ISTMEWANYA SEHAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, September 5, 2015

Assalamu'alaikum wr wb
Topik apakah kiranya yang sering menjadi bahan perbincangan?
Kesehatan wanita
Imunisasi
Kesehatan lain?

Dunia kesehatan adalah dunia istimewa. Potensi dasar yang membuat ia menduduki salah satu poin dalam sabda nabi "ingat 5 perkara sebelum 5 perkara"

Secara umum tubuh kita Allah ciptakan memiliki masa guna. Puncak kekuatan manusia di masa mudanya. Tak heran dibangkitkannya kita nanti in sya Allah juga dalam bentuk muda. Setelah melewati masa itu, semua fungsi akan terus menurun. Sayangnya pola masa muda masih sering terbawa. Jadilah kita mengidap semacam "post power syndrome". Bahkan sang junjungan saw pun harus merasakan penurunan itu dengan kalah saat lomba lari berikutnya dengan ibunda aisyah ra. Lalu bagaimana kita bisa memelihara kesehatan itu dan menjalani masa hidup di dunia dengan nyaman? Setidaknya ada beberapa faktor:
1. Jasmani
2. Asupan makan
3. Rohani
Mungkin nanti masih ada tambahan lagi jika saya ingat lagi

1. Jasmani

Pada masa pertumbuhan yang berhenti di sekitar umur 18-25 tahun, beberapa orang tak bermasalah saat memiliki jasmani tak terlatih. Artinya tidak olahraga, kadang tak terasa, tak masalah. Hanya setelah itu, baru terasa betul. Jarang olahraga membuat kita cenderung mudah letih dan secara fisik juga bermasalah saat mulai umur 30an. Sayangnya olahraga jika tak menjadi kebiasaan masa kecil dan masa muda, akan terasa berat di istiqamah kan saat sudah tambah usia. Olahraga seperti apa yang baik? Porsinya sebanyak apa? Saya kan ibu rumah tangga, aktivitas banyak, masih perlu kah? Nanti bisa didiskusikan jika diperlukan

2. Asupan makanan

Saya baru ngeh betapa mengerikannya masakan padang di masa menjelang umur 30 tahun. Mohon maaf bagi mbak-mbak dan ibu-ibu dari daerah tersebut, tidak bermaksud rasis. Lebih ke sebegitu tinggi kalorinya. Makan padang porsi lengkap sekali cukup untuk tidak makan lagi dalam sehari itu. Tersangka nya dimana memang? Bisa kita diskusikan juga nanti. Maaf biar saya tahu sudah sesuai keinginan ibu-ibu dan mbak-mbak belum topiknya. Detail porsi, food combining, OCD, bisa kita diskusikan sekilas meski saya bukan ahli gizi.

3. Ruhani

Tidak bisa tidak ini unsur utama kesehatan jangka panjang. Banyak dijumpai orang yang telah menjaga sekian hal dari dua poin di atas, masih bermasalah. Akhlaknya buruk, pemahaman dan aktualisasi agama juga seadanya. Saya cukup takjub melihat perkembangan penerimaan masyarakat dunia terhadap sisi agama ini.

Dulu agama adalah gangguan. Orang beragama dianggap aneh, sakit. Kini WHO pun memasukkan sisi reliji dalam definisi kesehatan mereka. Sampai orang terjebak pada spiritualitas instan. Yang penting hati nyaman, tak peduli agamanya.

Hanya penelitian yang ada memang mendukung sisi agama itu. Itu dari yang saya kaji. Entah dari sisi ritual peribadatan kita, Akhlak kita. Di beberapa journal, sudah pernah saya lihat "healing power of forgiveness". Ada pasien yang sakit menahun, kemudian bersedia menjalani terapi memaafkan yang didesain peneliti. Hasilnya unik, keluhan mereka berkurang signifikan. Pun dari segi alam yang menyapa kita. Nanti tentang sekolah alam juga menarik di bahas disini.

Baiklah ibu-ibu dan mbak-mbak, mungkin ini dulu sebagai pemantik diskusi. Silakan jika ada yang ingin diperdalam atau di konfirmasi kan.

DISKUSI

1. Dok, saya makan biasa aja, pecel ayam kadang rames tapi kolesterol saya tinggi, apa mungkin minyaknya ya dok?
Jawab
Ya, kemungkinan itu


>Hmmm...makan apa ya yg bagus dok...
Jawab
Ada kawan yang dulu pernah saya bersamai di forum ngajinya, lanjut sekolah di US. Dia dapati bahwa makanan berlemak dalam bentuk minyak asli, tak bercampur air lebih mudah menaikkan kolesterol. Lebih aman makan sop buntut daripada gorengan atau sesuatu dengan santan kental

2. Dok om bundaa kena diabetes, tapi ga mau dipantang makan, karena kalo dipantang katanya jadi lemes, dari dulu juga makan bebas ga kenapa-napa katanya. Itu bagaimana dok, bahayanya sampai dengan sejauh mana?
Jawab
Mencoba menjawab di sela rapat. Maaf bukan contoh yang baik mungkin, tapi saudari disini juga punya hak, harus diakui faktor ruhani dan mental adalah faktor paling utama untuk kenyamanan. Inilah alasan perokok tampak sehat. Orang diabet bisa cuek. Nah, cuma maaf risiko nya mati mendadak atau sakit berat mendadak. Kalo pada kasus begitu kita support dengan cara lain, biar dia bisa memperbaiki diri tanpa mengubah mentalnya yang sudah baik dalam arti cuek. Jadi ingat ada tetangga depan rumah, suaminya perokok, istrinya diabetes mikir terus. Sakit-sakitan yang istrinya. Suaminya pernah nyebut, aku santai tuh orang rumah malah gitu. Ga tahunya sang suami mati duluan


3. Ini dok pertanyaan saya. Tangan saya bagian siku sebelah kanan sakit dan nyeri bahkan untuk mengangkat gayung atau lebih ringan sedikit apa itu karena kolesterol juga?
Jawab

Tangan sering dipakai ya. Entah agak di forsir dalam waktu dekat atau rutinitas berulang?

Untuk bu vita, berarti bukan kolesterol, tapi nyeri penggunaan berulang. Saran saya bagian itu sering diolahragakan ringan, digerakkan pas tidak dipakai. Kemudian kalo aktivitas ada jeda antar kegiatan. Jangan tunggu sampai ngilu atau ga nyaman

4. Iya makanan padang rata-rata santan, rendang bisa awet sebulan tapi karena menikmati ya, yang makan sehat-sehat aja ya dok?
Jawab
Ya betul bu, cuma pola pikirnya tak lantas begitu. Karena kalo tahu-tahu drop ya ga enak banget. Seimbang menjaga dan menguatkan mental. Cuek oke, sesekali makan enak dan unik gpp, pola hidup sehat jalan

5. Yang seperti mba Vita, kalo diurut bagaimana dok? Ada kemungkinan rematik nda dok...asam urat sii bagus?
Jawab
Urut itu membantu kalo yang bermasalah otot. Rematik bukan disitu biasanya. Kalo yang bermasalah sendi atau bahkan syaraf, kurang membantu malah sering kurang pas. Rematik itu segolongan besar penyakit. Ada osteoarthritis, ada rheumatoid arhtritis, ada gout arthtritis atau asam urat. Gejalanya khas. Kaku saat bangun di pagi hari biasanya. Ada yang membaik dengan aktivitas. Ada yang baru muncul setelah aktivitas. Kalo asam urat biasanya di sendi kecil. Jari atau kaki. Nah olahraga bisa membantu mengurangi hal itu. Olahraga yang rutin lho tapi. Setiap hari 15 menit, lebih baik dibandingkan seminggu sekali 60 menit atau 2 jam


Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Sabtu, 05 September 2015
Narasumber : dr. Egha Ramadhani
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!