Home » , » TIPS BAGAIMANA BEKERJA YANG EFISIEN

TIPS BAGAIMANA BEKERJA YANG EFISIEN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, September 10, 2015

Image result for animasi multitasking
Ada beberapa tips agar waktu yang kita gunakan untuk beraktivitas menjadi efisien.

1. FOKUS

 Fokus pada satu tugas pada satu waktu. Hindari melakukan pekerjaan secara multitasking.
Jangan memulai beberapa tugas sekaligus secara bersamaan (multitasking). Bekerja secara multitasking  tidak akan membuat kita bisa selesai lebih cepat dan lebih baik.
Jika tubuh sudah meminta untuk istirahat, beristirahatlah, jika sudah mengantuk karena lelah, tidurlah
Namun pada saatnya kita bekerja, bekerjalah yang optimal, jangan bersantai-santai apalagi tidur di waktu kerja
Untuk membantu kita fokus menyelesaikan satu pekerjaan pada satu waktu, bisa menggunakan tools seperti pomodoro
http://www.lifehack.org/articles/productivity/the-pomodoro-technique-is-it-right-for-you.html

2. BERSIHKAN PIKIRAN AGAR SIAP MELAKSANAKAN TUGAS

Jika akan memulai menuntaskan satu tugas, sebelumnya bersihkan dulu pikiran kita. Lupakan dan lepaskan pikiran lain yang mengganggu konsentrasi. Jika masalah yang mengganggu pikiran cukup besar, seningga tak bisa ditinggalkan begitu saja, tunda dulu dari melakukan tugas/pekerjaan. Tuntaskan dulu hal tersebut sehingga tak lagi mengganggu pikiran saat mulai bekerja.

Jika ada sesuatu yg menarik muncul dalam notifikasi email, chat, messenger, tinggalkan saja dulu. Matikan semua hal yang bisa mengganggu pikiran, seperti twitter, facebook, dll yang perbincangannya atau malah perdebatannya membuang-buang waktu dan merusak konsentrasi dan mood saat bekerja cara lain yang bisa membantu membersihkan pikiran sebelum memulai bekerja, misalnya dengan melakukan olahraga ringan sebelum berangkat kerja.

skali lagi, hindari twitter dan kawan-kawannya saat bekerja. Diawal kita akan merasa hanya butuh waktu satu dua menit saja, kemudian ternyata twitter facebook dan kawan2nya akan menyita banyak waktu dan energi kita di waktu kerja. hindari multi tasking seperti itu.

3. SELALU MERASA BODOH

 Ketika kita merasa pongah dan pandai, kita akan sulit menerima masukan dan saran dari orang lain

4. HILANGKAN EGO

Ketika kita menghilangkan ego, maka kita akan mudah menerima masukan dari orang lain, entah dia lebih ahli dari kita, sehingga kita tidak merasa diajari, atau orang lain itu seorang newbie, karena kita bisa mendapatkan pelajaran dari siapa saja.
Terkadang ego membuat kita bekerja lebih lama, karena malu bertanya/meminta bantuan kepada orang lain yang lebih ahli, atau risih meminta bantuan kepada orang lain yang lebih junior dari kita.

5. NIKMATI HARI INI

Nikmati pekerjaanmu hari ini, sesulit apapun kondisinya, karena kita tidak perlu menunda kebahagiaan sampai sekian puluh tahun ketika kita berpikir kita sudah berada di puncak karier. Have fun...
Jika kita merasa sama sekali tidak pernah bahagia apalagi merasa selalu tertekan bekerja di suatu tempat, mungkin sudah saatnya berpikir untuk mencari tempat kerja yang baru.

6. TUTUP MULUT

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu mengobrol kesana kemari di jam kerja, yang membuat waktu kita terbuang percuma. Apalagi terlibat perdebatan panjang untuk hal yang remeh temeh.

7. CARE DAN AWARENESS

Ketika datang masa mendekati deadline dan lembur panjang, perhatikan kondisi fisik, kesehatan, dan asupan makanan. Ketika kita diminta melakukan pekerjaan sepele, berhentilah menggerutu, dan lakukan pekerjaan sepele itu dengan kualitas terbaik ...

8. TAU KAPAN MESTI BERKATA "TIDAK"

Jangan sampai semua permintaan kita jawab dengan jawaban YA. Utamakan melakukan tugas yang memang menjadi job desc anda, dan belajarlah untuk menolak permintaan dan memberikan jawaban TIDAK

9. CARILAH KEGIATAN DI LUAR PEKERJAAN

Carilah kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, seperti hobby dan kegiatan sosial/dakwah, agar HIDUP LEBIH HIDUP.

Demikian tips ringan malam ini, semoga bermanfaat untuk menyambut aktivitas di esok hari.

TANYA JAWAB

1. Saya banyak yang mengganggu pikiran. Kerjaan berantakan. Saya biasanya, disuruh ini itu dalam 1 waktu, kadang campur sama dimarahi
Jawab :
Buat skala prioritas, coba kerjakan tugas yg lebih penting lebih dahulu. Jangan lupa tingkatkan terus skill, supaya punya bargaining position. Mungkin bisa dicoba kreatif saat melaksanakan tugasnya.
Misalnya, untuk gula diberikan tempat sendiri, jadi setiap orang bisa mengatur sendiri, tapi mbak Dany yg lebih faham situasi di lapangan.

2. Bagaimana cara menghadapi kondisi kerja yang seperti itu?
Jawab :
Mesti buat plan untuk keluar dari situasi spt ini mbak, misalnya mempersiapkan menabung untuk berwirausaha. langkah yang paling dekat misalnya mencoba mencari majikan lain yang kondusif bisa juga membuat rencana bagaimana caranya bisa course/sekolah lagi, berarti bersabar sebentar lagi.
Sekolah lagi untuk meningkatkan jenjang pendidikan, tapi memang nggak semua majikan mendukung stafnya berkembang ya. Pernah ikutan seminar perencana keuangan mbak? misalnya sepertt pak Ahmad Gozali, sepertinya pernah ke hongkong. Disana (Hongkong) perlindungan TKI nya bagus nggak mbak?
secara saya tidak begitu faham lika liku kehidupan TKW disana? Saya hanya sempat sedikit menyimak di film Minggu Pagi di Victoria Park

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kajian Online Hamba الله
Kamis, 10 September 2015
Narasumber : Ustadz Dian Alamanda
Grup : Telegram Umum
Editor : Ana Trienta & Peni Sapta

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!