Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Syafa'at Al-Qur'an Pada Hari Akhir

بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ 
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

Berikut ini materi kajian yang akan kita bahas, dengan tema "Syafa'at Al Qur;an Pada Hari AKhir".

معاذٍ الْجُهَنِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ :مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ، أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ، ضَوْءُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوتِ الدُّنْيَا، لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ بِهَذَا رواه أبو داود 
  
Mu’az al-Juhani ra berkata: Rasulullah saw bersabda:
Barangsiapa membaca al-Qur’an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, maka pada hari kiamat nanti, kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari yang menyinari rumah-rumah kalian. Kalaulah hal itu terjadi pada diri kalian, bagaimana halnya terhadap yang mengerjakannya.
HR. Abu Dawud (hadis no. 1241). Dalam

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam di antaranya bersabda:
فَوَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ! مَا مِنْ أَحَدٍ مِنْكُمْ بِأَشَدَّ مُنَاشَدَةً للهِ فِى اسْتِضَاءَةِ الْحَقِّ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ للهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لإِخْوَانِهِمُ الَّذِيْنَ فِى النَّارِ. يَقُوْلُوْنَ : رَبَّنَا! كَانُوْا يَصُوْمُوْنَ مَعَنَا وَيُصَلُّوْنَ وَيَحُجُّوْنَ. فَيُقَالُ لَهُمْ : أَخْرِجُوْا مَنْ عَرَفْتُمْ. فَتُحَـرَّمُ صُـوَرُهُمْ عَـلَى النَّارِ. فَيُخْرِجُوْنَ خَلْقًا كَثِيْرًا قَدْ أَخَذَتِ النَّاُر إِلَى نِصْفِ سَاقَيْهِ وَإِلَى رُكْبَتَيْهِ
"Demi Allah Yang jiwaku ada di tanganNya. Tidak ada seorangpun diantara kamu yang lebih bersemangat di dalam menyerukan permohonannya kepada Allah untuk mencari cahaya kebenaran, dibandingkan dengan kaum Mu'minin ketika memohonkan permohonannya kepada Allah pada hari Kiamat untuk (menolong) saudara-saudaranya sesama kaum Mu'minin yang berada di dalam Neraka. Mereka berkata : "Wahai Rabb kami, mereka dahulu berpuasa, shalat dan berhaji bersama-sama kami". Maka dikatakan (oleh Allah) kepada mereka : "Keluarkanlah oleh kalian (dari Neraka) orang-orang yang kalian tahu!" Maka bentuk-bentuk fisik merekapun diharamkan bagi Neraka (untuk membakarnya). Kemudian orang-orang Mu'min ini mengeluarkan sejumlah banyak orang yang dibakar oleh Neraka sampai pada pertengahan betis dan lututnya
[HR. Bukhari dan Muslim]
قال: إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له، رواه مسلم،

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA JAWAB 
1.Ustadz mau tanya,berarti orang mukmin bisa memberi syafaat yah pada hari akhir? Bisakah syafaat itu di berikan kepada orang yang tidak terlalu baik imannya?
JAWAB : Berdasarkan hadits itu bisa.

2. Ustadz saya mau tanya saya pernah baca hadist yang intinya tingkatan syurga yang akan kita masuki tergantung ayat terakhir yang kita baca ( mhon koreksi jika salah) itu maksudnya tilawah kita atau hafalan kita ?
JAWAB : hadits tersebut dari jalur Tirmidzi dinyatakan hasan
namun Bukhari dan Muslim riwayat hasan yang disampaikan oleh Tirmidzi biasanya dinyatakan dho'if.
kenapa ana membahas hal tersebut sebelum menjawab pertanyaan, adalah agar kita jangan merasa terbebani dalam beribadah, ana takut sebagian besar dari kita akan menjadi futur ketika menjadikan hal ini sebagai beban.
surga adalah hak prerogatif Allah جل جلا له, jadi perbanyaklah beramal, karena kita tidak tahu amalan mana yang akan menghantarkan kita ke surganya Allah جل جلا له
wallahu'alam
3. Apa saja kriteria manusia mukmin yang dapat menolong dan yang dapat ditolong oleh sesama mukmin ketika di hari akhir nanti ?
JAWAB : tidak ada satu orangpun yang dapat memberi syafa'at di hari kiamat kecuali dengan izin Allah جل جلا له
lihat QS. al-Baqarah : 255, al-Anbiyaa' : 28, Thaahaa : 109, az-Zukhruf : 86, an-Najm : 26
dalam Hadits Qudsi Allah جل جلا له berfirman: "Para malaikat telah memberi syafa'at, para Nabi (juga) telah memberi syafa'at, dan orang-orang beriman (juga) telah memberi syafa'at, maka tidak tersisa kecuali Zat Yang Maha Penyayang (Allah) ..." (HR. Muslim)
perbanyaklah berkumpul dengan orang-orang yang saleh, karena dengan banyak berkumpul dengan mereka kita ان شاءالله akan terhindar dari bujuk rayu dan tipu daya kenikmatan dunia
wallahu'alam


Baiklah kita cukupkan dulu kajian kita sampai disini. Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dengan membeca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul majelis.
 
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

Doa penutup majelis : 
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Rekapan Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT
Group Nanda 116

Senin, 08 Dzulhijjah 143 6H / 22 Sepetember 2015
Narasumber: Ustadz Endri
Tema: Syafa'at Al-Qur'an Pada Hari Akhir
Notulen: Sari
Admin: Asri & Sari 
Editor : Athariyah