Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » Adil dalam menyikapi tuntutan diri sendiri dan perintah Alloh swt.

Adil dalam menyikapi tuntutan diri sendiri dan perintah Alloh swt.

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, August 19, 2015

#MUKADDIMAH#

بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
#MATERI#
Bismillah. Asssalamu'alaikum wr wb
Mohon maaf baru bisa sekarang
Bismillah. Kita mulai ya.
Adil dalam menyikapi tuntutan diri sendiri dan perintah Alloh swt.
Oleh: Faruuq Trifauzi.
Sudah jamak diketahui, bahwa kebanyakan manusia, sangat serius dan sungguh sungguh dalam menyikapi hal-hal yang menurut nya menguntungkan diri nya sendiri. Sama serius nya dengan sikap mereka yang betul-betul marah, jika merasa ada yang merendahkan harga dirinya.
Ini adalah hal yang wajar dan manusiawi.
Hanya saja, ini menjadi aneh, jika disandingkan dengan sikap mereka yang cenderung meremehkan perintah Alloh swt, selaku Sang Pencipta mereka. Bahkan lebih buruk lagi, ada sebagian manusia yang malah berani merendahkan Alloh swt dalam banyak hal, dimana, seandainya hal tidak baik itu diterima olehnya dari pihak lain, mereka sangat marah (karena merasa harga dirinya diinjak injak).
Misalnya kita ambil contoh, manusia sangat marah, jika dia merasa diduakan, tetapi aneh nya, mereka mudah sekali menyekutukan Alloh swt dengan yang lainnya  padahal tiada suatu pun yang setara dengan Alloh swt.
Misalnya yang lain :
Manusia sangat tidak senang, bahkan langsung marah, jika ada yang merendahkan nya, baik merendahkan harga dirinya, nama nya, maupun ucapan nya. Anehnya, banyak diantara mereka yang dengan mudah nya merendah kan Alloh yang, dengan mengatakan Bahwa Alloh swt tidak adil, takdir sangat kejam (padahal takdir adalah diantara perbuatan Alloh swt).
Dan lainnya.
Intinya, jika kita merasa marah, jika perintah kita kepada bawahan kita tidak dihiraukan (padahal itu boleh jadi karena perintah kita itu yang tidak manusiawi dan atau tidak benar) , seharusnya kita lebih marah kepada diri sendiri, jika kita tidak menjalankan perintah Alloh swt.
Jika kita merasa marah, jika ada yang merendahkan harga diri kita (padahal sangat mungkin, karena memang itu salah kita),  maka seharusnya kita lebih marah kepada diri sendiri, jika kita sampai melakukan tindakan yang merendahkan Alloh swt.
Hendaklah kita merenungkan firman Alloh swt berikut ini :
Surah Az-Zukhruf, Verse 16:

أَمِ اتَّخَذَ مِمَّا يَخْلُقُ بَنَاتٍ وَأَصْفَاكُم بِالْبَنِينَ
Patutkah Dia mengambil anak perempuan dari yang diciptakan-Nya dan Dia mengkhususkan buat kamu anak laki-laki.
Surah Az-Zukhruf, Verse 17:
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِمَا ضَرَبَ لِلرَّحْمَٰنِ مَثَلًا ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ
Padahal apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai misal bagi Allah Yang Maha Pemurah; jadilah mukanya hitam pekat sedang dia amat menahan sedih.
Demikian.
===================
#REKAP TANYA JAWAB#
1. Assalamu'alaykum ustadz bagaimana cara kita bisa istiqomah untuk selalu qonaah kpd Allah?
Jawab :
.....................
2. tanya
1.Bagaimana cara agar qt tdk menghilangkan "illah" lain yg kadang tanpa sadar ada dlm hati kita?                                   Maaf, bolehkah sy bertanya yg lain?
Jawab:
.............
2. Sy mempunyai 2 teman yg sngat dekat dan sy anggap sbg sdr sy sndiri, dlm hal usia, sy berada di urutan no 2, lalu teman yg plg tua dan sdh berkeluarga  sdg mengikhtiarkan kami utk sgr menemukan imam bagi kami. Tanpa sepengetahuan mereka ber-2, sy th bhwa yg di kenalkan dg kami ber2 adalah org yg sm. Bagaimn sebaiknya? Apakh sebaiknya sy mundur sj?
Syukron sebelumnya, smg Alloh memberi balasan terbaik atas pencerahan yg ustadz smpaikan
Jawab:
...............
3. Bagaimana mengingatkan seseorang yang jika Allag kasih kemudahan untuknya dalam melaksanakan sesuatu (dia baru beribadah dgn baik).. tapi ketika Allah memberi ujian padanya (ia justru lalai dengan perintah Allah) karena biasanya yang saya pernah saya dengar sesorang akan tak henti2nya berdoa dan beribadah dengan baik justru ketika ditimpa ujian (supaya dihilangkan ujian pada dirinya)
..suykron Ustadz..
Jawab:
...............
===================
#PENUTUP#
Mari kita tutup majelis ilmu kita pd malam hari ini dgn membaca hamdallah, istighfar sebanyak2 nya serta do'a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

NB: TJS belum di jawab
======================
Rekapan Kajian Online Hamba الله
Rabu, 04 Dzulqaidah 1436H/19 Agustus 2015
Narasumber: Ustadz Faruq
Tema: Adil dalam menyikapi tuntutan diri sendiri dan perintah Alloh swt.
Grup Nanda: 116
Notulen: Sari
Admin: Asri & Sari

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment