang di transportasikan pasti akan melewati serangkaian proses agar bisa lebih awet, lebih mudah dikemas, lebih menarik untuk dijual. Yang tentunya hal ini sedikit banyak mengubah kandungannya. Seandainya Bunda kuat hanya dengan mengkonsumsi 3 butir kurma itu saja, tafaddholli. Tapi mengkonsumsi lebih daripada kurma, untuk mencegah efek yang tidak diinginkan selama puasa juga tidak kalah baik. Allahu a'lam.

2. Saat ramadhan tiba, semua orang berlomba untuk melaksanakan sunnah dalam hal berbuka dan sahur, yakni makan kurma.
a. pernah kah ada yang meneliti mengenai kurma tentang nilai gizinya, sehingga kita akan tahu takaran kurma yang harus dimakan saat berbuka dan sahur selanjutnya makan besar tak khawatir kelebihan gula atau karbohidrat.
Jawab

Sudah bnyak penelitian yang dilakukan tentang nilai gizi kurma. Selain gula (fruktosa, glukosa), kurma juga mengandung bnyak vitamin, dan mineral. Seperti mangan, riboflavin, thiamin, dll. Untuk orang yang sehat (normal, tidak ada gangguan metabolik), makan kurma aman. Untuk berapa dosisnya, kita tidak bisa menyamakan karena untuk masing-masing jenis kurma itu sendiri, memiliki kandungan yang berbeda, & d tiap bijinya juga akan memiliki efek kandungan yang berbeda bagi tiap orang karena ukurannya yang berbeda. Saran saya, sebaiknya ikuti sunnah Rasul saja, cukup 1-3 biji kurma. Karena kandungan glukosa dari makanan yang kita masak tidak kalah bnyaknya.

b. Bagaimana pengaruh memakan kurma bagi manusia untuk kondisi normal (sehat), dan kondisi yang memiliki penyakit gula. kita tahu bahwa kurma yang beredar di indonesia khususnya memiliki kadar gula tinggi di banding dg di negeri asal kurma.
Jawab
Untuk yang mengalami kencing manis (diabetes), tidak ada masalah Bunda, asalkan obat diabetes yang dikonsumsi tetap rutin diminum. Jumlah gula di dalam peredaran darah tinggi karena kadar insulin yang kurang. Asalkan obat diabetes yang diresepkan dokter rutin diminum, jumlah insulin yang beredar sesuai dengan kebutuhan, in syaa Allah tidak masalah. Mengingat kandungan kurma di Indonesia banyak yang dimodifikasi sehingga kadar glukosa nya lebih tinggi, lebih baik dibatasi saja konsumsinya. Hindari kurma yang dijual di pinggir jalan/pasar yang penampakannya sangat amat basah. Karena kemungkinan basahnya hasil modifikasi dr penjual sangat dominan.

Peratanyaan M03

1. Bagaimana cara mengatasi gas asam lambung yang berlebih?? Saya sudah lama mengalami ini, kalo lagi kambuh mengganggu sekali, perut kembung, sendawa terus, sesak sampai ke punggung.
Jawab
Gas asam lambung berlebih, atau dalam istilah medis disebut gastritis memang perlu penanganan khusus. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan gastritis.
▶Seperti yang saya sebutkan dalam kolom Don't. Utamanya hindari makanan yang mengiritasi lambung. Seperti cabe/sambel, kecut-kecutan, makanan berminyak, minuman soda dll.

▶Usahakan tidur malam saat jam menunjukkan angka 9-12. Karena hormon melatonin bisa berefek melindungi lambung (organo protektan).

▶ Hindari stres. Karena stress mempengaruhi lambung.
▶ Seandainya hal-hal di atas belum bisa mengurangi keluhan, konsumsi obat maagh secara rutin. Saat sebelum sahur, sesaat sebelum berbuka, dan sebelum tidur --> antasida doen. Obat maagh jenis lain (beda mekanisme kerjanya) bisa diberikan sesuai resep dokter seandainya keluhan masih dirasa mengganggu.

2. Kalau tidurnya sesudah syuruq gimana bunda?
Jawab

Tidur setelah syuruq,,hehe. Tafaddholli Bunda. Tapi masalahnya, akan lebih baik seandainya dimaksimalkan untuk beribadah. Seperti sholat sunnah syuruq, sholat sunnah dhuha, tilawah, dll. Ada sebuah hadist yang mengatakan, akan setara dengan ibadah umroh, seandainya setelah sholat shubuh, kita tetap di tempat sholat kita, menunggu datangnya syuruq, dan kmudian sholat syuruq. Allahu a'lam

3. Menu seperti sereal (oatmeal/ dalam bentuk serbuk minuman) baik kah dikonsumsi pada saat sahur/ berbuka? Karena jenis seperti itu diklaim sarat serat, maksdnya sebagai alternatif penambah serat dalam menu makan selama Ramadhan.
Jawab
Tidak apa-apa Bunda. Memang kandungan seratnya tinggi. Dan banyak testimoni juga yang mengatakan jarang merasa lapar karena oatmeal. Tapi, ada baiknya digunakan sebagai pengganti nasi saja. Tetal harus mengkonsumsi sayur & buah. Karena kandungan oatmeal hanya karbohidrat. Khawatir defisiensi protein, vitamin, mineral.

4. Yang menyebabkan mual-mual itu apa saja ya bunda? Saya sering mual sejak masih kuliah.. biasanya karena minum kopi (sudah dijelaskan). Tapi akhir-akhir ini sudah tidak minum kopi, tetapi setiap habis sahur selalu mual
Jawab
Seaandainya memang ada riwayat gastritis, kemungkinan paling besar berasal dari sana Bunda. Ada sebab lain memang, seperti vertigo (lingkungan terasa berputar), sakit kepala berlebih seperti migrain, bau-bauan yang menyengat, perubahan hormon seperti pada kehamilan, dll, bervariasi masing2 individu. Yg intinya memicu pusat mual/muntah di otak. Apalagi bila terjadinya setelah sahur, & dalam kondisi puasa. Biasanya lebih karena gastritisnya. Ada baiknya minum obat gastritis. antasida doen 3x1 sebelum sahur, sebelum buka, sebelum tidur. Plus ranitidine setelah makan sahur & buka.

Pertanyaan M04

1. Assalamualaikum. Mau bertanya ustad kalau sikat gigi pake pasta gigi membatalkan puasa nda ya?terus satu lagi ya tad, kalau tilawah pas lagi haid ,pake  alqur'an langsung tapi ada terjemahannya,misalkan sampai beberapa juz diperbolehkan ga ya? Hukumya gimana?
Jawab
Pasta gigi tidak membatalkan puasa. Tapi sebaiknya tidak berlebihan, karena dikhawatirkan ada pasta gigi yang masuk ke dalam perut. Berdasarkan fatwa Lajnah Ad-Daimah (semacam Komite fatwa Arab Saudi).
Ada perbedaan pendapat dari para ulama terkait memegang mushaf saat sedang haid. Tapi tidak ada perbedaan pendapat bila dzikir/muroja'ah diperbolehkan. Ada sebagian ulama yang mengatakan, diperbolehkan membaca Al-Qur'an, dengan syarat tidak menyentuh mushaf. Karena sesuai dengan ayat dalam Al-Qur'an yang menyatakan hanya orang yang suci (berwudhu, tidak dalam keadaan junub) yang boleh menyentuh. Bagaimana cara tidak menyentuh mushaf saat membaca? Yaitu dengan meminta bantuan orang lain untuk membuka lembarannya. Allahu a'lam

2. Mau tanya bunda, mengenai keteraturan tidur. Bagi bunda-bunda yang punya baby bagaimana bun menyiasati agar bisa tidur habis isya. Kalo baby tidurnya ga tentu, kadang tidur habis isya kadang bisa bergadang sampe larut malam. Berarti produksi hormon melatonin. Syukron.
Jawab

Baby usia berapa bulan Bunda? Sampe usia 2-3 bulan, memang masih belum bisa kita intervensi. Mereka cenderung ngajak bangun malam. Tapi diluar usia itu, in syaa Allah mulai bisa kita latih. Seperti dengan mematikan lampu, mengkondisikan supaya suasananya tenang, dll. Perlu waktu. Untuk hal ini pengecualian, Bunda. Lebih tepatnya jam tidur yang baik antara jam 9-12. Karena di jam itu hormon melatonin bekerja maksimal. Di luar jam itu, tafaddholli, bebas. Atau bisa juga disiasati bergantian dengan suami, malam ini Bunda, besok suami. Tapi semuanya sesuaikan sikon saja Bunda. :)

3. Bagaimana menyiasati kecukupan minum di waktu puasa bagi orang yang punya keluhan ginjal agar tidak nyeri di siang hari?
Jawab

Untuk orang-orang dengan keluhan ginjal, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam, Bunda. Karena jumlah cairan yang dikonsumsi penderita ginjal berbeda dengan orang normal. Orang normal semakin banyak mengkonsumsi air semakin baik. Tapi bagi penderita ginjal, terlalu banyak bisa jadi akan semakin merusak kondisi ginjalnya. Jumlah cairan harus disesuaikan kondisi ginjal pada saat itu. Biasanya perlu dilakukan pemeriksaan lab terlebih dahulu.

4. Assalamualaikum..mau bertanya bunda misalkan bekerja dalam shift malam ketika dinas malam selesai, lebih baik tidur di pagi hari (9-12) atau jam (12 keatas) setelah dhuhur? Jazakillah
Jawab
Di jam siang hari, kinerja hormon melatonin sama Bunda. Jadinya, pilihan istirahat yang manapun sama baiknya. Tapi seandainya dilihat dari jam sholatnya, lebih baik istirahat 9-12. Karena setelah dhuhur, kita harus bersiap untuk ashar. Tidur memiliki siklus sendiri, mulai terpejamnya mata sampai mata kembali terbuka. Ad yg disebut fase REM dan Non REM. Seandainya siklus tidur ini terganggu, tidur tidak akan efektif, dan kita akan terbangun dalam kondisi tidak fresh.

5. Bu saya kan dah mandi wajib  nifas kemarin (40 hari). Udah sholat. Tetapi sekarang masih datang darah khususnya darah putih (putih kuningan). Itu bagaimana bu, apa bisa terus sholat atau gmn bu? Jazakillah khairon katsiro
Jawab
Ada masalah khilafiyah dari para ulama terkait berapa lama nifas berlangsung. Tapi sebagian besar ulama menyepakati bahwa lama nifas adalah 40 hari. Di luar 40 hari, dihukumi sebagai istihadhah. Maka baiknya tetap sholat Bunda.

Pertanyaan M07

1. Cara mengatasi supaya tidak lemas saat puasa jika telat bangun sahur dan tidak memungkinkan untuk sahur gimana?
Jawab
Kalo sudah masuk waktu puasa, tidak ada yang bisa dilakukan selain mengurangi aktivitas. Seperti yang sudah saya jelaskan, in syaa Allah masih ada cadangan tenaga, dari lemak tubuh. Hanya saja, pengadaan tenaga dari lemak ini akan berimbas pada badan yang terasa pegal-pegal karena penumpukan asam laktat. Banyak konsumsi air, supaya asam laktat dapat ikut larut keluar bersama air yang keluar (lewat urin). Bisa juga ditambah mengkonsumsi vitamin saraf (B1, B6, B12, biasanya sudah ad sediaan khusus 3 vitamin ini dalam 1 tablet. Seperti neurodex, neurobion, adineuron plus, dll). Harus disempatkan sahur sekalipun hanya sedikit, walaupun hanya segelas air, walaupun hanya sebutir kurma. Karena dalam hadistnya dikatakan ad berkah di dalamnya, diharapkan juga menjadi salah satu alasan kuatnya kita menjalani puasa sehari penuh. Rasulullah pun ketika tidak ada makanan, hanya sahur dengan beberapa butir kurma, & segelas air.

2. Minum air 8 gelas itu segala bentuk minuman (susu teh dll) atau khusus air putih?
Jawab
Iya Bunda, segala macam cairan, tidak harus air putih.

3. Kalo misalkan suami kan kerja, di jalan suka ngantuk. Solusinya gimana ya? Kemaren sempet minum kopi setelah sahur tapi malah susah pipis. Terus kalo tidur dulu kan ga boleh.
Jawab
Mengantuk ada beberapa penyebab.
a. Kurang istirahat.
b. Terlalu banyak makan.
c. Anemia.
d. Kurang olahraga (asupan oksigen yang kurang d otak).

Atau ada penyebab penyakit metabolik seperti kencing manis dll. Terapi sesuai kondisinya Bunda. Kalo memang karena kurang istirahat, minum kopi dalam jumlah banyakpun tidak akan ngefek. Dan tidak keluarnya urin setelah minum diuretik seperti kopi pun perlu diperiksakan. Bisa jadi karena kurang cairan, bisa jadi karena masalah ginjal. Coba lebih banyak konsumsi air dulu Bunda sebagai terapi awal. Karena kurang cairan pun juga bisa bikin lemas.

4. Bagaimana dengan membaca alquran via Hp.. ( aplikasi alquran ) apa boleh?
Jawab
Dalam konteks sedang haid ya Bunda? Tidak apa2 Bunda, membaca dr HP.

Pertanyaan M08

1. Kalo porsi ibu hamil yang berpuasa gimana bunda?
Jawab
Porsi makan ibu hamil tidak ada perbedaan dengan yang tidak hamil, Bunda. Cuma, biasanya ibu hamil lebih mudah lapar. Ada saran untuk makan 3-4x sehari. Sahur, buka, malam sebelum tidur, tengah malam. Konsumsi multivitamin juga sangat perlu. Tapi seandainya dengan cara itu Bunda masih juga tidak kuat, atau dikhawatirkan pertumbuhan janin jadi terhambat, tidak ada paksaan untuk tetap puasa. Ada rukhsoh (keringanan) bagi ibu hamil dan menyusui. Bunda bisa membayar fidyah sejumlah hari puasa yang Bunda tinggalkan, atau mengqadha' di hari lain. Ada perbedaan dari ulama terkait hal ini. Ada yang berpendapat cukup hanya membayar fidyah saja, ada yang berpendapat tetap harus meng qadha' sekalipun sudah membayar fidyah. Tafaddholli Bunda konsultasikan dg ustadz yang Bunda percayai utk lebih detailnya. Allahu a'lam.

2. Tanya ustadzah saya hamil muda pada saat di bawa puasa saya tidak merasaakn mual dan tidak pula mengeluarkan air liur banyak tapi ketika berbuka baru dengan kurma dan air saja langsung muntah lagi. Bagaimana yah menyiasati pola makan saya pada saat saur pun demikian hampir tidak ada asupan makanan yang masuk, darah saya rendah tiap x meminum penambah darah justru memacu mual.terimakasih
Jawab
Kalau hamil muda memang cenderung mudah muntah Bunda. Karena masih adaptasi pada perubahan hormon. Seandainya memang tidak ada asupan makanan yang bisa masuk karen muntahnya ini, ada baiknya tidak puasa dulu Bunda. Apalagi kalau sampai muntahnya cairan warna kuning. Berarti yang keluar asam lambungnya. Yang itu berarti sama skali tidak ada makanan di sana. Janin trimester awal masih butuh banyak nutrisi untuk pembentukan organ-organ tubuh. Kurangnya nutrisi khawatir terjadi kelainan secara fisik pada janin. Sebaiknya ditunda dulu saja Bunda puasanya. Diganti d hari lain, ketika sudah mampu. Allahu a'lam.
Vitamin penambah darah memang merangsang muntah,, karena kandungan Fe nya yang tinggi. Jadi wajar kalau Bunda mual. Baiknya vitamin penambah darah ini diminum setelah masa mual muntahnya Bunda sudah hilang. Di usia kehamilan 4-5 bulan. Untuk sementara, asupan penambah darah disuplai dari makanan saja Bunda. Seperti sayuran hijau, daging, hati, dll.

Pertanyaan M09

1. Bun, kalau untuk busui bagusnya sahur dan pola makannya seperti apa bun? Kemaren saya udah nyoba foodcombining dan pola gizi seimbang, gagal semua bun..klo FC sayanya jam 10 udah pusing, kalo pola gizi seimbang siangnya anak saya rewel. Oiya, kurma yang dimaksud disini kurma buah asli kan ust? Bukan kurma manisan yang kadar gulanya udah sangat tinggi?
Jawab
Untuk Bunda menyusui, memang sebaiknya tercukupi asupannya. Baik dari makanannya, ataupun cairannya. Karena akan sangat berpengaruh pada produksi ASI (selain faktor isapan anak). Seandainya Bunda memang tidak kuat, tidak perlu dipaksakan Bunda. Ada rukhsoh (keringanan) bagi ibu menyusui dan ibu hamil. Bisa membayar fidyah atau mengqodho' di hari lain. Hal ini juga ada perbedaan pendapat dari para ulama. Ada yang mengatakan cukup membayar fidyah saja, tapi ada juga yang mengatakan, karena menyusui hukumnya seperti seseorang yang sakit (dalam artian temporary/sementara), maka baginya tetap wajib mengganti d hari lain sekalipun sudah membayar fidyah. Tafaddholli mau mengambil yang mana.
Kurma ada 2 macam. Ada kurma ruthob (basah), ad kurma tamr (kering). Semuanya tetap kurma. Dan semuanya mengandung gula yang tinggi (fruktosa + glukosa). Mungkin maksud Bunda manisan ini yang bentuk curah d pasar dll? Kalo memang iya, berarti maksud saya memang kurma yang asli, yang belum dimodifikasi kandungannya oleh penjual.

2. Saya sekaranng hamil 2 bulan, kalo saya paksakan puasa gimana dengan kondisi janin?
Jawab
Kalo masih trimester awal, baiknya jangan puasa dulu Bunda. Apalagi masih usia kehamilan 2 bulan. Masih masa-masa pembentukan organ-organ janin. Butuh banyak asupan nutrisi, khususnya asam folat, supaya neural tube (yang nanti nya jadi sistem saraf pusat) nya dapat terbentuk sempurna. Sistem saraf pusat ini sistem utama tubuh manusia, jadinya, penjagaan dari gangguan saat proses pembentukannya sangat penting dilakukan.
Kalo saya pribadi seperti itu Bunda. Tapi seandainya Bunda memiliki keyakinan sndr yg berbeda dg saya, tafaddholli.

Afwan Bunda sekalian, sudah malam. Ana tutup sampai disini sesi tanya jawabnya ya.
Ana mohon ijin utk left. Mohon maaf seandainya ada kata-kata ana yang menyakitkan hati. Semoga apa yang ana sampaikan bermanfaat bagi semuanya.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,,

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 23 Juni 2015
Narasumber : Ustadzah Norma Rahayu Najikhah
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda 1

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!