Husnudzhon

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, August 18, 2015

#MUKADDIMAH#

بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
#MATERI#
Alhamdulillahurobbil alamin wassholaatuwassalaamu ala asyrofil ambiya iwal mursalin wa alabalihi  wasshohbihi wassallim
Arsala rosulahu bilhuda wadiinilhaq liyuzhirohu aladdini kullihi wakafa billahi syahiida
Alhamdulillah senang rasanya bisa berada disini dikeluarga syurgawi
InsyaAllah hari ini kita akan membahas ttg Husnudzon
♡♡♡♡Husnuzhdzhon♡♡♡♡
Hubungan baik antar manusia dan khususnya sesama muslim merupakan sesuatu yg harus diupayakan dg sebaik-baiknya. Karena Allah Swt telah menggariskan bahwa mukmin itu bersaudara (Q.S. 49:10).
Oleh krn itu segala sifat dan sikap yg dapat memperkokoh dan memantapkan persaudaraan hrs ditumbuhkan dan dipelihara.
Salah satu sikap yg hrs dijaga adalah berprasangka baik (husnudz dzon).
Apabila kita mendapatkan informasi negatif terkait pribadi seseorang apalagi seorang muslim maka harus dilakukan tabayyun terlebih dahulu.
Allah befirman: hai orang-orang yg beriman jika datang kepadamu orang fasik membawa berita maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kpd suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yg menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu (Q.S. 49:6)
Fadhilah dan manfaat husnudz dzon adalah :
1. Hubungan persaudaraan mjd lebih baik.
2. Terhindar dari penyesalan dalam hubungan dengan sesama saudara.
3. Selalu berbahagia atas segala nikmat dan kemajuan yang dicapai orang lain, meskipun kita tidak mendapatkannya. Hal itu akan membuat jiwa kita bersih dan tenang jauh dari hasad dan dengki.
Kerugian berburuk sangka (su'uzh zhan) :
1. Mendapat dosa
Firman Allah: hai orang-orang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa (Q.S. 49: 12)
2. Menjurus ke dusta
Hadits nabi saw: jauhilah prasangka sebab prasangka itu pembicaraan yang paling dusta (H.R. mustafaqun alaihi).
3. Menimbulkan sifat buruk.
Berburuk sangka menjadi benih tumbuhnya sifat buruk berupa iri dengki hasad karena sifat itu selalu diawali dg ketidakridhoan kita thd nikmat yg diperoleh orang lain
Rosul saw bersabda:
Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kebajikan dan kebajikan membawa ke surga. Selama seseorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat disisi Allah seorang yang benar. Hati hatilah thd dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa ke neraka. Selama seseorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (H.R. bukhori)
Wallahu a'lam
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
1. Assalamu'alaikum bunda rizka mau tnya apakah kita diperbolehkn waspada trhdp ssorg krna banyaknya berita miring mengenai org tsb? Apakah sikap waspada tsb trmasuk su'uzhan kpd org lain bun? Bgmna kita membedakan antara waspada dengan su'udzan bun? Mohon penjelasannya ya bunda
Jawab:
Waalaikumussalam
bagus sekali pertanyaanny....Waspada adl berhati2 agar tidak dizolimi orang lain sdgkan suudzon berprasangka buruk dan memvonis org lain buruk/jahat pdhal itu belum tentu trejadi
dalam kondisi skrg kita mmg harus selalu berwaspada apalagi dg org yg kita tidak mengenalny
wallahu alam
2. Assalamualaikum..
Afwan bun, Assyifa mau bertanya..
Bagaimana menjadi orang yang sabar dan selalu berhusnudzon kepada Allah ?
Mohon penjelasannya bun
Jawab:
Waalaikumussalam....masyaAllah sayang q...pahami Islam terus menerus dan pelajaru siroh org2 terdahulu bgmn sabarny mereka berjuang menegakkan kebenran selalu bersama org2 sholih dan membersamai mereka shingga ada yg selalu menasehati kita...perbanyak ibadah nawafil (sunah)  n bangunvterus keyakinan apapun yg terjadi dg diri kita itu adl bentuk tarbiyah dan kasih sayang Allah dan tetaplah berdoa
3. Assalamualaikum,
Afwan bunda saya mau tanya, bagaimana cara husnudz dzon kepada seorang pendusta? Dan kadang bilang kita sudah di bohongi atau di khianati dengan dilangar janjinya bagaimana agar kita tetap husnudz dzon?
Jawab:
Waalaikumussalam....Sayang q bermohinlah kpd Allah agar kita dijauhkan dari org2 yg demikian n tetaplah berwaspada juga mdoakannya
4. D'tempat kerja aq,aq kerjasama dengan orang melayu,beliau suka minta tolong terus,aq udh brusaha bersangka baik sm beliau tapi kadang aq merasa lelah dengan perilakunya yg seolah" memanfaatkan aq akak,setiap x aq mau menolak perintahnya,d'dlm hati aq ada perasaan gk enak krn beliau umurnya jauh lbh tua,berusaha ikhlas tp kadang aq mengeluh,berusaha bersangka baek tp kdang perasaan mrasa d'manfaatkn,brusaha sabar walau hati sakit krn menahan airmata,aq bingung harus buat apa akak buat menghadapi seseorang seperti beliau..?  gk mau dibilang anak yg berani melawan org tua.
Jawab :
....................
5. Terkait tema kita diatas,ana mau brtanya ustadzah..kadang tanpa sadar ktapun melakukan sudzn trhadap allah itu sndri dng brprasngka bruk tntang nasb,,apa lg trhadap sesama manusia,,adakah terapi agar pola pkir kita itu positif,,karna sudzon itu membwt jiwa was was dan tdak tnang,,jazakallah khair
Jawab :
....................
6. Saya mau tanya ustadzah, ibu saya sempat ada masalah dengan salah seorang saudara saya, padahal masalah itu bukan dari kesalahan ibu, ibu saya udah beritikad baik tetap menjaga silaturahmi dan husnudz dzon walaupun respon dari saudara saya gak menyenangkan, saudara saya bercerita ke saudara lain tentang kejelekan ibu saya, padahal ibu saya gak melakukan itu, saya dan ibu saya harus bagaimana agar tidak sampai su'uzh zhan terhadap saudara saya itu?
Sukron ustadzah
Jawab :
....................
7. Assalamualaikum temanya sangat menarik karna alhamdulillah akhir* ini sy juga lagi mencoba untuk selalu berhusnudzon terhadap apapun biasanya ketika sy akan bersu'udzon sy selalu me-mindset diri sy buat istighfar dan mencoba berkata pada diri sendiri tidak begitu berkhusnudzon lah dibeberapa kejadian bisa sy terima masuk dlm alam sadar sy tetapi ada juga hal* yg tdk bisa membuat sy berkhusnudzon itu membuat sy sedikit tertekan krn pemikiran buruk sy yg sy tanyakan bunda bagaimana cara mengatasi hal yg begitu
Afwan terlalu panjang
Jawab :
....................
===================
#PENUTUP#
Mari kita tutup majelis ilmu kita pd malam hari ini dgn membaca hamdallah, istighfar sebanyak2 nya serta do'a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
➖➖➖➖➖➖➖
NB: PERTANYAAN NO. 4 s/d 7 belum dijawab bunda malik..

======================
Rekapan Kajian Online Hamba الله
Selasa, 03 Dzulqaidah 1436H/18 Agustus 2015
Narasumber: Ustadzah Malik
Tema: Husnudzhon
Grup Nanda: 116
Notulen: Sari
Admin: Asri & Sari

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!