Ketik Materi yang anda cari !!

BERKEBUN DAN KESEHATAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, September 19, 2015

Assalamualaikum. Perkenalkan saya egha. Kita sharing saja seputar kesehatan. Disini juga ada banyak sejawat dan senior di dunia kesehatan, jadi monggo saling melengkapi dipersilakan, termasuk jika ada pertanyaan di luar konteks.

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang interaksi kita dengan alam di ProU, meski ada sedikit miss di judul. Dalam bayangan saya, ada banyak metode untuk sehat. Interaksi kita sebagai muslim dengan ritual peribadatan, alhamdulillah ada. Interaksi kita dengan ahlaq kita, bagaimana sabar dan syukur berperan untuk kesehatan jangka panjang, alhamdulillah ada. Yang jarang dimanfaatkan adalah interaksi kita dengan alam. Buktinya lumayan. Terlebih jika tinggal di lingkungan yang belum berubah menjadi pohon beton. Berkebun sudah menjadi salah modalitas terapi di luar

Topik berkebun ini menarik karena ada interaksi kita dengan sebuah bakteri yang secara genus berkumpul dengan kuman berbahaya, tapi di spesies ini bermanfaat. Saya minta waktu mencari jurnalnya dulu. Silakan kalo ada yang mau disampaikan
Wah, belum ketemu
Nanti membuang waktu. Silakan kalo penasaran tentang detail referensi ini bisa dicari di search engine, keywords: "mycobacterium vaccae serotonin"

Mycobacterium tersebut memang teman dari mycobacterium tb penyebab tbc dan mycobacterium leprae penyebab kusta/lepra. Uji pada tikus menunjukkan bahwa pemberian kuman ini meningkatkan level ketenangan dan kecerdasan, diantaranya lolos uji labirin dan lolos uji berenang/tenggelam, dibandingkan yang tidak. Uji pada manusia mungkin sudah ada, tapi saya belum membaca. Uniknya mycobacterium vaccae ini tersedia melimpah di tanah. Sampai ada yang ekstrim menyarankan memakan tanah, tapi saya tak sepakat. Karena ahli lain menyatakan cukup kita banyak berinteraksi dengan tanah yang bukan pasir.

Lalu, apa fungsi kuman ini? Sesuai dengan keyword yang saya sampaikan di atas, efeknta pada hormon bernama serotonin. Efeknya... Kerja hormon memang tidak simpel dan sederhana jika dibahas. Untuk mencapai efek positif yang kita inginkan, kadarnya harus pas. Hanya di topik ini saya ringkas bahwa dalam kadar yang tepat, serotonin akan memberikan perasaan nyaman, tenang, bahagia, dan meningkatkan kecepatan pikir.

Dengan berinteraksi pada alam, semisal berkebun yang acap mengacak tanah, atau aktivitas serupa lainnya, kontak kita dengan mycobacterium vaccae akan makin banyak. Imbasnya serotonin meningkat, dan efek lanjut positifnya bisa kita tebak. Itulah kenapa kita harus bijak memanfaatkan fasilitas kesehatan yang tersedia di alam. Mumpung gratis. Juga jangan tergesa melarang anak bermain tanah. Lho kan ada cacingan? Betul, tapi tidak lantas di larang mutlak, harus sering diajari kebersihan saja seperti mencuci tangan selepasnya dsb. Oh ya, kuman ini bisa masuk dengan metode hirupan, jadi itulah kenapa tidak perlu ekstrim saat berinteraksi dengan tanah.

Demikian sekelumit share, semoga bermanfaat. Dipersilakan kalo ada yang akan didiskusikan. Mohon maaf jika ada tatabahasa yang kurang pas, kembali di sambi rapat

DISKUSI

?? Manfaat tanah buat kesehatan apa dok? Jadi berkebun walau hanya dengan media pot Itu bagus ya dok,,mengingat terbatasnya lahan. Apakah semua tanah itu bagus dok?
Jawab
Tanah yang cenderung lembab. Jadi bukan tanah kering benarnya kalo melihat kemampuan ideal dari m. vaccae itu. Hampir semua tanah biasa yang terhampar di Indonesia, non pasir, cocok

??Ini rahasia petani jarang kedokter ya dok, selain makannya banyak sayuran, dan sering berinteraksi dengan tanah. Lalu bagaimana yang rumahnya di apartemen/rumah susun ga ada tanah dok. Kalo terkait yang di kota besar, itu kendalanya?
Jawab
Tanaman hias bisa membantu. Tanaman yang dalam pot. Sudah ada penelitian antara melihat tanaman hias, dinding kosong, dan lainnya. Nanti detail mengenai tanaman dan rerumputan saya bahas in sya allah di topik selanjutnya

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Sabtu, 19 September 2015
Narasumber : dr. Egha Ramadhani
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment