BILA UKHTY JATUH CINTA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, September 21, 2015

Bismillahirrahmamirrahim.....
Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

Bila Ukhty Jatuh Cinta
Oleh:Bunda Rochma Yulika

Mata adalah jendela hati. Maka dari itu jika ingin menjaga hati jagalah mata dari segala fitnah dunia.

Begitulah datangnya rasa....
Biasanya dari mata turun ke hati. Berawal dari interaksi, lama-lama terpikat hati, lantas jatuh simpati.
Jiwa mulai terusik pikiran tergelitik dan hati pun berbisik....

Hmm... Apakah aku jatuh cinta???
Seiring dengan adanya interaksi  ada rasa suka yang mulai bersemi awalnya sih biasa saja namun lama-lama mengambil tempat di hati.
Begitulah awalnya...

Maka jaga mata lantaran kelemahan kita sebagai insan yang penuh alpa. Jaga hati lantaran kelemahan sisi manusiawi yang kadang ada nafsu yang tak terkendali.
Bicara cinta tak kan pernah usai tak hanya laki-laki begitu pun juga wanita.

Bila ukhty jatuh cinta....
Sandarkan segala yang dirasa kepada sang pemilik cinta.
Agar lahir sebuah cinta yang bermakna
Cinta yang melahirkan energi untuk mampu berkarya nyata
Cinta yang dahsyat tuk berprestasi dan meraih cita
Jangan biarkan jerat setan yang kan menggoda

Bila ukhty jatuh cinta
Jaga diri dari perlaku tercela
Berakhlak terpuji serta menjunjung norma
Sikap pun makin indah dipandang mata

Ada apa dengan cinta?
Cinta itu ibarat angin...
Kadang sepoi-sepoi
Kadang semilir

Terpaannya kan menyapa gunung dan perbukitan
Menyapa semua makhluk dengan bersahaja
Damai menyejukkan....

Cinta itu ibarat angin....
Berhembus dengan gelora yang menghantarkan gelombang lautan hingga menggulung, bergemuruh dan berderap....

Yah begitulah cara kerja cinta ....
Dia hadir untuk membangun tapi kadang juga meruntuhkan...
Kadang cinta hadir sebagai anugerah namun.... Kadang cinta hadir akan menjadi musibah...
Semua tergantung bagaimana mengaturnya dan mengendalikannya...

Cinta yang harus dilandasi oleh syariat
Hingga tak menjadi pribadi yang terlaknat
Akhlak mulia yang jadi tabiat
Agar diri tergolong hamba yang taat

Dari keserasian rasa dan jiwa
Ada suka ada cita
Juga ada asa berpaut dengan rasa
Hmmm....
Merona, semilir dan mengalir....
Lembut menyapa raga dan menghias lukisan jiwa...
Jleb....

Cinta bukan sekedar kata, tapi seluruh rasa yang ada di jiwa.
Membuat hidup lebih berwarna, segar, cerah, dan ceria.
Berpendar melalui perilaku yang berlandaskan norma.
Belajarlah bagaimana mencinta selayaknya Umar bin Abdul aziz....
Dengan hadirnya cinta dalam diri bisa memunculkan energi.
Dengan cinta akan ter upgrade segala potensi.
Dengan cinta akan semakin mengukir prestasi.

Hati semakin merunduk dan tunduk pada Ilahi...
Jiwa semakin memesona lantaran akhlak semakin mulia

Saat asmara melanda, kita harus panda-pandai menjaga rasa.
Menjaga hati dan gejolak jiwa yg menggelora.
Kala rasa mulai menghantui saat itulah kita wajib menata diri.

Hidup akan selamat
Hati tak mudah terjerat
Jauh dari maksiat

Cinta kita cinta yang sehat
Cinta kita cinta yang taat
Cinta kita cinta yang kuat

Bukan cinta yang dipenuhi syahwat
Bukan cinta yang buat hati tersesat
Bukan cinta yang menjerat

Dengan cinta kan raih selamat
Dengan cinta diri kan jadi pribadi bermartabat.
Dan dengan cinta kita kan bahagia di akhirat

Letakkan cinta porsinya
Agar tak hadirkan derita bagi kita
Jika salah meletakkannya
Akan terjadi prahara dalam hidup kita

Prioritas cinta dalam diri kita
1. Cinta yang paling agung yakni cinta kepada Allah
2. Cinta kepada Rasulullah Sebagai suri tauladan
3. Cinta kepada keluarga
4. Cinta ukhuwah kepada orang-orang beriman
5. Cinta karena hadir simpati yakni ke semua manusia
6. Cinta kepada harta benda

Agar cinta berbuah bahagia....
Saat cinta bersemi....
Sirami rasa cinta dengan keimanan pada Ilahi
Pelihara cinta dengan budi pekerti islami
Rawat cinta dengan bersandar pada perilaku terpuji

Yuk kita inget nasyid jadul..

apa yang ada jarang disyukuri
apa yang tiada sering dirisaukan
nikmat yang dikecap baru kan terasa bila hilang
apa yang diburu timbul rasa jemu
bila sudah di dalam genggaman

dunia ibarat air laut
diminum hanya menambah haus
nafsu bagaikan fatamorgana
di padang pasir

panas yang membahang disangka air
dunia dan nafsu bagai bayang-bayang
dilihat ada ditangkap hilang

Tuhan.. leraikanlah dunia
yang mendiam di dalam hatiku
kerana di situ tidak ku mampu
mengumpul dua cinta
hanya cintaMu ku harap tumbuh
dibajai bangkai dunia yang kubunuh

Nah mari kita jaga cinta dalam kesuciannya
Jangan biarkan hati kita berada dalam lena dunia
Berharap raih berkah kala menjalaninya
Dan selamat hingga penghujungnya

Sekiranya cukup dulu....
Jazakumullah ahsanul jaza'
Mohon maaf
Wassalamu 'alaikum wr wb

TANYA JAWAB

Petanyaan M105

1. Jatuh cinta adalah fitrah. Bagaimana bila itu jatuh di tempat yang salah cinta dengan orang yang sudah menikah. Bagaimana cara menghilangkan rasa?
Jawab
Iya sayang... Apa kabar...
Wah ini namanya cari perkara...hehe kita perlu empati bila itu terjadi pada kita jadi juga jangan salah tempat. Maaf jangan sampe dituduh perusak rumah tangga orang

Pertanyaan M107

1. Ukhti gimana caranya buat hindari yang namanya virus merah jambu? Apalagi dengan kondisi dan pergaulan masa kini?
Jawab
Jaga mata dan hati makin mendekat pada ilahi. Dan cari lingkungan keshalihan agar ada yang ingatkan. Kita butuh kawan untuk menyelesaikan perjalanan ini. Hati makin menunduk kepala pun makin merunduk berdoa penuh kepasrahan pada ilahi

2. Bagaimanakah membimbing hati agar jatuh cinta pada orang yang tepat?
Jawab
Harus punya murrabi atau pembimbing macam ustadzah gitu atau jika orang tua paham agama ya orang tua sayang

Pertanyaan M108

1. Bunda mau bertanya, cinta itu kan fitrah yah bun, bagaimana menjaga hati ini, buat ga salah langkah, menjaga cinta ini, agar bisa d labuhkan dengan orang yang Allah pilih
Jawab
Landaskan setiap cinta yg hadir pada keimanan
Cinta bukan sekedar kata, tapi seluruh rasa yang ada di jiwa.
Membuat hidup lebih berwarna, segar, cerah, dan ceria.
Berpendar melalui perilaku yang berlandaskan norma.
Belajarlah bagaimana mencinta selayaknya Umar bin Abdul aziz....
Dengan hadirnya cinta dalam diri bisa memunculkan energi.
Dengan cinta akan ter upgrade segala potensi.
Dengan cinta akan semakin mengukir prestasi.

Hati semakin merunduk dan tunduk pada Ilahi...
Jiwa semakin memesona lantaran akhlak semakin mulia

Saat asmara melanda, kita harus panda-pandai menjaga rasa.
Menjaga hati dan gejolak jiwa yg menggelora.
Kala rasa mulai menghantui saat itulah kita wajib menata diri.

Hidup akan selamat
Hati tak mudah terjerat
Jauh dari maksiat

Pertanyaan M110

1. Bunda tolong jelaskan yang dimaksud cinta dalam hati yang diperbolehkan itu yang seperti apa?
Jawab
Begini ya sayang,,,,manusia itu diciptakan dengan fitrah, ada rasa saling mengagumi dan saling ingin memiliki adalah sesuatu yang sangat wajar dan manusiawi. Jika itu hanya selintas, mbak sayang sama seseorang adalah satu hal yang wajar dan artinya mbak normal, tertarik pada lawan jenis. Hanya saja, perasaan itu jangan sampai terbawa dibawah sadar dan membuat segala sesuatunya berantakan. Mau tidur, mau makan mau sekolah/kuliah jadi serba error gara-gara pikiran fokus ke dia, atau meriang gak jelas karena mau ketemu dia. Apalagi jam sholat sampek lewat, itu yang tidak diperbolehkan. Sadari perasaan itu adalah wajar, dan katakan dalam diri mbak, jika tiba waktunya maka akan datang seseorang yang pantas menyunting mbak untuk menjadi penyempurna diennya. Dan mintalah pada Allah kapan saat itu datang tepat pada saat yang benar-benar semua memungkinkan. Saat ini pupuk rasa cinta itu dengan cara memantaskan diri, jika rasa itu tumbuh maka alihkan energi mencintai menjadi satu kekuatan untuk melejitkan diri menjadi muslimah yang kelak pantas untuk diperjuangkan. Karena diri kita sudah belajar tentang bagaimana menjadi pribadi yang shalihah, belajar apa itu istri ideal, tuntutan dimasyarakat ketika sudah menikah, menjadi ibu berkemampuan khusus dll. Semua perlu di pelajari, gak bisa sekedar mengejar cinta ya sayang. Keep hamasah untuk belajar memantaskan diri, menjadi muslimah yang siap diperjuangkan oleh cinta yang sejati

Pertanyaan M112

1. Bagaimanakah cinta yang seharusnya kita kepada lawan jenis (suami) nantinya?
Jawab
Kalo pada suami ya nanti cinta karena Allah dan dilandasi keimanan juga taqwa. Lantaran jika bukan karena Allah semua tak berbuah pahala

2. Katanya jodoh kita itu cerminan dari diri kita, bisa djelaskan maksudnya bagaimana? Saya sering mengamati secara dzahir ada pasangan yang menurut pngamatan tidak se (shalih, baik) pasangannya.
Jawab
Atthayibatu littayyibin.... Orang yang baik akan diperuntukkan bagi yang baik. Namun memang terkadang yang hadir tidak mesti sama. Bukan tanpa sebab Allah takdirkan itu semua. Ada hikmah. Dan bisa disikapi sebagai ujian. Satu sisi perlu bersyukur jika dipilih Allah untuk menerima ujian. Dan tidaklah Allah memberikan di luar kemampuan kita. Bangun keimanan yang sempurna sehingga Allah akan menolong kita

Pertanyaan M113

1. Mau tanya umm, apakah boleh memulai ta'aruf terlebih dahulu dari pihak perempuan? pandangan islam seperti apa? Terus Mi,  jika beberapa kali berta'ruf tapi tidak ada rasa cinta apa boleh di lanjutkan? syukron umm
Jawab
Ta'aruf itu bukan untuk menumbuhkan cinta, tapi untuk mengenal siapa calon 1/2 dien kita. Proses ta'ruf untuk mengetahui visi dan misi sebuah pernikahan, jika ok, maka lanjut. Cinta ditumbuhkan setelah akad, jauh lebih indah. Berkali-kali ta'ruf tapi belum ada cinta? Inti dari ta'ruf bukan proses mencintai itu digaris bawahi, tapi lebih pada mengenal sosok kepribadian dan mendalami "proposal" yang membawa visi misi ke depan apa

Pertanyaan M116

1. Bagaimana cara mengatasi hati yang terlanjur jatuh cinta. Setiap hari bayang wajah orang yang dicintai dan angan-angan hidup bersama selalu terbayang. Bagaimana langkah-langkah mengatasi hal ini? Dan bila kita sudah berusaha menghalau semua rasa, namun tetap tidak terkendali, apa yang sebaiknya dilakukan?
Jawab
Hal itu wajar.... Tapi jika bisa usahakan untuk mengendalikan diri. Banyak berdoa. Itu sudah nafsu. Kalo ada lintasan segera buang. Ada lagi alihkan. Di materi sangat jelas loh sayang

2. Berdosakah jika kita jatuh cinta kepada seseorang? Dan berharap orang tersebut menjadi jodoh kita kelak? Mohon penjelasannya.
Jawab
Tidak salah bila hati mencinta. Tapi jangan memaksa takdir juga. Harapan boleh saja. Jadi doanya jika memang jodoh dekatkan jika bukan jauhkan. Dan berharap melupakan

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 21 September 2015
Narasumber : Ustadzahah Rochma Yulika
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Nanda

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!