Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TADDABUR SURAT AL FATH

Assalamu'alaikuuum
mohon maaf baru bisa mulai sharing sekarang
masih ada yang monitor kah?
Alhamdulillah
saya ingin sedikit sharing tadabbur surah al-fath

Bismillah ...
ada yang menarik dari tadabbur surah al-fath ayat 1 s/d 7 . apakah itu? biasanya untuk mendapatkan ampunan, apa yang kita sering lakukan? ada yang bisa bantu?

>Banyak istighfar
betul, selain itu ada lagi kah?

>Taubatan nasuha
betul .... nah, bagaimana dengan yang bisa kita tadabburi dari surah al-fath ayat 1 sampai 7? terkait dengan ampunan Allah?

Salah satu yang mendatangkan ampunan, ialah kemenangan. Kemenangan ialah prestasi maka seorang mukmin yang berprestasi, sejatinya ia tengah mengejar ampunan dan belum berhenti sampai disini. Mukmin yang berprestasi, selain mendapatkan ampunan, ia juga mendapatkan keutamaan yang lain, yaitu disempurnakan nikmatnya kemudian lagi, ia akan dibimbing ke jalan yang lurus, jalan istiqomah bahkan mukmin yang berpretasi akan mendapatkan pertolongan dan kemudahan yang banyak bayangkan, jika semua tentara yang ada di langit dan di bumi, yang semuanya adalah kepunyaan Allah, bayangkan jika Dia memberikan kemudahan dan pertolongan yang banyak.

Maka, setiap muslim hendaknya memiliki cita-cita yang mulia dan dengan cita-citanya tersebut ia menggapai prestasi besar yang mendatangkan ampunan, kesempurnaan nikmat, pertolongan yang banyak, dan diberikan petunjuk kepada jalan yang lurus. Dan kenikmatan dimasukkan ke dalam surga adalah kenikmatan yang sempurna.

Bagaimana bisa kemenangan (prestasi besar) mendatangkan ampunan?
mungkin ilustrasinya kira-kira seperti berikut (meskipun Allah tentu saja tidak bisa disamakan dengan ciptaannya)

Jika kita anak yang kerap melakukan kesalahan, di sekolah dan di rumah lalu suatu hari kita dengan upaya keras, mampu berprestasi besar diterima di perguruan tinggi negeri terfavorit, tentu saja orang tua kita akan sangat senang dan tiba-tiba seolah kesalahan-kesalahan kita yang lalu menjadi terbayarkan, dilupakan begitu saja. Nah, ketika kita memiliki prestasi, apalagi dalam beribadah, dalam berdakwah, dalam berbuat baik kepada sesama maka ada peluang kita mendapatkan ampunan dan kesalahan-kesalahan kita yang lalu pun dihapuskan.  Maka mulai saat ini, seorang mukmin harusnya sungguh-sungguh mengejar prestasi besar, mengingat Allah akan mengganjarnya dengan ampunan, kenikmatan, pertolongan, dan ditunjukkan jalan yang lurus dan tentu saja, salah satu prestasi besar kita adalah berdakwah, menolong agama Allah, dengan sekuat dan semaksimal yang kita mampu.  In sya Allah ampunan dan surga pun menjadi balasannya, Aamiiiin
  1. Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata.
  2. Agar Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus,
  3. dan agar Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).
  4. Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.
  5. Agar Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu menurut Allah suatu keuntungan yang besar,
  6. dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (azab) yang buruk, dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka serta menyediakan neraka Jahannam bagi mereka. Dan (neraka Jahannam) itu seburuk-buruk tempat kembali.
  7. Dan milik Allah bala tentara langit dan bumi. Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.
Wallahu a'lam ..

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Rabu, 16 September 2015
Narasumber : Ustadz Dian Alamanda
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala