Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

SEPUTAR DAGING KAMBING

Bismillah walhamdulillah washsholatu wassalamu 'ala rasulillah..
in syaAllah kali ini kita akan bahas spesial idul qurban.. 
sedikit yang saya tahu tentang daging domba/kambing..

Walaupun hari tasyrik sudah berlalu, mungkin tidak sedikit dari kita yang masih menyimpan daging qurban. Disebut hari tasyrik karena tasyrik berarti menjemur/mendendeng daging qurban di terik matahari. Mungkin karena banyaknya daging di hari-hari tsb, jadi wajar mengawetkannya.

Sholihin sholihat rahimakumullah..
Entah mengapa, ketika berbicara daging qurban, lebih banyak yang memilih sapi daripada kambing/domba. Dan entah mengapa, daging kambing memiliki imej negatif di masyarakat, khususnya indonesia. Padahal, para ulama menjelaskan bahwa sendirian berqurban domba lebih baik daripada berqurban 1/7 sapi dan Ismail pun diganti dengan kambing kibas, bukan sapi.

Al Mustofa shallallahu 'alaihi wasallam pun selalu berqurban dengan kambing kibas, sampai-sampai Imam Malik berpendapat bahwa berqurban dengan seekor kambing lebih nyunnah daripada dengan seekor sapi. Siapa sih sebenarnya yang menyebarkan gosip bahwa daging sapi lebh bagus drpd daging kambing? Padahal kambing adalah hewan gembalaan para Nabi 'alayhimussalam

مَا بَعَثَ اللهُ نَبِيّاً إِلاَّ رَعَى الْغَنَمَ ، فَقَالَ أَصْحَابُهُ: وَأَنْتَ؟ ، فَقَالَ: نَعَمْ، كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لِأَهْلِ مَكَّةَ . رواه البخاري.

"Tidaklah Allah mengutus seorang nabi pun melainkan pernah menggembala kambing.” Para sahabat bertanya,”Dan engkau sendiri?” Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab,”Ya, aku juga dulu menggembalakan (kambing-kambing) milik penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath." [HR Al Bukhari no. 2143 dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu . Lihat pula Shahihul Jami’ no. 5581]

Bahkan dalam pengobatan ala Nabi, domba bisa menjadi obat asam urat. Al-Imam Ibnu Majah dalam Sunan-nya meriwayatkan dari Muhammad bin Sirin rahimahumallah, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

شفاء عرق النسا ألية شاة أعرابية تذاب ثم تجزأ ثلاثة أجزاء ثم يشرب على الريق في كل يوم جزء

“Obat ‘irqun nasa adalah (lemak) ekor domba pedalaman (dari Arab), kemudian ditumbuk dan direbus, dicairkan, kemudian dibagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian diminum pagi, siang, dan sore (saat perut masih kosong).” (H.R. Ibnu Majah: 3463)

Demikian kambing/domba dimuliakan dalam hadits.('irqun nasa bisa di terjemahkan sebagai asam urat).

Kini kita masuk ke pembahasan daging kambing berdasarkan ilmu modern. Di antara keunggulan daging kambing yang mungkin jarang diketahui adalah sbb:

1. Lemak pada daging kambing lebih sulit diserap tubuh.

Lemak pada daging hewan memiliki titik cair yang berbeda-beda. Semakin tinggi titik cairnya, maka semakin sulit lemak itu diserap oleh tubuh, dan akhirnya ia akan dibuang kembali bersama kotoran. Titik cair lemak pada daging kambing adalah 44 derajat celcius.
Sedangkan titik cair lemak daging sapi adalah 40 derajat, sedangkan daging ayam adalah 30 derajat.

2. Kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi.

Berbeda dengan daging sapi dan ayam, kandungan asam lemak tak jenuh pada daging kambing sangat tinggi. Asam lemak tak jenuh ini biasanya terkandung pada jenis ikan-ikanan seperti sarden dan makarel, dan di antara salah satu fungsinya adalah mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Kandungan L-Carnitine yang tinggi

L-Carnitine adalah salah satu jenis asam amino yang membantu membakar lemak di dalam tubuh. Pembakaran lemak tubuh menjadi energi dilakukan di "pabrik" bernama mitokondria. L-Carnitine adalah satu-satunya asam amino yang mengantarkan lemak ke "tungku pembakaran" di dalam mitokondria.  Karena itu, semakin banyak L-Carnitine di dalam tubuh, maka semakin banyak lemak yang akan diangkut ke mitokondria.

Di antara berbagai produk hewani yang mengandung L-Carnitine, daging kambing merupakana produk hewani yang memiliki L-Carnitine cukup tinggi. Dibanding kambing muda, kambing daging kambing dewasa mengandung L Carnitine jauh lebih tinggi. Kandungan L Carnitine per 100gr daging hewan:
Ayam : 4.55 - 9.10 mg
Sapi : 59.8 mg
Kambing muda : 80mg
Kambing dewasa: 208.9mg

Sebagai informasi, L-Carnitine dalam bentuk suplemen juga sering dipakai oleh para atlit untuk meningkatkan performa mereka, dan menjadi salah satu produk suplemen populer untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Kebaikan daging kambing dewasa juga didukung oleh penelitian kerjasama Universitas Alabama dan Auburn.

Perbandingan lemak per 85 gram daging:
Sapi: 7.9 gram lemak
Kambing dewasa: 2.6 gr
Kambing muda: 8.1 gr
Ayam: 6.3 gr
Perbandingan kalori
Sapi: 179kal
Kambing dewasa: 122kal
Kambing muda: 177kal
Ayam: 162kal

Lebih jauh lagi, penelitian di Universitas Harvard menjelaskan bahwa daging kambing dapat membantu kesehatan jantung. Sebagian orang menolak daging kambing karena baunya dan katanya bikin panas, dan katanya kolesterol tinggi. Benarkah kolesterol tinggi? ternyata berdasarkan penelitian, kandungan kolesterol pada daging-dagingan secara umum sama, baik sapi maupun kambing. Adapun bau, sebenarnya bisa dikurangi jika kambing dirawat dengan baik dan kebersihan kandangnya dijaga. Dan katanya, jika disembelih saat sedang nafas keluar (katanya lho). Sedangkan panas, ini masih belum saya temukan penjelasan ilmiahnya. sepertinya lebih banyak sugesti. Daging-dagingan sendiri secara umum adalah berjenis panas, membantu menghangatkan, baik sapi maupun kambing.

Tips menghilangkan bau pada daging:
Rendam dengan perasan jahe dan bawang putih selama minimal 30 menit.
Selamat mencoba
Selamat menjalankan solat magrib bagi yang bermukim di jabodetabek.

Referensi kajian kali ini:
1. Jangan berlebihan.
Banyaknya daging di rumah bukan untuk segera dihabiskan.
Tasyrik mmiliki makna mengawetkan daging, jadi awetkan sebagiannya, masukkan ke freezer atau dimasak dulu jd rendang baru masuk freezer.

2. Daging adalah masakan panas, maka kombinasikan dg makanan dingin dg jumlah yg cukup. Tambahkan timun, tomat, dll (mentah), dlm jumlah yg cukup mengimbangi.

3. Perbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur. Biasakan konsumsi buah 15-30 menit sblm makan.

Kita tutup dulu ya
doa kafaratul majelis

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 28 September 2015
Narasumber : Ustadz Syaikhul Muqarobbin 
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala