Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

SINDROMA DISPEPSIA (MAAG)

Kajian Online WA Hamba الله SWT

Rabu, 18 November 2015, 3 Februari, 6 April & 24 Mei 2016
Narasumber : dr. Niken Widyaningsih
Rekapan Grup Nanda M104 (Rini), M115 (Layla), M110 (Rani), M101(Lay)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


SINDROMA DISPEPSIA (MAAG)


(...makan dan minumlah, tapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan) QS. 7:31

Mungkin kita pernah mengalami yang namanya sakit maag. Dalam ilmu kedokteran, penyakit gastritis merupakan bagian dari sindroma dispepsia. Istilah yang kurang populer dibanding sakit maag. Yang dimaksud dengan Sindroma Dispepsia adalah sekumpulan keluhan atau gejala yang berhubungan dengan rasa tidak enak atau nyeri pada perut bagian atas, keluhan cenderung menetap atau sering kambuh.


Dispepsia sendiri terbagi dua, yaitu Organik dan Non-Organik (Fungsional). Dikatakan Dispepsia Organik apabila  keluhan berhubungan dengan kelainan organik, seperti pada nyeri ulkus peptik, pada pankreatitis kronik (inflamasi pada pankreas), gangguan saraf di lambung (gastroparesis), atau pada pengguna obat Anti Inflamasi non Steroid (seperti  Aspirin). Pada Dispepsia Non-Organik/Fungsional, keluhan jarang disebabkan oleh kelainan organik, misalnya pada pasien yang memang lambungnya terlalu sensitif (Hipersensitivitas Gaster), gastritis karena kuman Helicobacter pylori (H. pylori) atau juga disebabkan faktor psikososial, misalnya stres.

Keluhan atau gejala yang sering timbul pada Dispepsia :
1. Nyeri pada bagian perut kiri atas.
2. Nyeri hilang setelah perut diisi makanan atau setelah minum Antasida.
3. Nyeri timbul saat lapar.
4. Perasaan mudah kenyang/ perut terasa cepat penuh bila makan.
5. Mual atau muntah.
6. Upper abdominal bloating atau kembung, banyak gas / sering sendawa.
7. Rasa tak nyaman bila makan

Menjaga keseimbangan suasana asam di lambung sangat penting karena merupakan kunci terhindar dari penyakit dispepsia atau tukak lambung. Semua orang pada awalnya (masa kanak-kanak) memiliki karakteristik lambung dan usus yang bersih. Namun,  karakteristik itu berubah seiring waktu, tergantung makanan dan gaya hidup sehari-hari orang tersebut. Makan yang terlalu berlebihan, apalagi yang mengandung zat-zat kimia, akan mengacaukan keseimbangan dalam lambung. Ditambah lagi dengan konsumsi obat-obatan dan faktor stres, serta kurang serat (sayuran) akan memperburuk kondisi pencernaan.

Diperkirakan 300 miliar hingga 400 miliar bakteri yang masuk ke lambung bersama dengan makanan. Asam kuat yang terdapat dalam lambung akan membunuh sebagian besar bakteri itu, maka diperlukan asam lambung yang cukup untuk melindungi lambung. Konsumsi obat anti maag yang berlebihan justru akan menekan produksi asam lambung, tentu saja akan memudahkan lolosnya bakteri patogen masuk ke usus, sehingga menyebabkan diare dan berbagai penyakit.


Jika sekresi asam lambung dihambat, sekresi pepsin dan asam hidroklorida yang mengaktifkan enzim-enzim pencernaan juga terhambat, sehingga mengakibatkan kesulitan pencernaan. Juga besi dan mineral seperti kalsium dan magnesium akan terhambat penyerapannnya ketika asam lambung berkurang . Akibatnya akan timbul anemia ataupun osteoporosis.
Sakit maag tidak sesederhana yang kita pikir selama ini. Dampaknya bisa ke mana-mana, sehingga kita dipaksa berpikir sebelum memasukkan makanan ke dalam lambung. Hampir semua penyakit adalah akibat kebiasaan yang terakumulasi selama beberapa waktu. Memperbaiki gaya hidup sehari-hari jauh lebih penting daripada mengandalkan keampuhan obat ataupun operasi. Kualitas makanan dan air yang kita konsumsi menentukan kesehatan kita.
Kalau nyeri ulu hati anda tidak juga berkurang setelah mengkonsumsi obat-obat maag biasa, maka sudah saatnya untuk konsultasi ke dokter.

Tips menjaga lambung agar tetap sehat ala Dr. Hiromi Shinya (Gastroenterologis dan Guru Besar Albert Einstein College of Medicine, AS):
1. Kunyahlah makanan 30-50 kali untuk membantu penyerapan secara efektif.
2. Makanlah biji-bijian utuh yang ditanam secara organik (beras merah, biji-biji utuh dan polong-polongan), serta makanan hasil fermentasi.
3. Konsumsi daging hewan yang suhu tubuhnya lebih rendah dari suhu tubuh manusia (seperti ikan ).
4.Menyelesaikan makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur pada malam hari.
5. Minum 8-10 gelas air yang baik setiap hari (minum 2-3 gelas setelah bangun pagi dan minum 2-3 gelas sebelum setiap kali makan).
6. Makanlah buah atau minum jus 30-60 menit sebelum makan
Konsumsilah makanan segar, berserat tinggi agar badan tetap bugar dan pembuangan lancar. Kata pepatah, ”Anda adalah apa yang anda makan !”

TANYA JAWAB

Q : Dr niken,  klo penggunaan bahan tambahan makanan pada kue seperti baking powder, baking soda, ovalet dll itu ada pengaruh ke kesehatan tidak? terutama lambung
A : Penggunaan bahan tambahan pada kue seperti tersebut diatas digunakan dalam jumlah terbatas, umumnya untuk loyang standar tidak lebih dari 2 sendok makan. Jadi masih aman mbak, karena yang termakan kita hanya seper-berapa persennya saja. Jika bahan tersebut tidak aman, BPOM pastilah sudah menariknya dari pasaran.

Q : Poin 2, "makanlah makanan hasil fermentasi"? Kaya tape gitu bun? Bukannya malah itu pantangan bagi yang punya maag ya ?
A : Makanan fermentasinya bukan yang sifatnya asam mbak.. yang netral, seperti tempe, tahu

Q : Ada contoh lain bun selain tempe tahu oncom?
A : Kecap, tauco, yogurt  juga produk olahan yang difermentasikan tapi tidak terlalu asam. Di negara kita tidak terlalu banyak makanan fermentasi yang tidak asam. Jadi tidak usah terlalu terpatok harus makan makanan yang berfermentasi agar tidak sakit maag. Mudahnya... asal makanan itu tidak asam/kecut, tidak pedas, tidak mengandung banyak MSG, tidak bergas/beralkohol, maka sebagian besar makanan itu aman dikonsumsi.

Q : Mau tanya dr.niken bagaimana agar terhindar dari maag?
A : Pencegahannya karena pengosongan lambung kita sekitar per 4 jam, jadi kalau bisa isi makanan per 4 jam pula ke dalam perut. Tidak harus nasi, sekedar buah/roti/biskuit pun cukup. Dengan kata lain ada keteraturan makan & tidak membiarkan lambung kosong terlalu lama. Selain makanan, managemen stres dengan baik juga mbak, pilih makanan yang sekiranya tidak bersifat terlalu asam/makanan yang dapat mengiritasi lambung.

Q : Bagaimana jika kita ingin diet? agar perut tetap aman dan terhindar dari maag?
A : Hal pertama yang perlu digaris bawahi ketika akan "diet" untuk menurunkan BB, adalah tetap makan & olahraga. Kesalahan terbanyak adalah hanya membatasi frekuensi makan atai bahkan tidak amakan dan tidak olahraga. Diet seketat apapun jika tanpa olahraga hasilnya tidak maksimal dan badan jadi kurus bergelambir.
Jika akan diet buat pola makan sama seperti pengosongan lambung, per 4 jam dengan porsi kecil & rendah lemak & kalori. Makan sering dengan cara itu tidak akan membuat gemuk. Justru kalau diet dengan makan 1-2x sehari akan meningkatkan cadangan lemak di tubuh. BB mungkin turun, tapi komposisi lemak bisa tetap atau bahkan bertambah. Kenapa? Karena tubuh tau kalau kita jarang makan, sehingga setiap makanan yang masuk disimpan jadi cadangan makanan ketika kita tidak makan, dan berujung ke jadi tumpukan lemak. Keberhasilan diet tidak diukur dari turunnya BB saja ya mbak.. tapi dari ukuran lingkar-lingkar di tubuh seperti lingkar perut, dada, lengan, paha dll

Q : Mengapa kalau maag sakit lalu langsung makan malah yang ada tambah sakit?? Tapi beda jika minum antasida yang ada malah ga mau makan.. Mengapa bisa terjadi seperti it dokter? 
A : Itu menandakan kalau di lambung sudah ada perlukaan mbak..
Ketika telat makan lambung hanya berisi gas & asam lambung saja. Perut biasanya sudah mulai merasakan perih.
Nah ketika kita makan, tubuh secara otomatis memproduksi asam lambung kembali untuk mengolah makanan yang masuk. Dan terjadilah akumulasi banyaknya asam lambung yang sudah ada dan yang baru diproduksi.
Asam lambung sifatnya asam & iritatif, sehingga jika semakin banyak maka akan semakin mengiritasi permukaan lambung, membuatnya luka & muncullah nyeri pada perut.



Q : Bunda,,,,adakah pantangan makanan bagi penderita maag?
A : Kalau disebut pantangan yang sama sekali tidak boleh makan sebenarnya tida juga mbak...cuma jika ingin makan/minum ini sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong dan tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Yang sebaiknya dibatasi konsumsinya makanan pedas, makanan asam, minuman soda, ketan, tape, durian, coklat, susu, makanan yang mengandung MSG, mie instan.

Q : Apakah sering masuk angin, ada kaitannya dengan sakit maag...kalau iya...bagaimana penyembuhannya?
A : Masuk angin yang perut seperti banyak angin/sering sendawa? Kalau itu sebenarnya bkn masuk angin tapi gejala awal sait maag. Cara menyembuhkan sebenarnya sama dengan cara pencegahannya seperti yang sudah saya jelaskan di pertanyaan sebelumnya mbak.

Q : Maaf saya mau tanya saya mempunyai maag dan sudah 1 minggu ini kambuh perih diulu hati dan mengeluarkan gas atau sendawa terus adakah ramuan tradisional yang bisa saya konsumsi, apakah stres dan cuaca yang sangat dingin ini bisa mempengaruhi? karena di daerah saya 1 minggu yang lalu suhu udara 3 derajat celcius,terima kasih 
A : Sebenarnya tidak perlu minum ramuan-ramuan apapun asal melakukan pencegahannya. Jika sudah terlanjur kumat sebaiknya minum air hangat dan makan sedikit-sedikit, jika memang tidak teratasi barulah dibantu oleh obat.
Stres memang menjadi salah satu pencetusnya, tapi kalau udara dingin tidak.

Q : Bunda kalau kita merasa cepat lapar dan cepat haus apakah itu gejala maag?
A : Bukan mbak... Di keluarga apakah ada yang kencing manis? Jika ada coba sekali-sekali cek kadar gula darah mbak, karena jika mudah lapar dan haus merupakan gejala dasar yang banyak ditemui pada kencing manis.

Q : Ustadzah, ada sepupu yang kalo pas puasa habis makan sahur & buka dia muntah-muntah, apakah ini bagian dari maag juga?
A : Bisa iya bisa juga tidak mbak. Kemungkinan sakit maag memang besar. Jadi dalam kondisi sahur/ buka puasa, lambung kita sudah kosong terlalu lama. Jadi jika mau diisi makanan sebaiknya jangan langsung banyak, tapi bertahap. Sehingga lambung dapat beradaptasi dengan adanya makanan yang masuk. Selain itu, saat makan jangan terburu-buru, kunyah makanan sampai mendekati halus, hal ini membantu labung mencerna makanan. Jadi tidak semakin memperberat keluhan di lambungnya.

Q : Ustadzah,kalau setiap pgi mual sama kepalah pusing tapi gak sampai muntah,,apakah itu maag ustadzah,,trus kalau telat makan,,dikasih makan tambah sakit banget ustadzah,,???
A : Ini terjadi di orang yang sama? Jika iya, benar memang sakit maag. Malah sudah terjadi perlukaan di lambung karena saat diisi makanan, perut justru sakit bukan menjadi lebih enak. Saran saya sama seperti no 1. Makan dengan porsi kecil tapi sering. Jadi per 4 jam perutnya diisi, tidak harus nasi. Buah, roti, atau biskuit pun boleh.

Q : Ustadzah, maag itu identik dengan makan yang telat. Apakah kalo jarang sarapan bisa menjadi pemicu maag. Dan pola makan yang tidak benar apakah bisa jadi pemicu? Dan bagaimana dengan seseorang yang tidak suka dengan sayuran ust. Apakah kemungkinan terserang maagnya lebih besar. Syukron
A : Makan sering telat dan tidak teratur menjadi faktor risiko terjadinya maag. Kalau tidak suka sayur tidak berhubunga dengan maag, tapi lebih berhubungan dengan pola BAB.

Q : Asslamu'alaikumwrwb..ustadzah..Ana punya teman yang suka ngeluh sakit perut atas sebelah kanan, bila telat makan akan mengalami hal seperti itu ustdzah.. apakah berhubungan dengan pnyakit Maagh??.?syukron ustdzah
A : Wa'alaikumussalam warahmatullah
letak lambung umumnya perut kiri atas mbak.. yang kanan atas itu liver dan kandung empedu (kecuali jika letak organnya memang terbalik ya.. tapi jarang). Kemungkinan maag iya ada. Mulai antisipasi dengan pola makan yang baik ya, agar tidak semakin parah..
Q : Ustadzah, apa bedanya antar maag dengan asam lambung? Karena suka dengar juga kata orang asam lambung naik kalo terlalu lapar. Atau asam lambung udah masuk sakit lambung yang akut?
A : Sama saja mbak untuk istilah orang awam memang banyak sebutan, tapi secara umum itu masuk ke sakit maag. Maag itu terjadi karena asam lambung mengiritasi lambung atau terjadi peningkatan asam lambung.

Q : Obat alami maag apa ya Ustadzah? Biar tidak tergantung dengan kimia..
A : Perasan jeruk nipis/perasan lemon itu penetral asam lambung alami. Karena pH nya berkisar 8,5 - 9

Q : Kalau magh yang udah level atas atau kronis itu ciri-cirinya gimana ya ustadzah?
A : Kalau kronis biasanya hampir setiap hari kumat, perut jarang sekali terasa enak, kadang sudah ada rasa terbakar di dada, bahkan tanda-tanda perdarahan lambung pun ada (muntah darah kehitaman/BaB hitam)

Q : Ustadza kalau BAB nya keluar darah apa itu berarti maag ya uastadza,, ana sering kayak gitu BAB nya gak keras tapi keluar darah dan gak ngerasa sakit,,tapi hampir tiap pagi mual ustadza,,?
A : Kalau warnanya kehitaman itu dari lambung.. tapi kalau merah segar berasal dari organ pencernaan setelah lambung (usus sampai dubur). Paling sering kalau merah segar karena ambeien mbak..

Q : Ustadzh , ada teman yang gatritis tiap pagi/dini hari itu pasti muntah dan keluar cairan kuning.. Dia sudah komsumsi antasid n anti mual tapi masih belum ada perubahan,, katanya sudah minum kunyit juga tapii masih muntah.., Nah itu gimana ustdzh ada tidak terapi/pngobatan lain..  Soalnya ne teman ga mau priksa ke dokter
A : Kalau ga mau periksa ke dokter agak susah mbak.. karena kan perlu ada pemeriksaan. Kalau sudah seperti itu, obat lambung seperti antasida saja tidak cukup. Perlu kombinasi obat, bisa 2 obat bahkan sampai 3 obat. Tolong sarankan ke dokter ya.. karena jika berlanjut membahayakan.



Q : Kalau perutnya harus diisi 4 jam sekali, nanti kalau puasa bagaimana? Ada tips khusus ketika sahur atau ketika berbuka harus mengkonsumsi apa ?
A : Saat puasa.. kondisi berbeda mbak,kita sudah punya niat kuat untuk berpuasa karena Allah, jadi insyaAllah permasalahan lambung justru membaik. Dengan catatan mengikuti sunah Rasul saat berpuasa, baik saat berbuka maupun sahur.
Saat berbuka, jangan langsung makan makanan besar seperti nasi, tapi batalkan dengan makanan makanan manis seperti kurma & air. 30 menit-1 jam kemudian boleh dilanjutkan makan besar tapi tidak berlebihan. Saat sahur tetap harus makan, ini yang kadang dilewatkan banyak orang. Makan & minum secukupnya, jangan berlebihan karena takut lapar pada siang hari, karena makan yang berlebihan hanya akan memberikan beban kerja pencernaan semakin berat & kita cenderung mengantuk/lemas saat puasa.

Q : Terus adakah gejala kalau di pankreas kita terjadi inflamasi dok? Hehe.. Saya mau cerita sekaligus tanya dok. Saya baru 2 minggu kemarin maagnya kambuh. Terus gejalanya sama kayak yang sudah dipaparkan di atas. Tapi sudah sampai mau dimasukin makanan atau pun ngga dimasukin makanan tetap perih sampai saya itu meringis gitu dok. Rasanya ngga bisa ngapa-ngapain. Padahal sebelum saya sakit itu, saya tetap makan dan seharian itu perut tidak kosong dok. Malah bisa dibilang pas hari itu saya makannya lebih dari biasanya. Terus kenapa saya bisa sakit gitu ya dok?
A : Ketika terjadi infeksi di organ tubuh, maka proses inflamasi (peradangan) terjadi. Jadi tidak harus di pancreas saja. Nyeri perut yang masih terasa walaupun sudah diisi makanan itu bisa menggambarkan sudah terjadi luka pada lambung orang bersangkutan. Karena saat diisi makanan otomatis produksi asam lambung meningkat & asam lambung ini akan mengiritasi permukaan lambung yang luka, akibatnya muncul rasa nyeri.. Sakit maag bukan proses 1-2 hari mbak.. Prosesnya panjang.. jadi walaupun mbak makannya sudah teratur di hari sebelumnya, tapi jika proses sakit maag ini sudah berlangsung jauh sebelumnya maka bisa saja muncul tiba-tiba gejalanya.

Q : Terus adakah makanan tertrntu yang perlu diwaspadai supaya tidak gampang kambuh lagi ya dok, apakah kopi masih boleh? Sebenarnya susu termasuk penyebab perut gmpg memproduksi gas tidak dok?
A : Sebenarnya lebih dititik beratkan ke makanan yang sifatnya asam ya mbak.. sifat asam, bukan rasa asam. Kopi & susu sifatnya cenderung asam, di beberapa orang dengan sakit maag sangat sensitif tapi disebagian yang lain tidak masalah. Jadi sebaiknya jika ingin konsumsi, isi terlebih dahulu lambungnya dengan makanan, jangan dalam kondisi perut kosong. Hati-hati dalam mengonsumsi tape, ketan, nangka, kol, santan, makanan yang terlalu pedas, makanan yang mengandung MSG, mie instan.  Makanan di atas bukan berarti tidak boleh, tetap boleh dikonsumsi asal tidak dalam kondisi perut kosong & tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan



Sepertinya sudah tidak ada pertanyaan lagi.
Kajiannya kita cukupkan ya
Sekian yang bisa saya sampaikan. Segala kekurangan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ