Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » Bijak dengan Harta

Bijak dengan Harta

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, November 21, 2015

Embun Pagi

Sabtu, 21 November 2015

Bijak dengan Harta


Farida (Member Hamba Allah Ummi M20)



Alhamdulillah, jika kita diberi amanah oleh Allah SWT untuk mengelola harta (al-maal), karena harta dapat mendekatkan kita kepada Allah atau sebaliknya, sebab sesungguhnya hakekat harta hanya milik Allah SWT semata. "Allah-lah yang memiliki segala apa yang di langit dan di bumi ..."(Q.S. Ibrahim : 2)

Menambah pundi-pundi pahala kita sesuai dengan firman Allah SWT.

“... Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-Baqarah:272)

Peluang beribadah dan berjihad.

“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (QS. At-Taubah:41)

Ujian keimanan bila kita tidak pandai mensyukurinya.

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS. Al-Anfal:28)

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,” (QS. At-Takatsur:1)

Mumpung masih diberi kesempatan untuk mengelolah amanah berupa harta, bijak-bijaklah dalam menggunakannya untuk meningkatkan iman dan taqwa.

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS.Saba:39)

Dan apabila kita berharap Allah SWT mencukupkan kebutuhan atas harta, maka jadikanlah istighfar, tawakkal, dan doa sebagai upayanya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Barang siapa memperbanyak istighfar, Allah akan memberikan kelapangan dari semua kesulitan dan jalan keluar dari semua kesempitan dan memberikan rizki dari arah yang tidak diangan-angankan.” (H.R. Ahmad)

Semoga kita semua senantiasa dicukupkan atas segala kebutuhan serta dimudahkan dalam bersedekah.
Aamiin.

Wallahu'alam.


Div BBnA-HA/A/49/21/XI/2015

==========================================

💢
Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net

Follow us

twitter : @kajianonline_HA
fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
Web : www.hambaAllah.net
IG : @hambaallah_official


Ayo kirim karyamu

Akhwat
Tuwuh +6281290734391
Anna +6287788217444

Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466


posted by
EmbunPagi
www.HambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment