Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KELAINAN PADA SALURAN TUBA

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Jumat,  16 Oktober 2015
Narasumber : Ustadzah Aprie
Rekapan Grup Nanda M107 (Tira)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


KELAINAN PADA SALURAN TUBA

Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan antara ovarium (indung telur) dengan rahim pada mamalia (termasuk pada manusia). Fungsi Tuba falopi adalah menangkap dan membawa sel telur dari ovarium ke rahim serta sebagai tempat pertemuan antara sel telur dengan sperma.

Beberapa penyakit dapat mempengaruhi tuba dan mengganggu fungsinya. Karena fungsinya yang vital yaitu membawa sel telur yang dibuahi ke rahim maka jika terjadi gangguan pada organ ini sering menimbulkan infertilitas. Beberapa penyakit yang dapat muncul pada tuba falopi diantaranya:

Endometriosis
Adalah implantasi lapisan dalam rahim di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Lapisan bagian dalam rahim ini disebut endometrium, paling sering tumbuh di panggul dekat rahim tetapi dapat juga tumbuh dibagian-bagian lainnya termasuk pada tuba falopi.
Mengikuti siklus menstruasi, lapisan endometrium yang berimplantasi pada tuba ini dapat meluruh setiap bulan. Perdarahan pada tuba menyebabkan iritasi yang pada akhirnya mengarah pada pembentukan jaringan parut pada tuba. Jaringan parut yang terbentuk pada tuba menghalangi perjalanan sperma untuk membuahi sel telur akibatnya sering terjadi infertilitas.
Endometriosis dapat diturunkan. Resikonya meningkat pada wanita dengan rahim yang abnormal, wanita yang melahirkan pertama kali pada usia di atas 30 tahun dan ras kulit putih.

Penyakit radang panggul
Nama lainnya pelvic inflamatory disease (PID) atau salphingitis adalah penyakit peradangan pada tuba yang 90-95% disebabkan karena penyakit menular seksual seperti gonore, mikoplasma, stafilokokus, streptokokus dan klamidia. Peradangan biasanya menyerang kedua tuba kanan dan kiri dan dapat menyebar ke selaput rongga perut sehingga menyebabkan peritonitis.
Masuknya bakteri penyebab PID juga bisa karena prosedur kebidanan seperti pasang IUD, persalinan, aborsi, biopsi endometrium dll. Penyakit radang panggul ini juga sering menyebabkan infertilitas karena peradangan pada tuba akan meninggalkan jaringan parut yang menghambat transportasi sel telur dan sperma. Timbulnya jaringan parut ini terjadi pada satu dari sepuluh wanita yang mengalaminya.

Hidariosalping
Pembengkakan tuba falopi karena berisi cairan. Infeksi panggul dan endometriosis keduanya dapat menyebabkan hidariosalping. Cairan yang terdapat pada penyakit hidariosalping diperkirakan bersifat racun terhadap embrio dan lapisan rahim.

Torsi Tuba
Adalah berputarnya saluran tuba. Semakin hebat perputarannya maka semakin besar kerusakannya karena aliran darah terhambat dan mengakibatkan kerusakan jaringan karena kekurangan oksigen. Meskipun jarang terjadi tetapi torsi tuba folopi dapat terjadi pada semua umur mulai sebelum pubertas, setelah ovulasi siklus menstruasi, saat hamil atau setelah menopause.

REKAP TANYA-JAWAB

Q : Saya mau bertanya apakah minum susu itu wajib bagi setiap ibu hamil?
A : Sebenarnya tidak wajib jika ibu mampu memenuhi asupan nutrisi asam folat dan vitamin lainnya..lebih oke lagi asupannya dari sayuran dan buah-buahan..
Namun jika kondisi ibu sulit dalam memenuhi nutrisi semisal sulit makan sayur,buah dan nasi maka susu wajib bagi ibu untuk menambah nutrisi yang seharusnya didapat pada sayuran,buah dan nasi atau lain sebagainya makanan yang bergizi..

Q : Berhubung rasa mual, terkadang saya ganti dengan susu kemasan, sebut saja ultra milk, apakah boleh?
A : Semasa tidak melebihi batas kadaluarsa tidak apa-apa bun.. Hehe,lalu.. Makanan apa saja yang bisa menguatkan janin dan ibu? Sayuran dan buah-buahan, karena sayuran mengandung asam folat. Misalnya daun katuk, bayam, tomat, wortel. Buah yang mengandung asam folat tinggi apel merah, anggur merah, melon, semangka,jeruk dan pisang

Q : Makanan maupun amalan yang dapat mengurangi resiko kecacatan..?
A : Perbanyak tilawah, doa, sholat sunah, khusnudzon pada allah dan harmonis dengan suami agar terhindar dari stress

Q : Bunda kalau setiap haid perut dan pinggang terasa sakit apa itu termasuk penyakit??? Apa yang harus kita lakukan saat sakit itu terasa bunda...syukron bun.
A : Sakit pada saat haid dan sakit pinggang jika berlangsung terus menerus sampai ketergantungan anti nyeri, dan nyerinya sampai tak tertahankan atau sampai tak sadarkan diri ini perlu diwaspadai..namun jika tidak demikian insyllah normal mba..karena memang pada sebagian wanita ketika akan atau sedang mengalami haid akan timbul rasa sakit, itubiasa.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ