Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TABUR KEBAIKKAN, NIKMATI HASILNYA

Assalaamu'alaikum Warahmaullahi Wabarakatuh..

Kajian kali ini mengenai Tabur kebaikan , dan nikmatilah hasinya..
MasyaaAllah sekali ya:)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. Insya Allah..
Aamiin..Allahumma Aamiin...

Yang kami hormati Ustadz Agus selaku muwajih kita malam ini, para team HA serta ukhtifillah di grup Nanda M104
الحمد لله

Terima kasih atas kehadirannya pada pagi ini. Semoga semerbak pijar matahari mampu menerangi pelayaran cinta untuk selalu dekat dengan dataran surga yang abadi.

Bismillah

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang Maha segalanya. Tiada Tuhan selain Allah, hanya kepadanyalah kita menyembah, hanya kepadanya kita bermohon, dan kepadanya pulalah kita semua akan dikembalikan pada suatu masa yang PASTI kedatangannya.

Sholawat serta salam teruntuk yg termulia, Muhammad SAW. Suri Tauladan terbaik, Pemimpin Teradil, Pemegang amanah terpercaya, dan pemberi contoh kejujuran yang nyata.
Semoga kelak dihari kiamat kita semua mendapat syafaat beliau.

Tak lupa juga salam teruntuk para sahabat rasul, para ulama, para pemikir2 Islam, dan pejuang2 agama Allah.

Izinkan ana share materi, selanjutnya nanti dibuka sesi tanya jawab. Dan insya Allah menjelang dhuhur kajian kita selesaiakan.

TABUR KEBAIKKAN, NIKMATI HASILNYA

Akhwati fillah....
marilah sama-sama kita merenungkan firman allah berikut ini ( QS. Ali Imran 261-364) :
ﻣَﺜَﻞُ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳُﻨْﻔِﻘُﻮﻥَ ﺃَﻣْﻮَﺍﻟَﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻛَﻤَﺜَﻞِ ﺣَﺒَّﺔٍ ﺃَﻧْﺒَﺘَﺖْ ﺳَﺒْﻊَ ﺳَﻨَﺎﺑِﻞَ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﺳُﻨْﺒُﻠَﺔٍ ﻣِﺎﺋَﺔُ ﺣَﺒَّﺔٍ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳُﻀَﺎﻋِﻒُ
ﻟِﻤَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺍﺳِﻊٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ ‏( ٢٦١ ‏) ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳُﻨْﻔِﻘُﻮﻥَ ﺃَﻣْﻮَﺍﻟَﻬُﻢْ
ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺛُﻢَّ ﻻ ﻳُﺘْﺒِﻌُﻮﻥَ ﻣَﺎ ﺃَﻧْﻔَﻘُﻮﺍ ﻣَﻨًّﺎ ﻭَﻻ ﺃَﺫًﻯ ﻟَﻬُﻢْ ﺃَﺟْﺮُﻫُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﺭَﺑِّﻬِﻢْ ﻭَﻻ ﺧَﻮْﻑٌ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﻭَﻻ
  ﻫُﻢْ ﻳَﺤْﺰَﻧُﻮﻥَ ‏( ٢٦٢ ‏)

261. Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah  seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui


262. Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima) , mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak pula bersedih hati.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam brsabda :
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ : ‏( ﻻ ﺗﺰﻭﻝ ﻗﺪﻣﺎ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻦ ﺧﻤﺲ : ﻋﻦ ﻋﻤﺮﻩ ﻓﻴﻢ ﺃﻓﻨﺎﻩ، ﻭﻋﻦ ﺷﺒﺎﺑﻪ ﻓﻴﻢ ﺃﺑﻼﻩ، ﻭﻋﻦ ﻣﺎﻟﻪ ﻣﻦ ﺃﻳﻦ ﺍﻛﺘﺴﺒﻪ ﻭﻓﻴﻢ ﺃﻧﻔﻘﻪ؟ ﻭﻣﺎﺫﺍ ﻋﻤﻞ ﻓﻴﻢ ﻋﻠﻢ ‏) ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺣﺴﻨﻪ ﺍﻷﻟﺒﺎﻧﻲ.
"Tidak akan bergeser kaki seseorang ( dr tmpt berpijaknya diahirat kelak ) sehingga dia ditanya dari 4 hal : ° tentang umurnya untuk apa dia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya darimana dia dapatkan dan untuk apa dia gunakan, tentang ilmunya apa yang sudah dia amalkan " (HR.Turmudzi dan dihasankan oleh Albani)

Ayat dan hadis ini menyinggung tentang sesuatu yang sangat dicintai oleh manusia, sesuat yang manusia berlomba-lomba untuk mendapatkannya, sesuatu yang banyak menjerumuskan manusia kedalam neraka karena tidak mendapatkan serta menggunakan sebagaimana mestinya, sesuatu itu tak lain dan tak bukan adalah "HARTA atau MATERI"
Maka...
Sudahkah kita mengevaluasi tentang harta kita, darimana didapatkan dan untuk apa kita gunakan?
Apakah kita mendapatkan dengan jalan halal ataupun haram ?

Akhwatifillah ....
Harta akan bisa membawa yang memilikinya masuk ke surga atau neraka. Semua bergantung bagaimana kita memperoleh, mengelola, menggunakan, dan memanfaatkannya.
Oleh karena itu marilah kita gunakan harta yang kita miliki semata-mata hanya untuk ketaatan dijalan allah, bukan untuk bermaksiat kepada allah. Agar kelak harta tersebut bisa menjadi penyelamat bagi diri kita, dan bukan sebagai penyebab yang akan menyengsarakan diri kita diakhirat kelak.
Rasulullah bersabda :
‏(ﻣﺎ ﻣﻦ ﺻﺎﺣﺐ ﺫﻫﺐ ﻭﻻ ﻓﻀﺔ ﻻ ﻳﺆﺩﻱ ﻣﻨﻬﺎ ﺣﻘﻬﺎ ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺻﻔﺤﺖﻟﻪ ﺻﻔﺎﺋﺢ ﻣﻦ ﻧﺎﺭ، ﻓﺄﺣﻤﻲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻓﻲ ﻧﺎﺭ ﺟﻬﻨﻢ، ﻓﻴﻜﻮﻯ ﺑﻬﺎ ﺟﺒﻬﺘﻪ ﻭﺟﻨﺒﻪ ﻭﻇﻬﺮﻩ، ﻛﻠﻤﺎ ﺑﺮﺩﺕ ﺃﻋﻴﺪﺕﺇﻟﻴﻪ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻛﺎﻥ ﻣﻘﺪﺍﺭﻩ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺃلف سنة ‏) ﻣﺴﻠﻢ.

"Orang-orang yang memiliki emas dan perak lalu tidak mengeluarkan haknya, maka dibuatkan untuknya setrikaan yang terbuat dari api neraka, lalu digosokkan ke perut, dahi, dan punggung mereka. Tatkala setrikaan itu dingin maka dipanaskan lagi. Begitulah setiap harinya yang setara dengan 50 tahun, hingga ada keputusan untuk mereka."



Di dalam hadis lain rasulullah juga mendorong kta untuk gemar bersedekah :
ﻣﻦ ﺗﺼﺪﻕ ﺑﻌﺪﻝ ﺗﻤﺮﺓ ﻣﻦ ﻛﺴﺐ ﻃﻴﺐ - ﻭﻻ ﻳﻘﺒﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻄﻴﺐ - ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻘﺒﻠﻬﺎ ﺑﻴﻤﻴﻨﻪ، ﺛﻢ ﻳﺮﺑﻴﻬﺎ ﻟﺼﺎﺣﺒﻬﺎ، ﻛﻤﺎ ﻳﺮﺑﻰ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻠﻮﻩ - ﺃﻱ ﻣﻬﺮﻩ - ﺣﺘﻰ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﺠﺒﻞ ‏) متفق ﻋﻠﻴﻪ

"Barang siapa yang bersedekah dengan sebiji korma dari usaha yang baik-tidaklah allah menerima kecuali dari yang baik-lalu allah menerima dengan tangan kanan nya, kemudian allah menumbuhkembangkan nya sebagai mana salah seorang diantara kalian menggembalakan anak kudanya kemudian dia tumbuh dan berkembang sehingga menggunung" (HR Bukhari dan Muslim)


Kalau kita layangkan pndangan kita menelusuri kisah para sahabat2 terdahulu, maka akan kita dapati mereka adalah orang-orang yang sangat antusias dalam bersedekah dan berbagi. Apabila mereka melihat ada diantara mereka yang lebih baik amalan nya maka dia akan berusaha untuk menyaingi atau melebihi. Bukan lntaran adanya sifat iri, riya, atau penyakit hati lainnya akan tetapi semata-mata hanya sebuah bentuk persaingan yang sehat dan positif dalam sebuah kebaikan.
Mari kita lihat beberapa kisah sahabat yang sangat antusias dlm bersedekah :
  1. 1. Abu Tholhah, orang yang paling banyak mempunyai kebun kurma di Madinah. Tatkala allah turunkan ayat :

    لن تنالوا البر حتي تنفقوا مماتحبون

    Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan sehingga kamu menafkahkan harta yang kamu cintai " (QS. Ali Imran: 92)

    Abu Tholhah mempunyai sebidang kebun kurma yang sangat dicintainya di daerah Bairaha, kebun tersebut menghadap mesjid dan Rasulullah suka meminum air dari sumur yang ada dlm kebun tersebut. Maka tatkala Allah turunkan ayat diatas Abu Tholhah langsung menafkahkan kebun tersebut untuk Rasulullah dan untuk kepentingan umat islam.
     
  2. 2. Umar bin Khatab, salah satu sahabat terbaik nabi ini apabila ada sesuatu yang menarik hatinya dan membuatnya takjub, maka dia akan segera menginfakkan nya dijalan allah.

    Begitulah antusiasnya para sahabat dalam bersedekah, karna sesungguhnya harta kita yang sebenarnya adalah harta yang kita nafkahkan dijalan Allah SWT.
Akhwatifiillah...
Allah adalah Tuhan kita, Allah adalah pencipta kita. Sudah pasti allah lebih tau apa2 yang terbaik untuk kita, dan tidaklah Allah menyuruh kita, melainkan banyak kebaikan yg ada diladalamnya. Begitu juga tentang infak ini, begitu banyak faedah dan manfaat nya, di antaranya adalah :
  1. 1. Pelebur dosa
    Rasulullah bersabda :

    ﻓِﺘْﻨَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻓِﻲ ﺃَﻫْﻠِﻪِ ﻭَﻣَﺎﻟِﻪِ ﻭَﻭَﻟَﺪِﻩِ
ﻭَﺟَﺎﺭِﻩِ ﺗُﻜَﻔِّﺮُﻫَﺎ ﺍﻟﺼَّﻼﺓُ ﻭَﺍﻟﺼَّﻮْﻡُ ﻭَﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ....) ‏» ‏ ).
  1. "Fitnah seseorang itu terdapat pada keluarganya, hartanya dan anaknya, hal itu bisa dihapuskan oleh sholat, puasa, dan sedekah " ( HR. Bukhari dan Muslim )
     
  2. 2. Mendapat ganti yang lebih baik

    ﻣِﻦْ ﻳَﻮْﻡٍ ﻳُﺼْﺒِﺢُ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩُ ﻓِﻴﻪِ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﻠَﻜَﺎﻥِ ﻳَﻨْﺰِﻟَﺎﻥِ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻋْﻂِ ﻣُﻨْﻔِﻘًﺎ ﺧَﻠَﻔًﺎ ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻵﺧَﺮُ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻋْﻂِ ﻣُﻤْﺴِﻜًﺎ ﺗَﻠَﻔًﺎ

    "Tiadalah seorang hamba dipagi hari kecuali ada dua orang malaikat yang turun. Salah satu diantara mereka berkata : ya allah berikanlah bagi orang yang berinfak ganti yang lebih baik. Dan yang lain betkata, ya allah berikan bagi orang yang bakhil kebinasaan pada hartanya" (HR. Bukhari dan Muslim)
     
  3. 3. Tiket untuk masuk sorga

    ﻋﻦ ﺃﺑﻰ ﺃﻳﻮﺏ ﺍ ﺃَﻥَّ ﺭَﺟُﻠًﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﻠﻨَّﺒِﻲِّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭسلم أﺧْﺒِﺮْﻧِﻲ ﺑِﻌَﻤَﻞٍ ﻳُﺪْﺧِﻠُﻨِﻲ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ‏«ﺗَﻌْﺒُﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻭَﺗُﻘِﻴﻢُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻭَﺗُﺆْﺗِﻲ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓَ ﻭَﺗَﺼِﻞُ ﺍﻟﺮَّﺣِﻢَ

    "Dari Abi Ayyub bahwa seorang laki-laki berkata kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam: beritahulah saya amalan yang bisa memasukan saya kesorga, rasul menjawab : kamu sembah allah dan tidak mempersekutukan nya dengan apapun, dirikan sholat, tunaikan zakat dan jalin silaturahmi " ( HR. bukhari dan muslim )
Agar sedekah kita diterima oleh Allah SWt,  maka perhatikan hal-hal sebagai :
  • 1. Ikhlaskan niat karena allah ;
  • 2. Jangan mengeluarkan sedekah yang diiringi dengan kata2 yang menyakitkan hati penerimanya;
  • 3. Bersedekah dari harta yang halal lagi baik;
  • 4. Tidak menunda-nunda;
  • 5. Bersedekah walau dalam jumlah yang sedikit tetapi istqomah.
Akhwatifillah...
Infak ibarat pemancing yang menghunakan umpan terbaiknya untuk mendapatkan ikan. Dengan berInfak dan sedekah Allah akan memberikan rezeki yang lebih banyak dan berkah bagi kita.
Ada sebuah kisa menarik tentang kekuatan sedekah :
"Seorang pria tersesat di gurun pasir. Ia hampir mati kehausan. Akhirnya, ia tiba di sebuah rumah kosong. Di depan rumah tua tanpa jendela dan hampir roboh itu, terdapat sebuah pompa air.
Segera ia menuju pompa itu dan mulai memompa sekuat tenaga. Tapi, tidak ada air yang keluar. Lalu ia melihat ada kendi kecil di sebelah pompa itu dengan mulutnya tertutup gabus dan tertempel kertas dengan tulisan, ”Sahabat, pompa ini harus dipancing dengan air dulu.. Setelah Anda mendapatkan airnya, mohon jangan lupa mengisi kendi ini lagi sebelum Anda pergi.”

Pria itu mencabut gabusnya dan ternyata kendi itu berisi penuh air. “Apakah air ini harus dipergunakan untuk memancing pompa?
Bagaimana kalau tidak berhasil? Tidak ada air lagi. Bukankah lebih aman saya minum airnya dulu daripada nanti mati kehausan kalau ternyata pompanya tidak
berfungsi?
Untuk apa menuangkannya ke pompa karatan hanya karena instruksi di atas kertas kumal yang belum tentu benar?” Begitu pikirnya.

Untung suara hatinya mengatakan bahwa ia harus mencoba mengikuti nasihat yang tertera di kertas itu, sekali pun berisiko. Ia menuangkan seluruh isi kendi itu ke dalam pompa yang karatan itu dan dengan sekuat tenaga memompanya. Benar....  !! Air keluar dengan melimpah. Pria itu minum sepuasnya.
Setelah istirahat memulihkan tenaga dan sebelum meninggalkan tempat itu, ia mengisi kendi itu sampai penuh, menutupkan kembali gabusnya dan menambahkan beberapa kata di bawah pesan itu:
“Saya telah melakukannya dan berhasil. Engkau harus mengorbankan semuanya terlebih dahulu sebelum bisa menerima kembali secara melimpah. PERCAYALAH ... !!! Inilah kebenaran hukum Allah.”
Infak dan sedekahkan harta terbaikmu, dan tunggulah KEAJAIBAN Allah untuk dirimu ...!!!!

Wallahu a'lam
-----------------Tanya Jawab
  1. 1. Apa sedekah bisa mensucikan harta juga ustadz?? Misalkan kita punya uang tapi dari sesuatu yg haram lalu kita sedekahkan apa itu bisa??

    Jawaban:
    Sucikan hartamu dengan zakat dan sedekah. Maksud dari mensucikan ini adalah terkait dengan harta2 yg mungkin ketika kita memperolehnya ada hal2 yg abu2 (belum jelas kehalalannya atau larangannya), oleh karena itu zakat dan sedekah mensucikan hal2 yg demikian .

    Terkait dengan perolehan harta yang jelas2 hukumnya diharamkan maka zakat dan sedekah tidak mensucikan harta tersebut. Karena tidak akan pernah tercampur antara yg haq dan yang bathil. Suci terkait dengan adanya hak sebagaian saudara kita yg ada disana, suci terkait dengan sesuatu yg meragukan, dan suci bukan untuk sesuatu yang jelas2 diharamkan.

    Waallahu a'lam.

    Nanti kalo ada pertanyaan lagi bisa langsung ke ana atau juga via emailnke agus.herupitoyo@yahoo.com
----------------Penutup
Alhamdulillah kita telah menyelesaikan kajian hari ini..
Jazakallahu khairan katsiron kepada Ustadz Agus, jg para tim HA serta semua sahabatku sholihah di grup Nanda M104
Mari kita tutup kajian ini dengan membaca
Hamdallah, istighfar, dan do'a kafaratul majlis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
اسْتَغْفِــــرُ اللّــــهَ الْعَظِــــيْم
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
آمــــــــــــــــــ­ين يَا رَبَّالعَالَمِين
Maha Suci Engkau yaa Allah dan dengan memujiMU aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMU
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

====================
Rekap kajian nanda M104 16 September 2015
Tema: TABUR KEBAIKKAN, NIKMATI HASILNYA
Narasumber: Ustadz Agus
Admin: Aisyah
Notulen: Aisyah