Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Cinta dan Benci karena Allah

Cinta dan Benci karena Allah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, August 18, 2015

#MUKADDIMAH#


بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
#####################
☆MATERI☆
بسم الله الرحمن الر حيم
السلم عليكم ورحمة الله و بركته
Berikut bhannya ya....silahkan dipelajari temanya cinta dan benci karena Allah
Sebagai pengantar yuuk kita buka
☆3. Ali 'Imran
103. Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan  hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
☆9. At Taubah
Ajaran kepada orang-orang mukmin dan janji Allah terhadap mereka
71. Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Sahabat Anas bin Malik berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Ada tiga perkara yang apabila dimiliki oleh seseorang, dia akan morasakan manisnya iman. Yakni Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai daripada kecintaannya terhadap sesuatu yang lain, mencintai orang lain semata-mata hanya karena mencari keridhaan Allah, dan takut kembali ke jalan kufur sebagaimana dia takut dirinya di masukkan ke dalam siksa neraka." (HR. Bukhari). Di dalam riwayat lain diketengahkan: "Ada tiga perkara yang apabila dimiliki oleh seseorang, dia akan merasakan enak dan manisnya iman. Yakni Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai daripada kecintaannya terhadap sesuatu yang lain, mencin­tai dan membenci orang lain semata-mata hanya karena mencari keridhaan Allah, dan lebih merasa senang dimasukkan dalam bara api daripada harus menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain." (HR. Bukhari dan Muslim)
Sahabat Am Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Pada hari kiamat nanti Allah swt akan berfiman: "Di manakah orang-orang yang saling memadu kasih . karena mencari keridhaan-Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan kepada mereka sebuah perlindungan (tempat bernaung) dimana pada hari ini tidak ada tempat bernaung kecuali tempat yang Aku sediakan," (HR. Muslim).
Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Nabi saw telah bersabda: "Ada tujuh orang yang akan mendapatkan perlindun-gan Allah padahari kiamat dimanapadahari itu tidak ada tempat berlindung kecuali perlindungan Allah. Yakni penguasa yang adil, pemuda yang tampil kreatif lagi dinamis dalam menegakkan peribadatan kepada Allah, orang yang senantiasa merindukan peribadatan di dalam masjid, dua orang yang sating memadu kasih karena mencari keridhaan Allah hingga mereka berpisah dan bertemu semata- mata karena Allah, orang yang diajak berzina oleh seorang wanita yang cantik molek lagi terhormat tetapi dia menolak karena takut kepada Allah, orang yang bersedekah dengan rahasia sehingga ibarat tangan kanan memberikan sedekah sementara tangan kirinya tidak mengetahui, dan orang yang berdzikir kepada Allah di tengah keheningan malam hingga berlinang air mata karena takut kepada adzab Allah." (HR. Bukhari dan Muslim).
Sahabat Ibnu Umar ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Di antara hamba-hamba Allah ada sekelompok manusia yang mereka bukan nabi dan bukan pula syuhada', tetapi mereka mendapatkan kemuliaan di sisi Allah sejajar dengan para nabi dan para syuhada'." Lalu para sahabat berkata: "Ya Rasulullah, khabarkanlah kepada kami siapakah mereka itu?" Jawab Rasulullah: "Mereka adalah sekelompok orang yang saling memadu kasih karena Allah, bukan karena motivasi kekerabatan maupun materi. Demi Allah, wajah mereka bersinar bagaikan cahaya, bahkan mereka adalah cahaya di atas cahaya. Mereka tidak merasa takut ketika umat manusia dilanda perasaan takut" Lalu Rasulullah saw membaca ayat: "Dan ingatlah, bahwa para kekasih Allah tidak akan pernah dilanda perasaan takut dan tidak pernah pula dilanda perasaan sedih." (HR. Abu Dawud).
 Sahabat Abi Umamah berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Barangsiapa cinta dan marah .karena Allah, memberi sesuatu dan mencegah sesuatu karena Allah, maka berarti dia telah memiliki keimanan yang sempurna." (HR. Abu Dawud).
 Sahabat Anas ra berkata, bahwa ada seorang lelaki mengajukan pertanyaan kepada Rasulullah: "Ya Rasulallah, kapan hari kiamat datang?" Jawab Rasulullah: "Apakah yang engkau persiapkan untuk menghadapi hari kiamat?" Jawab lelaki itu: "Tidak ada sesuatu pun yang dapat aku jadikan bekal kecuali kecintaanku kepada Allah dan Rasul-Nya." Lalu Rasulullah bersabda: "Engkau bersama orang yang engkau cintai." Selanjutnya sahabat Anas berkata: "Kami belum pernah merasakan arti kebahagiaan yang luar biasa kecuali ketika mendengar sabda Rasulullah: "Engkau bersama orang yang engkau cintai." Lalu sahabat Anas berkata pula: "Aku sangat mencintai Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar bin Khathab, dengan harapan diriku bisa bersama mereka (di dalam sorga)." (HR. Bukhari dan Muslim).
Sahabat Aisyah berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Syirik lebih tidak kelihatan daripada setitik debu yang berada di atas batu halus pada malam nan gelap gulita. Perbuatan syirik yang paling minim adalah tertarik pada suatu perbuatan maksiat, dan membenci suatu perbuatan baik. Bukankah agama Islam itu hanya terdiri dari cinta dan benci? Bukankah Allah swt telah berfirman: "Katakanlah (Muhamad): Apabila kamu mencin­tai Allah, maka ikutilah ajaran-ajaranku, tentu Allah akan mencintaimu." (HR. Hakim, dan menurutnya hadis ini shahih sanadnya).

TANYA JAWAB
1. Tema nya sangat menarik spti mya sy harus bertanya ya ka
1. Yakni Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai daripada kecintaannya terhadap sesuatu yang lain, mencintai orang lain semata-mata hanya karena mencari keridhaan Allah, dan takut kembali ke jalan kufur sebagaimana dia takut dirinya di masukkan ke dalam siksa neraka." (HR. Bukhari) yg sy mau tanya kan dr hadist tsb contoh dr mencintai sesuatu yg lain spti ustadz.
Jawab:
tentang mencintai yg lain yakni landasan cintanya sebenarnya....
Terkait jg dgn hadist pertama dari arbain ttg niyat ini menjadi dasar awal termasuk dalam hal mencinta dan membenci...
Contoh menempatkan cinta kpd Allah diatas yg lain sebagaimana kisah nabi ibrahim dan ismail dlm sejarah ummat manusia yg kemudian Allah abadikan dgn peristiwa qurban....dalam iedul adha....
--------------------------------
2. ustadz sy lg taruf dan sy ingin bahwa kecintaan sy krn keridhoan Allah sesuai hadist tsb, yg sy mau tanyakan bagaimana agar dlm taruf tdk terjangkit dr penyakit hati dan agar Allah meridhoinya
Jawaban
ikhlaskan niyat ya ukhti, lalu jalani proses sesuai arahan....hindari interaksi lsg tanpa ada pihak berwenang...
Itu bbrp tips saat taaruf biasanya godaannya muncul sgt banyak...(pengalaman dl pdhl lg proses sama A eh ada tawaran dr yg lain. Ini contoh ya)...
Sandarkan selalu prosesnya kepada Allah....
-----------------------------------
3. "Dan ingatlah, bahwa para kekasih Allah tidak akan pernah dilanda perasaan takut dan tidak pernah pula dilanda perasaan sedih." (HR. Abu Dawud). Dr hadist tsb kadang sy msh ada nya merasaan takut contoh : takut berdosa, takut kecewa/gagal dan suka bersedih krn sll sj bahwa apa mgkn ibadah yg kita lakukan dpt mengurangi dosa kita apakah dr hadist tsb tdk pernah dilanda takut dan sedih spti apa ustadz?
Jawaban
bs jadi cinta kita sama yg lain masih lebih dr pd cinta kpd Allah dan rasulNya makanya masih muncul yg kayak diatas
Latian terus dan belajar istiqomah....
Balikin lagi semua hal ke
Allah dulu, Allah Lagi Allah terus....(ini ungkapan kekinian yg menarik) dimana mendahulukan Allah diatas yg lain..
------------------------------------
4. Ustadz apakah blh wanita mempertanyakan ttg kelanjutan taruf , dan apakah blh kita berdoa smg kita dpt di satukan dlm pernikahan dan gmn caranya agar taruf ttp terjaga krn kami tdk ada mediator nya
Jawaban
Boleh....apalagi klo sdh taaruf keluarga ayah atau ortu anti yg lebih berhak nanya....
Upayakan jika ketemuan ada muhrim yg mndampingi....
Hindari komunikasi yg tdk perlu
--------------------------------------
5.  mba maaf ya saya mau tnya tp di luar materi ..bagi tau  tlong jwb yaaa
saya ngaji pake app di hp.....itu kira 2 sah ga ya.....?dosa g yaaa? trus pas di tengah2 sya ngaji tiba2 sya kentut, itu apakah saya harus wudhu lgi ato gmna yaaa?
maaf.....mohon yg tau jwb
sukron.
Jawaban
Lanjut aja mba puji....insya Allah setiap amal ada pahalanya dan bergantung akan niat nya....
--------------------------------------
6. tp klo kita pake alquran kan harus wudhu lg yaaa ustad?
Jawaban
boleh aja kok pegang quran tanpa wudhu...krn kita ini tdk najis.
----------------------------------
7. Afwan msh bertanya di jwb hbs isya gpp ustadz, oh ini blm ustadz msh nadzor , oh bgtu ya .. Iya spertinya komunikasi yg tdk perlu itu yg setan msk ya, memang sbaiknya luruskan niat lg ya, tp kdg hati susah hehe , oya ustadz apa blh istiharoh dilakukan lbh dr 1
Jawaban
Oh baru nadzhor ya hmmm boleh kok bertnya kelanjutannya....
Cuma mngingatkan ya taaruf itu bukan pacaran dan beda jauh bingits dgn pacaran....
Taaruf itu memiliki tujuan yg jelas menuju pernikahan dlm waktu dekat....
Lalu ttg istikhoroh pilihan yg dimintakan dan yg diajarkan sepanjang pengetahuan sya bukan dr pilihan yg banyak tapi hanya satu pilihan calon lalu istiqoroh tuk mendapatkan keyakinan ya atau tidak....
O ya istiqoroh juga gak mesti lewat mimpi loh jawabannya tpi diperolehnya ketenangan dan kemantapan hati
--------------------------------------
8. Ust saya mau tanya
kalau kita nolak orang sholih kita kualat g ntar?
Yang bikin g srek beda amalan sehari hari ustd
Hehehe
Itu gpp kan kalau kita tolak?
mengenai calon yg lebih dari 1 jd gimana caranya tadz..?
Maksudnya itu dy itu sering banget ust mimpin tahlilan
Dan ortu ku g ada kata tahlilan
Begitu ust
Jawaban
Oh gitu....ya hmmh masya Allah....tahlilan ya (sy mmandangnya masih ikhtilaf ya)
Beda aliran nih critanya.... Catatan penting asal bukan aliran sesat ya....
Klo tahlilnya adalah buat sarana dakwah knapa tidak...secara umum masyarakat indonesia berbasis NU jd dakwah dgn media tahlil jd permakluman...
-------------------------------------
9. Ust kalau istikhara ny utk perkara lain bukan jodoh gmn ??
Boleh tdk?
Jawaban
boleh krn sebaik2 petunjuk itu dr.Allah
Juga mngamalkan perintah dalam Al fatihah :4
Insya Allah lebih barokah...misal pekerjaan dlsb
Nah silahkan....di lakukan....istiqoroh juga istisyaroh (meminta pendapat atau pandangan dr berbagai pihak)
-----------------------------------
10. Hehee,,,temen2 udah nontn pernah nonton KCB blm,,bagi yg udah,,di situ saat anna dikhitbah oleh furqon,,anna mengajukan syarat suaminya tdk boleh nikah lagi selama anna mampu menjalankan tugas sebagai seorang istri,,,
Dalam kehidupan nyata,,sebenarnya syarat tersebut diperbolehkan ga?
Ustadz kemaren ada pertanyaan dri nanda seperti ini
Jawaban
Mengajukan syrat boleh selama dalam koridor ketaatan kepada Allah dan bukan bermaksiyat kpd Allah...nah silahkan dinilai kira2 syaratnya anna td kategori yg mana?
---------------------------------------
11.  istiharoh apa hanya untuk pilihan jodo ustad misal milih pekerjaan g boleh yaa?
Jawaban
Boleh pake bingits
Setiap urusan alangkah baiknya jika dikembalikan psda sang pemilik segala sesuatu yakni Allah
-------------------------------------
12. afwan tadz terkait jawaban
Lalu ttg istikhoroh pilihan yg dimintakan dan yg diajarkan sepanjang pengetahuan sya bukan dr pilihan yg banyak tapi hanya satu pilihan calon lalu istiqoroh tuk mendapatkan keyakinan ya atau tidak....
mengenai calon yg lebih dari 1 jd gimana caranya tadz..?
Jawaban
ya selesaikan satu2 jgn php ya ctatannya krn kita ingin membangun keluarga sakinah mawaddah wa rahmah...
Faida faroqh tafanshob dlm surat al insyiroh
------------------------------------
13. Oya ustadz blh tanya lg gak, blh kah kita pd saat taruf menceritakan kpd temen kan kadang kita butuh share dan apa blh kita minta doa nya dr temn2 kita
Jawaban
Boleh selama ybs bs dipercaya dan mnjaga rhasia.
Termasuk utk istisyarah atau mminta pendapat dari ahlinya
---------------------------------------
14. Ust. Nanya lagi kalau temen tidur selalu ngigo itu karena kecapean ato sdg di ganggu jin?
Jawaban
ngigo banyak faktornya...yg utama tidak memperhatikan adab2 tidur yg diajarkan nabi.
--------------------------------------
15. Ustadz apakah itu tdk di contohkan nabi tahlilalan?
Jawaban
nbi membaca tahlil kok...
Adapun tatacara adalah bagian yg diperselisihkan
----------------------------------------
16. Assalamu'alaikum,, maaf telat baru selesai kuliah,,, ustadz saya mau tanya
1.apakah diperbolehkan seorang wanita menawarkan diri untuk dinikahi/dipinang oleh ikhwan?
Jawaban
Boleh asal bukan obral diri ada tatacaranya
---------------------------------------
17. Tanya
1. bahwa jika seseorang ingin menawarkan dirinya untuk dinikahi, harus pada lelaki yang beriman dan memiliki ketinggian akhlak, karena jika tidak, sudahlah pasti lelaki itu tidak akan menghargai perempuan tersebut dan justru merendahkannya.
Jikalau lelaki tsb memang baik akhlaknya namun jika si lelaki tsb menolak nya bagaimana?
2. Apakah si wanita saat menyampaikan niat baiknya tu hrua melalui pihak k3(murobbi) atau bicara lagsng?
Jawaban
klo kita sudh yakin dgn kesholehannya kenapa mesti di tolak .
Keeradaan Mr adalah fasilitator yg membantu dan memastikan serta menjaga bahwa proses msh dlm kerangka syariah
------------------------------------
18. Apakah saat ta'aruf harus disertai muhrim nya? Dan brpa lama batas tA'aruf mnju ke pernikahan?
-sebenarnya walimah itu dilaksanakan sblm akad nikah atau sesudah akad?
Jawaban
ahsan ada pihak yg menjaga agar tidak ikhtilat dan khalwat dgn lwn jenis yg mengundang syetan
Walimah atau resepsi sifatnya ilan atau pengumuman jd setelah akad biasanya

#PENUTUP#
Baiklah nanda kita cukupkan dlu kajian kita malam ini sampai disini
Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membeca istighfar, hamdallah
 serta do'a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

=========================
Rekapan Kajian Online Hamba الله
Selasa,  03 Dzulqaidah 1436/18 Agustus 2015
Narasumber: Ustadz Cipto
Tema: Cinta dan Benci karena Allah
Grup Nanda: 107
Notulen: Sari
Admin: Tira & Sari

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment