Ketik Materi yang anda cari !!

ADA APA DENGAN USIA 40 TAHUN??

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, August 4, 2015

Bismillahirrohmaanirrohiim

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa al-Quran membahas tentang topik ini. Pertanda ada hal yang perlu diperhatikan dan diambil tindakan serius dari pembahasan usia 40 tahun ini. اللّهُ ﷻ  berfirman:

حَتَّى إَذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdoa, “Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang soleh yang engkau redhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.”(QS Al-Ahqaf: 15)

Usia 40 tahun disebutkan dengan jelas dalam ayat ini. Pada usia inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Ia benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan melangkah ke usia dewasa yang sebenar-benarnya.

Doa yang terdapat dalam ayat tersebut dianjurkan untuk dibaca oleh mereka yang berusia 40 tahun atau lebih. Di dalamnya terkandung pengjelasan yang jelas bahwa mereka; telah menerima nikmat yang sempurna, kecenderungan untuk beramal yang positif, telah mempunyai keluarga yang harmoni, kecenderungan untuk bertaubat dan kembali kepada اللّهُ. Pada ayat yang lain اللّهُ  berfirman;

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيْرُ

Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang-orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan? (QS Al-Fathir: 37)

Menurut Ibnu Abbas, Hasan al-Bashri, al-Kalbi, Wahab bin Munabbih, dan Masruq –Radhiyallahu ajma’in-, yang dimaksud dengan “umur panjang dalam masa yang cukup untuk berfikir” dalam ayat tersebut tidak lain adalah ketika berusia 40 tahun. Menurut Ibnu Katsir, ayat ini memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbarui taubat dan kembali kepada اللّهُ  dengan bersungguh-sungguh.

Apabila itu berlaku menjelang usia 40 tahun, maka اللّهُ  memberikan janji-Nya dalam ayat setelah itu, yaitu Kematangan. Usia 40 tahun adalah usia matang untuk kita bersungguh-sungguh dalam hidup. Mengumpulkan pengalaman, menajamkan hikmah dan kebijaksanaan, membuang kejahilan ketika usia muda, lebih berhati-hati, melihat sesuatu dengan hikmah dan penuh penelitian. Maka tidak heran tokoh-tokoh pemimpin muncul secara matang pada usia ini. Bahkan Nabi ﷺ seperti yang disebut oleh Ibn ‘Abbas: “Diutusnya Rasulullah (yaitu) pada usia 40 tahun” (HR Bukhari). Nabi Muhammad ﷺ diutus menjadi nabi tepat pada usia 40 tahun. Begitu juga dengan nabi-nabi yang lain, kecuali Nabi Isa as. dan Nabi Yahya as.

Banyak negara menetapkan untuk menduduki jabatan-jabatan elit seperti ketua negara, disyaratkan bakal calon harus telah berusia 40 tahun. Masyarakat sendiri mengakui prestasi seseorang mantap tatkala orang itu telah berusia 40 tahun. Soekarno menjadi presiden pada usia 44 tahun. Soeharto menjadi presiden pada umur 46 tahun.

Mengapa umur 40 tahun begitu penting? 

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah usia manusia diklasifikasikan menjadi 4 (empat) periode, yaitu:

1. Anak-Anak (Aulad): sejak lahir hingga akil baligh
2. Pemuda (Syabab) : sejak akil baligh hingga 40 tahun
3. Dewasa (Kuhul): 40 tahun hingga 60 tahun
4. Tua (Syuyukh): 60 tahun keatas.

Usia 40 tahun adalah usia ketika manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya dan beralih kepada masa dewasa sempurna. Kenyataan yang paling menarik pada usia 40 tahun ini adalah meningkatnya minat seseorang terhadap agama sedangkan semasa mudanya jauh sekali dengan agama. Seolah-olah macam satu fitrah di usia ini ramai yang mula menutup aurat dan mengikuti kajian-kajian agama. Jika ada orang yang telah mencapai usia ini, namun belum ada minatnya terhadap agama maka ini pertanda yang buruk dari kesudahan umurnya di dunia.

Salah satu keistimewaan usia 40 tahun tercermin dari sabda Rasulullah ﷺ

لعَبْدُ الْمُسْلِمُ إِذَا بَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً خَفَّفَ اللهُ تَعَالَى حِسَابَهُ ، وَإِذَا بَلَغَ سِتِّيْنَ سَنَةً رَزَقَهُ اللهُ تَعَالَى الْإِنَابَةَ إِلَيْهِ ، وَإِذَا بَلَغَ سَبْعِيْنَ سَنَةً أَحَبَّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ ، وَإِذَا بَلَغَ ثَمَانِيْنَ سَنَةً ثَبَّتَ اللهُ تَعَالَى حَسَنَاتِهِ وَمَحَا سَيِّئَاتِهِ ، وَإِذَا بَلَغَ تِسْعِيْنَ سَنَةً غَفَرَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ وَشَفَّعَهُ اللهُ تَعَالَى فِى أَهْلِ بَيْتِهِ ، وَكَتَبَ فِى السَّمَاءِ أَسِيْرَ اللهِ فِى أَرْضِهِ – رواه الإمام أحمد

“Seorang hamba muslim bila usianya mencapai 40 tahun, اللّهُ  akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai 60 tahun, اللّهُ  akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepadaNya. Bila usianya mencapai 70 tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai 80 tahun, اللّهُ  akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai 90 puluh tahun, اللّهُ  akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosanya yang dahulu, اللّهُ  juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya, serta اللّهُ  akan mencatatnya sebagai tawanan اللّهُ  di bumi”. (HR. Imam Ahmad)

Hadits ini menyebut usia 40 tahun paling awal memiliki komitmen terhadap penghambaan kepada اللّهُ ﷻ  sekaligus konsisten terhadap Islam, maka اللّهُ ﷻ  akan meringankan hisabnya. Orang yang usianya mencapai 40 tahun mendapatkan keistimewaan berupa hisabnya diringankan. Tetapi umur 40 tahun merupakan saat harus berhati-hati juga. Ibarat waktu, orang yang berumur 40 tahun mungkin sudah masuk senja.

Abdullah bin Abbas ra. dalam suatu riwayat berkata, “Barangsiapa mencapai usia 40 tahun dan amal kebajikannya tidak mantap dan tidak dapat mengalahkan amal keburukannya, maka hendaklah ia bersiap-siap ke neraka.”

Imam Asy-Syafi’i tatkala mencapai usia 40 tahun, beliau berjalan sambil memakai tongkat. Jika ditanya, jawab beliau, “Agar aku ingat bahwa aku adalah musafir. Demi اللّهُ,  aku melihat diriku sekarang ini seperti seekor burung yang dipenjara di dalam sangkar. Lalu burung itu lepas di udara, kecuali telapak kakinya saja yang masih tertambat dalam sangkar. Komitmenku sekarang seperti itu juga. Aku tidak memiliki sisa-sisa syahwat untuk menetap tinggal di dunia. Aku tidak berkenan sahabat-sahabatku memberiku sedikit pun sedekah dari dunia. Aku juga tidak berkenan mereka mengingatkanku sedikit pun tentang hiruk-pikuk dunia, kecuali hal yang menurut syara’ lazim bagiku. Di antara aku dan dia ada اللّهُ  .”

Lantas, apa yang harus kita lakukan menginjak usia 40 tahun?
  • Meneguhkan tujuan hidup
  • Meningkatkan daya spiritual
  • Menjadikan uban sebagai peringatan (bukan dicabut)
  • Memperbanyak bersyukur
  • Menjaga makan dan tidur
  • Menjaga istiqamah dalam ibadah
Jika ada yang mengatakan bahwa: Life began at forty, maka saya cenderung berpendapat kehidupan yang dimaksudkan ialah kehidupan terarah kepada mendekatkan diri kepada penciptaNya dengan sebenar-benarnya. Tetapi satu perkara yang kita harus senantiasa sadari bahwa kematian memanggil kita kapan saja tanpa perlu tanda-tanda, tanpa alamat dan tanpa mengira usia. Jika kita beranggapan harus menunggu usia 40 tahun untuk baru memulakan kehidupan yang dimaksudkan di atas, maka rugi dan sia-sia lah hidup kita jika umur kita tidak panjang! Hadits Nabi ﷺ: Orang yang bijak adalah orang yang selalu mengingati mati”.

Ramai manusia tertipu dengan keindahan dunia dan isinya yang bersifat sementara. Sejak Nabi Adam As sehingga kini, kesemuanya telah kembali kepada اللّهُ ﷻ  tidak kira kaya atau miskin, berpangkat atau tidak. Mengingati mati bukan bermakna kita akan gagal di dunia tetapi dengan mengingati mati kita akan menjadi insan yang berjaya di dunia dan di akhirat. Janganlah menunggu sehingga esok untuk membuat persediaan menghadapi kematian, kerana mati boleh datang pada kapan saja.
والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB


Pertanyaan M01

1. Ustadz, apakah jika ada anggota keluarga yang sudah tua tidak sholat (karena ketiduran, lupa, malas ) apakah kita wajib mengingatkannya? Lalu apa kita berdosa jika tidak mengingatkannya?
Jawab
Namanya kewajiban ya harus dijalankan. Tetap saja ingatkan secara sopan dan halus yaa

2. Assalamualaikum, orang kalo dari muda sampe tua suka marah tidak bisa nahan emosi ada masalah dikit marah, kalo dah marah yang jadi pelampiasan istrinya terus kalo sudah marah istrinya di diemin ga diajak ngomong ,itu emang dah dari sananya begitu apa dia yang ga bisa ngrubah sifatnya? Kira-kra sekarang usianya sih 70th an,
Jawab
Berikan artikel tentang emosi dan kemarahan, dan minta tolong orang netral yang menasehatinya agar jangan mudah meluap emosi diusia senja.
3. Assalamualaikum Pak Ustadz. Kalo Ada vitamin untuk rambut rontok Tapi sekaligus membuat rambut hitam, itu boleh gk? Terimakasih..
Jawab
Tak boleeeee


Pertanyaan M02

1. Usia saya tanggal 10 agustus genap 53  apa yang mesti harus dilakukan agar khusnul khotimah?
Jawab
Tetap saja beramal dan melakukan ibadah wajib dan sunnah ya Bunda.


Pertanyaan M03

1. Pak dody , kenapa uban tidak boleh dicabut?
Jawab
Sebagai cahaya kelak disurga.
Pertanyaan M04

1. Assalamualaikum ustadz, saya mau bertanya ya tadi di sebutkan bahwa saat usia 80 akan di hapus amal buruk nya, apakah itu berlaku untuk orang tua yang sudah sakit sakitan dan mulai pikun? Yang kadang susah untuk di suruh pergi ke masjid karena alasan sakit?
Jawab
Semoga saja. Tapi perhitungan akhir tetap dilakukan kelak.
2. Ustad kalo orang tua sudah pikun apa dosa yang dilakukan saat pikun gak di hitung lagi? misalnya lupa sholat dan doanya..
Jawab → Na'am 

3. Kenapa di usia 40 malah bermaksiat padahal tadinya baik-baik saja. Masihkah bisa diampuni?

Jawab
Selama tobat bersungguh sungguh

4. Ustadz kalo justru di usia 40 tahun dia berubah jadi liar dan seperti hilang kendali padahal sebelumnya dia baik dan sopan apa tanda akhir yang buruk stadz.. tapi begitu rumah tangganya hancur dia justru kembali ingat Tuhannya dan makin rajin ibadah.. apa dia masih di beri kesempatan bertobat oleh Allah?
Jawab
Selama nafas masih ada, masih diberikan kesempatan oleh اللّهُ Ta'ala


Pertanyaan M06

1. Ketika usia 40 tahun diatas adalah  masa dimana  kematangan dan kedewasaan yang muncul, namun tak banyak justru orang-orang malah rusak rumah tangganya pada usia dewasa itu
Jawab
Itu karena tidak ada kaidah agama dalam kehidupan rumah tangga nya.

Pertanyaan M08

1. Ustad mau nanya suami umurnya sudah 44th, tapi kalo sholat subuh susah bener, uban dicat tiap minggu, masih berusaha berpenampilan seperti usia 20an, masih merasa abg gitu. Saya sebagai istri gimana ya ustad?
Jawab
Dinasehati saja. Uban tidak boleh di cat warna hitam yaa.

2. Maksdunya amalan buruknya tidak gampang dicatatkan gimana, ustadz?
Jawab
Misal : dia ngga sholat, dilihat dulu, apakah dia lupa atau ngga, kalau lupa tidak dicatat sebagai keburukan. Contoh yaaa


Pertanyaan M09

1. Ustadz Apakah benar sudah tertutup kemungkinan bagi orang yang masih ingkar setelah Umur 40 untuk bertaubat?
Jawab
Tidak... Silahkan bertaubaut secepatnya saja. 

>Dan sebaliknya jika sudah lebih taat di Umur 40 apakah Masih Ada kemungkinan untuk terpeleset?
Jawab
Mungkin saja... Setan itu halus sekali godaannya.

>Apakah taat atau tidaknya seseorang diumur 40  tergantung pada amalannya sebelum Umur 40?
Jawab
Bisa iya bisa tidak.


2. Ustadz berarti kalo berumur panjang sampai 80 - 90 maka dosa-dosa kita dihapus? Sebanyak-banyaknya? Atau Ada criteria orang yang dihapus dosanya di umur 80-90?
Jawab
Amalan buruknya yang tidak tercatatkan.

3. Ustadz, Apakah berarti setelah umur 40tahun harus menghentikan cita-cita dunia? Misal lebih baik sedekah daripada nambah investasi, atau lebih baik umroh daripada jalan-jalan ke Eropa?
Jawab
Iya dunk


4. Afwan ustadz suami umur 44th punya obsesi ingin memiliki warisan harta dunia bila sudah tiada nanti sedangkan istri dan anak-anak tidak mengharapkan warisan dunia tapi yang diinginkan warisan akhirat berapa ilmu agama karena obsesinya tesebut si suami merantau dan meninggalkan asa dari anak dan istrinya mempercayakan anak-anak dididik dipondok dan memberikan beban pada istrinya akan semua hal. Yang jadi pertanyaan: Apakah keinginan anak dan istri itu berlebihan? Mengingat usia sudah semakin tua. Bagaimana pendapat ustad mengenai obsesi suami tersebut?
Jazakallahu khoir atas jwbnya...
Jawab
Lebih baik adalah bersikap tawazun (seimbang), atau bahkan porsinya lebih besar ke urusan akhirat. Mengingat usia yang sudah tidak muda lagi. Bicara pelan pelan. Dari hati ke hati dan diskusi bersama antar suami istri yaa. Jangan lupa berdoa yaaa

5. Ustadz suami usia tahun depan 50thn. Saya dan anak-anak sudah kasih tahu ga boleh di cat hitam tapi keukeuh peuteukeuh dicat kadang saya ga mau kalau disuruh bantuin cat takut dosa bilang gitu tapi teteh aja d cat gimana tuh ustadz?
Jawab
Coba rubah warnanya. Jadi coklat gelap atau biru gelap.

Pertanyaan M10

1. Jika pada usia 40an tahun masih banyak maksiat yang dilakukan masih terbukakah pintu taubat untuk kita?
Jawab
Masih


2. Jadi puber ke 2 itu karena nafsu saja. Bagaimana sikap istri menghadapinya?
Jawab
Bikin supaya suami nafsu sama kita. Percantik diri, bermanja diri, perwangi diri dlsbnya.

3. Afwan ustad  dengan bertambahnya usia di atas 40 itu bisakah menjamin sebuah kedewasaaan  seseorang ?
Jawab
Belum... Tapi ini kebanyakan indikator orang yang berakal sudah capek berbuat dosa.


Pertanyaan M11


1. Jika pada usia 40 lebih  seseorang tetap biasa saja, tidak meningkat  ibadahnya tapi tidak pula bermaksiat, itu bagaimana?
Jawab
Kalau itu orang yang kita sayang, maka nasehatilah dia.

Pertanyaan M12

1. Dengan cara bagaimana kita mengisi hidup ini yang saya rasakan banyak juga perubahan pada fisik seperti rambut sudah beruban kaki pun sudah pada sakit?
Jawab
Iya benar, jadi perbanyaklah belajar dakwah sunnah

Pertanyaan M13

1. Mau tanya ustadz berarti kita diusia 40 tahun start untuk menuju ke kehidupan Akherat secara kaffah hidup mengkerucut, begitukah ustadz?
Jawab
Seeepp


2. Tapi jika umurnya 40 th kelakuannya masih seperti anak TK bagaimana? dan bagaimana doanya supaya orang itu mau berubah dan sayang sama kita?
Jawab
Bukan hanya berdoa, tapi memaksakan diri untuk bersikap dewasa dan menuntut ilmu.


3. Ada yang bilang kalau di usia 40thn itu seorang laki-laki sudah mencapai puncak kedewasaannya, dan akan timbul lagi perasaan seperti ABG atau istilahnya puber ke-2. Benarkah hal tersebut? Jadi waswas juga sebagai istri.. Terimakasih penjelasannya
Jawab
Biasanya sudah mapan secara ekonomi, sudah mengenal kehidupan rumah tangga, yang jadi puber kedua jika siang hari dia melihat wanita kerja yang super duper cantik, begitu malam hari dia lihat istrinya pake daster bolong bolong, bau bawang, rumah acak kadut dlsbnya.


4. Adakah doa supaya suami kita terhindar dari maksiat? terimakasih
Jawab
Doa itu ada 2 :
a. Doa Ibadah (bahasa arab)
b. Doa Masalah ( pergunakanlah bahasa kita sehari hari)

Jika kita tidak tau doa ibadahnya. Maka gunakan doa masalah ya dengan bahasa kita sendiri


Pertanyaan M14

1. Yang dimaksud dengan diringankan hisabnya itu yang bagaimana? misalkan dia melakukan suatu perbuatan yang mengakibatkan dosa apakah dosanya itu akan "didiskon" menjadi setengahnya atau bagaimana ustd...mohon penjelasannya..
Jawab
Artinya berbuat baik langsung dicatat dan berbuat buruk bisa saja tidak langsung dicatat dilihat sebab akibat dllnya.


2. Dakwah sunah apa ya ustadz?
Jawab
Dakwah yang benar benar mengajarkan amalan sesuai perintah Al Quran dan Hadist Nabi ﷺ


Pertanyaan M15

1. Orang yang usianya sudah diatas 40 thn tapi sikapnya dan perbuatannya masih jauh dari ajaran islam serta merasa dirinya lebih tau dan benar, bagaimana menyadarkannya dan apa saja hal-hal yang bisa kita perbuat untuk dia apalagi kalau dia itu sudah lebih tua dari kita. Syukron ustazd
Jawab
Tunjukkan akhlak yang baik dari kita dan sopan santun sesuai yang diajarkan dalam Islam.


2. Apa perbedaan usia dengan umur?
Jawab
Sama saja secara istilah


Pertanyaan M16

1. Bagaimana cara menghafal doa atau alqur'an  setelah haid ilang lagi 1 kata, 2 kata?
Jawab
Repetisi secara terus menerus. Hindari perbuatan maksiat. 

2. Jika posisi suami yang sudah mencapai 40 tahun tapi amaliahnya belum mengarah ke pencapaian agama yang lebih baik, kita sebagai istri harus memberi hikmah seperti apa?
Jawab
Nasehati dengan bahasa halus dan sopan.


Pertanyaan M18

1. Tapi kalo hisab sudah dimulai setelah baligh kan ya? Bukan berdasarkan umur?
Jawab
Iyaaa... Biasanya memang orang sudah capek berbuat dosa diumur 40 an.


Pertanyaan M19

1. Tadi uban katanya jangan dicabut tapi kalau suami menginginkan agar gak keliatan ubannya apa boleh d cat?
Jawab
Boleh... Asalkan jangan menggunakan warna HITAM


2. Assalamualaikum ustad. Mau tanya. Tante saya cerita, Umur om saya sudah mencapai 60, rajin sholat, tetapi ternyata baru ketahuan kalo bacaan sholatnya kacau. Setiap ditegur jawaban om, yang penting Allah tau niatnya .Dan memang beliau tidak pernah ngaji. Sehingga tante saya merasa tidak punya imam dirumah.  Sampe tahap tante saya pasrah karena takut bertengkar juga. Bagaimana sebaiknya saran saya untuk tante saya? Makasih ustad
Jawab
Pelan pelan dirubah yaa, misal dengan menempel tulisan di dinding bacaan sholatnya, pastikan al fatihahnya lancar. Karena ini syarat sah sholatnya.

Pertanyaan M20

1. Mumpung belum terlambat, persiapan apa saja yang harus di lakukan dan bekal apa aja yang harus dikuasai saat umur masih di bawah 40 banyak melakukan maksiat untuk menuju ke umur 40 yang lebih baik?
Jawab
Belajar dakwah sunnah dan selalu menuntut ilmu.

2. Adakah indikator-indikator tertentu yang mengisyaratkan bahwa pada sampai umur 40 kita sudah berhasil mengumpulkan bekal akhirat nanti? Kalau ada, apa saja indikator-indikator tersebut...thanks
Jawab
Biasanya orang sudah bisa berbuat dosa dan maksiat di umur 40 an, makanya kebanyakan mereka hijrah.

3. Apakah di usia lanjut yang secara fisik sudah tidak menarik lagi, ada keringanan dalam tata cara berpakaian bagi kaum wanita? Jika ada saat di usia berapa?
Jawab
Iya benarr yang lebih afdhol tetep menggunakan hijab. Biasanya yang sudah tidak menimbulkan ketertarikan lawan jenis.

4. Jika ternyata di karuniai usia panjang, sampai lewat 80, tapi kelakuan nya, subhanallah bikin yang muda dan sehat geleng-geleng kepala, itu kira-kira gimana dan kenapa, ustad?dahulu dimasa sehat nya, ybs salat, ibadah rajin, sedekah dll juga, cuma yang minus itu mulutnya yang suka menyakiti perasaan orang lain.
Jawab
Amalannya buruknya saja yang tidak "gampang" dicatatkan.

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 04 Agustus 2015
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono 
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment