Ketik Materi yang anda cari !!

KESULITAN KONSENTRASI PADA ANAK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, August 3, 2015

Sedikit cerita tentang kesulitan konsentrasi pada anak. Gangguan konsentrasi atau disebut juga attention deficit, secara umum memiliki 2 tipe. Ada yang namanya ADD (attention deficit disorder), ada juga yang namanya aDHD (attention deficit hyperactive disorder). Seperti namanya, tipe ADD tidak disertai hiperaktif, artinya ia secara umum hanya memiliki gangguan konsentrasi-atensi. Perilaku nya seperti: mudah lupa, sering bengong, gampang teralih perhatian nya, lama saat menjawab pertanyaan, nggak nyambung saat diajak bicara bisa nya juga tulisan agak jelek dan disertai coretan coretan. Ini juga ciri khas pada ADHD, hanya saja pada ADHD ada energi berlebih sehingga tampil perilaku nggak bisa diam. Umumnya orang dengan ADHD tidak bisa duduk diam di kursi selama 5 menit. Juga tidak bisa memusatkan perhatian pada 1 titik selama 1 menit. Setidak nya ass bagian tubuh yang bergerak terus. Perilaku lain juga, hiperaktif tampil di luar batas normal usia misalnya anak tk, yang memang suka memanjat dan berlari, tapi anak dengan ADHD memanjat dengan tidak biasa.. misalnya memanjat pohon yang tinggiiii  ... atau memanjat dengan posisi terbalik kepala di bawah, dan seterusnya


Nah.. efek dari biasa nya nilai pelajaran yang jelek, catatan nggak rapi, sering lupa tugas, šering ada luka akibat jatuh, tersandung atau pada adhd jatuh. Efek dari hasil akademis yang rendah juga membuat motivasi belajar anak rendah, nggak suka ke sekolah dst. Selain itu juga anak punya kesulitan berteman anak ADD cenderung menarik diri, sulit mengekspresikan diri sedang tipe ADHD cenderung lebih agresif dan cenderung reaktif. Keduanya perlu dibimbing dalam keterampilan sosial.


Nah.. segitu saja dulu, ada pertanyaan ga?

Tanya
Anak ADD dan ADHD tersebut karena apa ya mb? Karena waktu bumil kurang/kebanyakan gizi atau karena proses lahir dengan difacum? Cara penanganannya bagaimana mba? Bagaimana dengan IQ mereka?
Jawab
Sebab utama adalah secara fisik, hubungannya dengan saraf 2 di otak. Proses melahirkan dengan caesar lebih berisiko terkena add n adhd, daripada proses normal. IQ umumnya baik 2 saja, rata 2 atau di atas rata 2. Jadi potensi belajar baik, hanya prilaku nya yang perlu dilatih, konsentrasi perlu flash. Macam-macam cara melatihnya bisa melalui kegiatan/olahraga tertentu melatih kemampuan mengingat.. dst

>bisa membaik ya? bisa hilang sendiri nggak dengan berjalannya usia??
Jawab
Tidak bisa "membaik seiring berjalan nya usia" gangguan seperti ini jika tidak di deteksi secara dini, sering di salah arti kan, dianggap anak yang malas, anak yang tidak mau nurut, anak bodoh.. dst

Prinsip-prinsip Dasar tentang Anak:
Oleh :  Ustad Rahmat Abdullah (alm)
  • Anak-anakmu bukan pilihanmu, mereka menjadi anak-anakmu bukan karena keinginan mereka, tetapi karena takdir Allah. Lihat QS.28:68, QS.42:49-50.
  • Karena apa yang Allah takdirkan untukmu, maka itulah amanah yang harus ditunaikan. Lihat QS.8:27-28.
  • Orangtualah yang ingin memiliki anak dan keinginanmu adalah janjimu kepada Allah. Maka tepatilah janjimu karena akan Allah minta pertanggungjawabannya. Lihat QS.5:1, QS.17:34, QS.13:19-24.
  • Allah tidak membebanimu melampaui kemampuanmu, maka bersungguh-sungguhlah. Lihat QS.2:233, QS.64:16, QS.3:102, QS.22:78.
  • Allah tidak mewajibkanmu membentuk anak-anakmu mahir dalam segala hal, tetapi Allah mewajibkan membentuk anak-anak yang sholeh terbebas dari neraka. Lihat QS.66:6, QS.46:15.
  • Jangan berharap kebaikan dari anak-anakmu, bila tidak mendidik mereka menjadi anak-anak yang sholeh. Lihat QS.11:46, QS.19:59.
  • Jangan berharap banyak pada anak-anakmu, bila kamu tidak mendidik mereka sebagaimana mestinya. Lihat QS.17:24.
  • Didiklah anak-anakmu sesuai fitrahnya. Lihat QS.30:30.
  • Janganlah menginginkan anak-anakmu sebagai anak-anak yang sholeh sebelum engkau menjadi sholeh lebih dahulu. Lihat QS.61:2, QS.66:6.
  • Janganlah menuntut hakmu dari anak-anakmu,sebelum engkau memberi hak anak-anakmu. Lihat QS.1:5.
  • Janganlah engkau menuntut hakmu dari anak-anakmu,sampai engkau memenuhi hak2 Allah atasmu. Lihat QS.2:83, QS.4:36, QS.6:151, QS.17:23-24.
  • Berbuat baiklah pada anak-anakmu,bahkan sebelum mereka diciptakan.
  • Janganlah engkau berpikir tentang hasil akhir dari usahamu mendidik,tetapi bersungguh-sungguhlah dalam mendidik. Lihat QS.11:93.
  • Janganlah berhenti mendidik sampai kematian memisahkanmu. Lihat QS.15:99.
Semoga bermanfaat

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 03 Agustus 2015
Narasumber : Ustadzah Dianda Azani
Tema : Parenting
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment