Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Makna Basmalah

#MUKKADDIMAH#
بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

################

★MATERI★

Makna Basmalah

Allah SWT mengajarkan kepada kita supaya dalam memulai semua perbuatan yang baik hendaklah selalu dengan menyebut nama-Nya.

Hal ini dimaksudkan agar apa yang kita kerjakan akan diberkati oleh Allah SWT. Sudah barang tentu, dengan memulai semua aktivitas dengan menyebut nama Allah kita berharap akan mendapatkan berkah, pertolongan, dan petunjuk dalam menunaikan semua urusan dan supaya Allah menganugerahkan yang terbaik bagi kita.


Rasulullah saw. bersabda, “ Setiap urusan yang baik yang tidak dimulai dengan bacaan ‘Bismillahir rahmaanir rahiim,’ maka tidak akan mendapat barakah. ” (H.R. Abu Dawud)


Pada dasarnya bacaan basmalah mempunyai berkah yang luar biasa besar. Ada makna tersirat dalam kalimat basmalah, ada semangat,ada petunjuk,ada kekuatan tersembunyi bagi mereka yang
mengetahui. Itulah sebabnya, Allah SWT memudahkan setiap muslim untuk mengingatnya.


Menjadi pernyataan bahwa tidak ada seorang muslim pun yang tidak bisa mengucapkan basmalah. Maka, dengan itu bisa dikatakan bahwa basmalah adalah dzikir yang paling mudah diingat. Kata pengingat akan kemahakuasaan Allah SWT.


Oleh sebab itu, jangan pernah lupa mengucapkannya setiap kali kita mengawali dan emulai setiap aktivitas. Ketika mengawali pembicaraan, ketika akan makan dan minum, memulai wudhu, bahkan saat memenuhi kebutuhan biologis. Atau, apa pun aktivitas yang hendak kita lakukan sebagai seorang muslim kiranya harus kita mengucapkan basmalah sebelum memulainya. Insya Allah , Allah akan memberikan berkah dan manfaat untuk kita apabila kita melakukan segala sesuatu dengan memaknai kehadiran-Nya.


Rasulullah saw. bersabda, “ Seandainya salah seorang dari kalian hendak mendatangi istri lalu mengatakan ‘Bismillah Allahumma jannibsy syaithan wa jannibisy syaithan ma razaqtana’, (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami). ” (H.R. Bukhari dan Muslim )


Doa tersebut diajarkan kepada kita ketika memulai hubungan intim suami istri. Maka, bila ditakdirkan mendapatkan anak dari proses hubungan badan tersebut, setan tidak akan mendatangkan mudharat kepadanya. Artinya, dengan kekuatan basmalah akan dapat mengantarkan si anak untuk tetap terlindung dari gangguan dan godaan setan.


Dengan membaca basmalah, Allah akan membantu kita untuk menghadapi musuh terberat dalam kehidupan ini, yakni setan.dengan membaca basmalah kita dapat membuatnya kehilangan kekuatan dan menjadi kecil nyalinya.


Suatu ketika salah seorang sahabat menyertai Nabi saw., Usamah bin ‘Umair mengatakan, “Celakala setan!” Maka Rasulullah saw. menegurnya, “Engkau jangan mengatakan, ‘Celakalah setan,’ sebab jika engkau mengatakannya maka setan akan semakin membesar sembari mengatakan, ‘Dengan kekuatanku aku akan melawannya.’ Namun bila engkau mengatakan ‘Bismillah’, maka ia akan mengecil hingga menjadi seperti seekor lalat.” Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa’i. tentu saja ini adalah salah satu bentuk dari keberkahan kalimat yang agung ini.


Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “ Setiap sesuatu yang tidak diawali dengan bacaan basmalah, ia akan terputus. ” (H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah, hadits ini hasan menurut an-Nawawi)


Berdasarkan hadits tersebut, hendaknya jangan sampai kita lupa untuk membaca basmalah sebelum memulai aktivitas agar tidak “terputus” atau dicabut kebaikan dan berkahnya.

#SESI TANYA JAWAB#

Tidak ada


#PENUTUP#

Baiklah nanda kita cukupkan dlu kajian kita malam ini sampai disini

Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membeca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul majelis

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh