Ketik Materi yang anda cari !!

TANDA-TANDA BESAR KIAMAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, September 22, 2015

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Selasa,  22 September 2015
Narasumber : Ustadz Robin
Rekapan Grup Nanda 104 (Aisyah)
Tema : Syakhsiyah Islamiyah
Editor : Rini Ismayanti


TANDA-TANDA BESAR KIAMAT


Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah walhamdulillah washsholatu wassalamu 'ala rasulillah
Akhowat fillah
Kajian kita kali ini akan melanjutkan kajian yang lalu yaitu Tanda Tanda Kiamat. Yang akan kita bahas kali ini adalah Tanda Tanda Besar Kiamat.

Tanda-tanda besar kiamat adalah tanda-tanda yang terjadi ketika kiamat benar-benar dekat, dan akan terjadi sambung menyambung satu sama lain..
Al-Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhuma, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اْلآيَاتُ خَرَزَاتٌ مَنْظُوْمَاتٌ فِيْ سِلْكٍ، فَإِنْ يُقْطَعِ السِّلْكُ؛ يَتْبَعْ بَعْضُهَا بَعْضًا.

“Tanda-tanda (Kiamat) bagaikan mutiara yang terangkai di dalam seutas benang, jika benang itu diputus, maka sebagiannya akan mengikuti sebagian yang lain"

Namun, terkait urutan dari tanda-tanda besar tersebut, terjadi perbedaan di antara ulama. Hal ini dikarenakan tidak ada nash yang jelas yang menyebutkan urutan tanda-tanda tersebut.

Hadis-hadis yang menyebutkan 10 tanda utama kiamat memakai redaksi yang berbeda dan menggunakan huruf "waw" sebagai penyambung tanda, yang tidak memiliki makna urutan.

10 tanda utama kiamat tersebut menurut Imam Muslim rahimahullah yang
meriwayatkan hadits ini dari Hudzaifah bin Asid dengan lafazh, yaitu:

إِنَّ السَّاعَةَ لاَ تَكُوْنُ حَتَّـى تَكُوْنَ عَشْـرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيْرَةِ الْعَرَبِ، وَالدُّخَانُ، وَالدَّجَّالُ، وَدَابَّةُ اْلأَرْضِ، وَيَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ، وَطُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ.

“Sesungguhnya Kiamat tidak akan terjadi hingga ada sepuluh tanda (sebelumnya): khasf (longsor) di timur, khasf di barat, khasf di Jazirah Arab, asap, Dajjal, binatang bumi, Ya'-juj dan Ma'-juj, terbitnya matahari dari barat, dan api yang keluar dari jurang ‘Adn yang menggiring manusia”.

Sedangkan dalam riwayat lain disebutkan:

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang kepada kami. Sedangkan kami tengah berbincang-bincang, lalu beliau bertanya:
مَا تَذَاكَرُوْنَ؟

‘Apa yang kalian bicarakan?’

Mereka menjawab, ‘Kami sedang membicarakan Kiamat.’ Beliau berkata :

إِنَّهَا لَنْ تَقُوْمَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ.

‘Sesungguhnya ia (Kiamat) tidak akan terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda sebelumnya.’

Kemudian beliau menyebutkan asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi ‘Isa bin Maryam, Ya'-juj dan Ma'-juj, dan tiga khasf (penenggelaman ke dalam bumi); khasf di timur, khasf di barat, dan khasf di Jazirah Arab, dan yang terakhirnya adalah api keluar dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.” (HR. Muslim)

Jika kita daftar, maka 10 tanda besar kiamat adalah:
1. Dajjal
2. Nabi Isa alayhissalam
3. Ya'juj Ma'juj
4. Khasf (penenggelaman/logsor) di timur
5. Khasf di barat
6. Khasf di Jazirah Arab
7. Asap
8. Terbitnya matahari dari barat
9. Binatang bumi
10. Api yang menggiring manusia

Urutan di atas adalah berdasarkan pendapat salah satu ulama, yaitu ath-Thaibi rahimahullah. Ibnu Hajar memuji ath-Thaibi sebagai 'alim yang piawai mengeluarkan makna-makna yang mendalam dari al Quran dan Sunnah.
Jika dikaji mendalam hadits-hadits terkait tanda-tanda kiamat, tampaknya pendapat ath-Thaibi memang cukup dekat dengan kebenara, wallahu a'lam.
Jika dirangkum secara urutan, bisa disebutkan bahwa tanda-tanda kiamat akan dimulai dengan munculnya Dajjal. Lalu Imam Mahdi akan memimpin kaum beriman untuk memerangi Dajjal. Dalam memerangi Dajjal Imam Mahdi akan dibantu oleh Nabi Isa 'alayhissalam. Nabi Isa AS sendiri akan bermakmum kepada Imam Mahdi, namun beliau 'alayhissalam lah yang akan membunuh Dajjal nantinya.

Setelah Dajjal dikalahkan, umat akan berada dalam ketentaraman hingga munculnya Ya'juj Ma'juj yang menghancurkan seisi alam, sehingga orang-orang beriman terdesak ke pegunungan, lalu Nabi Isa 'alayhissalam berdoa kepada Allah agar memusnahkan Ya'juj Ma'juj dan Allah pun mengabulkan doa beliau.
Demikianlah satu persatu kejadian tanda-tanda besar kiamat terjadi, hingga datangnya hari kiamat.

Dan di antara puncak pemisah kebenaran dan kebathilan, iman dan kafir, di antara tanda-tanda tersebut adalah “Terbitnya matahari dari barat”.
Jika telah terjadi tanda yang demikian, maka tidak berlaku lagi taubat, karena pintu taubat telah ditutup, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi shallallahu 'alayhi wasallam.

Demikianlah secara ringkas pembahasan tentang tanda-tanda besar kiamat.
Pembahasan panjang lebar dan mendetil bisa dirujuk di kitab Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil, dengan judul terjemahan: Hari Kiamat Sudah Dekat, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir.

Hikmah yang ingin kita ambil dari pelajaran ini adalah; BERSEGERA UNTUK BERAMAL. Sebagaimana disabdakan al Mustofa shallallahu 'alayhi wasallam:

بَادِرُوْا بِاْلأَعْمَالِ سِتًّا: اَلدَّجَّالَ، وَالدُّخَـانَ، وَدَابَّةَ اْلأَرْضِ، وَطُلُوْعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَأَمْرَ الْعَامَّةِ، وَخُوَيْصَةَ أَحَدِكُمْ.

Bersegeralah kalian dalam beramal (sebelum datang) enam hal: Dajjal, asap, binatang bumi, terbitnya matahari dari barat, masalah yang umum (hari Kiamat), dan sesuatu yang khusus untuk kalian (kematian).” (HR. Muslim(

Jika pun kiamat masih jauh, maka sungguh, sesuatu yang khusus, yaitu kematian, bisa terjadi kepada kita kapan saja.

Wallahu a'lam

Materi kita cukupkan sampai di sini. Kita lanjutkan dengan diskusi..

TANYA JAWAB :

Q :  Ya'juj Ma'juj itu apa ya? Binatang bumi kenapa? Api menggiring manusia maksudnya apa ustd?
A :  Khayr, kita coba bahas ringkas.
Pembahasan setiap tanda ini akan sangat panjang, dan sulit dilakukan di sini..
karena itu, ana sarankan ukhti sekalian untuk merujuk pada buku yang disebutkan di atas atau pada artikel-artikel dari para ustadz.
1. Yajuj Majuj
Yajuj Majuj adalah kelompok manusia seperti manusia biasa. Mereka akan menyerang umat manusia lain dan mengeringkan air. Bumi akan dilanda kekacauan saat mereka hadir. Lalu mereka dibinasakan oleh Allah setelah doa Nabi Isa 'alayhissalam.
2. Adapun binatang bumi, adalah seperti yang difirmankan Allah ta'ala

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An Naml : 82)

Ini adalah hewan khusus, yang baru akan muncul menjelang kiamat. Dalam hadits dikatakan bahwa hewan ini akan memberi tanda pada orang yang beriman dan juga tanda (berbeda) pada orang kafir.

Q : Ustadz, jurang 'Adn itu di mana?
A : Jurang Adn, jika digabungkan dengan hadits lain, maka letaknya adalah di daerah Yaman. Api ini akan menggiring manusia sehingga manusia semuanya berkumpul di satu tempat, lalu terjadilah kiamat.

Q : Ustadz yang dimaksud asap dalam 10 tanda besar kiamat itu asap yang seperti apa dan bgaimana???  Apakah asap yang ada di kota lain yang sedang terkena musibah adanya asap termasuk di Riau itu yang termasuk ..
A : Asap yang disebutkan di sini adalah asap terkait tanda besar kiamat. Sedangkan asap di Riau tidak ada kaitannya dengan tanda kiamat.
Perlu diingat lagi bahwa tanda-tanda besar kiamat artinya kiamat sudah benar-benar di depan mata, dan tanda-tandanya akan terjadi sambung menyambung (dajjal, nabi isa, dst).
Jadi, asap di Riau tidak ada hubungannya. Adapun asap yang akan menjadi tanda kiamat, disebutkan dalam Tafsir ath Thabari bahwa
“Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ رَبَّكُمْ أَنْذَرَكُـمْ ثَلاَثًا: الدُّخَانَ يَأْخُذُ الْمُؤْمِنَ كَالزَّكْمَةِ، وَيَأْخُذُ الْكَافِرَ فَيَنْتَفِخُ حَتَّى يَخْرُجَ مِنْ كُلِّ مَسْمَعٍ مِنْهُ.

“Sesungguhnya Rabb kalian telah memperingatkan kalian akan tiga hal : asap yang membuat orang mukmin pilek dan membinasakan orang kafir, lalu dia mengembung hingga asap itu keluar dari setiap lubang pendengarannya.”

wallahu a'lam.

Kita akhiri dulu kajian kita.. Sudah masuk waktu zuhur
Walhamdulillahirabbil alamin


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”




Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment