Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

CIRI MUKMIN SEJATI

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Selasa,  13 Oktober 2015
Narasumber : Ustadz Cipto
Rekapan Grup Nanda M108 (Riza)
Tema : Syakhsiyah Islamiyah
Editor : Rini Ismayanti

CIRI MUKMIN SEJATI

بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

Tentang ciri mukmin sejati (QS Al-Mukminun 1-11)
(بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ * الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ * وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ * وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ * وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ * إِلَّا عَلَىٰ أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ * فَمَنِ ابْتَغَىٰ وَرَاءَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْعَادُونَ * وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ * وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ * أُولَٰئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ * الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ)
[Surat Al-Mu'minun 1 - 11]

Terjemahan :
1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman
2. (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya,
3. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada guna
4. Dan orang-orang yang menunaikan zakat,
5. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.
7. Barang siapa yang mencari dibalik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas
8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,
9. Dan orang-orang yang memelihara salatnya.
10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,
11. (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus.Mereka kekal di dalamnya.

REKAP TANYA-JAWAB

Q : Ustadz mau tanya, sholat yang benar-benar khusyuk itu seperti apa ?
A : Sholat khusyuk sederhananya adalah sholat yang menghadirkan hati...tenang dan yang dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar

Q : Demonstrasi menuntut hak-hak rakyat itu apakah termasuk perbuatan yang tiada guna? Sedangkan yang melakukannya orang yang memelihara sholat?
A : Kata siapa ukh? Salah satu cabang iman tertinggi adalah menyampaikan yang hak pada penguasa yang zhalim...jihad bahkan beberapa ulama mengatakannya...
Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ عَدْلٍ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ

Jihad yang paling utama ialah mengatakan kebenaran (berkata yang baik) di hadapan penguasa yang zalim.” (HR. Abu Daud no. 4344, Tirmidzi no. 2174, Ibnu Majah no. 4011. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini ahsan).

Q : Ustadz klu kita sholat dengan mata terpejam dengan tujuan untuk tenang dan konsentrasi itu gimana hukumnya ?
A : Sholat dalam kitab fiqh dianjurkan dengan mata terbuka, bahkan sebagian ulama melarang menutup mata dengan alasan demikian...wallahu alam.

Q : Ustadz, mau bertanya,,
1.  Gimana kalau sholat tapi di depan kita ada kucing semisalnya,,,  bolehkah kita menggesernya ustadz ,karena takut ngga khusyu,,?
2. Ana suka denger ada hadist yang menyebutkan "barangsiapa berpuasa di akhir dhulhijah dan diawal muharam. maka diampuni dosanya selama 50th.
Apakah hadist nya shohih ustadz,,?
Jazakallah ustadz,,,
Jawab :
Waalaykumsalam
1. Klo sebelum solat boleh ajah..malah sangat dianjurkan untuk menghilangkan semua syak atau hal yang mungkin akan menganggu...bahkan nabi mengajarkan jika makanan sudah terhidang disuruh makan dulu daripada sholat....
2. Setelah di lihat d contekan dan dibantu syeikh google...hadist tsb maudhu alias palsu...dengan beberapa keterangan perawi yang ganjil dst.
Web : 
https://abufawaz.wordpress.com/2011/11/28/hadits-hadits-lemah-dan-palsu-tentang-keutamaan-amalan-amalan-di-bulan-muharram-bagian-ke-2/

Q : Ustadz misalnya kita menjabat sebagai ketua dalam suatu organisasi dengan janji yang telah di ucapkan, tetapi janji itu belum bisa ditepati sampai habis masa jabatan jadi ketua organisasi tsb, itu kita harus gimana ?
A : Bantulah sodaramu memenuhi jaanjinya....adapun jika tidak dapat menunaikannya berikan kemudahan buatnya...biasanya akhir tahun kepengurusan buat laporan ya?...

Q : Mau tanya ustadz, jika ada seseorang diberi amanah, tapi yang diberi amanah ini tidak yakin bahwa dia bisa dengan baik menjalankan amanahnya dengan baik.  Tapi yang memberi amanat percaya dengan yang diberi amanat.. bgaimna sebaiknya ustadz?
A : Sama dengan pertanyaan sebelumnya...yuk dibantu...termasuk presiden kita yuuk dibantu....jangan asal kritik aja tapi ada usulan solusi kecuali ybs tidak mau dibantu and sotoy...tugas kita brikutnya mengingatkan balik ke hadist dari abu said alhudri. Cukup jelas kan begitulah Islam mengajarkan kepada kita bahwa sesungguhnya Islam itu begitu indah nilai ukhuwahnya juga jadi perhatian terutama dalam hal tolong menolong dalam melaksanakan amanah

Q : Ustadz maaf klu sekiranya kluar dari tema..benarkah doa awal tahun itu bid'ah ?
A : Doanya atau ritualnya? Kalau doanya sih sah-sah saja sementara kalo ritualnya dianggap sebagai ibadah itu yang dikategorikan bid'ah


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ