Home » , , , » TIPS TETAP SEHAT DAN BUGAR SELAMA PUASA

TIPS TETAP SEHAT DAN BUGAR SELAMA PUASA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, June 23, 2015

Bismillahirrohmaanirrohiim
Alhamdulillahirobbil 'alamin. Shalawat dan salam selalu tercurah pada Rasulullah, suri teladan terbaik sepanjang masa. Alhamdulillah, kita masih dipertemukan dengan bulan yang penuh kemuliaan, bulan yang penuh ampunan, bulan dengan pahala yang berlipat ganda. Ya...Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat Islam sedunia. Kita diberi 1 bulan istimewa dimana di bulan itu sebenarnya kita diistirahatkan dari berbagai kesibukan dunia. Kita diberi kesempatan utk me-recharge ulang tubuh kita sebagai bekal untuk 11 bulan berikutnya.

Pasti banyak yang merasakan, saat Ramadhan ruhiyah kita semakin baik.  Ruhiyah yang baik pastinya akan memberi efek pada semangat kita untuk beramal dan berkarya setelah Ramadhan berakhir. Tidak hanya ruhiyah, fisik dan kesehatan kita pun akan membaik. Sudah banyak yang melakukan penelitian bagaimana shaum dapat meningkatkan kesehatan.

Pernahkah kita menghitung, selama 11 bulan kemarin berapa banyak makanan yang kita santap? Dan dari sekian banyak makanan yang masuk, berapa banyak yang mengandung pengawet, pewarna, perasa tambahan, gula, garam, tepung, lemak dll? Kita mungkin sudah lupa. Dan bahan bahan tambahan pangan itu yang sebenarnya menjadi racun bagi tubuh kita. Kalau bisa dibilang, tubuh kita adalah kuburan racun. Karena selain dari makanan, lingkungan yang buruk, polusi udara juga menjadi racun bagi tubuh kita.

Namun Alloh yang Maha Pencipta, telah menciptakan sistem pembersihan tubuh alami pada kita. Organ ginjal, paru paru, kulit dan hati adalah organ yang disiapkan Alloh untuk mengusir racun yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi saat ini banyak dari kita selain terpapar racun dengan tidak sengaja, kita pun secara sengaja memasukkan racun ke dalam tubuh kita yaitu dengan makanan makanan olahan atau instan yang mengandung banyak garam dan gula. Jika hal itu berlangsung lama, lama kelamaan tubuh kita tidak sanggup lagi mengeluarkan semua racun yang ada.

Tubuh yang terdiri dari jutaan sel perlu istirahat. Perlu bersih bersih agar dapat memperbaiki seluruh sel didalamnya. Proses perbaikan sel itu bertahap dan perlu waktu. Dan puasa adalah salah satu proses pembersihan tubuh dari racun. Zat zat yang tidak bermanfaat dan berlebihan akan dibuang. Sehingga sel sel tubuh akan bekerja kembali dengan optimal. Dan seharusnya, berpuasa sebagai proses detoksifikasi membuat kita menjadi lebih sehat. Maka jika setelah puasa kita menjadi sakit, berat badan malah bertambah mungkin ada yang salah dengan puasa kita. Lalu bagaimana supaya kita tetap sehat dan bugar selama puasa?

1. Jangan tinggalkan makan sahur

Selain mengikuti Rasulullah saw, makan sahur akan membantu ketahanan tubuh saat siang.

2. Banyak minum air

Walaupun sedang puasa, kebutuhan air harus tercukupi agar proses metabolisme dalam tubuh berjalan dg optimal. Minum min 8 gelas. Spt di iklan, 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka dan 4 gelas saat malam.

3. Awali berbuka dengan air putih dan kurma.

Ada yang mengatakan berbuka dengan yang manis. Betul sih tapi bukan dengan kolak, es buah, es sirup dan sejenisnya. Karena kandungan gula sederhana yang tinggi menyebabkan insulin melonjak drastis dan segera membawa glukosa dlm darah ke sel sel dan otot. Kalau terlalu sering justru ini yang menyebabkan penimbunan lemak dlm tubuh. Ada yang bilang, berbuka sunahnya dengan kurma. Tapi yang wajibnya gorengan dan lontong. Jangan diikuti ya. Gorengan memang enak tapi gak bagus untuk tubuh.

4. Saat makan sahur dan berbuka konsumsi makanan yang seimbang.

Baik dari segi gizi  dan sifat makanannya. Perbanyak sayur dan buah. Usahakan ciptakan pelangi pada makanan yang ada di piring kita. Artinya bervariasi dengan aneka warna lauk dan sayur.

5. Hindari kopi dan teh.

Kopi dan teh bersifat diuretik. Melancarkan pembuangan air kecil. Sehingga setelah minum kita akan sering buang air kecil. Padahal air yang kita minum saat puasa terbatas. Bisa mengakibatkan kita cepat haus.

6. Istirahat yang cukup

Tidak harus tidur terus sepanjang hari. Saat ibadah pun sebenarnya kita mengistirahatkan badan kita.

7.  Tetap berolahraga ringan sebelum berbuka puasa.

8. Perbanyak aktivitas kebaikan.

Hati yang baik, yang selalu bersyukur dan bersabar akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Bulan Ramadhan adalah bulan keberuntungan bagi kita. Hadiah dari Alloh. Dengan menjaga kebugaran selama menjalaninya, maka In sya Alloh kita sukses melewatinya. Dengan tubuh yang bugar, ibadah pun akan bertambah, kita tidak mudah lelah.
Demikian uraian singkatnya. Semoga manfaat.

TANYA JAWAB

Pertanyaan M103

1. Kalo berat badannya naik karena sebelum puasa makan cuma 1x, tapi setelah puasa makan jadi teratur 2x apakah itu tetap puasa kita salah?
Jawab
aSebenarnya puasa itu hanya mengganti jam makan. Tidak puasa juga makan kita 3x. Sarapan, makan siang dan makan malam. Kalo ternyata setelah puasa berat badan naik, kita evaluasi makanan kita. Kalo puasa lebih sering makan tapi yang kita makan bukan mengandung banyak gula dan lemak, berat badan tidak naik malah cenderung turun. Perbanyak saja sayuran. Selain mengenyangkan juga tidak mengandung kalori yang berlebih.

2. Kenapa minum teh bisa mnyebabkan BAK terus? Jadi selain minum air putih kita tidak boleh minum yang lain?

Jawab
Teh mengandung kafein. Dan kafein memiliki sifat diuretik sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Boleh minum teh asal tidak berlebihan dan tetap dibarengi dengan minum air putih yang banyak. Agar cairan yang keluar lewat air seni bisa tergantikan.

Pertanyaan M104

1. Cara mengatasi supaya tidak lemas saat puasa jika telat bangun sahur dan tidak memungkinkan untuk sahur gimana?
Jawab
Kenapa tidak bisa sahur? Kalo tidak makan sahur wajar tubuh lemas karena asupan energi kita kurang. Apalagi saat berbuka kita tidak makan dengan baik dan benar. Usahakan bangun. Walaupun hanya sekedar makan kurma dan minum air. In sya Alloh kandungan gula pada kurma dapat memberi cadangan energi

2. Minum air 8 gelas itu segala bentuk minuman (susu teh dll) atau khusus air putih?
Jawab

Minum 8 gelas itu hanya air putih. Selebihnya bisa ditambah dari minuman lain atau dari kuah sayur

Pertanyaan M106

1. Kalo susu sebaiknya diminum kapan ya, pas malam apa pas sahur? terus, buah-buahan bervitamin C baiknya dimakan kapan? jazakumullah khoiron
Jawab
Susu mengandung banyak protein. Dan itu baik untuk cadangan energi saat siang hari. Baik diminum saat sahur. Tapi sebaiknya minum susu yang asli. Buah sebaiknya dikonsumsi sebelum makan nasi. 20 - 30 menit sebelum makan agar nutrisi yang ada pada buah dapat terserap sempurna. Buah rata-rata mengandung vit c. Jadi konsumsi sebelum makan. Hanya harus hati-hati pada penderita maag. Jika konsumsi buah yang asam akan mengganggu, sebaiknya dihindari.

2. Aku semenjak maagnya kambuhan. Gak berani minum susu saat kondisi perut kosong. Teorinya asam ketemu basa gituh. Padahal kan btuh asupan kalsium juga tubuh kita. Solusi lain paling aku minum susu usai makan. Ada alternatif lain kah?
Jawab
Sudah pernah dicoba minum susu dengan perut kosong? Susu sebenarnya tidak merangsang lambung. Boleh diminum kapan pun. Asal tidak berlebihan. Kalsium banyak terdapat di kurma. Walaupun tidak sebanyak produk susu. Hanya menurut saya lebih baik makan kurma dari pada susu

Ternyata masih banyak yang konsumsi susu ya..
Dalam bukunya Miracle of Enzim, Dr. Hiromi Shinya menyebut bahwa minum susu tidak mencegah osteoporosis justru menyebabkan osteoporosis. Kebutuhan kalsium tubuh hanya 9-10 mg. Namun saat minum susu kalsium dalam darah meningkat. Ketika konsentrasi kalsium dalam darah meningkat secara tiba-tiba tubuh berusaha untuk mengembalikan keadaan abnormal dengan membuang kalsium lewat ginjal. Dan susu olahan akan menyebabkan tubuh menjadi asam. Dan tubuh yang asam akan menyebabkan tubuh berusaha menetralisirnya dengan menggunakan cadangan kalsium dr tulang. Jadi tidak ada korelasinya minum susu akan mencegah osteoporosis. Silahahkan baca buku Miracle of Enzim atau lihat di youtube dr. Tan yang membahas tentang susu

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 23 Juni 2015
Narasumber : Ustadzah Yani Dasikun
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda 1

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!