Home » , , » KELAINAN PADA SALURAN TUBA

KELAINAN PADA SALURAN TUBA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, October 21, 2015

MUKADIMAH

بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
___________________________
MATERI
Kelainan pada saluran tuba
Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan antara ovarium (indung telur) dengan rahim pada mamalia (termasuk pada manusia). Fungsi Tuba falopi adalah menangkap dan membawa sel telur dari ovarium ke rahim serta sebagai tempat pertemuan antara sel telur dengan sperma.

Beberapa penyakit dapat mempengaruhi tuba dan mengganggu fungsinya. Karena fungsinya yang vital yaitu membawa sel telur yang dibuahi ke rahim maka jika terjadi gangguan pada organ ini sering menimbulkan infertilitas. Beberapa penyakit yang dapat muncul pada tuba falopi diantaranya:

1. Endometriosis

Adalah implantasi lapisan dalam rahim di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Lapisan bagian dalam rahim ini disebut endometrium, paling sering tumbuh di panggul dekat rahim tetapi dapat juga tumbuh dibagian-bagian lainnya termasuk pada tuba falopi. Mengikuti siklus menstruasi, lapisan endometrium yang berimplantasi pada tuba ini dapat meluruh setiap bulan. Perdarahan pada tuba menyebabkan iritasi yang pada akhirnya mengarah pada pembentukan jaringan parut pada tuba. Jaringan parut yang terbentuk pada tuba menghalangi perjalanan sperma untuk membuahi sel telur akibatnya sering terjadi infertilitas. Endometriosis dapat diturunkan. Resikonya meningkat pada wanita dengan rahim yang abnormal, wanita yang melahirkan pertama kali pada usia di atas 30 tahun dan ras kulit putih.

2. Penyakit radang panggul

Nama lainnya pelvic inflamatory disease (PID) atau salphingitis adalah penyakit peradangan pada tuba yang 90-95% disebabkan karena penyakit menular seksual seperti gonore, mikoplasma, stafilokokus, streptokokus dan klamidia. Peradangan biasanya menyerang kedua tuba kanan dan kiri dan dapat menyebar ke selaput rongga perut sehingga menyebabkan peritonitis. Masuknya bakteri penyebab PID juga bisa karena prosedur kebidanan seperti pasa IUD, persalinan, aborsi, biopsi endometrium dll. Penyakit radang panggul ini juga sering menyebabkan infertilitas karena peradangan pada tuba akan meninggalkan jaringan parut yang menghambat transportasi sel telur dan sperma. Timbulnya jaringan parut ini terjadi pada satu dari sepuluh wanita yang mengalaminya.

3. Hidrosalping

Pembengkakan tuba falopi karena berisi cairan. Infeksi panggul dan endometriosis keduanya dapat menyebabkan hidrosalping. Cairan yang terdapat pada penyakit hidrosalping diperkirakan bersifat racun terhadap embrio dan lapisan rahim.

4. Torsi Tuba

Adalah berputarnya saluran tuba. Semakin hebat perputarannya maka semakin besar kerusakannya karena aliran darah terhambat dan mengakibatkan kerusakan jaringan karena kekurangan oksigen. Meskipun jarang terjadi tetapi torsi tuba folopi dapat terjadi pada semua umur mulai sebelum pubertas, setelah ovulasi siklus menstruasi, saat hamil atau setelah menopause.
________________________
TANYA JAWAB

1. Bunda kalau kelainan pada saluran tuba apa bisa dilihat dan dirasakan secara fisik?
Jawab
Biasanya hanya gejala kecil yang sering dirasakan mba, seperti nyeri saat haid, haid datang tidak teratur bahkan bisa sampai tidak datang sama sekali

2. Adakah gejala atau ciri-ciri nya jika orang yang tuba falopinya bermasalah?
Jawab
Gejala dan cirinya hampir sama biasa dirasakan nyeri saat haid bisa sampai tak sadarkan diri,sehingga mengharuskan untuk ketergantungan obat anti nyeri, ini yang lebih berbahaya. Haid tak kunjung datang misal datang tidak teratur, datang 2 bulan sekali, 3, 4, bahkan setahun sekali ini yang patut diwaspadai. Cara menghindarinya jika terdapat keluhan ke 2 nya, segera periksakan diri dengan usg..

3. Bunda berarti sebaiknya tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri haid ya? Kalau seperti kiranti gitu gimana bun?
Jawab
Kalo masih bisa ditahan nyerinya baiknya tidak mba

4. Oh kalo orang yang sudah punya anak dan haidnya 3/4 bulan sekali dan tidak teratur bisa gejala tuba falopi ya bun?
Jawab
Kalo sudah pernah melahirkan biasanya banyak faktor jika haid terlambat itu bisa karena faktor hormonal yang tinggi karena sedang menyusui bisa juga faktor alat kb atau terakhir bisa faktor penyakit diatas tergantung keluhan dan kondisi ibu

5. Kelainan pada tuba falopi apa genetik atau gaya hidup atau bagaimana bun?
Jawab
Bisa terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat, misal makanan, kurang olahrga , kurang menjaga kebersihan dan genetik 50%

6. Saluran tuba tuh apa bu dokter?
Jawab
Saluran tuba adalah saluran tempat tempat bertwmunga sel telur dan sperma
________________________
PENUTUP
Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul  majelis

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH

Hari/Tanggal: Rabu, 21 Oktober 2015
Ustadzah : Apri
Tema : Kesehatan (Kelainan Saluran Tuba)
Tempat : M110
Notulen : Qq
Admin M110:  Qq & Ranie

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!