Ketik Materi yang anda cari !!

KARBOHIDRAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, January 27, 2016

Kajian Online WA Hamba الله SWT

Rabu, 27 Januari 2016
Narasumber : Tri Setyorini
Rekapan Grup Nanda M104 (Aisyah)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


KARBOHIDRAT


هُ 
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman dan islam.
Shalawat beriring salam selalu kita haturkan kepada uswatun hasanah  kita, kekasih Allah SWT nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabatnya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. Insya Allah.
Aamiin

Sholawat dan salam kita curahkan pada sosok insan yang paling mulia akhlak nya, insan yang paling di rindukan&karena perjuangan beliau lah kebahagiaan berupa iman&islam bisa kita rasakan sampai detik ini yaitu junjungan kita Nabi besar Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam, beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqomah mengikuti risalahnya hingga akhir zaman. (Semoga kita termasuk di dalamnya).
آمين يا رَ بَّ العا لَمين..

Pengertian Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). 
Sumber-sumber Karbohidrat sangat banyak seperti beras, jagung, gandum Dll nanti akan kita bahas lebih lanjut mengenai sumber-sumbernya.
Jenis karbohidrat yang terdapat dalam makanan pada umumnya dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan Ukuran melekul nya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan polisakarida. Polisakarida dalam bahan makna hewani yang dapat dicerna disebut dengan Glikogen. Selain itu dalam ilmu Gizi karbohidrat di bagai menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Sumber Karbohidrat
Banyak sekali sumber-sumber karbohidrat yang terdapat disekitar kita seperti,
a. Sumber karbohidrat Pada Biji : Beras, jagung, gandum
b. Ssumber karbohidrat Pada Buah : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
c. Sumber Karbohidrat Pada Akar/umbi : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain lain.
d. Sumber karbohidrat Pada Daun : Sayur-sayuran berwarna Hijau.

Fungsi karbohidrat bagi tubuh
1. Sebagai sumber Energi utama tubuh
Ini merupakan Fungsi karbohidrat yang utama yang berperan sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.
2. Cadangan Energi dalam otot dan hati
Keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk energi tubuh, sebagian terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi Glikogen, dan sebagiannya lagi Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.
3. Untuk memperlancar pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses, selain itu karbohidrat yang tidak dapat dicerna seperti serat bisa memberikan rasa kenyang.
4. Sebagai pemanis alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida.

Kebutuhan karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Tiap 1 gram karbohidrat yangdikonsumsi menghasilkan energy sebesar 4 kalori. Angka kebutuhan Gizi untuk karbohidrat 300 gram per hari, atau 1200 kalori. Komposisi konsumsi karbohidrat yang ideal adalah 45 – 60% dari total kalori harian.
Menu makanan orang Asia termasuk orang Indonesia, umumnya tinggi karbohidrat, sekitar 70-80% total kalori harian. Karbohidrat berlebihan akan diubah dan disimpan menjadi lemak.

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan Karbohidrat
1. Obesitas : Kelebihan berat badan akibat kelebihan kalori / kelebihan karbohidrat
2. Marasmus : Suatu kondisi serius malnutrisi kekurangan kalori dan protein.
3. Diabetes Militus : Gangguan Metabolisme Karbohidrat
4. Laktose intolerance : gangguanmetabolisme laktosa karena difisiensi enzim laktase.

TANYA JAWAB

Q : Dok, mau nanya tapi dilar materi hehe..saya mau nanya tentang penyakit kulit. Bagaimana caranya membedakan dermatitis (radang kulit) yang disebabkan oleh alergi dengan kulit yang gatal kemerahan karena jamur kaya kurap gitu...
A : Yaitu dengan mengamati lokasi dan kapan timbulnya gatal. Gatal di daerah lipatan yang lembab, umumnya diakibatkan oleh jamur. Sementara di bagian tubuh yang mudah kontak dengan benda-benda, biasanya karena reaksi alergi. Misalnya setelah menggunakan sabun, obat gosok, deterjen, kosmetik, plastik, logam (arloji atau perhiasan imitasi), dll.
Infeksi jamur ditandai dengan kulit kemerahan atau cokelat kehitaman. Namun, gatal-gatal hanya akan terjadi di tepi bagian kulit kemerahan atau kecoklatan tersebut. Tanda lainnya adalah muncul benjolan kecil di tepi kulit yang terserang jamur tersebut.
Dermatitis ditandai dengan kulit kemerahan disertai dengan adanya lapisan kulit yang seperti sisik, juga luka seperti bekas digaruk. Kulit yang meradang akan membentuk lingkaran dengan bagian tengah yang halus dan seperti bersisik, sedangkan tepinya terdapat bintik-bintik kecil yang mengeluarkan carian, bisa gatal-bisa tidak. Namun jika sudah parah, kulit akan terasa gatal yang sangat, yang pasti diperlukan pengamatan langsung & keluhan.

Q : Kalau alerginya dari makanan? Bukan bagian tubuh yang bersentuhan gimana dok.. 
A : Bisa diare, mual muntah, gatal dan atau keluar bintik2 merah di sekujur tubuh, batuk bahkan sampai sesak nafas


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru