Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Mari Menjadi Cermin Terbaik Bagi Anak Kita (Part 2)

Embun Pagi

Jumat, 23 Oktober 2015


"Mari Menjadi Cermin Terbaik Bagi Anak Kita (Part 2)"

Ustadzah Rochma Yulika (Pengurus dan Muwwajih Kajian Online Hamba Allah)



Ada beberapa hal yang harus kita penuhi ketika ingin menjadi ibu teladan bagi anak-anaknya.

1. Mendidik anak butuh ilmu
- Ilmu agama adalah sumber pengetahuan maka dari itu dimana saja dan dari mana kita berusaha mencari untuk kita pelajari tentang ilmu agama tersebut.

2. Mendidik anak memerlukan keshalihan orang tua.
- ketika anak kita mulai membuka mata yang pertama dilihat adalah orang tuanya. Kebiasaan yang dilakukan para orang tua akan dicontoh oleh anak-anak kita. Maka mari kita biasakan diri dengan hal yang baik agar anak-anak kita meniru hal yang baik dari diri kita. Itulah keteladanan.

3. Mendidik anak memerlukan keikhlasan.
- semua aktivitas, mari kita niatkan karena Allah swt. Ikhlaslah yang akan menguatkan langkah kita dalam menjalani berbagai kesulitan yang akan kita hadapi dalam mendidik anak-anak kita. Dengan ikhlas pula segala yang dirasa sulit akan menjadi mudah. Segala yang sempit akan terlapangkan.

4. Mendidik anak memerlukan kesabaran.
- Liku-liku dalam mendidik anak butuh kelapangan hati. Menjadi sabar butuh proses. Bersabar menjadi pendengar bagi anak kita, bersabar kala keadaan tak sama dengan yang diharapkan. Menjadi sabar itu butuh penguat yakni keimanan kita yang mendalam kepada Allah dan meyakini setiap episode yang kita lalui tak lepas dari skenario-Nya.

5. Mendidik anak dengan menyertakan Doa.
-  ikhtiar sudah kita lakukan yang menjadi puncak dari segala usaha adalah doa. Doa ibu akan menjadi pembuka kesuksesan anak-anaknya. Kekuatan ikatan batin dari seorang ibu inilah yang mampu menjadikan anak-anak seperti yang diharapkan.

Teringat sebuah catatan dari anakku yang paling besar. Salma Shafiyatu Maulana namanya. Sekitar 4 tahun lalu ketika dia duduk di kelas 5 sd. Tersentuh aku membaca cita-citanya.

Kala teman-teman sebayanya menuliskan cita-cita ingin menjadi seorang dokter, designer, dosen dll. Saat itu aku terpaku membaca cita-citanya. "Ketika aku besar aku ingin menjadi hafidzah, karena aku ingin berkumpul bersama keluargaku di surga". Meleleh kubaca rangkaian kalimat anakku kala itu. Seperti itulah bunda.

Maka mari bersama-sama meneladankan diri, menjadikan diri kita untuk lebih baik agar kebaikan terwariskan pada anak-anak kita. Aamiin..


Div BBnA-HA/A/33/23/X/2015

==========================================

Follow us

twitter : @kajianonline_HA
fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
Web : www.hambaAllah.net
IG : @hambaallah_official


Ayo kirim karyamu

Akhwat

Tuwuh +6281290734391
Anna +6287788217444


Ikhwan

Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466


posted by
EmbunPagi
www.HambaAllah.net