BERHARAP PADA ALLAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 6, 2015


Bismillahirrahmanirrahiim
Siapa yang ingat kisah ketika nabi ditawarkan kompromi oleh petinggi quraisy untuk berhenti berdakwah secara utuh. Apa jawaban Rasulullah ketika itu?

Rasulullah menjawab (dengan matan yang dinilai dhoif) dengan jawaban berikut:
"Seandainya mereka dapat meletakkan matahari di tangan kanan ku dan bulan di tangan kiri ku agar aku meninggalkan tugas suci ku, maka aku tidak akan meninggalkannya sampai Allah memenangkan (Islam)"

Ada satu penggalan peristiwa lain, yaitu Rasulullah mengabarkan bahwa suatu saat kaum muslimin akan menaklukkan bangsa yang peradabannya paling hebat, yaitu bangsa persia padahal waktu itu Rasulullah dan para sahabat tengah kelaparan

Inilah contoh optimisme yang dibangun di atas kekuatan berharap kepada Allah. seperti dalam ayat 8 surah alam nasyrah : "wa ilaa rabbika farghab..." hanya kepada Rabb mu lah kamu berharap.

Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”(Ghafir:60)

Sebagaimana doa adalah hak eksklusif orang beriman sedangkan usaha dimiliki baik orang beriman maupun orang kafir. Lalu, apa susahnya berharap kepada Allah? susah apa gampang? 

Ternyata pada kebanyakan orang, berharap, berdoa, dan bersimpuh pada Allah tidaklah mudah. Mengapa demikian? karena kita tidak mengenal Allah, kita lupa Dialah yang maha kaya, maha kuasa. Kita sering terlalu bergantung kepada diri sendiri dan manusia, namun lupa bergantung kepada Allah. Inilah sumber kekecewaan yang paling besar.

Kadang kita berharap pada suami, ternyata suami kita sangat mengecewakan, demikian juga sebaliknya. Itulah manusia, jika semakin besar berharap kepada mereka, akan semakin besar kekecewaan. Maka, kenalilah Allah, maka kita akan mudah berharap kepadaNya.

Apa urgensi berharap kepada Allah?

1. Menumbuhkan semangat yang tidak pernah padam
2. memberikan kebahagiaan
3. memberikan ketegaran dalam menghadapi masalah
4. menghindarkan kita dari perasaan hina dan tak berarti
5. mengurangi rasa kecewa kepada sesama

Orang yang berharap kepada Allah, maka ia selalu bersemangat dan selalu optimis
Orang yang berharap kepada Allah akan selalu bahagia dalam setiap situasi dan kondisi
Orang yang berharap kepada Allah tidak akan sedih ketika dihina dan direndahkan
Orang yang berharap kepada Allah tidak akan larut dalam kesedihan dan sakit hati manakala dikecewakan

Namun dalam prakteknya, kita tidak mudah berharap kepada Allah dan menghadapi masalah dengan lapang dada. Bagaimana caranya agar mudah berharap hanya kepada Allah?

1. Ma'rifatullah
2. Taqorrub kepada Allah ( mendekat pada Allah)
3. Memperhatikan, mengingat-ingat dan menghayati rahmat Allah yang bertebaran dalam sepanjang kehidupan kita.

In sya Allah kita akan menjadi lapang dada, lebih bersyukur, dan menjadi lebih sabar. Sebesar apapun masalah kita, ketika berharap kepada yang Maha Besar, masalahpun menjadi ringan dan hati menjadi lapang. Kadang kita melupakan Allah sehingga ujian yang datang bisa jadi jalan kita kembali mendekat kepadaNya. Kita bisa jadi terlalu mencintai dunia, mencintai harta, anak, pasangan, dan lain-lain, sehingga Dia cemburu.

Taqorrub, mendekatlah kepada Allah, maka mudah kita mengingatNya dan berharap kepadaNya, segala kekecewaan, pun akan sirna.

Demikian sharing malam ini, semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 06 Oktober 2015
Narasumber : Ustadz Dian Alamanda
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!