Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MENCIUM ANAK-ANAK

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Rabu, 2 September 2015
Narasumber : Ustadz Cipto
Rekapan Grup Bunda M17 (Ebah)
Tema : Psikologi
Editor : Rini Ismayanti


MENCIUM ANAK-ANAK

Hadist dari aisyah RA
"Orang arab badui datang kepada nabi SAW lalu bertanya "adakah kalian mencium anak-anak kalian?" maka (demi Allah) kami tidak mencium mereka" lalu nabi bersabda "apakah aku kuasa menahan untukmu jika Allah mencabut kasih sayang dari hatimu?" (Shahih, bukhori)

Dari abu hurairah, dia berkata "Rasulullah SAW mencium hasan ibnu ali, sementara disampingnya ada Al aqra' ibnu habus at-tamimi sedang duduk, lalu aqra' berkata "sesungguhnya aku punya sepuluh anak, aku tidak pernah menciumnya satupun dari mereka" Rasulullah SAW melihatnya dan bersabda "barang siapa tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi"  (bukhari & muslim)

Dari 2 hadist diatas banyak pelajaran penting...terutama sih buat para ayah....namun hadist ini berlaku umum. Mencium anak adalah salah satu adab orangtua terhadap anak yang diajarkan nabi. Juga sebagai indikator kesehatan hubungan anak dan orang tua dalam keluarga.
Tafadol silhkan jika ada yang hendak didiskusikan...

Seberapa sering anda mencium anak anda???

Kalau ke anak saya yang kecil kls 1 SD..bisa berkali-kali..Tak terhitung saking seringnya,

TANYA JAWAB

Q : Adakah keterkaitan dgn keterbukaan komunikasi?
A : Tentu sesuai dengan perkembangan usianya...tapi siap-siap aja dengan berbagai curhatannya ya bunda....pelukan dan ciumanmu obat baginya menghadapi masalah hidupnya... Klo misal itu anak adop dan laki-laki, setelah dia baliq kan bukan muhrim ya..dan sedari kecil dia terbiasa dengan pelukan dan cium sayang ibu dan sebaliknya..nah pada saat dia baliq ketika dia butuh pelukan yang bisa buat dia nyaman..apa yang harus dilakukan? Apakah salah jika si ibu masih memeluknya selayaknya ibu pada anak kandungnya.. Dan apakah masih termasuk bukan muhrim juga jika ada orangan tubuh nya si ibu pada si anak adop tsb..?
Yang buat anak adop jadi mahram itu klo dia pernah disusui...jika tidak pernah maka status bukan mahram jadi berlaku...dan harus tersampaikan dengan baik....meski ada bagian tubuhnya yang didonorkan....
Wallahu 'alam...

A : Kasusnya..si anak pernah trauma berat..dan tidak ingin ditinggalkan oleh ibu tsb, sampe sekarang besar pun jika ada yang buat dia takut..dia pasti peluk ibunya, lantas apa tidak membuat anak tsb sakit hati ya klo kita menjaga jarak dengan tidak memeluknya disaat dia butuh?
A : Hmmh baiklah disini lah letak pentingnya pendidikan islam klo di masyarakat umum atau di kampus ada istilah pendidikan orang dewasa....mestinya konsep dirinya sudah terbangun dgn baik.
Ala kulli hal lets looking forward....jadi harus dituntaskan nih...bisa mulai dari penanganan trauma dan pembekalan nilai-nilai islam dalam keluarga. Status anak adop ini sebagaimana kisah sahabat yang diangkat jadi anak lalu Allah di kemudian hari menurunkan ayat tentangnya....

Kisah sahabat siapa yang tahu?? Aku kasih hadiah ya...


Dlm {
ادْعُوهُمْ لِآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِندَ اللَّهِ ۚ فَإِن لَّمْ تَعْلَمُوا آبَاءَهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَمَوَالِيكُمْ ۚ وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُم بِهِ وَلَٰكِن مَّا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا} [الأحزاب
( 1 )   Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,
( 2 )   dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhan kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
( 3 )   dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.
( 4 )   Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya; dan Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zhihar itu sebagai ibumu, dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu hanyalah perkataanmu di mulutmu saja. Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar).
( 5 )   Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS Al-Ahzab:5

Salim anak angkat huzaifah dipanggil maula huzaifah

Tepatnya zaid bin haritsah yang sempat berganti mnjadi zaid bin muhammad...sampai Allah menurunkan ayat di atas...


Q : Ustadz...bagaimana menyikapi anak yang sudah tdk mau dicium dan dipeluk?
A : Hmm ada bbrp faktor bunda...Klo usia sudah remaja ke dewasa biasanya tergantung kondisi anak. Tapi jika masih kecil perlu diwaspadai adakah kemudian penyebab hal tersebut....beberapa temuan anak yang mengalami peristiwa tertentu misal pelecehan dan sejenisnya tidak mau dipeluk atau dicium karena traumatis...

Q : Berarti gak ada batasan usia anak untuk dicium ya ust?
A : Biasanya kalau mereka sudah dewasa dan numbuh kumis udah risih dipeluk atau dicium ortu nya. Dari cerita temen-temen juga udah gak mau jalan bareng sama ortu nya

Q : Bila anaknya sudah menjadi anak gadis apa masih dibolehkn ayah mencium ? Usianya 18 dan 20
A : Yup ketika aqil baliq umumnya anak sudah mulai merasa risih atau malu. Tinggal yang tetap perlu diperhatikan adalah bahwa bentuk mengasihi mungkin akan bergeser atau bisa jadi frekwensinya yang berkurang...sunnah yang perlu diperhatikan menurut hadist kedua adalah tentang siapa yang ingin cintai maka harus mencintai.....ingin dicintai Allah yaa kitanya harus mencintai Allah....ke anak bentuknya akan berubah seiring usia namun kecupan dan pelukan orang tua adalah yang paling akan di kangenin.....apalagi ortunya yang sudah tiada......
Adapun anak gadis seusia 18-20 itu ortu ayah masih boleh kok seperti kecupan didahi atau di pipi sebagai bentuk rasa kasih sayang...tentu nyiumnya gak kayak waktu masih bayi dong...

Q : Ustadz...adakah kiat-kiat buat melumerkan rasa risi kepada anak yang sudah kuliah...padahal saya sebagai ibu masih pengen meluk atau cium mereka..
A : Kiat menghilangkan risi adalah dengan intensitas dan komunikasi yang baik...ungkapkan saja bunda anak laki terbiasa dgn yang logis biar ngerti perlu diomongin/diungkapkan...
Wallahu Alam....

Q : Ustadz..mau bertanya..pada usia berapakah waktu yang tepat untuk anak-anak pisah tidur dengan ayah bundanya..karena maunya bobok satu kamar sama ayah bundanya terus..
A : Usia tepat tuk mulai d pisah ada yang bilang 2 tahun ada juga yang bilang 6 tahun. Namun tetap perlu proses ya memang tega gak tega sih...namun harus disiapkan sejak dini dengan proses yang baik...
Karena klo sudah mulai mengerti ada banyak hal yang terkait kerumahtanggaan yang tetap harus dijaga oleh ayah bundanya

Afwan jiddan atas kekurang optimalan ini.
Al afwu minkum....
Barokallahuli walakum...

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ