Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TIGA FAKTOR TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG BAIK


Terwujudnya masyarakat yang baik merupakan dambaan kita semua. Al-Qur’an menyebutnya hal-hal pokok menuju hal itu, Allah swt. Berfirman,
”maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau keras dan berhati kasar, tentulah mereka mejauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkalah ampunan untuk mereka, danbermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.”(Ali-Imran: 159)
        Berdasarkan factor di atas, ada tiga factor penting menuju terwujudnya masyarakat yang baik,

1.    PEMIMPIN YANG LEMAH DAN PEMAAF

Masyarakat pasti membutuhkan pemimpin, diantara ciri pemimpin yang baik adalah mencintai rakyatnya sehingga dia berlaku lemah lembut kepada masyarakat dan suka memaafkan bila rakyatnya melakukan kesalahan. Itulah yang dicontohkan Rasul ketika perang uhud mengalami kekalahan disebabkan sahabat yang tidak disiplin.

2.    MENEGAKKAN ASAS MUSYAWARAH

Jamaah dan masyarakat yang baik juga selalu memperlihatkan musyawarah dalam proses pengambilan  keputusan, karena nya meskipun para sahabat bersalah dan rasul sudah memaafkan, maka mereka harus dilibatkan dalam musyawarah. Hal ini juga bukti bahwa mereka telah dimaafkan.

3.    BERTAWAKAL KEPADA ALLAH

Masyarakat baik sangat menunjang tinggi hasil musyawarah. Mereka bertawakal kepada Allah swt.  Dalam pelaksanaan hasil-hasil musyawarah, karena itu Allah cinta kepada orang yang bertawakal.

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Rabu, 09 Desember 2015
Narasumber : Ustadz Kaspin Nur
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala