Ketik Materi yang anda cari !!

HIKMAH WUDHU

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, November 28, 2015

Assalamualaikum,
Diskusi pagi ini tentang hikmah wudhu ya, semoga bermanfaat

Apa hikmah yang tersimpan di balik wudhu?
Medis sedikit banyak bisa mengungkap rahasia di baliknya. Adalah Dr. Magomedov, asisten pada lembaga General Hygiene and Ecology di Daghestan State Medical Academy, dalam artikelnya yang berjudul “Muslims Rituals and Their Effect on the Person’s Health” mengetengahkan bagaimana wudhu dapat menstimulasi atau merangsang irama tubuh secara alami.

Rangsangan itu muncul pada seluruh tubuh, khususnya pada area yang disebut Biological Active Spots (BASes) atau titik-titik aktif biologis. BASes mirip sekali dengan titik-titik refleksologi China. Bedanya, untuk menguasai titik-titik refleksi ala China dengan tuntas paling tidak dibutuhkan waktu 15-20 tahun. Bandingkan dengan praktik wudhu yang sangat sederhana!

Di sisi lain, kita tahu bahwa untuk memberikan efek pijat refleksi ala China diperlukan juga tekanan bahkan tusukan jarum. Apakah efek ini bisa terasa jika hanya dengan usapan lembut saat berwudhu? Sebenarnya ada 700 BASes pada tubuh kita, tapi 65 di antaranya memiliki efek terapi refleksi cepat, yang cukup dikenai pijatan ringan atau usapan lembut untuk mengaktifkannya. Daerah itu dikenal sebagai “drastic spot”.

Menurut Dr. Magomedov, yang juga menguasai ilmu refleksologi China, 61 dari 65 “drastic spot” tersebut adalah bagian tubuh yang dibasuh air wudhu. Inilah letak keistimewa wudhu!

Dengan demikian, guyuran air wudhu, dalam konsep pengobatan modern tidak lain adalah hidromassage alias pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. Mengingat sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan saraf yang ujungnya tersebar di sepanjang kulit.

Wudhu ternyata merupakan ritual penyucian yang mengutamakan unsur kesehatan. Kesegaran yang diperoleh, tak hanya secara fisik, namun juga mental. Tak heran, marah bisa reda karenanya.
“Apabila salah seorang dari kamu dalam keadaan marah, maka berwudhulah. Sesungguhnya marah itu berasal dari api” (H.r. Abu Dawud).
DISKUSI
1. Kalau basuh kepala, caranya bagaimana ya dok, yang terbaik dari segi kesehatan?
Jawab
Wudhu secara hikmah memberi manfaat kesehatan umum, jadi kalo tidak ada keluhan khusus, wudhu reguler sudah multimanfaat, termasuk membasuh kepala. Kalo kemudian ada migrain dsb, polanya kemungkinan beda. Detail tentang teknik itu saya belum memiliki ilmunya bunda, mohon maaf. 

2. Diatas dokter jelasin kalo kemudian ada migrain ,polanya kemudian beda maksudnya polanya apa yang beda?
Jawab
Pola basuh dalam konteks terapi, itu menjawab pertanyaan bunda rusni. Ilmu terapinya adalah akupresur, nah ilmu ini yang saya belum menguasai

3. Terkait perbedaan hukum saat membasuh, kira-kira secara medis, bagian yang sunnah itu menyehatkan yang wajib ga?
Jawab
Titik drastic spot disini adalah semua anggota wudhu, jadi pembedanya bukan wajib dan sunnah wudhu. Drastic spot lain ada di tungkai bawah, di atas mata kaki. Sempat disebutkan oleh peneliti untuk membasuhnya agak ke atas. Kalo saya kurang setuju, nikmati saja ibadah apa adanya.

4. Wudhu itu cukup dengan mengguyur air atau harus diusap juga?
Jawab
Jika dari segi hikmah kesehatan, dibasuh dengan diusap. Secara agama, monggo para asatidz lebih berkompeten, saya sendiri pahamnya juga diusap.

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Sabtu, 28 November 2015
Narasumber : dr. Egha Ramadhani
Tema : Kesehatan
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment