Ketik Materi yang anda cari !!

TIDUR

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 16, 2016

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Rabu,  14 Oktober 2015/ Senin, 18 April 2016/ Senin, 16 Mei 2016
Narasumber : Ustadzah Tri Setyorini
Rekapan Grup Nanda M105 (Hafizh), Bunda M1 (Dewie), M5
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin

TIDUR

Alhamdulillah...hari ini kita bisa sharing. Hari ini temanya tentang "tidur"
Tidur kita lakukan tiap hari tapi tahukah apa & bagaimana tidur itu ?
Tidur dengan miring ke kanan dapat mengurangi beban kerja jantung. Dengan menghadap ke kanan, posisi jantung menjadi rileks dan membuat distribusi darah dapat merata ke seluruh tubuh.


Fungsi tidur
1. Tidur memberi pengaruh fisiologis pada sistem saraf dan struktur tubuh lain.
2. Tidur memulihkan tingkat aktivitas normal dan keseimbangan normal di antara bagian sistem saraf.
3. Tidur juga penting untuk sintesis protein, yang memungkinkan terjadinya proses perbaikan.
4. Peran tidur dalam kesejahteraan psikologis paling terlihat dengan memburuknya fungsi mental akibat tidak tidur. Individu dengan jumlah tidur yang tidak cukup cenderung menjadi mudah marah secara emosional, memiliki konsentrasi yang buruk, dan mengalami kesulitan dalam membuat keputusan.

Kebutuhan tidur
1. Bayi  0-1 bulan (Bayi baru lahir )  : 14-18 jam/hari
2. 1-18 bulan (Masa bayi )  : 12-14 jam/hari
3. 18 bulan-3 tahun (Masa anak )  : 1-12 jam/hari
4. 3-6 tahun (Masa prasekolah) :  11 jam/hari
5. 6-12 tahun (Masa sekolah)  : 10 jam/hari
6. 12-18 tahun (Masa remaja)  :  8,5 jam/hari
7. 18-40 tahunv (Masa dewasa) :  7-8 jam/hari
8. 40-60 tahun (Masa muda paruh baya ) :  7 jam/hari
9. 60 tahun keatas (Masa dewasa tua ) : 6 jam/hari

Hal-hal yang mempengaruhi kualitas tidur
1. Sakit
Sakit yang menyebabkan nyeri atau gangguan fisik dapat menyebabkan masalah tidur. Orang yang sakit memerlukan tidur yang lebih banyak dibandingkan keadaan normal. Kondisi pernapasan dapat menganggu tidur individu. Napas pendek sering kali membuat sulit tidur dan orang yang mengalami sumbatan hidung atau drainasesinus dapat mengalami masalah pernapasan dan kemudian dapat membuatnya sulit tidur. Gangguan endokrin tertentu juga dapat memengaruhi tidur. 
2. Lingkungan
Lingkungan dapat mempercepat atau memperlambat tidur. Setiap perubahan misalnya, suara bising dilingkungan dapat menghambat tidur. Ketiadaan stimulus yang biasa atau keberadaan stimulus yang tidak biasa dapat mencegah orang untuk  tidur. Ketidaknyamanan akibat suhu lingkungan dan kurang ventilasi dapat memengaruhi tidur. Kadar cahaya dapat menjadi faktor lain yang berpengaruh. Seseorang yang terbiasa tidur dalam gelap mungkin sulit tidur pada keadaan terang.
3. Letih
Diperkirakan bahwa orang yang letih sedang biasanya mengalami tidur yang tenang.
4. Gaya hidup
Seseorang yang jam kerjanya bergeser dan sering kali berganti jam kerja harus mengatur aktivitas untuk siap tertidur disaat yang tepat. Olah raga sedang biasanya kondusif untuk tidur. Kemampuan seseorang untuk untuk relaks sebelum istirahat adalah faktor terpenting yang memengaruhi kemampuan untuk tertidur.
5. Stress Emosional
Ansietas dan depresi sering kali mengganggu tidur. Seseorang yang pikirannya dipenuhi dengan masalah pribadi mungkin tidak mampu relaks.
6. Stimulan dan Alkohol
Minuman yang mengandung kafein bekerja sebagai stimulant sistem saraf pusat, sehingga memengaruhi tidur .
7. Diet
Penurunan berat badan telah dihubungkan dengan pengurangan waktu tidur total serta tidur yang terputus dan bangun tidur lebih awal. Di sisi lain, pertambahan berat badan tampak berhubungan dengan peningkatan total waktu tidur, berkurangnya tidur yang terputus, dan bangun tidur lebih lambat. L-triptofan dalam makanan, misalnya, dalam keju dan susu dapat menginduksi tidur, sebuah bukti yang mungkin dapat menjelaskan mengapa susu hangat membatu seseorang untuk tidur.
8. Merokok
Nikotin memiliki efek stimulant pada tubuh, dan perokok sering kali lebih sulit tertidur dibandingkan orang normal. Perokok biasanya mudah terbangun dan seringkali menggambarkan diri mereka sebagai orang yang tidur diwaktu fajar. Dengan tidak merokok setelah makan malam, seseorang biasanya dapat tidur dengan lebih baik. Terlebih lagi, banyak orang yang dahulunya perokok melaporkan bahwa pola tidur mereka membaik setelah mereka berhenti merokok.
9. Motivasi
Keinginan untuk tetap terjaga sering kali dapat mengatasi rasa letih seseorang. Misalnya, seorang yang sudah lelah mungkin dapat tetap terjaga saat menghadiri konser yang menarik. Sebaliknya, ketika seseorang mengalami rasa bosan dan tidak termotivasi untuk tetap terjaga, tidur seringkali terjadi dengan cepat.
10. Obat-obatan
Beberapa obat memengaruhi kualitas tidur. Penyekat-beta diketahui menyebabkan insomnia dan mimpi buruk. Narkotik, seperti meperidin hidroklorida (Demerol) dan morfin menyebabkan sering terbangun dgn rasa ngantuk. 

Agar tidur lebih berkualitas :
1. Usahakan melakukan kegiatan olahraga pagi secara rutin. 
Ini dikarenakan, Olahraga yang anda lakukan setiap pagi akan membantu anda untuk lebih cepat tertidur di malam hari. Sehingga tidur berkualitas dapat anda peroleh dengan sangat mudah.
2. Usahakan membuat jadwal rutin untuk tidur anda setiap malam.
Dengan membuat jadwal waktu tidur malam, maka secara otomatis anda bisa memperoleh tidur yang berkualitas dengan mudah pula.
3. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang terlampau mengenyangkan perut anda di saat akan tidur
Ini dikarenakan, perut yang terlampau sangat kenyang akan mengakibatkan kesulitan untuk tidur. Makan malam yang ringan sangat disarankan untuk membuat tidur malam anda lebih berkualitas.
4. Usahakan mematikan lampu kamar tidur anda sebelum anda tidur malam.
Dengan lampu kamar yang padam akan membuat tidur anda lebih nyenyak. Sehingga tidur berkualitas akan sanggup anda penuhi.
5.   Usahakan untuk tidak membawa ponsel atau handphone di tempat tidur anda. 
Sehingga anda tidak akan melakukan aktivitas seperti menelepon seseorang atau ber sms dengan seseorang yang dapat menganggu jam tidur anda. Sehingga tidur berkualitas dapat dengan mudah anda peroleh dengan menjauhkan ponsel atau handphone dari tempat tidur anda.
6. Jika anda seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer, sebaiknya anda mematikan komputer anda di saat jadwal tidur anda telah tiba. 
Tapi disarankan untuk mengistirahatkan otak dan pikiran anda selama setengah jam sebelum anda tidur. Agar pikiran anda lebih tenang dan tidur anda lebih pulas dan mendapatkan tidur yang berkualitas pula.
7. Kenali kebiasaan anda sebelum tidur.
Sehingga anda akan lebih mudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk dapat tidur tepat waktu dan mendapatkan tidur yang berkualitas pula.

Tidur sehat ala Rasulullah
Waktu Tidur
Sebaiknya kita tidak tidur larut malam dan segera tidur setelah shalat isya. Tidur larut malam atau bahkan begadang, selain dapat mengurangi kualitas tidur tapi juga berpotensi merusak sistem kerja tubuh manusia. Fakta ini berkorelasi positif dengan hadits Rasulullah yang memerintahkan umat Islam untuk segera tidur setelah Shalat Isya. Hadits tersebut berbunyi sebagai berikut :
"Bahwasanya Rasulullah SAW membenci tidur sebelum (shalat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya (begadang)." (HR Bukhari dan Muslim).

Berwudhu Sebelum Tidur
Nah, yang kedua yaitu berwudhu. Rasulullah senantiasa berwudhu sebelum tidur. Dengan berwudhu, dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Kebiasaanberwudhu Rasulullah dijelaskan melalui hadits berikut :
"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur) maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat. " ( HR Bukhari).

Berdoa
Bagi muslimin, doa merupakan sebuah senjata. Pun termasuk ketika akan tidur, Rasulullah menganjurkan kita untuk berzikir dan berdoa sebelum tidur, sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut :
Rasulullah SAW bersabda ,"Barang siapa tidur di suatu tempat tanpa berzikir kepada Allah, maka ia pun akan mendapatkan hal-hal yang ia sesali dari Allah." (HR Abu Dawud).
Rasulullah sendiri memberikan contoh dalam berdoa sebelum tidur. Dalam sejumlah hadits,
Rasulullah ketika akan berbaring membaca doa 
"Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuut." Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim).
Dan ketika bangun, Rasulullah berdoa
"Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuur." Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari)

Posisi Tidur
Nah, tahapan yang satu ini sangat lah penting. Posisi tidur termasuk menentukan kualitas tidur dan sangat mempengaruhi kesehatan. Posisi tidur yang biasa dilakukan Rasulullah dijelaskan melalui hadits yang berbunyi 
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al- Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).
Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa bila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). 

Fungsi posisi tidur miring sebelah kanan sangat menentukan kualitas kesehatan tidur. Berikut ini manfaatnya :
a. Mengurangi beban kerja jantung.
b. Pencernaan menjadi lebih mudah.
Dengan menghadap ke kanan, posisi lambung dan usus dua belas jari menjadi menghadap ke bawah. Posisi ini dapat membantu kerja lambung. Dengan adanya gaya gravitasi sebab mulut lambung menghadap ke bawah. Selain itu, dapat mempermudah kerja batang tenggorokan di sisi kiri yang membantu organ ini menghasilkan lendir dengan cepat.

Posisi Tangan
Ketika tidur, Rasulullah SAW senantiasa meletakkan tangan kanannya di bawah pipi sebelah kanan. Hal ini diperkuat dengan hadits yang berbunyi 
"Rasulullah SAW apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya." ( HR Abu Dawud ).

Meski tidur memiliki sejumlah manfaat, namun Rasulullah selalu mengingatkan kita untuk mengurangi tidur di 2/3 malam dengan menjalan Shalat Sunnah Tahajud. Hal ini dijelaskan Rasulullah dengan hadits yang berbunyi "Hendaklah kalian bangun malam sebab itu kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian.
* dikutip dari berbagai sumber*
Moga bermanfaat

TANYA - JAWAB

M105
Q : Bunda saya mau tanya kalo abis QL tidur lagi trus pagi nya ngantuk sampe siang,padahal jam 9 malam udah tidur.. itu penyebabnya apa ya bun?
A : Rasa kantuk berlebihan biasanya disebabkan oleh pola tidur yang salah atau tidak tepat, seperti bergadang, terlalu lelah, kebosanan , stres/depresi atau karena beberapa penyakit.
Beberapa hal yang dapat bisa lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk :
a. Tidur cukup
Bila tidur kurang  , bisa jadi penyebab  merasa selalu mengantuk, bahkan boleh dikatakan super ngantuk. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada jam 9 malam, karena waktu tersebut merupakan waktu paling optimal untuk tidur. Selain membantu menghilangkan rasa kantuk , tidur cukup menurut penelitian juga dapat menghilangkan berbagai penyakit lainnya, seperti stress, darah tinggi dan lain-lain.
b. Minum air putih
Banyak menguap menandakan bahwa kita mengantuk juga menandakan bahwa kita kekurangan oksigen ke otak. Hal tepat yang bisa dilakukan adalah meminum banyak air putih. Air putih mengandung oksigen, sehingga asupan oksigen ke dalam tubuh kita lebih banyak dan kita dapat kembali berkonsentrasi.
c. Melakukan olah raga ringan
Olah raga ringan tidak hanya jogging. Berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan juga merupakan olah raga ringan. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.
d. Mencuci muka dengan air dingin
Mencuci muka dengan air dingin selain menyegarkan juga menghilangkan rasa kantuk yang melanda. Namun jika rasa kantuk sudah tidak bisa dihilangkan sama sekali, terlelap selama 5-6 menit tidak ada salahnya.
e. Cobalah ganti posisi tubuh
Jika masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk  yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk.  bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki. Menegakkan punggung dapat membuat  lebih berkonsentrasi sehingga kita kembali fokus dan rasa kantuk itu terusir dengan sendirinya. Atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.
f. Tarik nafas
Ketika menguap berarti kadar oksigen dalam otak sedang berkurang. Karena menguap juga merupakan salah satu ciri sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian embuskan selama 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali sampai membuat  merasa segar kembali. 

Q : Bun minum air putih minimal 8 gelas sehari,nah yang mau saya tanyakan 8 gelas sehari itu ukuran gelas air mineral kah? Ato semua ukuran gelas besar maupun kecil?
A : 8 gelas itu sekitar 1,5 - 2 liter perhari

Q : Saya gampang sekali mengantuk, klo diam sedikit, lagi ga ngapa-ngapain koq mudah mengantuk ya bun? Kayaknya tidur saya cukup
A : Proses mengantuk  merupakan hasil dari peninggian hormon melatonin , yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak, sebagian disekresikan di lambung dan usus. Saat kita merasa nyaman Melatonin ini meninggi juga saat mata menangkap kegelapan, dan menurun saat mata menangkap cahaya.  Atau juga karena kita kelelahan juga bisa menyebabkan mengantuk, jadi penuhi hak tubuh untuk istirahat.

Q : Afwan,izin bertanya Bunda. Gimana dengan orang yang hanya tidur 2 jam/hari,apakah ini tidak bagus untuk kesehatannya dan termasuk mendzolimin dirinya sendiri? Walaupun orang tersebut tetap fit dan bugar. Bagaimana dengan orang yang terkena insomania/sulit tidur,adakah tips/kiat untuk menghilangkan insomania ini?
Q : Menyambung prtanyaan.. iya.. saya insomnia.. jadi klo pengen tidur, siangnya harus banyak kegiatan dan cape dulu. Baru bisa tidur nyenyak. Klo gak, susah tidur mskipun lampu sudah dimatiin dan udah sepi. Itu gimana ya?
A : Tidur itu alami dan mudah. Jika memaksakan untuk tidur, akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan  akan mengantuk dengan sendirinya. Harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata  segera merasa mengantuk. Jika hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia  tidak akan teratasi. Seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik  sebagai awal untuk tidur. Hindari minuman yang membuat  terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan  terjaga yang tentu saja tidak diperlukan bila anda ingin tidur.
Sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur  karena akan selalu terbawa dipikiran ketika ingin tidur. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya.
Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya. Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan  kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya.
Kurang istirahat yang dibiarkan berulang & terus menerus akan berakibat tidak baik bagi kesehatan. Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Beberapa tips untuk mengatasi insomnia :
1. Berolah raga teratur.
Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.  Dengan berolah raga, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
2. Pahami manfaar tidur
3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan  kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.
4. Menerima bahwa kita butuh tidur  dalam sehari, jangan memotong waktu tidur  karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur
5. Jangan memaksakan untuk tidur,
6. Siapkan untuk tidur
7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi
8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan
9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang dihadapi.
10. Konsultasikan dengan dokter
Jika tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit,, bernapas masalah atau masalah jantung.
11. Jernihkan pikiran
Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran 
12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.


M1
Q : Makanan apa yang perlu di konsumsi sebelum tidur? Karena biasanya kalau perut ga berisi penuh... suka sulit tidur
A : Makanan yang sebaiknya dimakan menjelang tidur :
1. Kedelai
Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino. 
2. Gandum utuh
Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses di otak. Selain roti gandum, juga bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari beras merah , oatmeal gandum. 
3. Susu hangat rendah lemak
Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat membuat relaksasi.
4. Buah dan sayur
Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, . Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis , brokoli.

Q : Nasi ga baek ya?
A : Makanan berat lebih baik 2-3 jam sebelum tidur.

Q : Mau tanya "Tidur yang berkualitas" yang kaya apa?
A : Indikator paling mudah untuk mengetahui apakah tidur kita berkualitas adalah dengan merasakan apa yang di rasakan saat bangun tidur. Apabila  terbangun dengan perasaan segar atau fresh, dan keadaan siaga itu tandanya memiliki tidur yang berkualitas. Hal sebaliknya apabila bangun tidur dengan kondisi masih ngantuk atau ingin tidur kembali, tidak fokus, dan sedikit emosi, hal tersebut dapat menjadi tanda menderita gangguan tidur

Q : Mendengkur dalam tidur itu...apakah indokator klo sistem pernafasannya tidak sehat ?
A : Faktor yang mempengaruhi mendengkur saat tidur 
1. Usia
Seiring bertambahnya usia yang semakin tidak muda lagi, tenggorokan akan menjadi sempit dan kekencangan otot di tenggorokan akan menurun.
2. Masalah Pada Hidung dan Sinus
Udara yang terhalang masuk akibat permasalahan pada hidung dapat membuat proses pernapasan menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan seseorang tidur mendengkur.
3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga berlaku pada pengonsumsian obat-obatan tertentu.
4. Kondisi Tubuh Tertentu
Pria memiliki saluran udara yang sempit dibandingkan dengan wanita, jadi kemungkinannya pria lebih mungkin mendengkur. Tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.
5. Posisi Tidur
Tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara, sehingga dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.
6. Kelebihan berat badan (Obesitas) 
Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran. 

Q : Kalau pagi-pagi sudah tidur itu ga baik ya ustadzah? Alasannya apa?
A : Tidur di pagi hari bisa menyebabkan :
1. Gaya Hidup Tidak Sehat
Pagi hari merupakan awal untuk memulai hidup sehat dengan melakukan aktivitas kecil, olahraga, dan sarapan bergizi. Selain itu, sinar matahari di pagi hari yang mengandung Vitamin D tentu sangat baik untuk kebugaran tulang manusia.
2. Menyia-nyiakan Waktu dan Kesempatan
Memang sangat nyaman ketika tidur di pagi hari, tetapi kebiasaan tidur di pagi hari sama halnya melewatan waktu dan kesempatan emas untuk memulai hidup sehat dan bahagia. Padahal banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengawali hari dengan beberapa aktivitas kecil. 
3. Tubuh Menjadi Terasa Lemas, Lelah, dan Pegal
Jika tidur di pagi hari lalu bangun agak siang, biasanya otot-otot pada sekujur tubuh terasa kaku dan tulang-tulang di persendian juga nyeri, tubuh terasa seperti menerima banyak pukulan. Ini yang memicu tubuh  menjadi lemas dan sangat pegal. Bahkan ketika  melakukan sedikit aktivitas kecil,  akan merasa sangat lelah dan ingin kembali membaringkan tubuh di atas ranjang.
4. Malas Untuk Melakukan Aktivitas
Karena tubuh terasa lelah, lemas, dan pegal setelah bangun siang,  tentu akan merasa sangat malas untuk memulai aktivitas dan berpikir. Biasanya setiap aktivitas yang dilakukan setelah bangun siang terasa tidak nyaman dan membosankan, ini tentu karena rasa malas dan juga badan lemas akibat tidur di pagi hari.
5. Kepala Terasa Berat dan Pusing
Selain tubuh terasa lemas, lelah, pegal, dan malas, kepala akan terasa berat dan sedikit pusing ketika bangun dari tidur pagi hari. Pusing dan sakit kepala ini sama seperti ketika terlalu banyak tidur.
6. Sulit Berkonsentrasi
Kesulitan berkonsentrasi pun menjadi salah satu akibat dari tidur di pagi hari. tentu akan mengalami jalan buntu ketika memikirkan sesuatu setelah bangun siang,  juga belum bisa mengembangkan ide-ide baru yang sebelumnya  rancang. Kesulitan berkonsentrasi ini biasanya akan berlanjut selama berjam-jam sampai kondisi metabolisme tubuh kembali normal.
7. Menganggu Kondisi Psikologi
Umunya sel-sel otak akan kembali bekerja ketika  bangun pagi. Sedangkan tidur di pagi hari bisa membunuh sel-sel otak sehingga tentu ini bisa menggangu kondisi psikologi . Kepala sakit dan malas berpikir merupakan salah satu akibat dari banyaknya sel-sel otak yang mati. Uniknya, terkadang  juga pun akan lupa kapan waktu  terbangun, entah pagi, siang, atau malam.
Tidur pagi sebenarnya tergantung aktifitas kita (tapi dalam hal positif). Apalagi klo memang pekerja shift malam yang semalam harus begadang tapi meski begitu jarang sekali pekerja shift malam yang bisa tidur begitu tiba di rumah ,, rata-rata tidur di atas jam 11 lebih baik dihindari. Jika sering tidur di pagi hari, waktu untuk berolahraga dan sarapan bergizi akan hilang karena termakan oleh waktu tidur . Tentu ini menjadikan tubuh  sedikit bergerak dan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat. Jadi memulai gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mengawali pagi dengan berolahraga dan menghndai tidur, meskipun masih merasa sangat mengantuk. Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur , dan usahakan agar kamar tenang dan matikan lampu saat tidur.

Q : Ustadzah tidur siang sebaiknya untuk yang berumur berapa?
A : Tidur siang bagus buat bayi,anak-anak dan lansia.

Q : Untuk dewasa kapan tidur  siang dibutuhkan?
A : Ada beberapa kondisi yang membuat tidur siang lebih dibutuhkan oleh orang dewasa. Orang dewasa yang cenderung mengalami kurang tidur pada malam hari, misalnya karena harus bekerja dengan jangka waktu yang panjang. Merasa lelah setelah beraktivitas atau rasa mengantuk yang tidak tertahankan

M5
Q : Bagaimana keterkaitan antara kualitas dengan kuantitas tidur ? Contoh, tidur hanya 5 jam/hari tetapi puleesss banget, sehatkah?
A :  Kualitas tidur meliputi aspek kuantitatif dan kualitatif tidur, seperti lamanya tidur, waktu yang diperlukan untuk bisa tertidur, frekuensi terbangun dan aspek subjektif seperti kedalaman dan kepulasan tidur. Jadi salah satu kualitas tidur juga dipengaruhi kuantitas tidur. Cukupi kuantitas tidur sesuai kebutuhan  .

Q : Kalau seharian aktivitas sangat padat dan melelahkan, biasanya malamnya jadi susah tidur. Bagaimana solusinya?
A : Mengatasi susah tidur karena kelelahan;
a. Jangan memaksakan untuk tidur.
b. Siapkan diri untuk tidur seperti membersihkan diri, menyiapkan tempat tidur bersih & nyaman .
c. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi.
d. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan , seperti kaffein.
e. Jauhkan laptop, hp ,tv .
f. Usahakan lampu diredupkan.


M111
Q : Apakah ada cara agar tidur tidak bermimpi?
A : Mimpi dalam tidur biasanya terjadi pada fase REM yang berlangsung kurang lebih 10 menit dan ini dipengaruhi oleh berbagai hal.


M114
Q : Assalamualaikum bu dokter rini..Saya mau tanya..bagaimna caranya agar saya membiasakan tidur tanpa cahaya lampu....mungkin saya ini parno banget dengan yang namanya gelap..gimana ya dokter..agar bisa menghilangkn rasa takut itu?
A : Coba ganti lampunya dengan lampu tidur, redup tapi  tidak gelap gulita. Lebih baik tidur dalam gelap. Bagaimana bisa begitu kan? Melatonin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur), hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 – 10 malam, inilah yang membuat mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur teratur. Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan sehingga membuat Anda lebih sulit tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai lebih dari 50%.

Q : Bu dokter..mungkin kami ini remaja yang bisa dibilang sudah menuju gerbang dewasa, dan kami juga sering mengalami rasa galau atau gimana gitu.. Jadi ada kebiasaan yang kadang masih tetap saja ndak bisa dihilangkan..contohnya dengar musik dan lagu yang cocok dalam kondisi yang ada..bahkan kadang sampai menitikan air mata. Dan agak terisak-isak dalam menghayatinya dan ahirnya susah tidur..dan saat tidurpun..musik tetap nyala..tapi musik yang didengar insha Allah..nasyid semua.. Apakah kebiasaan ini baik atau ndak..
A : Sebenarnya tidak apa-apa tapi klo jadi gak bisa tidur lebih baik dihentikan.. Klo suda terbiasa bisa  tidur setelah mendengarkan sesuatu ganti aja nasyid yang bertema puji-pujian seperti punya nya raihan ato murotal .


Q : Untuk orang pekerja yang di malam hari. Malam kerja, siang tidur. Apa dampak dari kesehatannya, dok? Cara mengurangi risiko penyakitnya bagaimana ya dok?
A : Dampaknya akan timbul dalam jangka panjang. Tubuh akan mudah sakit. Tapi insha Allah bisa diantisipasi. Cukupi kebutuhan tidur. Bila tidur siang setelah kerja usahakan kamar di atur pencahayaannya tetap redup. Juga kebutuhan nutrisinya jangan lupa dipenuhi.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:



سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment