Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MENGENALI DINI GEJALA PENGGUNA NARKOBA

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Rabu,  21 Oktober 2015
Narasumber : Ustadzah dr. Azizah
Rekapan Grup Nanda M105 (Dyah)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


MENGENALI DINI GEJALA PENGGUNA NARKOBA

Aslmkm wr wb...
Shobahul khoir ukhtifillah....
Kali ini ana mau share tentang pengguna narkoba ya... Kan ini pemerintah juga lagi booming masalah rehabilitasi... Siapatau ukhtifillah juga bisa jadi salah satu orang yang care terhadap lingkungan sekitar, sehingga mereka bisa ditolong dan dberikan terapi yang tepat ya...
Berikut adalah keterangan seputar narkoba...
Efek narkotika tergantung kepada dosis pemakaian, cara pemakaian, pemakaian sebelumnya dan harapan pengguna. Selain kegunaan medis untuk mengobati nyeri, batuk dan diare akut, narkotika menghasilkan perasaan “lebih membaik” yang dikenal dengan eforia dengan mengurangi tekanan psikis. Efek ini dapat mengakibatkan ketergantungan. tanda tanda fisik, dapat dilihat dari tanda – tanda fisik si pengguna, seperti :
1. Mata merah
2. Mulut kering
3. Bibir bewarna kecoklatan
4. Perilakunya tidak wajar
5. Bicaranya kacau
6. Daya ingatannya menurun

Ada pun tanda – tanda dini anak yang telah menggunakan narkotik dapat dilihat dari beberapa hal antara lain :
1. Anak menjadi pemurung dan penyendiri
2. Wajah anak pucat dan kuyu
3. Terdapat bau aneh yang tidak biasa di kamar anak
4. Matanya berair dan tangannya gemetar
5. Nafasnya tersengal dan susuh tidur
6. Badannya lesu dan selalu gelisah
7. Anak menjadi mudah tersinggung, marah, suka menantang orang tua

Lalu bagaimana mengetahui bahwa anggota keluarga jadi pecandu obat terlarang itu? Mardan Sadzali memberikan ciri-ciri yang mudah diketahui pada pecandu narkoba.
• Pecandu daun ganja : Cenderung lusuh, mata merah, kelopak mata mengattup terus, doyan makan karena perut merasa lapar terus dan suka tertawa jika terlibat pembicaraan lucu.
• Pecandu putauw : Sering menyendiri di tempat gelap sambil dengar musik, malas mandi karena kondisi badan selalu kedinginan, badan kurus, layu serta selalu apatis terhadap lawan jenis.
• Pecandu inex atau ekstasi : Suka keluar rumah, selalu riang jika mendengar musik house, wajah terlihat lelah, bibir suka pecah-pecah dan badan suka keringatan, sering minder setelah pengaruh inex hilang.
• Pecandu sabu-sabu : gampang gelisah dan serba salah melakukan apa saja, jarang mau menatap mata jika diajak bicara, mata sering jelalatan, karakternya dominan curiga, apalagi pada orang yang baru dikenal, badan berkeringat meski berada di dalam ruangan ber-AC, suka marah dan sensitif

TANYA JAWAB

Q : Mau tanya point pecandu daun ganja=>suka tertawa saat pembicaraan lucu, maksudnya gimana dok? Yang bukan pecandu pun suka tertawa juga saat ada pembicaraan lucu...
A : Tertawa yang patologis Bu, maksudnya bisa berlebihan, atau kadang kalau pembicaraan itu sudah selesai, dia masih suka tertawa-tertawa sendiri. Dan biasanya gejala yang muncul itu tidak sendirian Bu, didukung dengan gejala lainnya...

Q :Dokter, bagaimana dengan digital drugs yang sekarang rame? Jadi itu apps di smartphone yang bisa bikin nge fly gitu. Pencegahan bagaimana ya dok?
A : Sebenernya untuk gadenganet sendiri kan harus dibatasi ya pemakaiannya, ndak boleh berlebihan, Dan diusahakan pemakai gadenganet sendiri untuk anak yang sudah bisa kita pahamkan. Fenomena yang terjadi saat ini kan, anak-anak kecil sudah banyak yang pegang gadenganet tanpa tau aplikasi tertentu dan jarang kita dampingi. Hal ini biasanya yang memicu peluang digital drug itu masuk. Selain itu juga, mengenalkan anak tentang bahaya narkoba bisa kita infokan ke mereka sekaligus membentengi mereka. Ilmu agama dsini sangat penting, kita harus mendidik mereka agar memiliki mindset - Allah selalu melihat/mengawasi kita, kita (ayah+Ibu) harus senantiasa aktif ngajak bicara mereka sambil menyusupi nilai-nilai agama ke mereka.. Karena sebenernya kebanyakan mereka pengguna adalah mereka yang dekat tapi jauh dengan ortunya, serumah tapi hati sang anak kosong. Mereka dibiarkan diam dengan HP/computer tanpa pernah dipantau dan tanpa mendapat sentuhan orang tua. Mari sering bacakan cerita/kisah nabi-nabi sebelum mereka tidur, sambil kita tanamkan ilmu-ilmu agama/fenomena masyarakat sekarang/bahaya narkoba/apapun, belai dan cium mereka saat mau tidur... Memang masa muda cenderung ingin tau, tapi biasanya kalau mereka sudah percaya sama orang tua dan merasa Allah bersama dia. Insya Allah kalau ada apa-apa, mereka akan lapor ke kita. Jadi kita usahakan bisa menjadi orang tua yang bisa dipercaya anak kita. DOA orangtua juga sangat penting ya bun... Sesungguhnya sebaik-baik penjaga dan penolong adalah Allah, maka jangan lupa minta penjagaan dari Allah ya, karena yang pasti, kita tidak bisa ngawasi mereka 24 jam... Wallahu 'alam.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ