Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » Nafsu Yang Menjerumuskan

Nafsu Yang Menjerumuskan

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, September 26, 2015


بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin


☆MATERI☆
"Nafsu Yang Menjerumuskan"

Ada tiga macam nafsu yang sering menjerumuskan seseorang ke lembah kehinaan yaitu nafsu dari dorongan perut, libido seksual, dan hawa nafsu yang menyesatkan.

Rasulullah SAW sangat mengkhawatirkan umatnya terjerembab dalam tiga macam nafsu yang menghancurkan itu, sehingga beliau bersabda: “Sesungguhnya aku mengkhawatirkan kamu sekalian terjerembab dalam keinginan hawa nafsu dari dorongan perutmu, dorongan seksualmu dan hawa nafsu yang menyesatkan. (HR. Ahmad).

Dalam kehidupan modern yang kita jalani sekarang, di mana sikap hidup materialisme, konsumtivisme, dan hedonisme, terus menggerogoti masyarkat, kita jumpai betapa banyaknya orang yang telah terjerembab dalam lembah kenistaan dan kehinaan. Ada sebagian dari masyarakat yang terjerembab ke dalam hawa nafsu perutnya sehingga ia menjadi budak perutnya sendiri, maka ia pun makan secara berlebihan, minum secara berlebihan, sehingga hidupnya hanya memenuhi dorongan perutnya. Orang seperti ini tergolong dalam kelompok manusia yang paling buruk dari umat Nabi Muhammad SAW.
Kelompok kedua banyak orang yang menjadi budak dari dorongan libidonya sehingga ia menjadi budak nafsu seksualnya. Keadaan seperti ini lebih membahayakan lagi, karena akan menimbulkan kerusakan dan kehinaan yang lebih parah. Banyak keluarga dan masyarakat yang hancur karena menjadi budak libido dan nafsu seksualnya. Akibat memperturutkan nafsu seksual banyak menyebabkan manusia bergelimang dengan dosa, seperti; perselingkuhan, perzinahan, dan timbulnya deviasi seksual yang mengerikan.
Sementara kelompok yang ketiga, adalah manusia-manusia yang diperbudak oleh hawa nafsunya sendiri, keadaan ini jauh lebih berbahaya lagi, karena memperturutkan hawa nafsu akan mencampakkan pelakunya menuju kehancuran yang sangat menakutkan. Bahkan terkadang hanya berapa detik saja orang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya ia telah terjerumus dalam kerusakan dan kehancuran dan penyesalan yang sangat berat selama-lamanya di dunia dan akhirat. 

Rasulullah menyatakan: “Musuhmu yang paling berbahaya adalah hawa nafsumu yang berada 
di antara kedua lambungmu sendiri” (Ihya’ Ulumuddin). Berbagai kejahatan timbul dalam kehidupan masyarakat, karena manusia memperturutkan hawa nafsunya sendiri.

Ibadah puasa Ramadhan yang kita jalani kemarin ini, dapat melatih dan melindungi diri kita agar tidak terjerembab dalam kubangan hawa nafsu, sebagaimana yang disebutkan di atas. Dengan demikian puasa dapat membentuk jati diri yang paripurna, menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*****TANYA - JAWAB*****
1. Ustdzah kayaknya saya termasuk orang yang terjerumus dalam dorongan nafsu perut, bagaimana kah agar bisa berubah dan lebih menahan? Saya rasanya setiap kali kegiatan maunya makan terus
JAWAB : nindita yg baik...kalau makan ketika lapar sih ga masalah...tapi jangan sampai makanan mubazir karena ingin makan inih itu yang aneh-aneh. Makanlah ketika lapar. Dan 
berhenti sebelum kenyang.

2.Eh afwan ustadz maksudnya, terkadang suka makan saat tidak lapar ustad ? Ke inginan makan terus aja ada .
JAWAB : Nah itu harus ditahan...jangan dibiarkan. Nafsu itu harus dikendalikan. Ingat efek buruk kebanyakan makan. Bisa kegemukan dan penyakitan bahkan kadang memang perempuan itu aneh, cita-cita : langsing, hobi : hgemil. Ga sinkron 

3.Ustadz ana mau tanya. Apakah suka ngemil itu termasuk gagal mengendalikan nafsu perut?
JAWAB : Khairani yg baik, tergantung ngemilnya juga...kalau lapar sih ga masalah...karena itu kebutuhan dasar...lapar makan....kalau adanya cuma cemilan penunda lapar ya gapapa daripada pingsan di busway. Yang masalah itu sudah ngemil apem..ngemil lagi nastar...terus kuaci...terus semangka ....tambah rujak...lagi nanas dan bengkoang...keripik diembat...ciki adiknya juga direbut....ini bukan ngemil lagi namanya tapi ada gangguan mental seperti nya.

4.Ustadz, kalo worka holic itu gimana ya ? Misalnya nih kita kerja, terus suka keasikan sama waktu kerja kita. Itu gimana ya?
JAWAB : Nespi yang baik...gila kerja itu ga baik juga...ingat tubuh kita butuh makanan dan istirahat. Jadi kerja sewajarnya saja. Malam istirahat.

5.Begini ustadz,, saya pernah denger ceramah bahwa nafsu itu tidak bisa dihilangkan tapi harus dikendalikan,, apa betul ustadz.?
JAWAB : Munawarah bukan denger tapi udah saya tulis diatas

6.Menambahi pertanyaan teh nespi,, terus gimana menyikapinya kalo kita punya atasan yang worka holic, kalau jam kerja kita sudah habis dan ijin pulang terkadang atasan sering marah bahkan suka nyindir-nyindir gitu.
JAWAB : Zee yg baik...gapapa disindir mah...sindir lagi aja. Jangan ambil hati. Atau ajak berbalas pantun

7.Ustadz, ana kan ada asisten, tapi ana ga pernah maksain dia untuk stay di kantor sampai larut, kalau ana sih stay di kantor kadang sampe larut kali karena kejar dateline pikiran ana kalau ditunda besok, tambah banyak kerjaan jadinya bela-belain stay sampai kelar meski mata sudah semaput. ana juga ga bisa marahin staf, kalau salah cukup back up aja, tapi sejujurnya ana mau kerjanya tuh ga eror-eror lah, bagaimana ini stadz menyikapinya ?
JAWAB : Mendidik itu tidak bisa mendadak dan mendadak itu bukan mendidik....jadi sabarin aja dengan ikhlas. Jangan cengeng.
8.Gini ustad, aku kan kadang kalau shift malam itu kan suka nggak tidur karena aku itu suka bablas, jadi aku milih nggak tidur waktu shift mlm, tapi siangnya kadang tidur kadang nggak, itu gimana ya tadz ? Syukron
JAWAB : Kadang tidur kadang enggak...itu kondisional aja....jangan sampai meninggalkan kewajiban ibadah aja.
9.Assalamualaikum. Ustadz saya mau nanya nih, saya kan masih kuliah sekarang sudah semester 5 dan jadwal sedang padat padatnya disamping itu saya juga banyak ikut organisasi ( menjadi pengurus ) terkadang ada salah satu organisasi yang dikesampingkan. Saya ingin kurangi tapi bingung harus yg mana karena semua organisasinya menurut saya penting contoh ( SSP,  sebi solidarity for palestina ), tapi kalau tidak dikurangi saya takut lalai dalm tanggung jawab, lebih baik gimana ya?
JAWAB : Pilih yang paling penting. Dan prioritas saya sarankan yang ada hubungannya dengan Palestina. Saya juga alquds volunteer.
Hawa nafsu itu ibarat kuda liar dan akal adalah tali kekang nya. (pepatah arab)
Islam hadir bukan untuk membelenggu atau meniadakan hawa nafsu tapi mengatur nya mengendalikan nya dan menyalurkan nya pada waktunya dan tempat nya yg tepat dan tidak berlebih-lebihan.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jazakumullahu khairan katsiran atas ilmunya hari ini. 
Semoga ilmunya bermanfaat untuk diri pribadi dan nanda semua, bisa diamalkan untum orang-orang di sekitar kita.
Baiklah kita cukupkan dulu kajian kita sampai disini. Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membeca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul majelis

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Rekapan Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT
Group Nanda M116

Selasa, 16 Dzulqoidah 1436 H / 1 September 2015 M
Narasumber: Ustadz Kaspin
Tema: Nafsu yang amenjerumuskan
Notulen: Lily
Admin: Asri & Sari
Editor : Athariyah

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment