Home » , , , » DISMENOREA (NYERI HAID)

DISMENOREA (NYERI HAID)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, September 9, 2015

#MUKADDIMAH#

بسم الله الر حمن الر حيم . السلام عليكم ورحمة الله وبركاته . إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

PENGERTIAN
-----------------------
1. Pengertian Menstruasi

Menstruasi atau haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause (Aden R : 2010).Menstruasi adalah sebagai puncak kedewasaan, wanita mulai mengalami perdarahan rahim pertama. Menstruasi pada awalnya terjadi secara tidak teratur sampai mencapai umur 18 tahun setelah itu sudah teratur (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009).

2. Pengertian Dismenorea

Dismenorea adalah gangguan rasa nyeri pada saat menstruasi (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009). Dismenorea adalah nyeri haid menjelang atau selama haid, sampai wanita tersebut tidak dapat bekerja dan harus tidur, nyeri sering bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, perasaan mau pingsan, lekas marah (Kapita Selecta : 2001).

JENIS DISMENOREA
-------------------------------------

1. Dismenorea Primer

Dismenorea primer adalah nyeri haid yang terjadi tanpa kelianan anatomis alat kelamin (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009).

2. Dismenorea Sekunder

Dismenorea sekunder adalah nyeri haid yang berhubungan dengan kalianan anatomis ini kemungkinan adalah haid disetai infeksi, endometriosis, kloaka uteri, polip endometrial, polip serviks, pemakal IUD atau AKDR (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009).

PENYEBAB
-------------------

1. Beberapa faktor penyebab Dismenorea primer

Faktor karena anemia, penyakit tahunan dan sebagainya dapat mempengaruhi timbulnya Dismenorea. Faktor endokrin pada umumnya kejang yang terjadi pada Dismenorea primer disebabkan oleh kontraksi uterus yang berlebihan, faktor endokrin mempunyai hubungan otot usus (Prawiroharjo, Sarwono, 2002).


2. Beberapa faktor penyebab Dismenorea sekunder

Dismenorea sekunder disebabkan adanya keluhan sakit waktu haid Akibat kelainan – kelainan organik misalnya : Haid disertai infeksi Endometriosis Polip endometrialPolip serviksPemakai IUD atu AKDR. (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009)

TANDA DAN GEJALA DISMENOREA

Keluhan Dismenorea juga banyak terdapat pada perempuan dan mengalami konflik dalam kehidupan seksualnya serta mengalami trauma sewaktu mendapat haid pertama kali (Menarche).

1. Perut terasa mulas, mual dan panas
2. Terasa nyeri saat buang air kecil
3. Tubuh tidak fit
4. Demam
5. Sakit kepala dan pusing
6. Keputihan
7. Radang pada vagina
8. Nyeri dan bengkak pada payudara
9. Sakit daerah bawah pinggang. (Aden R : 2010)

PENANGANAN

Sebaiknya bukan dari golongan narkotik, obat yang sering diberikan adalah preparat kombinasi aspirin, anasetin dan kafein.Untuk dapat menegakkan penyebab Dismenorea perlu konsultasi dengan dokter ahli kandungan sehingga dapat memberi pengobatan yang tepat (Manuaba, Ida Bagus Gde, 2009).

REKAP TANYA-JAWAB
---------------------------------------
1. Endometriosis polip itu apa bunda ??
↠ Polip endometriosis adalah pertumbuhan kecil yang tumbuh sangat lambat dalam dinding rahim. Mereka memiliki basis datar besar dan mereka melekat pada rahim melalui gagang bunga memanjang. Bentuknya dapat bulat atau oval dan biasanya berwarna merah
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
2. Bun, bedanya mules yang biasa dengan mules dismenorea itu apa ya?
↠ Mules biasa tu mulesnya diperut. Kalo disminore mulesnya dirahim
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
3. Bun apa bener air kunyit bisa meredakan nyeri saat haid?
↠ Ya bener...karena kandungan kunyit itu banyak
☆☆☆☆☆
Kunyit atau , (Curcuma longa Linn.syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerahMalaysia, Indonesia, Australia bahkanAfrika. Hampir setiap orang Indonesia danIndia serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan "Janar".
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma(Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa),koneng (Sunda), konyet (Madura).
Cara sederhana adalah :
1. Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
2. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
3. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
4. Saring dan Peras
5. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
6. Tambahkan gula atau madu
7. Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)
Ramuan diatas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.
Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.
Kandungan utama kunyit adalah kurkumindan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti HIV, anti tumor(menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).
Kunyit mempunyai prospek yang cerah pada sektor industri hilir dalam berbagai bentuk seperti ekstrak, minyak, pati, makanan/minuman, kosmetika, produk farmasi dan IKOT/IOT.
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin ,desmetoksikumin sebanyak 10% danbisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen ,borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%,Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%,Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
4. Bun,,kalaw sering dismenorea it bisa gak ada kemungkinan sakit yang lain? teman fe katanya karena sering gitu jadi sakit kista. Terus kista itu bisa juga ada pada wanita yang belum menikah?
↠ Ya bisa....ya bener...kista bisa terjadi pada semua wanita yang sudah haid dan biasanya nyeri saat haid yang berlebihan,ketidakseimbangan hormon kewanitaannya,lalu gaya hidup yang gak sehat, misalkan minum soda terlalu sering, makan mie, makan-makanan yang gak sehat dimakan terlalu sering
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
5. Bun  tanya lagi. Rani ada temen yang kalo haid dia pucatttt sampe biru gitu mukanya, tangannya dingin, tapi badannya keringatan, kondisi ini sampe 3 hari. Apakah ini ciri endro juga Bun?
↠ Endro apa ini????pertanyaannya kurang jelas buat saya
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
6. Tanya lagi bun ada gak cara atau hal-hal yang bisa dilakukan agar  dismenorea itu tidak muncul? Sebagai wanita apa aja yang bisa kita lakukan buat jaga dan bersihkan daerah kewanitaan saat haid?
↠ Gak bisa...karena itu alamiah. Cuma saat haid datang terus nyeri tambah asupan nutrisi,kalau perlu minum vitamin penambah darah,istirahat yang cukup,minum yang hangat karena dapat merelaksasi otot-ototrahim yang kaku,dikompres air hangat pada rahim. Jaga kebersihannya saja mbak,seriing ganti pembalut jika sudah gak nyaman
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
7. Bun nanya lagi, kemarin kan rame perbincangan bahwa pembalut wanita yang dijual di indonesia bahannya berbahaya. Jadi takut. Gimana sebaiknya kita yang wanita menyikapi nya bun? Dan ada gak solusi lain, kalau pake kain kadang ribet kalau dalam perjalanan
↠ Hehe....jangankan pembalut...pampers bayi saja jg ada pemutihnya kok. Sooo....cara sederhana ambil bagian pembalut terus taruh  dalam gelas kaca yang berisi air, setelah itu aduk. Jika pembalutnya hancur dan air keruh jangan pake pembalut tu. Dan saya biasanya saya selang seling dengan pembalut herbal dan mengurangi makan-makanan yang gak sehat,perbanyak sayur,buah,dan air putih. Kalo dipikir semua ini itu gak bagus ya semua gak bagus kalo gak kita sendiri yang buat. Contoh....sayur dan buah dikasih pestisida, bahayakan tapi karena keterbatasan kita yang gak mungkin kita buat sendiri jadi kita beli hasil orang lain. Lalu solusinya gimana biar kita tetep sehat? ya tadi atur pola hidup yang sehat
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
8. Emang nya kalau lagi haid garuk-garuk bikin ngebekas dikulit ya bun? ama kalau lagi tiduran kakinya di angkat ke atas bikin ngebekas garis-garis gitu ya bun?
↠ Apanya yang digaruk? meskipun kalo gak lagi haid kalo garuk-garukya bisa bekas. Kalo kaki diangkat ngebekas garis-garis baru denger sekarang tapi kayaknya gak ada hubungannya mbak
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
9. Nanya lagi bun dalam 1 bulan 30 hari? Nah kalau datang bulan 2 kali dalam sebulan cuma 10 hari masa suci nya. Apakah ada pengaruhnya terhadap rahim dan pembuahan?
↠ Gpp mbk...normalnya haid tu 15 hri
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
10. Bunda.. Gagang bunga memanjang itu apa?
↠ Gagang bunga memanjang tu sumbernya drmn???
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
11. Bunda mau tanya terkadang dalam sebulan tu bisa haid 3x bun. Bukan saat haid tu sakitnya mnta ampun... Tu gimana ya bun?
↠ Sebulan 3x tu dalam jangka brp hari???
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
12. Bun pembalut herbal itu contohnya apa?
↠ Bukan maksud promosi....saya biasae pake av***

*?Av*** itu panas bunda ..?
↠*Hhhmmm...kalo pas lagi banyak-banyaknya pake yang biru, kalo panti pake yang hijau
Panas karena ada kandungan mintnya mbk

*?Tapi akak pke itu keluar darah haidnya ga banyak Ato daya serapnya tinggi makanya kesannya ga banyak. Terus lebih cepat berhenti dari jadwal biasanya
↠ Gak ada pengaruhnya sih pake pembalut ni nanti gak banyak darahnya/lebih cepat karena tu pengaruhnya ke sistem reproduksi kita masing-masing dan hormon kita

PENUTUP
----------------------
Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membeca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul majelis

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Kajian Online Hamba الله
Rabu, 25 Dzulqaidah 1436H/09 Sepetember 2015
Narasumber: Bunda Ratih
Tema: Kesehatan
Grup Nanda: 107
Notulen: Sari
Admin: Tira & Sari



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!