CEDERA KEPALA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 24, 2015

Oh iya perkenalan dahulu. Nama saya Ella Amalia. 31 tahun. Aktivitas mengajar di FK Unsri Palembang. Hari ini diminta untuk mengisi materi tentang Cedera kepala. Mudah-mudahan bisa bermanfaat

Cedera kepala seringkali terjadi baik pada anak atau dewasa. Penyebab umumnya karena benturan akibat, kecelakaan, terjatuh atau pukulan. Cedera kepala menjadi penting karena otak merupakan struktur utama yang sangat rentan terganggu jika terjadi benturan. Sebagian besar cedera kepala pada anak tidak menimbulkan kerusakan otak, hanya sebagian kecil yang menimbulkan kerusakan otak yang berarti. Cedera kepala dapat diklasifikasikan menjadi cedera kepala ringan, sedang, dan berat.

> cedera kepala berat umumnya ditandai dengan:
  • Penurunan kesadaran lebih dari 30 menit
  • Mengantuk atau tidak respon dengan panggilan
  • Pupil mata yang besarnya tidak simetris
  • Kelemahan tangan atau tungkai
  • Kejang
  • Cedera kepala berat harus mendapatkan pertolongan medis secepatnya.
>Cedera kepala sedang:
  • Penurunan kesadaran kurang dari 30 menit
  • Sadar dan masih respon dengan rangsang suara.
  • Muntah 2 kali atau lebih
  • Sakit kepala terus menerus
  • Memar yang besar, atau luka di kepala yang cukup besar.
  • Cedera kepala sedang memerlukan pengawasan ketat di rumah sakit setidaknya 4 jam setelah kejadian.
>Cedera kepala ringan:
  • Tidak ada gangguan kesadaran
  • Anak sadar penuh dapat berinteraksi dengan normal 
  • Muntah maksimal satu kali 
  • Terdapat memar
  • Lain-lain dalam batas normal
Penanganan cedera kepala ringan:

Anak-anak dengan cedera kepala ringan dapat kembali sembuh dengan cepat. Nyeri kepala dan memar dapat berlanjut sampai sembuh, namun hanya sementara. Untuk mengurangi bengkak dan nyeri, berikanlah kompres es. Jika terdapat luka terbuka, bersihkan dan hentikan perdarahan.

Anak dengan cedera kepala ringan tetap harus diawasi dalam 1-2 hari ke depan. Perhatikan apakah anak kembali muntah, terjadi penurunan kesadaran, anak tidak merespon bila diajak bicara atau bicaranya ngawur, napas tidak teratur atau melambat tidak seperti biasa, terdapat pembesaran pupil pada salah satu mata. Jika iya, maka anak perlu dibawa ke rumah sakit. Bila anak mengantuk, boleh untuk tidur. Tetapi tiap sekitar 2 jam diperiksa/dibangunkan, untuk mengawasi apakah terjadi penurunan kesadaran. Untuk melihat apakah ada amnesia atau tidak, dapat ditanyakan nama anak, runtutan kegiatan apa yang sebelum kejadian ingin dilakukan anak sampai setelah kejadian. Bila terdapat tanda berikut ini, anak perlu dibawa ke rumah sakit dgn segera:
>pingsan lebih dari 30 menit
>kejang
>muntah berulang
>perdarahan dari telinga dan hidung
>tampak perubahan struktur kepala
>lebam dikelopak mata (tanpa ada benturan di wajah)

TANYA JAWAB

Pertanyaan M01

1. Suami saya pernah jatuh dan terbentur kepalanya hingga amnesia (sekitar 3 hari, perlahan-lahan ingatannya muncul kembali). Namun setelah itu kok rasanya suami jadi gampang lupa untuk memori pendek. Misal lupa yang diomongkan atau dilakukan beberapa hari lalu dsb. Pernah MRI jaga tapi kata dokter hasilnya bagus. Apa ada hubungannya dengan trauma waktu itu ya dok? Syukron jawabannya
Jawab
Bisa jadi amnesia tersebut baerkaitan dengan benturan yang terjadi. Kerusakan disyaraf atau di otak mungkin sangat minimal sehingga tidak terdekteksi melalui mri. Bunda bisa datang ke dokter syaraf untuk memeriksakan suami lagi dengan keluhan memori tersebut. Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk melatih memori jangka pendek.

2. Bun, mau tanya anak saya pernah ketabrak motor sampe pingsan cuma lamanya saya gak tau, apakah akan ada gangguan lagi kedepannya walau hasil scan bagus?
Jawab

Jika tidak ada gejala lanjutan dan hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya kerusakan, kemungkinan tidak ada gangguan yang terjadi karena trauma tersebut.

Pertanyaan M02



1. Apakah cedera kepala (jatuh/terbentur) bisa menyebabkan syaraf kejepit saat dewasa. Yang dikenal dengan HNP itu singkatan dari apa ya dok?
Jawab
HNP: hernia nucleus pulposus. Bisa saja terjadi karena trauma, tapi karena trauma langsung. Tapi jika jatuhnya saat anak-anak, dan HNPnya terjadi saat dewasa kemungkinan tidak ada hubungan.

Pertanyaan M03

1. Suami saya pernah jatuh. Kepala setelah di scan ada bengkak tapi kata dokter gpp. Tapi sekarang ini kata suami saya kalo bagian kepala yang dulu bengkak tuh digaruk sedikit tidak berasa alias gak sensitv. Gimana kira-kira saran bun ella or menurut kesehatan gimana gitu bun?
Jawab
Jika setelah terbentur memang ada pembengkakan biasanya dokter akan mengevaluasi ulang setelah terapi (bisa dengan pemeriksaan berdasarkan gejala klinis atau pemeriksaan penunjang lain). Hampir jarang terjadi kasus baal dikulit kepala berkaitan dengan riwayat cedera kepala. Tapi untuk memastikan apakah rasa baal dikulit kepala sekarang ada hubungannya dengan bekas jatuh dulu atau malah masalah lain, sebaiknya diperiksakan ke dokter kembali.

Pertanyaan M09

1. Bagaimana dengan cedera kepala pada bayi baru lahir, semisal jatuh pada saat bayi, apakah akibat nya bisa terlihat saat itu, seperti kejang dsb.. Atau saat kejadian tidak terjadi apa-apa tetapi di masa datang baru terlihat akibatnya.. Seperti tumbuh kembang terlambat dll?
Jawab
Pada bayi bisa diperhatikan apakah anak selalu rewel, ada kejang, muntah, pembesaran salah satu pupil mata, atau apakah anak selalu mengantuk atau tidur walaupun sudah dibangunkan berkali-kali. Jika ada salah satu tanda tersebut, bunda bisa membawa anak ke IGD utk diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan lanjutan akan ditentukan oleh dokter (apakah anak memerlukan rontgen kepala, ct scan atau mri). Rentang waktu observasi sekitar 1-2 hari. Jika muncul gejala pada rentang waktu tsb, kemungkinan penyebab gangguan tumbuh kembang nanti bisa karena benturan tsb. Tapi kalo tidak ada gejala lanjutan, mungkin bisa ada faktor lain yang mempengaruhi tumbuh kembang

Pertanyaan M12

1. Jika sering kejang dan keluar busa di mulut lalu pingsan tidak ada cedera di kepala dan tidak pernah jatoh sedangakn si penderita mengeluh sakit di kepala terasa seperti d tarik-tarik, apa itu efek dari gadget yang terlalu berlebihan ato apa? Anak ini uda 2 kali pingsan dan lupa apa ygan terjadi pada diri dia. Dan pertolongan pertama apa yang harus d lakukan?
Jawab
Dari gejala yang disebutkan bisa jadi anak tersebut menderita penyakit lain. Epilepsi misalnya sering diawali dengan sakit kepala kemudian pingsan, juga kejang. Sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih detail dan diagnosa yang lebih tepat

Pertanyaan M13

1. Bu ella saya mau bertanya...mungkinkah  benturannya terjadi ketika beberapa tahun lalu dampaknya baru terasa sekarang?
Jawab
Jika tidak ada gejala langsung pasca benturan seperti pingsan, sakit kepala lama, atau perdarahan otak, kemungkinan tidak ada hubungan dengan benturan. Kecuali jika setelah benturan ada gejala langsung seperti di atas tetapi tidak ditangani dengan benar sehingga meninggalkan gejala sisa saat ini.



2. Apa dampak jangka panjang pada anak-anak, balita ke bawah kalau  sering ditabok atau di toyor kepalanya? Suka liat ada Ibu-ibu yang ga sabaran sama anak, terus kepala anak nya dikeplak/ di toyor gitu..
Jawab
jika tidak ada trauma fisik atau gejala seperti yang disebutkan diatas, mungkin pengaruhnya ke kesehatan anak tidak banyak. Tetapi tentu akan sangat berpengaruh pada psikis anak, kemungkinan anak akan tumbuh menjadi rasa pribadi yang rendah diri, atau bahkan membenci lingkungan sekitarnya

Pertanyaan M15

1. Mau tanya Dokter, anak laki-laki saya dulu ketika masih 2 tahun pernah jatuh dari motor, kepala bagian samping kanan atas cedera/bocor sampai dijahit 5, tapi sejak jatuh dia sadar terus, tidak muntah, tidak demam, tetap aktif, semuanya berjalan normal seperti sebelumnya.. Alhamdulillah. Cuman mulai usia 5th dia sering ngeluh pusing, katanya muter-muter gitu. Sekarang anak saya udah 8th, pusingnya kambuh jika di keramaian yang berjubel orang, suara gaduh/musik yang sangat keras, Dan kalo naik pesawat juga kambuh tiba-tiba. Gimana dengan anak saya ini dokter?
Jawab
Jika melihat rentang waktu jatuh (usia 2tahun) tidak ada gejala sampai usia 5tahun, sepertinya pusing yang sekarang tidak berhubungan dengan benturan yang dulu. Jika sangat mengganggu, sebaiknya dibawa ke dokter syaraf utk diperiksakan lebih lanjut.



2. Bagaimana penanganan pada anak sesaat setelah terjatuh, apa harus dibaringkan/ duduk? Apabila dalam keadaan sadar boleh diberi minum? (biasanya panik), dan bagaimana bila anak sempat pingsan atau ada keluhan muntah ? Trimakasih dokter
Jawab
Bila anak sadar dan menangis kuat, kita cukup menenangkan anak. Menangis menunjukkan kesadaran dan jalan napas cukup baik. Jika anak bisa berbicara dan tidak menangis lagi, boleh diberikan minum. Bila anak pingsan, baringkan anak, periksa jalan napas apakah ada sumbatan atau tidak, jika ada bisa dikeluarkan dgn jari, atau jika ada muntahan, miringkan anak ke satu sisi agar muntahan dapat mengalir keluar. Longgarkan pakaian yang mengikat atau ketat. Perhatikan napas anak apakah normal atau lebih cepat/lambat. Periksa nadi apakah cepat/lambat. Jika ada yg tdk normal, segera bawa anak ke dokter. Untuk sementara jangan diberikan minum atau makan, dan jangan diberikan obat antimuntah supaya bisa tetap diobservasi apakah ada cedera kepala yang ditandai dengan muntah tadi

Pertanyaan M17

1. Assalamualaikum bunda, kalau pernah mengalami cedera kepala th 2002 apakah perlu dilakukan pemeriksaan seperti ct scan saat ini?tidak ada keluhan selain bekas bengkaknya kadang terasa lebih sensitif dibanding kulit kepala yg lain..trimakasih
Jawab
ct scan kepala digunakan diantaranya untuk pemeriksaan  tulang, jaringan lunak, otak, pembuluh darah. Jika tidak ada keluhan yang mengganggu, dokter biasanya belum merekomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan ct scan. Jaringan parut atau granulasi bekas luka biasanya untuk beberapa orang dapat menimbulkan rasa gatal.


2. Mau tanya tapi di luar benturan kepala kalau sakit belfafsy bisa sembuh 100% tidak? Mohon penjelasannya karena saya sempet kena sakit itu dan akhir-akhr ini kalau kena dingin terasa kaku muka saya.. jazakillah
Jawab
Prognosis penyembuhan bells palsy tergantung seberapa parah syaraf yang radang, berapa lama waktu mulai terjadi gejala sampai ke pengobatan. Biasanya makin cepat diobati, semakin besar peluang untuk sembuh.

Pertanyaan M20

1. Apakah cedera pada kepala efek nya bisa timbul beberapa waktu kemudian? Misal apabila seseorang pernah jatuh dan menurut dr cedera memar saja dikepala tapi beberapa waktu kemudian  kok malah ditemukan semacam gumpalan di kepala,apakah ini akibat dr memar dl ? Kenapa  setelah di ambil gumpalan nya pasien sempat lost memory. Lalu apakah penyakit seperti tumor bisa muncul diakibatkan karena cedera kepala?
Jawab
Rentang waktu yang umum digunakan untuk melihat gejala klinis akibat cedera kepala adalah 1-2 hari, hematom atau biasa kita sebut benjol juga biasanya muncul dengan segera setelah benturan. Benjolan yang muncul lama setelah kejadian benturan, jarang dianggap sebagai akibat benturan tsb


2. Boleh minta penjelasan mengenai gegar otak? Apakah ada kemungkinan anak-anak juga mengalami gegar otak?
Jawab
Gegar otak adalah cedera pada bagian otak yang mengakibatkan perubahan struktur atau fungsi, bisa sementara bisa juga permanen tergantung besar kerusakan. Anak-anak bisa juga mengalami gegar otak

>Apakah benturan yang mengakibatkan hilang ingatan sesaat bisa berakibat buruk suatu saat nanti?
Jawab
Kehilangan ingatan akibat gegar otak ringan dapat bersifat sementara. Tetapi jika ada kerusakan struktur jaringan otak terutama dibagian memori, mungkin saja berpengaruh pada kemampuan mengingat atau memori lain.

>Lalu, kalau memar akibat terbentur  itu baiknya di kompres air es apa air hangat ya?
Jawab
Untuk memar diluar sesaar setelah benturan sampai 24 jam pertama dapat dikompres dengan air es untuk menghentikan perdarahan dan mencegah pelebaran memar. Hari kedua dan seterusnya dapat dikompres dengan air hangat.


Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 24 November 2015
Narasumber : dr. Ella Amalia
Tema : Thibbun Nabawi
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!